Indochine (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Indochine
Indochine-movie-poster-1992-french.jpg
Poster rilis teatrikal Prancis
SutradaraRégis Wargnier
ProduserEric Heumann
Jean Labadie
PenulisÉrik Orsenna
Louis Gardel
Catherine Cohen
Régis Wargnier
PemeranCatherine Deneuve
Vincent Pérez
Linh Dan Pham
MusikPatrick Doyle
SinematografiFrançois Catonné
PenyuntingAgnès Schwab
Geneviève Winding
Perusahaan
produksi
Paradis Films
Bac Films
Orly Films
Ciné Cinq
DistributorBac Films (Prancis)
Electric Pictures (Inggris)
Sony Pictures Classics (AS)
Tanggal rilis
  • 15 April 1992 (1992-4-15) (France)
  • 25 Desember 1992 (1992-12-25) (US)
  • 26 Maret 1993 (1993-03-26) (UK)
Durasi
159 menit
NegaraPrancis
BahasaPrancis
Vietnam
Pendapatan kotor$24,795,136[1]

Indochine adalah sebuah film Prancis 1992 yang berlatar belakang kolonial Indochina Prancis pada tahun 1930an sampai 50an. Film tersebut adalah cerita dari Éliane Devries, seorang pemilik penanaman Prancis, dan putri Vietnam yang ia jadikan anak angkat, Camille, dengan latar belakang kebangkitan gerakan nasionalis Vietnam. Permainan latarnya ditulis oleh novelis Érik Orsenna, penulis naskah Louis Gardel, Catherine Cohen, dan Régis Wargnier, juga menyutradarai film tersebut. Film tersebut dibintangi oleh Catherine Deneuve, Vincent Pérez, Linh Dan Pham, Jean Yanne dan Dominique Blanc.

Alur[sunting | sunting sumber]

Tahun 1930 ditandai dengan berkembangnya ketegangan anti-kolonial di negara tersebut, Éliane Devries (Catherine Deneuve), seorang wanita lajang yang lahir dari orangtua Prancis di kolonial Indochina, menjalankan penanaman karet besar miliknya bersama dengan ayahnya yang menduda (Henri Marteau) dengan beberapa buruh, yang ia sebut sebagai kuli-kulinya, dan membagi hari-harinya antara berada di rumahnya di tempat penanaman tersebut dan di luar Saigon. Setelah sahabatnya dari Dinasti Nguyễn meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat, ia mengangkat putri mereka yang berusia lima tahun Camille (Ba Hoang, sebagai anak-anak). Guy Asselin (Jean Yanne), kepala pelayanan keamanan Prancis di Indochina, membesarkan Camille sendiri dengan memberikannya pendidikan Eropa pada masa remajanya.

Éliane menjual tempat penanamannya kepada ibu Tanh dan meninggalkan tempat tinggalnya di Indochina, tanah kelahirannya, bersama dengan Étienne untuk tinggal di Prancis.

Pada tahun berikutnya, Éliane bercerita tentang Étienne (Jean-Baptiste Huynh, ketika telah bertumbuh) kisah ibunya dan membawanya ke Swiss, dimana Camille hadir sebagai delegasi Partai Komunis Vietnam untuk Konferensi Genewa 1954. Étienne pergi ke hotel para negosiator, namun ia tidak dapat menemuinya.

Pada hari berikutnya, Indochina Prancis meraih kemerdekaan dari Prancis. Vietnam terpecah menjadi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan membuat terjadinya Perang Vietnam.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film tersebut memenangkan Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik dan Catherine Deneuve meraih sebuah nominasi untuk Aktris Terbaik - ia menjadi satu-satunya pada waktu itu. Film tersebut juga memenangkan Penghargaan Golden Globe untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.jpbox-office.com/fichfilm.php?id=4795

Pranala luar[sunting | sunting sumber]