The Wolf of Wall Street (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Wolf of Wall Street
WallStreet2013poster.jpg
Poster film The Wolf of Wall Street
Sutradara Martin Scorsese
Produser Martin Scorsese
Leonardo DiCaprio
Riza Aziz
Joey McFarland
Emma Tillinger Koskoff
Skenario Terence Winter
Berdasarkan The Wolf of Wall Street 
oleh Jordan Belfort
Pemeran Leonardo DiCaprio
Jonah Hill
Margot Robbie
Matthew McConaughey
Kyle Chandler
Rob Reiner
Jon Bernthal
Jon Favreau
Jean Dujardin
Sinematografi Rodrigo Prieto
Penyunting Thelma Schoonmaker
Perusahaan
produksi
Red Granite Pictures
Appian Way Productions
Sikelia Productions
EMJAG Productions
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
  • 17 Desember 2013 (2013-12-17) (Ziegfeld Theatre)
  • 25 Desember 2013 (2013-12-25) (Amerika Serikat)
Durasi
180 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $100 juta[2]
Pendapatan kotor $392,000,694[2]

The Wolf of Wall Street adalah film biografi komedi kriminal Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan diproduseri oleh Martin Scorsese, Leonardo DiCaprio, Riza Aziz, Joey McFarland dan Emma Tillinger Koskoff. Naskah film ini ditulis oleh Terence Winter berdasarkan buku The Wolf of Wall Street karya Jordan Belfort. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Jonah Hill, Margot Robbie, Matthew McConaughey, Kyle Chandler, Rob Reiner, Jon Bernthal, Jon Favreau dan Jean Dujardin.

Film The Wolf of Wall Street ditayangkan secara perdana di Ziegfeld Theatre pada tanggal 17 Desember 2013[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2013.[4] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987, Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio) mendapatkan pekerjaan sebagai pialang saham Wall Street untuk perusahaan L. F. Rothschild, bekerja di bawah pengawasan Mark Hanna (Matthew McConaughey), yang dengan cepat mengajaknya mengikuti kebiasaan pialang saham yang berhubungan dengan seks dan narkoba, lalu mengajarkan Jordan bahwa satu-satunya pekerjaan seorang pialang saham adalah menghasilkan uang untuk dirinya sendiri. Jordan segera mendapatkan kariernya bersamaan dengan Senin Hitam dan mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan pialang saham di Long Island yang berfokus pada persediaan saham. Berkat gaya agresif dan komisi tinggi, Jordan menghasilkan banyak uang.

Jordan berteman dengan tetangganya, Donnie Azoff (Jonah Hill), dan keduanya membuat perusahaan mereka sendiri. Mereka merekrut beberapa teman Jordan, yang dilatih oleh Jordan mengenai seni "jual keras". Metode dasar perusahaan Jordan adalah penipuan pump and dump. Untuk menyembunyikan penipuan ini, Jordan memberi nama yang elit untuk perusahaannya, Stratton Oakmont. Setelah promosi di majalah bisnis Forbes, ratusan investor muda ambisius berbondong-bondong ke perusahaannya. Jordan menjadi sukses dan menikmati gaya hidup yang penuh dengan seks dan narkoba. Jordan berselingkuh dengan seorang wanita bernama Naomi Lapaglia (Margot Robbie). Ketika istrinya mengetahui perselingkuhan itu, mereka bercerai dan Jordan menikahi Naomi. Sementara itu, SEC dan FBI mulai menyelidiki Stratton Oakmont. Jordan secara ilegal menghasilkan $22,000,000 dalam tiga jam setelah mengamankan penawaran umum perdana dari perusahaan Steve Madden (Jake Hoffman). Hal ini membuat Jordan dan perusahaannya menjadi perhatian FBI. Untuk menyembunyikan uangnya, Jordan membuka rekening bank di Swiss dengan kepala bank yang korup Jean-Jacques Saurel (Jean Dujardin) atas nama Bibi Emma (Joanna Lumley), kerabat Naomi yang merupakan warga negara Britania Raya dan dengan demikian berada di luar jangkauan otoritas Amerika Serikat. Jordan menggunakan istri dan mertua dari temannya, Brad Bodnick (Jon Bernthal), yang memiliki paspor Eropa, untuk menyelundupkan uangnya ke Swiss.

