Bungker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bungker di Albania

Bungker (ejaan tidak baku: bunker, bangker) adalah sejenis bangunan pertahanan militer. Bunker biasanya dibangun di bawah tanah. Banyak bungker dibangun pada Perang Dunia I dan II. Dalam masa Perang Dingin, bungker-bungker besar dibangun untuk mengantisipasi kemungkinan perang nuklir.

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Kata bungker diserap bahasa Indonesia dari bahasa Belanda bunker.[1] Kata bunker sendiri berasal dari bahasa Skot yang berarti bangku/kursi. Kata tersebut terakam pada tahun 1758, bersamaan dengan pemendekannya bunk yang berarti tempat tidur.[2] Kata tersebut kemungkinan berasal dari Skandinavia: bahasa Swedia kuno bunke berarti papan yang digunakan untuk melindungi muatan kapal.[3] Di abad ke-19, kata ini digunakan untuk menjelaskan tempat penyimpanan batu bara dalam rumah, atau di bawah geladak kapal. Istilah tersebut juga digunakan untuk menyebut cekungan berisi pasir pada lapangan golf.[4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wiktionary:ProyekWiki bahasa Indonesia/Daftar kata/Serapan/Belanda - Wiktionary bahasa Indonesia". id.wiktionary.org. Diakses tanggal 2019-05-04. 
  2. ^ "bunker | Search Online Etymology Dictionary". www.etymonline.com. Diakses tanggal 2019-05-04. 
  3. ^ Barrett, Erin; Mingo, Jack (2002-05-31). Al Capone was a Golfer: Hundred of Fascinating Facts From the World of Golf (dalam bahasa Inggris). Conari Press. ISBN 9781573247207. 
  4. ^ "bunker | Definition of bunker in English by Oxford Dictionaries". Oxford Dictionaries | English. Diakses tanggal 2019-05-04.