The Lost City of Z (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Lost City of Z
The Lost City of Z Poster.jpg
Poster film The Lost City of Z
Sutradara James Gray
Produser Dede Gardner
Jeremy Kleiner
Anthony Katagas
James Gray
Dale Armin Johnson
Skenario James Gray
Berdasarkan The Lost City of Z 
oleh David Grann
Pemeran Charlie Hunnam
Robert Pattinson
Sienna Miller
Tom Holland
Musik Christopher Spelman
Sinematografi Darius Khondji
Penyunting John Axelrad
Lee Haugen
Perusahaan
produksi
Plan B Entertainment
Keep Your Head Productions
MICA Entertainment
MadRiver Pictures
Distributor Amazon Studios
Bleecker Street
Tanggal rilis
  • 15 Oktober 2016 (2016-10-15) (Festival Film New York)
  • 14 April 2017 (2017-4-14) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 21 April 2017 (2017-4-21) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
141 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $17,122,336[3][4]

The Lost City of Z adalah film drama biografi petualangan Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh James Gray dan diproduseri oleh Dede Gardner, Jeremy Kleiner, Anthony Katagas, James Gray dan Dale Armin Johnson. Naskah film ini ditulis oleh James Gray berdasarkan buku The Lost City of Z karya David Grann. Film ini dibintangi oleh Charlie Hunnam, Robert Pattinson, Sienna Miller dan Tom Holland.

Film The Lost City of Z ditayangkan secara perdana di Festival Film New York pada tanggal 15 Oktober 2016[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 April 2017 secara terbatas dan 21 April 2017 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1905 di Irlandia, Percy Fawcett (Charlie Hunnam) adalah seorang perwira Inggris muda yang berpartisipasi dalam perburuan rusa di sebuah perkebunan Irlandia untuk kepentingan kunjungan Franz Ferdinand dari Austria. Sebagai seorang penunggang kuda dan penembak jitu yang terampil, ia menembak mati rusa tersebut dengan cepat, namun ia dilecehkan di pesta setelah perburuan tersebut. Setahun kemudian, Percy dipanggil ke London untuk bertemu dengan ketua Royal Geographical Society (RGS) Sir George Goldie (Ian McDiarmid) dan sekretarisnya Sir John Scott Keltie (Clive Francis). Pemerintah Bolivia dan Brasil nyaris berperang mengenai lokasi perbatasan mereka dan meminta pemerintah Inggris untuk menelusuri lokasi itu. Percy setuju untuk memimpin ekspedisi tersebut untuk mengembalikan nama baik keluarganya. Di kapal menuju Brasil, Percy bertemu dengan Kopral Henry Costin (Robert Pattinson), yang memiliki pengetahuan tentang hutan hujan Amazon. Di sebuah perkebunan karet besar di hutan milik bangsawan Portugis Baron de Gondoris (Franco Nero), keduanya bertemu dengan Kopral Arthur Manley (Edward Ashley), yang memberitahukan bahwa pemerintah Inggris menyarankan untuk tidak melakukan eksplorasi lebih lanjut. Percy, dengan beberapa pemandu Amazon Tadjui (Pedro Coello), menyelesaikan misinya. Tadjui memberitahu Percy tentang sebuah kota di hutan yang dipenuhi emas dan penuh dengan orang-orang. Awalnya, Percy menganggap Tadjui gila, namun setelah menemukan pecahan tembikar yang sangat mewah dan beberapa patung batu kecil di hutan, Percy percaya bahwa cerita Tadjui itu benar.

Percy dipuji setelah kembali ke Inggris, di mana istrinya, Nina (Sienna Miller), telah melahirkan anak kedua mereka. Di Trinity College Library, Nina menemukan tulisan dari penjelajah Spanyol yang menceritakan tentang sebuah kota yang jauh di hutan Amazon. Percy bertemu dengan ahli biologi James Murray (Angus Macfadyen), yang setuju untuk bergabung dengan Percy dalam ekspedisi ke Amazon untuk menemukan apa yang Percy sebut sebagai "Kota Hilang Z". Percy mencoba meyakinkan RGS untuk mendanai ekspedisi tersebut. Meskipun ia ditertawakan oleh RGS, RGS mendanai ekspedisi Percy untuk eksplorasi lebih lanjut dari lembah Amazon. James tidak terbiasa dengan kerasnya hutan dan memperlambat ekspedisi secara signifikan. Rombongan Percy diserang ketika melakukan perjalanan di sepanjang sungai, namun Percy bisa berdamai dengan penduduk pribumi. James menderita luka lutut parah yang menjadi infeksi, dan ia mulai menjadi gila. Percy menyerahkan James ke pemandu pribumi untuk mendapatkan bantuan. Rombongan Percy terpaksa meninggalkan ekspedisi tersebut setelah menemukan bahwa James menuangkan parafin untuk persediaan mereka yang tersisa.

