The Housemaid (film 1960)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Housemaid
The Housemaid (1960).jpg
Poster teatrikal The Housemaid (1960)
Hangul
Hanja
Romanisasi yang DirevisiHanyeo
McCune–ReischauerHanyŏ
SutradaraKim Ki-young[1]
ProduserKim Ki-young
PenulisKim Ki-young
PemeranKim Jin-kyu
Lee Eun-shim
Ju Jeung-ryu
Um Aing-ran
MusikHan Sang-gi
SinematografiKim Deok-jin
PenyuntingKim Ki-young
DistributorKuk Dong
Seki Trading Co.
Tanggal rilis
  • 3 November 1960 (1960-11-3)
Durasi
108 menit
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea

The Housemaid (하녀, Hanyeo) adalah sebuah film hitam-putih Korea Selatan tahun 1960. Film ini disutradarai oleh Kim Ki-young dan dibintangi oleh Lee Eun-shim, Ju Jeung-nyeo serta Kim Jin-kyu. Film ini telah dideskripsikan oleh Koreanfilm.org sebagai sebuah "pilihan konsensus sebagai salah satu dari tiga film Korea papan atas sepanjang masa".[2] Ini merupakan film pertama Kim dalam trilogi Housemaid yang kemudian diikuti dengan Woman of Fire. Film ini dibuat kembali pada tahun 2010 oleh sutradara Im Sang-soo.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini adalah film horor thriller yang menceritakan kehancuran keluarga dengan memperkenalkan femme fatale pemangsa seksual ke dalam rumah tangga.

Film ini dimulai dengan adegan seorang komposer, Kim Dong-sik, membacakan cerita di sebuah surat kabar mengenai seorang pria yang jatuh cinta kepada pembantunya.

Cerita kemudian melompat ke sang komposer yang bekerja di pabrik. Sang komposer baru saja pindah ke sebuah rumah dua lantai dengan istri dan dua anaknya. Ketika istrinya yang sedang hamil mengalami kelelahan akibat bekerja sebagai penjahit untuk mendukung keluarganya, sang komposer menyewa seorang pembantu rumah tangga, Myung-sook untuk membantu pekerjaan di sekitar rumah. Pembantu rumah tangga yang baru bertingkah aneh, menangkap tikus dengan tangannya, memata-matai sang komposer, merayunya dan akhirnya menjadi hamil olehnya.

Istri sang komposer meyakinkan pembantu rumah tangga untuk menggugurkan kandungannya dengan jatuh dari tangga. Setelah kejadian ini, perilaku pembantu rumah tangga menjadi semakin tidak menentu. Dia mengancam untuk membunuh anak laki-laki komposer itu yang baru lahir. Dia menipu putra sang komposer, Chang-soon, untuk percaya bahwa dia telah mencerna air beracun dan dengan panik dia jatuh ke kematiannya di bawah tangga. Myung-sook membujuk sang komposer untuk bunuh diri bersamanya dengan menelan racun tikus.

Film berakhir dengan sang komposer membaca cerita dari surat kabar bersama istrinya, kembali ke awal film. Narasi film ini rupanya telah diceritakan oleh sang komposer, yang kemudian tersenyum dan memperingatkan penonton film bahwa ini hanyalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penilaian kritis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Jean-Michel Frodon, pemimpin redaksi Cahiers du cinéma, menulis bahwa penemuan The Housemaid oleh Barat, lebih dari empat puluh tahun setelah debut film itu, adalah "perasaan yang luar biasa—luar biasa bukan hanya karena seseorang menemukannya dalam penulis-sutradara Kim Ki-young seorang pembuat film yang benar-benar luar biasa, tetapi dalam filmnya seperti pekerjaan yang benar-benar tidak dapat diprediksi".

Membandingkan sutradara film ini dengan Luis Buñuel, Frodon menulis bahwa Kim "mampu menyelidiki jauh ke dalam pikiran manusia, hasrat dan dorongannya, sambil memberikan perhatian sarkastis pada detailnya". Dia menyebut The Housemaid "mengejutkan", mencatat bahwa "sifat mengejutkan dari film ini sangat mengganggu dan menyenangkan". Frodon menunjukkan bahwa The Housemaid hanyalah satu film besar awal dalam karier sutradara, dan bahwa Kim Ki-young akan terus "berlari liar melalui obsesi dan pemberontakan" dengan film-filmnya selama beberapa dekade mendatang.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Data kotak info dari Frodon, Jean-Michel (2003). "Hanyeo (1960) The Housemaid". Dalam Steven Jay Schneider. 1001 Movies You Must See Before You Die (dalam bahasa Inggris). New York: Barron's Educational Series. hlm. 385. ISBN 0-7641-5701-9. 
  2. ^ Paquet, Darcy. "Darcy's Korean Film Page - 1960s". Koreanfilm.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Juli 2017. Diakses tanggal 13 Oktober 2017. 
  3. ^ Frodon, Jean-Michel (2003). "Hayno (1960) The Housemaid". Dalam Steven Jay Schneider. 1001 Movies You Must See Before You Die (dalam bahasa Inggris). New York: Barron's Educational Series. hlm. 385. ISBN 0-7641-5701-9. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]