You Can Count on Me

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
You Can Count on Me
YouCanCountonMePoster2000.jpg
Poster film You Can Count on Me
SutradaraKenneth Lonergan
ProduserJeffrey Sharp
John Hart
Larry Meistrich
Barbara De Fina
SkenarioKenneth Lonergan
PemeranLaura Linney
Mark Ruffalo
Matthew Broderick
MusikLesley Barber
SinematografiStephen Kazmierski
PenyuntingAnne McCabe
Perusahaan
produksi
Hart-Sharp Entertainment
Cappa Production
Crush Entertainment
Shooting Gallery
DistributorParamount Vantage
Tanggal rilis
Durasi
111 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$1,2 juta[2]
Pendapatan kotor$11.009.079[3]

You Can Count on Me adalah film drama Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai oleh Kenneth Lonergan dan diproduseri oleh Jeffrey Sharp, John Hart, Larry Meistrich dan Barbara De Fina. Naskah film ini ditulis oleh Kenneth Lonergan. Film ini dibintangi oleh Laura Linney, Mark Ruffalo dan Matthew Broderick.

Film You Can Count on Me ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 21 Januari 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 10 November 2000. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ketika mereka masih kanak-kanak, Sammy dan Terry Prescott kehilangan orang tua mereka karena kecelakaan mobil. Bertahun-tahun kemudian, Sammy (Laura Linney), seorang ibu tunggal dan staf utang di sebuah bank, masih tinggal di rumah masa kecilnya di Scottsville, New York, sementara Terry (Mark Ruffalo) telah melakukan perjalanan di seluruh negeri, mengais-ngais serta masuk dan keluar masalah.

Setelah berbulan-bulan tidak ada komunikasi dengan saudara perempuannya, Terry sangat membutuhkan uang sehingga ia datang mengunjungi Sammy dan putranya, Rudy (Rory Culkin), yang senang bertemu dengan Terry. Sammy meminjamkan uang kepada Terry, yang dikirim kembali ke kekasihnya. Setelah sang kekasih mencoba bunuh diri, Terry memutuskan untuk memperpanjang masa tinggalnya dengan Sammy di mana Sammy menyambutnya.

Ketika ia mengerjakan tugas menulis sekolah, Rudy membayangkan ayahnya (Josh Lucas) yang tidak ada sebagai pahlawan yang luar biasa. Sammy hanya memberinya deskripsi yang kabur tentang kebenarannya sementara Terry membiarkan perasaan Rudy diketahui tentang pengabaian ayahnya. Sammy berhubungan kembali dengan kekasih lamanya, namun ia terkejut ketika sang kekasih melamarnya dalam waktu yang singkat. Sammy membutuhkan waktu untuk mempertimbangkannya.

Di bank, seorang manajer baru bernama Brian (Matthew Broderick), mencoba membuat tandanya sendiri dengan tuntutan yang tidak biasa tentang model warna komputer dan lembar waktu harian. Ia sangat keras terhadap Sammy dan meminta agar Sammy membuat pengaturan terhadap orang lain untuk menjemput putranya dari bis sekolah daripada meninggalkan pekerjaan. Setelah sempat berseteru, mereka akhirnya berselingkuh, meskipun istri Brian sedang hamil enam bulan.

Terry tumbuh dekat dengan Rudy selama mereka bersama. Namun, ia melampaui batas pengawasan Sammy ketika mereka datang ke bar untuk bermain bilyar hingga larut malam. Sammy meminta pendetanya (Kenneth Lonergan) untuk memberikan nasihat kepada Terry tentang pandangannya tentang kehidupan. Ketika Terry menolak saran Sammy, ia tetap berhubungan baik dengan Rudy. Menyadari keputusannya yang masih samar-samar, Sammy menolak lamaran kekasihnya dan memutuskan hubungannya dengan Brian.

Setelah seharian memancing, Terry dan Rudy memutuskan untuk mengunjungi ayahnya, Rudy Sr., di kota Auburn. Berhadapan dengan masa lalunya, Rudy Sr marah dan menyebabkan Terry menyerangnya, lalu Terry ditangkap.

Sammy membawa Terry dan Rudy pulang dan meminta Terry untuk pindah di mana Terry keesokan harinya. Terry berencana untuk kembali ke Alaska dan mengabaikan saran Sammy untuk tetap tinggal di kota dan mengembalikan kehidupannya seperti semula. Ketika awalnya perpisahan tersebut akan berbuah sakit hati lain, mereka berdamai sebelum Terry pergi, datang untuk berdamai dengan cara hidup masing-masing.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Laura Linney sebagai Samantha "Sammy" Prescott
  • Mark Ruffalo sebagai Terry Prescott
  • Matthew Broderick sebagai Brian Everett
  • Jon Tenney sebagai Bob Steegerson
  • Rory Culkin sebagai Rudy Prescott
  • Halley Feiffer sebagai Amy
  • J. Smith-Cameron sebagai Mabel
  • Josh Lucas sebagai Rudy Sr.
  • Gaby Hoffmann sebagai Sheila Seidleman
  • Adam LeFevre sebagai Sherif Darryl
  • Kenneth Lonergan sebagai Ron
  • Nina Garbiras sebagai Nancy Everett
  • Kim Parker sebagai kekasih Rudy Sr.

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film You Can Count on Me mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 103 ulasan, dengan rating rata-rata 8,1/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 85 dari 100, berdasarkan 31 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film You Can Count on Me mendapatkan $9.183.362 di Amerika Utara dan $1.825.717 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $11.009.079, melebihi anggaran produksi film $1,2 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $118.170, menempati posisi ke-33 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "You Can Count on Me (15)". British Board of Film Classification. January 29, 2001. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ "You Can Count on Me (2000)". The Numbers. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ a b c "You Can Count on Me (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  4. ^ "You Can Count on Me (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "You Can Count on Me reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]