Kasemat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
"Fort Bokar" dibangun sebagai benteng kasemat bertingkat dua, didirikan di depan tembok abad pertengahan, Tembok Dubrovnik di Kroasia.
Kasemat ("kazemat") Belanda "kazemat", bagian dari benteng Kornwerderzand di Afsluitdijk. Pada bulan Mei 1940, selama Pertempuran Afsluitdijk, serangan Jerman dipukul mundur di sini. Hanya setelah Rotterdam dibom pada tanggal 14 Mei benteng itu menyerah.
Kasemat Ibrahim Pasha dibangun oleh Ibrahim Pasha dari Mesir yang memberontak melawan Turki Utsmani.

Kasemat, (casemate; kadang-kadang keliru disebut casement[1][2]) adalah sebuah struktur berkubu yang bersenjata atau berlapis baja dari mana meriam ditembakkan.[3] Awalnya, istilah ini merujuk ke ruang berkubah di sebuah benteng. Pada kendaraan tempur lapis baja yang tidak memiliki menara untuk senjata utama, struktur yang mengakomodasi meriam disebut kasemat.

Asal-usul istilah[sunting | sunting sumber]

Kata ini berasal dari bahasa italia casamatta, yang etimologinya tidak pasti, meskipun bisa berasal dari casa (dalam arti dari "gubuk"), dan matta (Latin matta), "dibuat dari alang-alang dan wickers", dengan demikian dapat berarti "gubuk beratap rendah tanpa jendela atau bukaan lainnya yang didirikan di tempat berawa-rawa".[4] Hal ini juga bisa berasal dari casa matta dengan matta dalam arti "palsu".[5]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William Dwight Whitney (1904). The Century Dictionary and Cyclopedia: A Work of Universal Reference in All Departments of Knowledge, with a New Atlas of the World. Century Company. hlm. 842. 
  2. ^ Cyril M. Harris (28 February 2013). Illustrated Dictionary of Historic Architecture. Courier Dover Publications. hlm. 95. ISBN 978-0-486-13211-2. 
  3. ^ Webster's New Collegiate Dictionary
  4. ^ Battisti, Carlo; Alessio, Giovanni (1950–57). Dizionario etimologico italiano [Italian Etymological Dictionary] (dalam bahasa Italian). 1. Florence: Barbera. hlm. 788–89. 
  5. ^ Devoto, Giacomo (1979). Avviamento all'etimologia italiana [An Introduction to Italian Etymology] (dalam bahasa Italian). Milan: Mondadori. hlm. 69. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]