Talk to Her

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Talk to Her
Talk to Her English movie poster fairuse.jpg
Poster rilis teatrikal AS
Sutradara Pedro Almodóvar
Produser Agustín Almodóvar
Michel Ruben
Penulis Pedro Almodóvar
Pemeran Javier Cámara
Darío Grandinetti
Leonor Watling
Geraldine Chaplin
Rosario Flores
Musik Alberto Iglesias
Sinematografi Javier Aguirresarobe
Penyunting José Salcedo
Perusahaan
produksi
Distributor Warner Sogefilms (Spanyol)
Sony Pictures Classics (AS)
Tanggal rilis
  • 15 Maret 2002 (2002-3-15) (Spanyol)
  • 30 April 2002 (2002-4-30) (Telluride)
Durasi
112 menit
Negara Spanyol
Bahasa Spanyol
Pendapatan kotor $51,001,550

Talk to Her (bahasa Spanyol: Hable con ella) adalah sebuah film drama Spanyol 2002 yang ditulis dan disutradarai oleh Pedro Almodóvar, dan dibintangi oleh Javier Cámara, Darío Grandinetti, Leonor Watling, Geraldine Chaplin, dan Rosario Flores. Film tersebut mengisahkan tentang dua pria yang membentuk sebuah persahabatan yang tidak disukai ketika mereka menolong dua wanita yang keduanya berada dalam keadaan koma. Tema film tersebut meliputi sulitnya komunikasi antar jenis kelamin, kesendirian dan intimasi, dan persistensi keraguan cinta yang hilang.

Film tersebut meraih keberhasilan secara kritis dan komersial, memenangkan BAFTA untuk Film Terbaik yang Tidak Berbahasa Inggris dan Golden Globe untuk Film Berbahasa Asing Terbaik sementara Almodóvar memenangkan Academy Award untuk Permainan Latar Asli Terbaik. Pada 2005, kritikus film majalah Time Richard Corliss dan Richard Schickel memasukkan Talk to Her dalam daftar mereka dari 100 Film Terbesar Sepanjang Sepanjang Masa.[1] Paul Schrader menempatkan film tersebut di urutan ke-46 di daftar 60 film terbesar-nya.[2]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Corliss, Richard (23 Januari 2012). "Talk to Her | All-TIME 100 Movies | Entertainment". Time. Diakses tanggal 3 Februari 2012. 
  2. ^ Anderson, Jeffrey M. (24 Juli 2011). "Paul Schrader's Film Canon – The Moviefone Blog". Cinematical.com. Diakses tanggal 3 Februari 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]