Internet Movie Database

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari IMDB)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Internet Movie Database (IMDb)
IMDB Logo 2016.svg
Jenis situs
Basis data daring tentang film, televisi, dan permainan video
BahasaInggris
PemilikAmazon
PenciptaCol Needham (CEO)
Anak perusahaanBox Office Mojo
Situs webwww.imdb.com
Peringkat Alexa 46 (March 2019)[1]
KomersialYa
Daftar akunPendaftaran opsional, anggota terdaftar bisa membuat ulasan, menyunting situs, memberi penilaian pada ulasan
Diluncurkan17 Oktober 1990; 28 tahun lalu (1990-10-17)
StatusAktif

IMDb (Internet Movie Database) adalah sebuah basis data daring informasi yang berkaitan dengan film, acara televisi, video rumahan, dan permainan video, dan acara internet, termasuk daftar pemeran, biografi kru produksi dan personil, ringkasan plot, trivia, dan ulasan serta penilaian oleh penggemar. Sebuah fitur penggemar tambahan, papan pesan, telah dinonaktifkan pada Februari 2017. Awalnya situs ini dioperasikan oleh penggemar, lalu basis data kemudian dimiliki dan dioperasikan oleh IMDB.com Inc., sebuah anak perusahaan dari Amazon.

Hingga Oktober 2018, IMDb memiliki kira-kira 5.3 juta film/acara (termasuk episode masing-masing) dan 9.3 tokoh di basis data tersebut. IMDb juga memiliki 83 juta pengguna terdaftar.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Film dan halaman IMDb dapat diakses oleh semua pengguna internet, tetapi proses pendaftaran diperlukan untuk menyumbangkan informasi ke situs. Semua pengguna terdaftar memilih nama situs mereka sendiri, dan sebagian besar beroperasi secara anonim. Pengguna juga diminta untuk menilai film apa pun dalam skala 1 hingga 10.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Sebagai Anak Perusahaan Amazon.com (1998 - Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, Jeff Bezos, pendiri, pemilik, dan CEO Amazon.com, mencapai kesepakatan dengan Needham dan pemegang saham utama lainnya untuk membeli IMDb secara langsung sekitar $ 55 juta dan melampirkannya ke Amazon sebagai anak perusahaan, perusahaan swasta. Ini memberi IMDb kemampuan untuk membayar gaji pemegang saham untuk pekerjaan mereka, sementara Amazon.com akan dapat menggunakan IMDb sebagai sumber iklan untuk menjual DVD dan kaset video.

IMDb terus memperluas fungsinya. Pada 15 Januari 2002, ia menambahkan layanan berlangganan yang dikenal sebagai IMDbPro, yang ditujukan untuk para profesional hiburan. IMDbPro diumumkan dan diluncurkan pada Festival Film Sundance 2002 . Ini menyediakan berbagai layanan termasuk produksi film dan rincian box office, serta direktori perusahaan dan kemampuan pelanggan untuk menambahkan halaman informasi pribadi dengan rincian yang berbeda dengan halaman tentang mereka yang muncul dalam database.

Sebagai Perusahaan Independen[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996 IMDb didirikan di Inggris, menjadi Founder Internet Movie Database Ltd. Kolonel Needham menjadi pemilik utama sekaligus sebagai kepala boneka. Pendapatan umum untuk operasi situs dihasilkan melalui iklan, perizinan dan kemitraan. [7]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Imdb.com Traffic, Demographics and Competitors - Alexa" (dalam bahasa Inggris). Alexa Internet. Diakses tanggal March 5, 2019.