If Beale Street Could Talk (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

If Beale Street Could Talk

Poster film If Beale Street Could Talk
Index card (en)
SutradaraBarry Jenkins
Protagonis
Performing arts production (en)Megan Ellison
Dede Gardner
Jeremy Kleiner
Adele Romanski
Sara Murphy
Barry Jenkins
NaskahBarry Jenkins
MusikNicholas Britell
FotografiJames Laxton (en)
Penyuntingan filmJoi McMillon (en)
Costume (en)Caroline Eselin (en)
Rumah produksiPlan B Entertainment (en) dan Annapurna Pictures
DistributorAnnapurna Pictures
Penampilan perdana
  • 9 September 2018 (2018-09-09) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 14 Desember 2018 (2018-12-14) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 11 Januari 2019 (2019-01-11) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi119 menit[1]
Bahasa asli (film atau acara televisi)Inggris
Warnaberwarna
Budget (en)$12 juta[2]
Pendapatan box office$20.572.691[3]
Deskripsi
Berdasarkan padaIf Beale Street Could Talk (en)
Genrefilm drama dan film percintaan
MPA film rating (en)R (en)
Subjek utamaAfrika-Amerika, rasisme, cinta, Prasangka, Penindasan, Hukuman kurungan, loss (en) dan Tuduhan palsu
Latar tempatKota New York
Latar waktu1970-an
MenggambarkanIf Beale Street Could Talk (en)
List of awards and nominations (en)
Penghargaan
Laman resmibealestreet.movie
IMDB: tt7125860 Filmaffinity: 833043 Allocine: 257470 Rottentomatoes: m/if_beale_street_could_talk Letterboxd: if-beale-street-could-talk Mojo: ifbealestreetcouldtalk TCM: 2158871 Metacritic: movie/if-beale-street-could-talk
Twitter: BealeStreet

If Beale Street Could Talk adalah film drama kriminal romantis Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Barry Jenkins dan diproduseri oleh Megan Ellison, Dede Gardner, Jeremy Kleiner, Adele Romanski, Sara Murphy dan Barry Jenkins. Naskah film ini ditulis oleh Barry Jenkins berdasarkan novel If Beale Street Could Talk karya James Baldwin. Film ini dibintangi oleh KiKi Layne, Stephan James, Colman Domingo, Teyonah Parris, Michael Beach, Dave Franco, Diego Luna, Pedro Pascal, Emily Rios, Ed Skrein, Finn Wittrock, Brian Tyree Henry dan Regina King.

Film If Beale Street Could Talk ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 9 September 2018[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 Desember 2018.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Clementine "Tish" Rivers (KiKi Layne) dan Alonzo "Fonny" Hunt (Stephan James) bersahabat sejak mereka masih kecil, lalu mereka memulai hubungan romantis saat mereka dewasa. Pada awal tahun 1970-an, mereka berusaha menemukan tempat tinggal karena sebagian besar pemilik apartemen kota New York menolak menyewa apartemen untuk orang berkulit hitam. Mereka akhirnya menemukan tempat di gudang dalam proses renovasi menjadi apartemen loteng. Levy (Dave Franco), pemilik berketurunan Yahudi, setuju menyewakannya kepada mereka karena ia senang melihat pasangan yang sedang jatuh cinta terlepas dari ras mereka.

Malam itu, Tish dilecehkan oleh seorang pria saat berbelanja di toko kelontong. Ketika sang pria mulai menyerangnya, Fonny memukul pria itu keluar dari toko. Seorang polisi berkulit putih di sana, Petugas Bell (Ed Skrein), menyaksikan kejadian itu dan berupaya menangkap Fonny, tetapi ia terpaksa melepaskan Fonny ketika seorang wanita berkulit putih yang mengelola toko kelontong menjamin mereka dan menyebut Bell rasis.

Fonny kemudian ditangkap dan dituduh memperkosa seorang wanita bernama Victoria Rogers (Emily Rios). Meskipun mustahil bagi Fonny untuk melakukan perjalanan dari tempat kejadian perkara ke apartemen tempat ia ditangkap dalam jarak waktu antara saat pemerkosaan dan saat penangkapan, kasus terhadap Fonny dianggap kuat karena kesaksian Bell di mana ia mengaku telah melihat Fonny melarikan diri dari tempat kejadian perkara dan Victoria mengidentifikasi Fonny dalam daftar pencarian orang sebagai pemerkosa. Tish serta teman Fonny, Daniel Carty (Brian Tyree Henry), selalu bersamanya pada saat pemerkosaan, tetapi alibi Fonny tidak kuat karena hubungan romantis Tish dengan Fonny dan keyakinan Daniel sebelumnya atas pencurian mobil (hasil dari tawar-menawar setelah ditangkap karena kepemilikan ganja).

