James Tague

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
James Tague
LahirJames Thomas Tague
(1936-10-17)17 Oktober 1936
Plainfield, Indiana, Amerika Serikat
Meninggal28 Februari 2014(2014-02-28) (umur 77)
Bonham, Texas, Amerika Serikat
AlmamaterFakultas Kedokteran Dirgantara Angkatan Udara Amerika Serikat
PekerjaanPenjual mobil
Dikenal atasSaksi pembunuhan John F. Kennedy

James Thomas Tague (lahir di Plainfield, Indiana, Amerika Serikat, 17 Oktober 1936 – meninggal di Bonham, Texas, Amerika Serikat, 28 Februari 2014 pada umur 77 tahun)[1]adalah seorang penjual mobil yang mengalami luka ringan selama pembunuhan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy di Dallas, Texas, pada 22 November 1963.[2] Tague mengalami luka ringan di pipi kanannya, yang disebabkan oleh serpihan kecil puing beton dari tepi jalan yang terkena pecahan peluru yang ditembakkan ke Kennedy. Selain Kennedy dan Gubernur Texas John Connally, Tague adalah satu-satunya orang yang diketahui terluka oleh tembakan di Dealey Plaza Dallas hari itu.

Pembunuhan Presiden Kennedy[sunting | sunting sumber]

Tague sedang berkendara ke pusat kota Dallas untuk makan siang dengan pacarnya (dan calon istrinya) ketika dia mengalami kemacetan lalu lintas karena iring-iringan mobil kepresidenan yang sedang melakukan perjalanan ke barat di Elm Street.[3] Tague bersaksi kepada Komisi Warren bahwa kemacetan lalu lintas menyebabkan dia memarkir mobilnya di trotoar utara Commerce Street, di mana dia kemudian "turun dari mobilnya dan berdiri di dekat penyangga jembatan".[3] Tague berada beberapa meter di utara tepi selatan jembatan kereta api bawah tanah tiga lapis, ketika dia melihat limusin kepresidenan dan mendengar tembakan pertama.

Seperti banyak saksi lainnya, Tague ingat mendengar tembakan pertama ini dan menyamakannya dengan petasan. Dia kemudian bersaksi bahwa tembakan pertama yang dia ingat pernah terjadi setelah limusin presiden telah menyelesaikan belokan lambat 120 derajat dari Houston Street ke Elm Street dan kemudian diluruskan. Iring-iringan mobil itu kemudian berjalan ke arahnya.

Segera setelah tembakan dilepaskan, Tague didekati oleh detektif Sheriff Dallas Buddy Walthers, yang telah memperhatikan bahwa Tague memiliki bercak darah di pipi kanannya.[3] Tague juga memiliki keropeng kecil di wajah kiri, yang disebabkan oleh peristiwa yang tidak terkait yang terjadi seminggu sebelum pembunuhan. Detektif itu bertanya pada Tague dimana dia berdiri. Kedua pria itu kemudian memeriksa daerah itu dan menemukan - di bagian atas, melengkung di tepi selatan Jalan Utama - sebuah "bekas luka yang sangat segar" yang, bagi mereka masing-masing, tampak seperti peluru yang mengenai di sana dan mengeluarkan serpihan kecil dari sana. beton trotoar. Mereka sampai pada kesimpulan bahwa satu peluru memantul dari tepi jalan dan puing-puing menghantam Tague. Perbatasan yang mengelilingi serpihan bekas luka ini tidak dihentikan sampai Agustus 1964 setelah Tague berulang kali mengingatkan pihak berwenang bahwa dia juga terluka selama penembakan, dan sekarang disimpan di Arsip Nasional. Keripik bekas luka itu berada 23 kaki 6 inci (7,16 m) di utara tepi selatan jembatan kereta api bawah tanah tiga, sekitar 20 kaki (6 m) dari tempat Tague berdiri selama penyerangan. Detektif itu memberi tahu Tague bahwa sepertinya peluru telah ditembakkan dari Texas School Book Depository atau Gedung Dal-Tex oleh Lee Harvey Oswald.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "James Tague - obituary". The Telegraph. 29 April 2014. Diakses tanggal 10 Mei 2017. 
  2. ^ "Testimony of James Thomas Tague". Hearings before the President's Commission on the Assassination of John F. Kennedy. VII. Washington, D.C.: United States Government Printing Office. 1964. hlm. 552–558. 
  3. ^ a b c d "James Tague: Unintended Victim in Dealey Plaza". mcadams.posc.mu.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-11. Diakses tanggal 2007-01-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]