Donnie berkelahi dengan Brad di depan umum dan ketika Donnie kabur, Brad ditangkap. Jordan juga mengetahui dari penyidik ​​pribadinya bahwa FBI sedang menyadap teleponnya. Khawatir pada putranya, ayah Jordan, Max (Rob Reiner), menyarankan agar ia meninggalkan Stratton Oakmont dan berbohong, sementara pengacara Jordan menegosiasikan kesepakatan untuk menjauhkannya dari penjara. Jordan, bagaimanapun, tidak dapat memecahkan solusinya dan berbicara dengan dirinya sendiri untuk tinggal di tengah pidato perpisahannya. Jordan, Donnie dan istri mereka sedang dalam perjalanan ke Italia menggunakan kapal pesiar ketika mereka mengetahui bahwa Bibi Emma telah meninggal karena serangan jantung. Jordan memutuskan untuk segera pergi ke Swiss untuk menyelesaikan rekening bank tersebut. Untuk melewati perbatasan, ia memaksa kapten kapal pesiarnya berlayar ke Monako, namun kapal tersebut tenggelam karena badai. Setelah mereka diselamatkan, pesawat yang dikirim untuk membawa mereka ke Jenewa hancur saat seekor burung camar terbang masuk ke mesin pesawat. Jordan mengambil hikmah di balik nasib buruknya sebagai tanda dari Tuhan dan memutuskan untuk sadar.

Dua tahun kemudian, FBI menangkap Jordan karena Jean-Jacques, yang ditangkap di Florida atas tuduhan yang tidak terkait, telah memberitahu tentang Jordan. Karena bukti yang menentangnya sangat banyak, Jordan setuju untuk mengumpulkan bukti dengan rekan-rekannya dengan imbalan keringanan hukuman penjara. Kesal dengan gaya hidup Jordan, Naomi memberitahu Jordan bahwa ia menceraikan Jordan dan menginginkan hak asuh penuh untuk anak-anak mereka. Jordan kehilangan akal sehatnya dan mencoba kabur bersama putrinya, Skylar, ke dalam mobilnya, namun akhirnya ia menabrak jalan masuk. Keesokan paginya, Jordan memakai kawat untuk bekerja, namun ia mengirimkan catatan ke Donnie untuk memperingatkannya. Donnie menyimpan catatan tersebut dan melaporkan Jordan ke FBI. Jordan ditangkap karena melanggar kesepakatan kerja sama. FBI menggerebek dan menutup Stratton Oakmont. Terlepas dari pelanggaran ini, Jordan mendapatkan keringanan hukuman atas kesaksiannya dan mengabdi selama tiga tahun di penjara keamanan minimum. Setelah bebas, Jordan mengadakan seminar tentang teknik penjualan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Wolf of Wall Street mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 78%, berdasarkan 264 ulasan, dengan rating rata-rata 7.8/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 75 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "C" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Wolf of Wall Street mendapatkan $116,900,694 di Amerika Utara dan $275,100,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $392,000,694, melebihi anggaran produksi film $100 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $18,361,578, menempati posisi kelima di box office di belakang film The Hobbit: The Desolation of Smaug, Frozen, Anchorman 2: The Legend Continues dan American Hustle.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Wolf of Wall Street (18)". British Board of Film Classification. December 12, 2013. Diakses tanggal October 17, 2014. 
  2. ^ a b c d "The Wolf of Wall Street (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  3. ^ Morfoot, Addie (December 18, 2013). "Terence Winter: Leo 'Brave Enough' for Candle Scene in 'Wolf of Wall Street'". Variety. Diakses tanggal March 26, 2014. 
  4. ^ Brevet, Brad (October 22, 2013). "Scorsese's 'Wolf of Wall Street' Will Open on Christmas Day". Ropeofsilicon.com. Diakses tanggal October 22, 2013. 
  5. ^ "The Wolf of Wall Street (2013)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "The Wolf of Wall Street reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]