Gangs of New York

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gangs of New York
Gangs NY.jpg
Poster film Gangs of New York
Sutradara Martin Scorsese
Produser Alberto Grimaldi
Harvey Weinstein
Skenario Jay Cocks
Kenneth Lonergan
Steven Zaillian
Cerita Jay Cocks
Berdasarkan The Gangs of New York 
oleh Herbert Asbury
Pemeran Leonardo DiCaprio
Daniel Day-Lewis
Cameron Diaz
Jim Broadbent
John C. Reilly
Henry Thomas
Brendan Gleeson
Musik Howard Shore
Sinematografi Michael Ballhaus
Penyunting Thelma Schoonmaker
Perusahaan
produksi
Alberto Grimaldi Productions
Initial Entertainment Group
Distributor Miramax Films
Tanggal rilis
  • 9 Desember 2002 (2002-12-9) (New York)
  • 20 Desember 2002 (2002-12-20) (Amerika Serikat)
Durasi
168 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $100 million[2]
Pendapatan kotor $193,772,504[2]

Gangs of New York adalah film drama kriminal Amerika Serikat tahun 2002 yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan diproduseri oleh Alberto Grimaldi dan Harvey Weinstein. Naskah film ini ditulis oleh Jay Cocks, Kenneth Lonergan dan Steven Zaillian, sementara ceritanya ditulis oleh Jay Cocks berdasarkan buku non-fiksi The Gangs of New York karya Herbert Asbury. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Daniel Day-Lewis, Cameron Diaz, Jim Broadbent, John C. Reilly, Henry Thomas dan Brendan Gleeson.

Film Gangs of New York ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 9 Desember 2002 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 20 Desember 2002. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di lingkungan kumuh Five Points, Manhattan pada tahun 1846, pertempuran terakhir terjadi pada geng di Paradise Square antara penduduk asli, Protestanisme yang dipimpin oleh William "Bill the Butcher" Cutting (Daniel Day-Lewis) dan imigran Katolik Irlandia "Dead Rabbits" yang dipimpin oleh "Priest" Vallon (Liam Neeson). Bill membunuh Priest dan menyatakan bahwa Dead Rabbits dilarang beroperasi. Setelah melihat Priest terbunuh, putra Priest menyembunyikan pisau yang membunuh ayahnya, lalu ia dibawa ke panti asuhan di Blackwell's Island.

Enam belas tahun kemudian, putra Priest, sekarang dikenal dengan Amsterdam (Leonardo DiCaprio), kembali ke Five Points untuk membalas dendam dan mengambil kembali pisau itu. Seorang kenalan lama, Johnny Sirocco (Henry Thomas), memperkenalkan Amsterdam dengan klan geng setempat dan pencuri, yang semuanya memberikan penghormatan kepada Bill, yang mengendalikan lingkungan tersebut. Amsterdam akhirnya diperkenalkan kepada Bill, yang menyimpan rahasia masa lalunya, dan berusaha direkrut. Ia mengetahui bahwa banyak mantan orang setia ayahnya yang sekarang menjadi anak buah Bill. Setiap tahun, Bill merayakan ulang tahun kemenangannya atas Dead Rabbits dan Amsterdam berencana untuk membunuhnya secara terbuka ketika perayaan dilaksanakan.

Amsterdam tertarik dengan seorang pencopet dan penipu bernama Jenny Everdeane (Cameron Diaz), yang membuat Johnny terpersona. Amsterdam mendapatkan kepercayaan Bill dan Bill menjadi mentornya, melibatkannya dalam kesepakatan dengan politisi Tammany Hall yang korup, William "Boss" Tweed (Jim Broadbent). Amsterdam menyelamatkan Bill dari upaya pembunuhan dan tersiksa oleh pemikiran bahwa ia mungkin melakukannya karena kesetiaan yang jujur.