Tish mengunjungi Fonny di penjara ketika ia menunggu persidangan dan memberitahunya bahwa ia hamil. Fonny bersemangat menjadi seorang ayah, tetapi ia sedih dengan kenyataan bahwa anaknya mungkin dilahirkan bersamanya di balik jeruji besi. Kemudian, Tish memberitahu orang tuanya, Sharon (Regina King) dan Joseph (Colman Domingo), serta saudara perempuannya, Ernestine (Teyonah Parris), tentang kehamilannya. Meskipun mereka mengkhawatirkan Tish, keluarga Tish mendukung dan memutuskan untuk mengundang keluarga Fonny untuk berbagi berita. Frank (Michael Beach), ayah Fonny, bersemangat tentang kehamilan itu. Namun, ibu Fonny (Aunjanue Ellis) yang sangat religius menyatakan bahwa anak itu berdosa karena hamil di luar nikah dan mengoceh tentang bagaimana Tish dan anaknya akan dikutuk. Ketika Mrs. Hunt mulai pergi dengan kedua putrinya dengan jijik setelah Frank memukulnya, Sharon mengingatkan Mrs. Hunt bahwa ia baru saja mengutuk cucunya sendiri dan meninggalkannya dengan perasaan sedih ketika ia pergi. Di sebuah bar, Frank dan Joseph membahas bagaimana mereka khawatir tentang hidup anak Tish dan biaya hukum Fonny, tetapi Joseph meyakinkannya bahwa mereka akan dapat memenuhi kebutuhan cucu mereka dengan cara yang sama mereka berikan untuk anak-anak mereka.

Setelah melacak Victoria ke kampung halamannya di Puerto Riko, Sharon pergi ke sana untuk memohon padanya untuk mengubah kesaksiannya. Sharon berusaha meyakinkan Victoria bahwa ia melakukan kesalahan ketika ia mengidentifikasi Fonny sebagai pemerkosa, tetapi Victoria menolak. Ketika Sharon mempertanyakan apakah Victoria bisa melihat wajah pemerkosa dalam kondisi gelap, Victoria memberitahu bahwa polisi menceritakan kepada Victoria untuk mengidentifikasi Fonny dalam daftar mereka, lalu Victoria melakukannya. Ketika Sharon dengan lembut menyentuhnya, Victoria mulai menjerit, menarik perhatian tetangga-tetangganya, memaksa Sharon pergi. Putus asa atas kasusnya dan penundaan persidangan, Fonny akhirnya menerima tawaran pembelaan.

Dalam adegan terakhir film, Tish dan anak mereka, bernama Alonzo Jr., mengunjungi Fonny di penjara. Mereka semua berbagi makan malam bersama dari mesin penjual otomatis, sambil menanti pembebasan Fonny.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • KiKi Layne sebagai Clementine "Tish" Rivers
    • Milanni Mines sebagai Clementine "Tish" Rivers muda
  • Stephan James sebagai Alonzo "Fonny" Hunt
    • Ethan Barrett sebagai Alonzo "Fonny" Hunt muda
  • Regina King sebagai Sharon Rivers
  • Teyonah Parris sebagai Ernestine Rivers
  • Colman Domingo sebagai Joseph Rivers
  • Brian Tyree Henry sebagai Daniel Carty
  • Ed Skrein sebagai Petugas Bell
  • Emily Rios sebagai Victoria Rogers
  • Michael Beach sebagai Frank Hunt
  • Aunjanue Ellis sebagai Mrs. Hunt
  • Ebony Obsidian sebagai Adrienne Hunt
  • Dominique Thorne sebagai Sheila Hunt
  • Finn Wittrock sebagai Hayward
  • Diego Luna sebagai Pedrocito
  • Pedro Pascal sebagai Pietro Alvarez
  • Dave Franco sebagai Levy

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film If Beale Street Could Talk mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 334 ulasan, dengan rating rata-rata 8,63/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 87 dari 100, berdasarkan 53 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film If Beale Street Could Talk mendapatkan $14.915.773 di Amerika Utara dan $5.656.918 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $20.572.691, melebihi anggaran produksi film $12 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $224.476, menempati posisi ke-22 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2.406.742, menempati posisi ke-12 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "If Beale Street Could Talk (15)". British Board of Film Classification. November 19, 2018. Diakses tanggal December 4, 2018. 
  2. ^ Thompson, Anne (October 10, 2018). "Annapurna's Stunning Shakeup: What the Hell Is Megan Ellison Doing?". IndieWire. Diakses tanggal October 10, 2018. 
  3. ^ a b c "If Beale Street Could Talk (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 22, 2019. 
  4. ^ Vlessing, Etan (July 24, 2018). "Toronto: Timothee Chalamet Starrer 'Beautiful Boy,' Dan Fogelman's 'Life Itself' Among Festival Lineup". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal July 24, 2018. 
  5. ^ Friedman, Roger (November 4, 2018). "Holiday Movie Reshuffle: "If Beale Street Could Talk" Moves to December 14th as Film Company Struggles to Survive". Showbiz411. Diakses tanggal November 4, 2018. 
  6. ^ "If Beale Street Could Talk (2018)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 4, 2018. 
  7. ^ "If Beale Street Could Talk reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 4, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]