The Full Monty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Full Monty
TheFullMontyPoster.jpg
Poster film The Full Monty
SutradaraPeter Cattaneo
ProduserUberto Pasolini
Penulis skenarioSimon Beaufoy
PemeranRobert Carlyle
Tom Wilkinson
Mark Addy
Penata musikAnne Dudley
SinematograferJohn de Borman
PenyuntingDavid Freeman
Nick Moore
Perusahaan
produksi
Redwave Films
Film4 Productions
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 15 Agustus 1997 (1997-8-15) (Amerika Serikat)
  • 29 Agustus 1997 (1997-8-29) (Britania Raya)
Durasi91 menit[1]
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
Anggaran$3,5 juta[2]
Pendapatan
kotor
$46.163.699[2]

The Full Monty adalah film drama komedi Britania Raya tahun 1997 yang disutradarai oleh Peter Cattaneo dan diproduseri oleh Uberto Pasolini. Naskah film ini ditulis oleh Simon Beaufoy. Film ini dibintangi oleh Robert Carlyle, Tom Wilkinson dan Mark Addy.

Film The Full Monty dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 15 Agustus 1997 dan di Britania Raya pada tanggal 29 Agustus 1997. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan tahun 1980-an, pabrik baja Sheffield, Yorkshire Selatan, yang dulunya sukses telah ditutup dan sebagian besar karyawan telah dipecat. Mantan karyawan pabrik baja Gary "Gaz" Schofield (Robert Carlyle) dan Dave Horsefall (Mark Addy) terpaksa mencuri besi tua dari pabrik yang ditinggalkan untuk dijual guna mendapatkan uang. Mereka membawa putra Gaz, Nathan (William Snape), untuk membantu upaya pencurian mereka. Mereka dikejutkan oleh satpam yang mengunci mereka di dalam pabrik baja.

Gaz menghadapi masalah dari mantan istrinya, Mandy (Emily Woof), serta kekasih Mandy, Barry (Paul Butterworth), atas pembayaran tunjangan anak yang tidak dapat dibayarnya sejak Gaz kehilangan pekerjaannya. Nathan tinggal bersama Mandy dan Barry, tetapi Gaz memiliki hak asuh bersama atas dirinya dengan Mandy. Nathan berharap ia dan Gaz bisa melakukan lebih banyak "hal-hal normal" saat mereka bersama. Mandy mencari putusan pengadilan yang memberinya hak asuh tunggal atas Nathan, yang sangat dicintai Gaz. Gaz sangat membutuhkan uang dan cinta Nathan.

Suatu hari, Gaz melihat kerumunan wanita berbaris di luar klub lokal untuk melihat aksi tari telanjang Chippendales. Gaz mendapat ide untuk membentuk kelompok tari telanjangnya sendiri menggunakan pria lokal dengan harapan menghasilkan cukup uang untuk melunasi kewajiban tunjangan anaknya. Orang pertama yang bergabung dengan grup adalah Lomper (Steve Huison), seorang penjaga keamanan di pabrik baja tempat Dave dan Gaz pernah bekerja, yang mereka cegah saat Lomper mencoba bunuh diri. Selanjutnya, mereka merekrut Gerald Cooper (Tom Wilkinson), mantan mandor mereka, yang menyembunyikan fakta dari istrinya bahwa ia sekarang menganggur. Gaz dan Dave melihat Gerald dan istrinya, Linda (Deirdre Costello), di kelas dansa dan merekrutnya untuk mengajari mereka beberapa gerakan tarian yang sebenarnya.

Mencari lebih banyak rekrutan, keempat pria mengadakan audisi terbuka dan menetap di rumah Horse (Paul Barber), seorang pria tua yang merupakan penari berbakat, dan Guy (Hugo Speer), yang mulanya tidak bisa menari sama sekali, terbukti sangat berbakat. Keenam pria itu mulai mempraktikkan aksinya. Gaz kemudian mengetahui bahwa ia harus membayar deposit £100 untuk mengamankan klub malam itu. Ia tidak mampu membeli klub itu, tetapi Nathan mendapatkan uang dari tabungannya. Ketika mereka disambut oleh dua wanita lokal saat mereka memasang poster untuk pertunjukan tersebut, Gaz membanggakan bahwa mereka lebih baik daripada Chippendales asli karena mereka melakukan "full monty". Dave keluar karena masalah citra tubuhnya dan mencari pekerjaan sebagai penjaga keamanan di Asda. Anggota lain mengadakan latihan terbuka di pabrik di depan beberapa kerabat perempuan Horse, tetapi mereka tertangkap di tengah pertunjukan oleh petugas polisi yang lewat hingga Gaz, Gerald dan Horse ditangkap karena pertunjukkan yang tidak senonoh. Insiden ini membuat Gaz berhak melihat Nathan. Lomper dan Guy berhasil melarikan diri ke rumah Lomper di mana mereka saling memandang dengan penuh kasih, memulai hubungan.