Pada malam perayaan kemenangan Bill, Johnny, dalam kecemburuan atas hubungan Amsterdam dengan Jenny, mengungkapkan identitas dan niat nyata Amsterdam terhadap Bill. Bill memancing Amsterdam dengan aksi lempar pisau yang melibatkan Jenny. Ketika Bill bersulang untuk Priest Vallon, Amsterdam melempar pisaunya, namun Bill membelokkannya dan melukai Amsterdam dengan lemparan balasan. Bill menyatakan bahwa daripada mati, Amsterdam akan hidup dalam rasa malu, lalu Bill membakar pipi Amsterdam dengan pisau panas. Pergi bersembunyi, Jenny merawat Amsterdam hingga pulih dan memohon kepada Amsterdam untuk melarikan diri bersamanya ke San Francisco.

Amsterdam, bagaimanapun, kembali ke Five Points untuk mencari pembalasan dan mengumumkan kembalinya dengan menggantung kelinci mati di Paradise Square. Bill mengirim McGloin (Gary Lewis) untuk menyelidikinya, namun Amsterdam membunuhnya dan menggantung mayatnya di alun-alun. Sebagai pembalasan, Bill menyuruh Johnny, yang dipukuli dan dihabisi dengan tombak, meninggalkannya ke Amsterdam untuk mengakhiri penderitaannya. Insiden ini menjadi berita besar di surat kabar dan William "Boss" Tweed menunjukkan Amsterdam rencana untuk mengalahkan pengaruh Bill dengan cara William "Boss" Tweed yang akan mendukung pencalonan Monk McGinn (Brendan Gleeson) atas sheriff. Monk menang telak dan Bill, yang merasa dipermalukan, membunuhnya. Kematian Monk mendorong Amsterdam untuk menantang Bill ke pertempuran geng di Paradise Square.

Kerusuhan di kota pecah ketika geng bersiap-siap untuk berperang dan tentara Persatuan dikerahkan untuk mengendalikan para perusuh. Ketika geng-geng yang bersaing saling menyerang, tembakan meriam dari kapal-kapal angkatan laut ditembakkan langsung ke Paradise Square. Di antara meriam dan tentara, banyak anggota geng yang terbunuh. Bill dan Amsterdam saling menyerang satu sama lain hingga Bill terluka parah oleh tembakan peluru. Ia akhirnya dibunuh oleh Amsterdam, lalu Amsterdam meninggalkan New York bersama Jenny dan memulai kehidupan baru di San Francisco.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Leonardo DiCaprio sebagai Amsterdam Vallon
  • Daniel Day-Lewis sebagai William "Bill the Butcher" Cutting
  • Cameron Diaz sebagai Jenny Everdeane
  • Jim Broadbent sebagai William "Boss" Tweed
  • John C. Reilly sebagai Happy Jack Mulraney
  • Henry Thomas sebagai Johnny Sirocco
  • Liam Neeson sebagai "Priest" Vallon
  • Brendan Gleeson sebagai Walter "Monk" McGinn
  • Gary Lewis sebagai McGloin
  • Stephen Graham sebagai Shang
  • Eddie Marsan sebagai Killoran
  • Alec McCowen sebagai Pendeta Raleigh
  • David Hemmings sebagai John F. Schermerhorn
  • Lawrence Gilliard Jr. sebagai Jimmy Spoils
  • Cara Seymour sebagai Hell-Cat Maggie
  • Roger Ashton-Griffiths sebagai P. T. Barnum
  • Barbara Bouchet sebagai Mrs. Schermerhorn
  • Michael Byrne sebagai Horace Greeley
  • John Sessions sebagai Harry Watkins
  • Richard Graham sebagai Harvey-Card Player
  • Giovanni Lombardo Radice sebagai Mr. Legree

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Gangs of New York mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 75%, berdasarkan 205 ulasan, dengan rating rata-rata 7.1/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Gangs of New York mendapatkan $77,812,000 di Amerika Utara dan $115,960,504 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $193,772,504, melebihi anggaran produksi film $100 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $9,496,870, menempati posisi keempat di box office di belakang film The Lord of the Rings: The Two Towers, Two Weeks Notice dan Maid in Manhattan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gangs of New York (18)". British Board of Film Classification. December 10, 2002. Diakses tanggal October 5, 2016. 
  2. ^ a b c d "Gangs of New York (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 27, 2017. 
  3. ^ "Gangs of New York (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Gangs of New York reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]