Ján Kadár

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ján Kadár
LahirJános Kadár
(1918-04-01)1 April 1918
Budapest, Austria-Hungaria
Meninggal1 Juni 1979(1979-06-01) (umur 61)
Los Angeles, California, AS
Tahun aktif1945–1979
Suami/istriJudita
PenghargaanPenghargaan Film Asing Terbaik Kritikus NY
1966 The Shop on Main Street
Etrog Kanada
1976 Lies My Father Told Me
Golden Globe untuk Film Asing Terbaik
1976 Lies My Father Told Me

Ján Kadár (1 April 1918 – 1 Juni 1979) adalah seorang sutradara dan penulis film kelahiran Slowakia. Sebagai pembuat film, ia berkarya di Slowakia, Republik Ceko, Amerika Serikat, dan Kanada. Kebanyakan filmnya disutradarai bersama dengan Elmar Klos. Keduanya menjadi terkenal karena film pemenang Oscar buatan mereka yang berjudul The Shop on Main Street (Obchod na korze, 1965).[1] Sebagai profesor di FAMU (Sekolah Film dan TV Akademi Pertunjukan Seni)[2] di Praha, Kadár melatih banyak sutradara yang masuk Arus Baru Cekoslowakia pada 1960an.

Setelah berpindah ke Amerika Serikat, ia menjadi profesor penyutradaraan film di Institut Film Amerika di Beverly Hills. Kehidupan pribadinya serta film-filmnya menyoroti berbagai budaya: Yahudi, Slowakia, Hungaria, Ceko, dan Amerika.

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Kadár lahir di Budapest, Ibu kota Kerajaan Hungaria, sebuah provinsi di Austria-Hungaria pada waktu itu. Setelah itu, orangtuanya membawanya ke Rožňava, Slowakia, di Cekoslowakia yang baru dibentuk, di mana ia dibesarkan.[3] Kadár mengambil bidang hukum di Bratislava setelah sekolah tinggi, tetapi kemudian dipindahkan ke Departemen Film pertama di Cekoslowakia (mungkin departemen ketiga di Eropa) di Sekolah Seni Rupa Industri di Bratislava[4] pada 1938 di mana ia mengambil kelas yang diajari oleh sutradara film Slowakia terkenal Karel Plicka sampai departemen tersebut ditutup pada 1939. Kota tempat tinggal Kadár, yang bernama Rozsnyó di Hungaria kemudian menjadi bagian dari Hungaria saat Perang Dunia II.

Referensi[sunting | sunting sumber]