Barbet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Meriam 8 inci, 10 inci dan 12 inci milik Amerika Serikat di pesisir pantai.

Barbet (bahasa Inggris: Barbette) adalah beberapa jenis senjata yang ditempatkan di benteng terestrial atau kapal angkatan laut.

Dalam angkatan laut[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa angkatan laut, sebuah "barbet" adalah lapisan pelindung pada turet meriam berat. lapisan pelindung ini merupakan perkembangan dari bentuk-bentuk awal dari lapisan pelindungan senjata yang akhirnya menyebabkan masuknya era pra-dreadnought. Istilah ini akhirnya juga digunakan untuk beberapa model senjata anti-pesawat.

Dalam perbentengan[sunting | sunting sumber]

Istilah ini sebenarnya berasal dari pertahanan benteng, yang awalnya berarti platform yang dapat diangkat atau gundukan, ini terlihat dari frasa Perancis en barbette, yang mengacu pada praktek menembakkan meriam di atas tembok pembatas (bukannya melalui sebuah lubang di benteng). Awalnya tembok pembatas memberikan sudut penembakkan yang lebih baik tetapi kurang perlindungannya dari serangan musuh.Lubang senjata menghilang adalah variasi pada senjata yang digunakan pada barbet. Pada lubang senjata menghilang, terdiri dari senjata berat dapat didorong dan ditarik di balik tembok pembatas atau ke gunpit agar dapat mengisi ulang dengan lebih aman. Lubang senjata menghilang digunakan terutama untuk pertahanan di pesisir, tapi ada beberapa kali penggunaan di beberapa kapal perang yang hasilnya cukup bagus. Konsep ini juga digunakan pada beberapa benteng pedalaman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]