Internet Movie Database

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Internet Movie Database (IMDb)
IMDB Logo 2016.svg
Jenis situs
Basis data daring tentang film, televisi, dan permainan video
BahasaInggris
PemilikAmazon
PenciptaCol Needham (CEO)
Anak perusahaanBox Office Mojo
Situs webwww.imdb.com
Peringkat Alexa 46 (Maret 2019)[1]
KomersialYa
Daftar akunPendaftaran opsional, anggota terdaftar bisa membuat ulasan, menyunting situs, memberi penilaian pada ulasan
Diluncurkan17 Oktober 1990; 29 tahun lalu (1990-10-17)
StatusAktif

IMDb (Internet Movie Database) adalah sebuah basis data daring informasi yang berkaitan dengan film, acara televisi, video rumahan, dan permainan video, dan acara internet, termasuk daftar pemeran, biografi kru produksi dan personil, ringkasan alur cerita, trivia, dan ulasan serta penilaian oleh penggemar. Sebuah fitur penggemar tambahan, papan pesan, telah dinonaktifkan pada Februari 2017. Awalnya situs ini dioperasikan oleh penggemar, lalu basis data kemudian dimiliki dan dioperasikan oleh IMDB.com Inc., sebuah anak perusahaan dari Amazon.

Hingga Oktober 2018, IMDb memiliki kira-kira 5.3 juta film/acara (termasuk episode masing-masing) dan 9.3 tokoh di basis data tersebut. IMDb juga memiliki 83 juta pengguna terdaftar.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Halaman film dan bakat dari IMDb dapat diakses oleh semua pengguna internet, tetapi proses pendaftaran diperlukan untuk berkontribusi informasi ke situs.

Sebagian besar data dalam database disediakan oleh kontributor sukarela. Situs ini memungkinkan pengguna terdaftar untuk mengirimkan materi baru dan mengedit entri yang ada. Pengguna dengan rekam jejak yang terbukti mengirimkan data faktual diberikan persetujuan instan untuk penambahan atau koreksi pada pemeran, penghargaan, dan demografi lainnya dari produk dan kepribadian media. Namun, perubahan gambar, nama, nama karakter, ringkasan plot, dan judul seharusnya diputar sebelum publikasi, dan biasanya membutuhkan waktu antara 24 dan 72 jam untuk muncul.

Pengguna juga diajak untuk menilai film apa pun pada skala 1 hingga 10, dan totalnya dikonversi menjadi nilai rata-rata tertimbang yang ditampilkan di samping setiap judul, dengan filter online yang digunakan untuk mencegah pemungutan suara. Pada Januari 2019, IMDb meluncurkan platform streaming film gratis bernama Freedive, layanan yang didukung iklan yang menawarkan judul film Hollywood dan acara TV. Banyak judul Freedive dilisensikan dari Sony Pictures.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah sebelum menjadi website[sunting | sunting sumber]

IMDb berasal dari posting Usenet oleh penggemar film Inggris dan programmer komputer Col Needham berjudul "Those Eyes", tentang aktris dengan mata yang indah. Orang lain dengan minat yang sama segera merespons dengan penambahan atau daftar yang berbeda. Needham kemudian memulai "Actors List", sementara Dave Knight memulai ""Directors List", dan Andy Krieg mengambil alih "THE LIST" dari Hank Driskill, yang kemudian dinamai "Daftar Aktris". Kedua daftar telah dibatasi untuk orang-orang yang masih hidup dan bekerja, tetapi orang-orang yang sudah pensiun segera ditambahkan, sehingga Needham memulai apa yang kemudian (tetapi tidak tetap) menjadi "Dead Actors/Actresses List" yang terpisah. Steve Hammond mulai mengumpulkan dan menggabungkan nama karakter untuk daftar aktor dan aktris. Ketika ini mencapai popularitas, mereka bergabung kembali ke dalam daftar itu sendiri. Tujuan para peserta sekarang adalah membuat daftar seinklusif mungkin.

