Black Orpheus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Black Orpheus
(Orfeu Negro)
Poster film asli
SutradaraMarcel Camus
ProduserSacha Gordine
Ditulis olehMarcel Camus
Vinicius de Moraes
Jacques Viot
PemeranMarpessa Dawn
Breno Mello
Penata musikLuiz Bonfá
Antônio Carlos Jobim
João Gilberto
SinematograferJean Bourgoin
PenyuntingAndrée Feix
Perusahaan
produksi
Dispat Films (FR)
Gemma (IT)
Tupan Filmes (BR)
DistributorGAGA Communications
Lopert Pictures
Tanggal rilis
  • 12 Juni 1959 (1959-06-12) (Prancis)
Durasi107 menit
NegaraBrasil
Prancis
Italia
BahasaPortugis

Black Orpheus (Portugis: Orfeu Negro) adalah sebuah film 1959 yang dibuat di Brasil oleh sutradara Prancis Marcel Camus dan dibintangi oleh Marpessa Dawn dan Breno Mello. Film tersebut berdasarkan pada permainan panggung Orfeu da Conceição karua Vinicius de Moraes, yang merupakan sebuah adaptasi dari legenda Yunani Orpheus dan Eurydice, yang diset dalam konteks modern dari sebuah favela di Rio de Janeiro pada masa Karnaval. Film tersebut adalah sebuah hasil kerjasama produksi antara perusahaan-perusahaan produksi di Brasil, Prancis dan Italia.

Film tersebut sebagian dikenal karena soundtrack-nya dari karya dua komposer Brasil: Antônio Carlos Jobim, dengan lagu "A felicidade" yang tampil pada pembukaan film tersebut; dan Luiz Bonfá, dengan lagu "Manhã de Carnaval" dan "Samba of Orpheus" yang menjadi lagu klasik bossa nova. Lagu-lagu tersebut dinyanyikan oleh karakter Orfeu yang di-alih bahasa-kan oleh penyanyi Agostinho dos Santos.[1]

Film tersebut mengambil gambar di Morro da Babilônia, sebuah favela (kawasan kumuh) di wilayah Leme, Rio de Janeiro.[2][3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Poster karya Helmuth Ellgaard untuk perilisan Jermannya

Catatan pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Marpessa Dawn tidak berasal dari Brasil, tetapi dari Pittsburgh, Pennsylvania.[4]
  • Breno Mello adalah seorang pemain sepak bola tanpa pengalaman akting pada waktu ia berperan sebagai Orfeu.[5] Mello berjalan-jalan di jalanan Rio de Janeiro, ketika sutradara Marcel Camus memberhentikannya dan menanyai jika ia suka berada dalam sebuah film.[6]
  • Da Silva, aktor yang memerankan Death, adalah seorang pelompat tripel yang memenangkan dua medali emas Olimpiade, pada 1952 dan 1956.[7]

Penghargaan dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

Black Orpheus memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes 1959,[8] Academy Award 1960 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik,[9] Penghargaan Globe Emas 1960 untuk Film Asing Terbaik dan Penghargaan BAFTA 1961 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Dalam kasus terakhir, Brazil disebut bersama dengan Prancis dan Italia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Castro, Ruy (1990). Bossa Nova: The Story of the Brazilian Music That Seduced the World. Chicago: A Capella Books. hlm. 166–167. ISBN 978-1-55652-494-3. 
  2. ^ Valladares, Licia. Social Science Representations of Favelas in Rio De Janeiro: A Historical Perspective
  3. ^ Bellos, Alex. "Movie palace", The Guardian (14 Januari 2006)
  4. ^ Marpessa Dawn di IMDb (dalam bahasa Inggris)
  5. ^ Hevesi, Dennis (5 September 2008). "Breno Mello, 76, Star of Orpheus, Dies". The New York Times. Diakses tanggal 25 February 2012. 
  6. ^ Guyot, Jean-François (17 Mei 2005). "Astro de Orfeu Negro conhece Cannes 46 anos apos vencer festival". France Presse. Diakses tanggal 25 Februari 2012. 
  7. ^ "Adhemar da Silva". sports-reference.com. Sports Reference LLC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-22. Diakses tanggal 13 Juni 2015. 
  8. ^ "Black Orpheus". Festival de Cannes. Diakses tanggal 15 February 2009. 
  9. ^ "The 32nd Academy Awards (1960) Nominees and Winners". Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Diakses tanggal 27 Oktober 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan
Didahului oleh:
Woman in a Dressing Gown
Globe Emas untuk Film Asing Terbaik
1960
Diteruskan oleh:
The Virgin Spring

Templat:Orpheus