Ostrog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menara ostrog Ilimsky, sekarang di Museum Taltsy di Irkutsk, Siberia.

Ostrog (bahasa Rusia: остро́г) merupakan sebutan dalam bahasa Rusia bagi benteng kecil. Ostrog lazimnya terbuat dari kayu dan sering kali tidak berpenjagaan tetap. Ostrog dipagari kubu setinggi 4-6 meter yang terbuat dari batang-batang pohon dengan ujung yang diruncingkan. Sebutan "ostrog" berasal dari kata Rusia "строгать" (strogat) yang berarti "meraut kayu". Ostrog berukuran lebih kecil dan dikhususkan untuk kepentingan militer, dibandingkan dengan Kremlin yang lebih besar menjadi inti kota-kota Rusia. Ostrog sering kali didirikan di pelosok-pelosok terpencil atau pada garis pertahanan, seperti Garis Abatis Besar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menara ostrog Yakutsky di Siberia.

Sejak abad ke-17, setelah permulaan penaklukan Siberia oleh Rusia, kata ostrog digunakan sebagai sebutan bagi benteng-benteng yang didirikan di Siberia oleh para penjelajah Rusia. Banyak dari benteng-benteng ini kelak bertransformasi menjadi kota-kota besar di Siberia.

Ketika di kemudian hari Siberia menjadi tempat tujuan favorit untuk mengirim para penjahat yang dijatuhi hukuman katorga, ostrog-ostrog Siberia mulai diasosiasikan dengan hukuman kurungan, sehingga pada abad ke-18 dan ke-19 kata ostrog sering kali diartikan sebagai penjara.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]