Pada akhir 1990, daftar itu mencakup hampir 10.000 film dan serial televisi yang berkorelasi dengan aktor dan aktris yang muncul di dalamnya. Pada 17 Oktober 1990, Needham mengembangkan dan memposting koleksi Unix shell scripts yang dapat digunakan untuk mencari empat daftar, dan dengan demikian database yang akan menjadi IMDb lahir. [3]Pada saat itu, itu dikenal sebagai "basis data film rec.arts.movies".

Sebagai Anak Perusahaan Amazon.com (1998 - Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, Jeff Bezos, pendiri, pemilik, dan CEO Amazon.com, mencapai kesepakatan dengan Needham dan pemegang saham utama lainnya untuk membeli IMDb secara langsung sekitar $ 55 juta dan melampirkannya ke Amazon sebagai anak perusahaan, perusahaan swasta. Ini memberi IMDb kemampuan untuk membayar gaji pemegang saham untuk pekerjaan mereka, sementara Amazon.com akan dapat menggunakan IMDb sebagai sumber iklan untuk menjual DVD dan kaset video.

IMDb terus memperluas fungsinya. Pada 15 Januari 2002, ia menambahkan layanan berlangganan yang dikenal sebagai IMDbPro, yang ditujukan untuk para profesional hiburan. IMDbPro diumumkan dan diluncurkan pada Festival Film Sundance 2002 . Ini menyediakan berbagai layanan termasuk produksi film dan rincian box office, serta direktori perusahaan dan kemampuan pelanggan untuk menambahkan halaman informasi pribadi dengan rincian yang berbeda dengan halaman tentang mereka yang muncul dalam database.

Sebagai Perusahaan Independen[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996 IMDb didirikan di Inggris, menjadi Founder Internet Movie Database Ltd. Kolonel Needham menjadi pemilik utama sekaligus sebagai kepala boneka. Pendapatan umum untuk operasi situs dihasilkan melalui iklan, perizinan dan kemitraan. [7]

IMDb pro[sunting | sunting sumber]

Aktor, kru, dan eksekutif industri dapat memposting kehidupan mereka sendiri dan mengunggah foto diri mereka sendiri dengan biaya tahunan. Biaya ini memberi mereka keanggotaan di IMDbPro. IMDbPro dapat diakses oleh siapa saja yang bersedia membayar biaya, yaitu US $19,99 per bulan, atau jika dibayar setiap tahun, US $149,99. Keanggotaan memungkinkan pengguna untuk mengakses urutan peringkat setiap kepribadian industri, serta informasi kontak agen untuk aktor, produser, sutradara, dll. Yang memiliki halaman IMDb. Mendaftar di IMDbPro untuk personil industri, memungkinkan para anggota tersebut kemampuan untuk mengunggah foto kepala untuk membuka halaman mereka, serta kemampuan untuk mengunggah ratusan foto untuk menemani halaman mereka. Siapa pun dapat mendaftar sebagai pengguna IMDb dan berkontribusi ke situs serta melihat kontennya, namun para pengguna yang terdaftar di IMDbPro memiliki akses dan hak istimewa yang lebih besar.[4]

Filmografi karakter[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Oktober 2007, Filmografi karakter ditambahkan. Entri karakter dibuat dari daftar karakter dalam basis data filmografi utama, dan karenanya tidak memerlukan verifikasi tambahan oleh staf IMDb. Mereka telah diverifikasi ketika mereka ditambahkan ke filmografi utama.

IMDb TV[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Januari 2019, IMDb meluncurkan Freedive, layanan streaming, yang menawarkan film-film tertentu secara gratis dengan iklan. Karena pembatasan lisensi internasional, layanan saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat pada 2019. [5]

Freedive adalah upaya kedua perusahaan pada layanan streaming. IMDb sebelumnya meluncurkan fitur serupa pada 2008 yang kemudian dihentikan.

