United States House Select Committee on Assassinations

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komite Pemilihan DPR Amerika Serikat untuk Pembunuhan adalah sebuah komite khusus yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada tahun 1976. Tujuan utama Komite ini adalah untuk menyelidiki kasus dua pembunuhan politik yang paling terkenal dalam sejarah Amerika Serikat, yaitu pembunuhan Presiden John F. Kennedy pada tahun 1963 dan pembunuhan Dr. Martin Luther King JR. pada tahun 1968. Komite ini bertugas untuk mengumpulkan bukti dan melakukan investigasi lebih lanjut terkait dua insiden ini, dengan harapan dapat mengungkapkan lebih banyak informasi mengenani penyebab dan pelaku pembunuhan tersebut.

Sejarah dan Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pembunuhan Presiden John F. Kennedy pada tanggal 22 November 1963 di Dallas, Texas dan pembunuhan Dr. Martin Luther King JR. pada 4 April 1968 di Memphis, Tennessee adalah dua peristiwa tragis yang mengguncang Amerika Serikat. Kedua pembunuhan tersebut meninggalkan banyak pertanyaan tanpa jawaban dan memunculkan berbagai teori konspirasi. Dalam upaya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Kongres Amerika Serikat akhirnya membentuk Komite Pemilihan DPR Amerika Serikat untuk Pembunuhan pada tahun 1976.

Tujuan dan Tugas[sunting | sunting sumber]

Tujuan utama dari Komite Pemilihan DPR Amerika Serikat untuk Pembunuhan adalah untuk memberikan penjelasan yang lebih jelas dan rinci tentang pembunuhan Presiden Kennedy dan Dr. Martin Luther King JR. Komite ini memiliki beberapa tugas utama, termasuk :

  1. Menyelidik ulang bukti-bukti yang telah ada terkait kedua pembunuhan tersebut.
  2. Mengumpulkan saksi-saksi dan mendengarkan kesaksian mereka.
  3. Memeriksa berbagai teori konspirasi yang telah muncul seiring berjalannya waktu.
  4. Menilai peran Pemerintah Federal dalam investigasi-investasi sebelumnya.

Hasil dan Temuan[sunting | sunting sumber]

Setelah melakukan penyelidikan yang mendalam selama dua tahun, Komite Pemilihan DPR Amerika Serikat untuk Pembunuhan akhirnya merilis laporan pada tahun 1979, Beberapa temuan penting dari hasil laporan tersebut adalah :

  1. Dalam pembunuhan Presiden Kennedy, Komite telah menyimpulkan bahwa ada kemungkinan adanya konspirasi, mesikpun tidak dapat menentukan identitas para konspiratornya.
  2. Dalam pembunuhan Dr. King, Komite menyimpulkan bahwa pembunuhan tersebut merupakan tindakan satu orang, yaitu James Earl Ray, dan tidak ada bukti yang cukup untuk mendukung teori konspirasi dalam kasus ini.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Komite Pemilihan DPR Amerika Serikat untuk Pembunuhan membantu mengklarifikasi beberapa aspek kontroversial dari pembunuhan Presiden Kennedy dan Dr. King, meskipun masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab sepenuhnya. Selain itu, Komite ini juga memebrikan dorongan untuk meningkatkan transparasi dalam investigasi kejahatan Politik dan menyoroti pentingnya memerika kembali bukti-bukti dalam kasus-kasus yang kontroversial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. "United States House Select Committee on Assassinations." U.S House of Representatives. https://www.archives.gov/research/jfk/select-committee-report
  2. "House Select Committee on Assassinations." History-Matters. https://history-matters.com/archive/jfk/hsca/contents.htm
  3. "Assassination of Martin Luther King Jr." History. https://www.history.com/topics/black-history/martin-luther-king-jr-assassination
  4. https://www.britannica.com/topic/House-Select-Committee-on-Assassinations
  5. https://history-matters.com/archive/jfk/hsca/report/contents.htm