Gerald diusir oleh Linda setelah petugas pengadilan tiba di rumah mereka dan menyita barang-barang mereka untuk membayar hutang Gerald sehingga ia harus tinggal dengan Gaz. Kemudian Gaz pergi ke Asda dan bertanya pada Dave apakah ia bisa meminjam jaket untuk pemakaman ibu Lomper. Dave setuju dan juga memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mereka pergi ke pemakaman bersama.

Segera, kelompok itu menemukan ide dan penangkapan mereka membuat mereka terkenal. Mereka setuju untuk membatalkan rencananya hingga Gaz mengetahui bahwa pertunjukan tersebut terjual habis. Ia meyakinkan anggota lain untuk melakukannya hanya untuk satu malam saja. Gerald tidak yakin karena ia sekarang telah mendapatkan pekerjaan Gaz dan Dave, yang sebelumnya akan disabotase saat wawancara, tetapi ia setuju untuk melakukannya hanya sekali. Awalnya Dave masih menolak, tetapi ia kembali percaya diri setelah mendapat dorongan dari istrinya, Jean (Lesley Sharp), dan bergabung dengan anggota grup lainnya beberapa menit sebelum mereka naik ke atas panggung. Nathan juga datang bersama Dave secara diam-diam dan memberitahu Gaz bahwa Mandy ada di sana, tetapi Mandy tidak akan membiarkan Barry pergi bersamanya.

Gaz menolak melakukan tarian tersebut karena ada laki-laki di antara penonton (termasuk petugas polisi yang menyaksikan rekaman kamera keamanan yang merekam mereka sebelumnya), padahal poster itu seharusnya memberitahu bahwa penontonnya hanya untuk perempuan saja. Lima lainnya mulai beraksi saat Nathan meminta ayahnya untuk naik ke atas panggung. Gaz, bangga dengan putranya, bergabung dengan anggota lain dan tampil di depan penonton dan Mandy, yang tampaknya melihatnya dengan cara lain. Film ini berakhir dengan penampilan grup Gaz di atas panggung di depan sebuah rumah yang penuh sesak, dengan lagu "You Can Leave Your Hat On" versi Tom Jones (topi mereka menjadi barang terakhir yang dilepas) dengan kesuksesan yang luar biasa.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Robert Carlyle sebagai Gary "Gaz" Schofield
  • Mark Addy sebagai Dave Horsefall
  • Tom Wilkinson sebagai Gerald Arthur Cooper
  • Steve Huison sebagai Lomper
  • Paul Barber sebagai Barrington "Horse" Mitchell
  • Hugo Speer sebagai Guy
  • William Snape sebagai Nathan Schofield
  • Lesley Sharp sebagai Jean Horsefall
  • Emily Woof sebagai Mandy
  • Deirdre Costello sebagai Linda Cooper
  • Paul Butterworth sebagai Barry
  • Dave Hill sebagai Alan
  • Bruce Jones sebagai Reg
  • Andrew Livingston sebagai Terry
  • Vinny Dhillon sebagai Sharon

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Full Monty mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 96%, berdasarkan 50 ulasan, dengan rating rata-rata 7,5/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 75 dari 100, berdasarkan 31 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film The Full Monty mendapatkan $45.950.122 di Amerika Utara dan $213.577 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $46.163.699, melebihi anggaran produksi film $3,5 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $176.585, menempati posisi ke-21 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Full Monty (15)". British Board of Film Classification. May 19, 1997. Diakses tanggal September 21, 2013. 
  2. ^ a b c d "The Full Monty (1997)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 3, 2010. 
  3. ^ "The Full Monty (1997)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "The Full Monty reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]