James pulih dan menuduh Percy meninggalkannya di hutan di hadapan para pejabat RGS. Percy memilih mengundurkan diri dari RGS daripada meminta maaf. Perang Dunia I terjadi di Eropa dan Percy pergi ke Perancis untuk berperang. Dalam Pertempuran Somme, Arthur meninggal di parit dan Percy buta sementara karena serangan gas klorin. Jack (Tom Holland), anak tertua Percy yang telah lama menuduh Percy meninggalkan keluarga, berdamai dengan ayahnya di rumah sakit.

Pada tahun 1923, Percy hidup dalam ketidakjelasan di Inggris. Amerika menjadi gempar terutama karena cerita Percy tentang kota yang hilang di Amazon. John D. Rockefeller, Jr. dan perhimpunan surat kabar Amerika mendanai ekspedisi Percy yang baru. RGS membantu mendanai ekspedisi Percy di saat terakhir sebagai salah satu kebanggaan Inggris. Percy menunjukkan John Scott sebuah kompas dan memberitahu bahwa jika Percy menemukan kota yang hilang tersebut, kompasnya akan dikirim kembali ke Inggris. Kali ini, Percy dan Jack berniat untuk pergi sendiri, melakukan perjalanan sesering mungkin hingga tiga tahun untuk menemukan kota hilang tersebut. Percy mengajak Henry, namun ia menolak. Percy dan Jack diserang oleh penduduk pribumi dan melarikan diri. Ketika mereka melarikan diri, mereka disergap oleh suku kedua penduduk Amazon. Suku kedua tersebut memberi pencerahan kepada Percy dan Jack, membuat Percy dan Jack bingung. Percy dan Jack melihat bahwa roh suku kedua tersebut tidak sepenuhnya berasal dari dunia mereka sendiri maupun dari Amazon. Mereka mengatakan bahwa roh Percy dan Jack "harus berada" di suatu tempat dan mereka akan membantu Percy dan Jack menemukannya. Percy dan Jack dibius selama upacara dan dibawa pergi.

Bertahun-tahun kemudian, Nina bertemu dengan John Scott, yang sekarang menjadi kepala RGS. Nina mengklaim bahwa ia telah mendengar Percy dan Jack hidup dan tinggal dengan orang-orang suku. RGS, yang telah mengirim lebih dari seratus orang untuk mencari Percy dalam beberapa tahun terakhir, menolak untuk melakukan ekspedisi lain. John Scott menyarankan Nina untuk menyesuaikan diri dengan kematian suaminya, namun ia menolak. Nina menunjukkan John Scott sebuah paket. Ketika John Scott membukanya, paket itu berisi kompas Percy, yang telah dikirim kembali seperti yang dijanjikan Percy jika ia menemukan kota itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Charlie Hunnam sebagai Percy Fawcett
  • Robert Pattinson sebagai Kopral Henry Costin
  • Sienna Miller sebagai Nina Fawcett
  • Tom Holland sebagai Jack Fawcett
    • Bobby Smalldridge sebagai Jack Fawcett berusia 7 tahun
    • Tom Mulheron sebagai Jack Fawcett muda
  • Angus Macfadyen sebagai James Murray
  • Clive Francis sebagai Sir John Scott Keltie
  • Edward Ashley sebagai Kopral Arthur Manley
  • Ian McDiarmid sebagai Sir George Goldie
  • Pedro Coello sebagai Tadjui
  • Franco Nero sebagai Baron de Gondoriz
  • Harry Melling sebagai William Barclay
  • John Sackville sebagai Simon Beauclerk
  • Adam Bellamy sebagai Cecil Gosling
  • Daniel Huttlestone sebagai Brian Fawcett
    • Nathaniel Bates Fisher sebagai Brian Fawcett berusia 7 tahun

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Lost City of Z mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 204 ulasan, dengan rating rata-rata 7.4/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 78 dari 100, berdasarkan 44 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Lost City of Z mendapatkan $8,574,339 di Amerika Utara dan $8,547,997 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $17,122,336, lebih kecil dari anggaran produksi film $30 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $110,175, menempati posisi ke-28 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,121,540, menempati posisi ke-10 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Lost City of Z (2017)". AMC Theatres. Diakses tanggal June 11, 2017. 
  2. ^ Laurent Schenck (2017-03-15). "The Lost City of Z : 5 choses à savoir sur l'aventure amazonienne de James Gray" (dalam bahasa Prancis). AlloCiné. Diakses tanggal 2017-05-08. 
  3. ^ a b "The Lost City of Z (2017)". The Numbers. Diakses tanggal September 27, 2017. 
  4. ^ a b "The Lost City of Z (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 27, 2017. 
  5. ^ Gregg Kilday (August 3, 2016). "James Gray's 'The Lost City of Z' to Close New York Film Festival". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 3, 2016. 
  6. ^ Nordine, Michael (September 1, 2016). "Amazon Studios Acquires James Gray's Rainforest Drama 'The Lost City of Z' Starring Charlie Hunnam". IndieWire. Diakses tanggal October 14, 2016. 
  7. ^ "The Lost City of Z (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 27, 2017. 
  8. ^ "The Lost City of Z reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 27, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]