Beautiful Boy (film 2018)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Beautiful Boy
Beautiful Boy Steve Carell Poster 2018.jpg
Poster film Beautiful Boy
SutradaraFelix Van Groeningen
ProduserDede Gardner
Jeremy Kleiner
Brad Pitt
SkenarioLuke Davies
Felix Van Groeningen
BerdasarkanBeautiful Boy: A Father's Journey Through His Son's Addiction
oleh David Sheff
Tweak: Growing Up on Methamphetamines
oleh Nic Sheff
PemeranSteve Carell
Timothée Chalamet
Maura Tierney
Amy Ryan
Timothy Hutton
Kaitlyn Dever
SinematografiRuben Impens
PenyuntingNico Leunen
Perusahaan
produksi
Plan B Entertainment
Big Indie Pictures
DistributorAmazon Studios
Tanggal rilis
  • 7 September 2018 (2018-9-7) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 12 Oktober 2018 (2018-10-12) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 9 November 2018 (2018-11-9) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
112 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$25 juta[2]
Pendapatan kotor$16.420.720[3]

Beautiful Boy adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Felix Van Groeningen dan diproduseri oleh Dede Gardner, Jeremy Kleiner dan Brad Pitt. Naskah film ini ditulis oleh Luke Davies dan Felix Van Groeningen berdasarkan buku Beautiful Boy: A Father's Journey Through His Son's Addiction karya David Sheff serta buku Tweak: Growing Up on Methamphetamines karya Nic Sheff. Film ini dibintangi oleh Steve Carell, Timothée Chalamet, Maura Tierney, Amy Ryan, Timothy Hutton dan Kaitlyn Dever.

Film Beautiful Boy ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 7 September 2018[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 Oktober 2018 secara terbatas dan 9 November 2018 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

David Sheff (Steve Carell) bekerja sebagai penulis media The New York Times dan memiliki putra remaja yang mengalami kecanduan narkotika, Nic (Timothée Chalamet). Suatu hari, Nic menghilang dan muncul kembali ke rumah dua hari kemudian. Mengetahui tanda-tanda penggunaan narkotika yang jelas dalam diri Nic, David akhirnya membawanya ke klinik rehabilitasi. Nic mengalami kemajuan pemulihan, kemudian ia pindah ke rumah singgah atas persetujuan dokter Nic. Beberapa hari kemudian, Nic menghilang dan David menemukannya di jalanan.

Kembali di fasilitas rehabilitasi, Nic mengungkapkan bahwa ia telah minum banyak obat, termasuk metamfetamina. Nic akhirnya menyelesaikan program rehabilitasi dan melihat kemajuan serta harapannya, David mengizinkan Nic pergi ke perguruan tinggi sendiri untuk menjadi seorang penulis. Kebebasan dan ketenangan yang baru ditemukan Nic dimulai dengan baik ketika ia menjadi mahasiswa yang baik dan memulai hubungan dengan teman sekelasnya yang menarik, Julia (Stefanie Scott). Setelah makan malam di rumah orang tua kekasihnya, Nic menemukan sebotol pil di lemari obat mereka dan menelannya. Setelah kejadian ini, kecanduannya perlahan-lahan kambuh, menyebabkan Julia putus dengannya, lalu ia mulai mengkonsumsi narkotika lagi hingga akhirnya ia membeli heroin. Selama waktu itu dan merasa curiga pada perilaku Nic yang perlahan berubah, David memutuskan untuk membaca buku harian Nic. Yang membuat David ngeri, setengah dari buku harian Nic berisi penggambaran penuh warna kecanduannya yang tumbuh melalui kata-kata yang mengkhawatirkan dan kartun yang mengganggu. Di salah satu halaman terakhir, Nic menulis tentang kesulitannya mendapatkan sabu-sabu di perguruan tinggi tetapi ia berhasil mendapatkan heroin.

Sekembalinya ke rumah, David merasa bahwa Nic menggunakan lagi, lalu Nic pergi atas kemauannya sendiri karena ia merasa sesak atas kecurigaan ayahnya tentang penggunaan narkotika. David dan Nic akhirnya bertemu, lalu Nic meminta uang kepada ayahnya sehingga ia bisa pergi ke New York. Mengetahui bahwa uang itu pasti akan digunakan untuk narkoba, David menolaknya, lalu Nic pergi dengan kesal. David kemudian mendapat telepon dari rumah sakit New York yang mengatakan bahwa Nic telah overdosis. David pergi ke sana untuk menjemputnya dan setelah berbicara dengan mantan istrinya dan ibu Nic, Vicki (Amy Ryan), ia memutuskan bahwa Nic harus dibawa untuk tinggal bersama Vicki di Los Angeles.

