The Globe and Mail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Globe and Mail
Jenis Surat kabar harian
Format Lembar lebar
Pemilik The Globe and Mail Inc.
(Woodbridge – 85%, Bell Canada – 15%)
Penerbit Phillip Crawley
Redaktur John Stackhouse
Didirikan 1844
Haluan politik Sentris,[1] Liberalisme ekonomi
Kantor pusat 444 Front Street West
Toronto, Ontario
M5V 2S9
Sirkulasi 291.571 Harian
354.850 Sabtu
(Maret 2013)[2]
ISSN 0319-0714
Situs web resmi theglobeandmail.com

The Globe and Mail adalah surat kabar berbahasa Inggris yang terbit di Kanada. Harian ini beroplah 2 juta eksemplar per minggu, dan merupakan surat kabar beroplah terbesar nomor dua di Kanada setelah Toronto Star.[3] Dari kantor pusat di Toronto, surat kabar ini terbit dari enam kota di Kanada. The Globe and Mail adalah publikasi unggulan dari The Globe and Mail Inc. dimana 85% dimiliki oleh The Woodbridge Company dan 15% dimiliki oleh Bell Canada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

The Globe and Mail berawal dari surat kabar The Globe yang didirikan tahun 1844. Pendirinya bernama George Brown, imigran Skotlandia yang nantinya menjadi Bapak Konfederasi Kanada. Brown berhaluan politik liberal dan mendukung partai Clear Grits yang kemudian disebut Partai Liberal Kanada. The Globe mulanya adalah surat kabar corong partai sebelum Brown menyadari keuntungan ekonomi dari berbisnis surat kabar.

Pada tahun 1850-an, The Globe berkembang sebagai surat kabar harian independen. Setelah dibentuknya Konfederasi Kanada, surat kabar diedarkan ke kota-kota lain di Ontario dengan menggunakan jasa kereta api. Pada awal abad ke-20, harian ini sudah diterbitkan dengan foto, memiliki kolom wanita, dan memakai slogan "Surat kabar Nasional Kanada" ("Canada's National Newspaper") yang dipasang di bagian judul halaman depan hingga kini.

Pada tahun 1936, The Globe yang beroplah 78.000 eksemplar merger dengan surat kabar The Mail and Empire yang beroplah lebih besar (118.000 eksemplar). The Mail merupakan hasil merger The Toronto Mail dengan Toronto Empire pada tahun 1895. The Toronto Mail didirikan tahun 1872 oleh Sir John A. Macdonald sebagai koran corong partai konservatif. Macdonald adalah politikus partai konservatif sekaligus rival Brown. Macdonald nantinya menjadi Perdana Menteri Kanada yang pertama, dan pendiri partai yang sekarang bernama Partai Konservatif Kanada.

Setelah merger dengan The Mail and Empire, The Globe berganti nama menjadi The Globe and Mail. Media massa waktu itu menyebut merger The Globe dengan The Mail sebagai peristiwa "ikan kecil menelan ikan paus". Merger diatur oleh George McCullagh yang bertindak atas nama konglomerat pertambangan William Henry Wright. McCullagh menjadi penerbit pertama The Globe and Mail sebelum bunuh diri pada tahun 1952. Selanjutnya, surat kabar ini dibeli oleh keluarga Webster dari Montreal. The Globe and Mail mulai diedarkan secara nasional setelah kalah bersaing di pasaran lokal dari The Toronto Star.

Pada tahun 1965, surat kabar ini dibeli oleh FP Publications asal Winnipeg. FP Publications dikendalikan oleh Brigjen Richard Malone yang memiliki sejumlah surat kabar lokal Kanada. Pada tahun 1980, FP Publications dan The Globe and Mail dibeli oleh Thomson Group yang dimiliki keluarga Kenneth Thomson.

The Globe and Mail hanya terbit edisi pagi. Sejak tahun 1980-an, harian ini diterbitkan dalam enam edisi terpisah dari enam kota di Kanada: Halifax, Nova Scotia, Montreal, Toronto (beberapa edisi), Winnipeg (di Brandon, Manitoba), Calgary, dan Vancouver. Situs web globeandmail.com diluncurkan tahun 1995, diikuti dengan globeinvestor.com untuk berita investasi dan keuangan.

Walaupun keluarga Thomson masih merupakan pemegang saham terbesar sejak tahun 1980, surat kabar ini dikendalikan oleh BCE Inc. yang membelinya pada tahun 2001. BCE setahun sebelumnya juga membeli CTV Television Network. Perusahaan baru bernama Bell Globemedia (sekarang CTVglobemedia) dibentuk dari hasil merger CTV dan The Globe. BCE menjadikan Bell Globemedia sebagai anak perusahaan, sementara keluarga Thomson menjadi pemegang saham minoritas. Pada tahun 2005, BCE mengurangi kepemilikan saham di Bell Globemedia, dan keluarga Thomson melalui perusahaan induk Woodbridge memiliki 40% saham. BCE, Torstar (pemilik Toronto Star), dan Ontario Teachers' Pension Plan masing-masing memiliki saham 20%.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "World Newspapers and Magazines: Canada". Worldpress.org. 2007. Diakses 2012-11-12. 
  2. ^ "Total Circ for Canadian Newspapers". Alliance for Audited Media. 31 Maret 2013. Diakses 30 Juli 2013. 
  3. ^ "2007 Daily Newspaper Paid Circulation Data". Canadian Newspaper Association. Diakses 8 November 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]