Nic memiliki awal baru di Los Angeles. Ia menghadiri 12 langkah pertemuan, menghabiskan waktu dengan sponsornya, Spencer (Andre Royo), dan bahkan bekerja di klinik obat untuk membantu pasien baru mengatasi kecanduan mereka. Empat belas bulan sadar, Nic pergi mengunjungi David dan keluarganya. Melihat Nic kembali ke dirinya yang dulu, berinteraksi dengan gembira dengan dua adik tirinya, David bangga akan ketenangan hati putranya yang baru ditemukan, seperti halnya istrinya, Karen (Maura Tierney). Ketika ia meninggalkan rumah mereka, Nic tiba-tiba mengalami depresi, membenci ketenangan dan ketakutannya semakin kambuh. Spencer memberikan dukungan moral kepada Nic melalui telepon, tetapi tidak berhasil. Malamnya, Nic berkendara ke San Francisco, tempat ia bertemu dengan Lauren (Kaitlyn Dever), seorang pecandu narkotika dari masa lalunya, dan mengakui keinginannya untuk "berpesta" meskipun ia sudah bersih dalam beberapa waktu. Mereka berdua membeli berbagai obat di jalanan, lalu mereka menyuntikkannya bersama di rumah Lauren di mana mereka berhubungan intim.

Ketika ia mengetahui bahwa Nic hilang lagi, David bersiap untuk mencarinya, tetapi Karen memprotes bahwa ia telah melakukan semua yang ia bisa untuk Nic, dan ia tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaiki kecanduannya, yang diterima oleh David meskipun ia sedih. Suatu hari, Nic dan Lauren masuk ke rumah ketika David dan keluarganya tidak ada di sana dan mengambil beberapa barang berharga. David dan keluarganya pulang, lalu Nic dan Lauren bergegas pergi meninggalkan rumah itu. Awalnya mereka tidak terlihat oleh David, tetapi adik tirinya, Jasper (Christian Convery), memperhatikan Nic, lalu David dan Karen bergegas pergi menemukan mereka. Karen mengejar mereka tetapi ia berhenti dan membiarkan mereka pergi.

Lauren overdosis, tetapi dihidupkan kembali oleh Nic dan dibawa ke rumah sakit. Nic menangis dan menelepon David untuk meminta izin pulang ke rumah, namun David menolaknya. Nic terus memohon, tetapi David menutup telepon dan menangis. Putus asa, Nic overdosis, tetapi ia selamat. David dan Vicki mengunjunginya di rumah sakit, lalu David dan Nic saling berpelukan sambil menangis.

Film ini mengungkapkan Nic telah menderita selama delapan tahun dan hal itu tidak akan mungkin terjadi tanpa cinta dan dukungan dari keluarga dan teman-temannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Beautiful Boy mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 69%, berdasarkan 238 ulasan, dengan rating rata-rata 6,51/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 62 dari 100, berdasarkan 45 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Beautiful Boy mendapatkan $7.649.973 di Amerika Utara dan $8.770.747 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $16.420.720, lebih kecil dari anggaran produksi film $25 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $218.888, menempati posisi ke-20 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1.450.661, menempati posisi ke-12 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Beautiful Boy (15)". British Board of Film Classification. January 8, 2019. Diakses tanggal June 22, 2019. 
  2. ^ Devos, Thalisa; Ceulemans, Ewoud (June 15, 2018). "Felix Van Groeningen: "In Hollywood mag je niet laten merken dat je twijfelt, anders ben je dood"". De Morgen (dalam bahasa Dutch). Diakses tanggal June 16, 2018. 
  3. ^ a b c "Beautiful Boy (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 22, 2019. 
  4. ^ Vlessing, Etan (July 24, 2018). "Toronto: Timothee Chalamet Starrer 'Beautiful Boy,' Dan Fogelman's 'Life Itself' Among Festival Lineup". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal July 24, 2018. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (February 15, 2018). "Steve Carell & Timothée Chalamet Title 'Beautiful Boy' Sets Fall Release". Deadline Hollywood. Diakses tanggal February 15, 2018. 
  6. ^ "Beautiful Boy (2018)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 5, 2018. 
  7. ^ "Beautiful Boy reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 5, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]