Pada Juni 2019, IMDb mengumumkan bahwa nama layanan streamingnya akan diubah menjadi IMDb TV. Pengumuman itu juga menyatakan bahwa IMDb memiliki rencana untuk meluncurkan TV IMDb di Eropa pada 2019 nanti.

Konten dan format[sunting | sunting sumber]

Data disediakan oleh subyek[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, IMDb memperkenalkan "Résumé Subscription Service", di mana para aktor dan kru dapat memposting resume mereka sendiri dan mengunggah foto diri mereka dengan biaya tahunan. Biaya tahunan dasar untuk memasukkan foto dengan akun adalah US $ 39,95 hingga 2010, ketika dinaikkan menjadi US $ 54,95. Halaman resume IMDb disimpan pada sub-halaman dari entri reguler tentang orang itu, dengan entri reguler secara otomatis dibuat untuk setiap pelanggan resume yang belum memiliki satu.

Pada 2012, Layanan Lanjutkan sekarang dimasukkan sebagai bagian dari langganan IMDbPro, dan tidak lagi ditawarkan sebagai layanan berlangganan terpisah.

Masalah hak cipta, vandalisme dan kesalahan[sunting | sunting sumber]

Semua sukarelawan yang berkontribusi konten ke database secara teknis mempertahankan hak cipta atas kontribusi mereka tetapi kompilasi konten menjadi milik eksklusif IMDb dengan hak penuh untuk menyalin, memodifikasi, dan mensublisensikannya dan mereka diverifikasi sebelum memposting.[6] Kredit tidak diberikan pada halaman judul atau filmografi tertentu kepada kontributor yang telah memberikan informasi. Sebaliknya, entri teks yang dikreditkan, seperti ringkasan plot, dapat diperbaiki untuk konten, tata bahasa, struktur kalimat, anggapan kelalaian atau kesalahan, oleh kontributor lain tanpa harus menambahkan nama mereka sebagai penulis bersama. Karena waktu yang diperlukan untuk memproses data atau teks yang dikirimkan sebelum ditampilkan, IMDb berbeda dari proyek kontribusi pengguna seperti Wikipedia, Discogs, atau OpenStreetMap di mana kontributor tidak dapat menambah, menghapus, atau memodifikasi data atau teks pada dorongan, dan manipulasi data dikendalikan oleh teknologi IMDb dan staf yang digaji.

Judul film[sunting | sunting sumber]

IMDb memiliki situs dalam bahasa Inggris serta versi yang diterjemahkan sepenuhnya atau sebagian ke bahasa lain (Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hongaria, Italia, Polandia, Portugis, Spanyol, dan Rumania). Situs berbahasa non-Inggris menampilkan judul film dalam bahasa yang ditentukan. Awalnya, situs bahasa Inggris IMDb menampilkan judul sesuai dengan bahasa asli negara asal mereka, namun, pada 2010 IMDb mulai mengizinkan pengguna individu di Inggris dan AS untuk memilih tampilan judul primer dengan judul bahasa asli, atau AS atau Judul rilis United Kingdom (biasanya, dalam bahasa Inggris).

Fitur tambahan[sunting | sunting sumber]

Ranking[sunting | sunting sumber]

IMDb Top 250 adalah daftar dari 250 film berperingkat teratas, berdasarkan peringkat oleh pengguna terdaftar dari situs web menggunakan metode yang dijelaskan. Pada 7 Februari 2019, The Shawshank Redemption berada di urutan pertama dalam daftar.[7] Peringkat "Top 250" hanya berdasarkan pada peringkat "regular voters". Jumlah suara yang harus dilakukan oleh pengguna terdaftar untuk dianggap sebagai pengguna yang memilih secara teratur telah dirahasiakan. IMDb telah menyatakan bahwa untuk mempertahankan keefektifan daftar Top 250 mereka "dengan sengaja tidak mengungkapkan kriteria yang digunakan seseorang untuk dihitung sebagai pemilih biasa". Selain bobot lainnya, 250 film Top juga didasarkan pada formula peringkat tertimbang yang disebut dalam ilmu aktuaria sebagai formula kredibilitas. Label ini muncul karena suatu statistik dianggap lebih kredibel, semakin besar jumlah informasi individu; dalam hal ini dari pengguna yang memenuhi syarat yang mengirimkan peringkat. Meskipun rumus saat ini tidak diungkapkan, IMDb awalnya menggunakan rumus berikut untuk menghitung peringkat tertimbang mereka:

Yang dimana :

  • = peringkat tertimbang
  • = rata-rata untuk film sebagai angka dari 1 hingga 10 (rata-rata) = (Nilai).
  • = jumlah vote untuk film = (voting).
  • = suara minimum yang diperlukan untuk terdaftar di Top 250 (saat ini 25.000).
  • = suara rata-rata di seluruh laporan (saat ini 7,0).

dalam rumus ini setara dengan rata-rata posterior Bayesian (lihat statistik Bayesian).

IMDb juga memiliki fitur Bottom 100 yang dirangkai melalui proses serupa meskipun hanya 1500 suara yang harus diterima untuk memenuhi syarat untuk daftar.

Daftar Top 250 terdiri dari berbagai film fitur, termasuk rilis utama, film kultus, film independen, film yang mendapat pujian kritis, film bisu, dan film berbahasa non-Inggris. Dokumenter, film pendek, dan episode TV saat ini tidak termasuk.

Sejak 2015, telah ada daftar Top 250 yang ditujukan untuk acara televisi berperingkat.

Kasus pengadilan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, dalam kasus Hoang v. Amazon.com, IMDb dituntut oleh seorang aktris anonim dengan harga lebih dari US $ 1.000.000 karena IMDb mengungkapkan usianya (40, pada saat itu). Aktris tersebut mengklaim bahwa mengungkapkan usianya dapat menyebabkan dia kehilangan peluang akting.[8] Hakim Marsha J. Pechman, seorang hakim distrik AS di Seattle, menolak gugatan itu, mengatakan aktris itu tidak memiliki alasan untuk melanjutkan dengan pengaduan tanpa nama. Aktris mengajukan ulang dan mengungkapkan bahwa dia adalah Huong Hoang dari Texas, yang menggunakan nama panggung Junie Hoang. Pada 2013, Pechman memberhentikan semua penyebab tindakan kecuali pelanggaran klaim kontrak terhadap IMDb, juri kemudian memihak IMDb pada klaim itu. Pengadilan Banding untuk Sirkuit Kesembilan menegaskan putusan pengadilan distrik pada bulan Maret 2015.[9]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Imdb.com Traffic, Demographics and Competitors - Alexa" (dalam bahasa Inggris). Alexa Internet. Diakses tanggal March 5, 2019. 
  2. ^ Mehta, Ivan (2019-01-11). "Amazon's new IMDb Freedive service streams ad-supported movies and TV shows in the US (Updated)". The Next Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-09. 
  3. ^ "Col Needham created IMDb". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 2013-01-19. ISSN 0458-3035. Diakses tanggal 2019-07-09. 
  4. ^ "IMDbPro Official Site | Start Your Free Trial". secure.imdb.com. Diakses tanggal 2019-07-09. 
  5. ^ "Amazon's IMDb launches Freedive, a free movie and TV streaming service — with ads". GeekWire (dalam bahasa Inggris). 2019-01-10. Diakses tanggal 2019-07-09. 
  6. ^ "IMDb | Help". help.imdb.com. Diakses tanggal 2019-07-09. 
  7. ^ Users, IMDb. "IMDb Top Rated Movies". IMDb. Diakses tanggal 2019-07-09. 
  8. ^ "Unions criticise IMDb in age row" (dalam bahasa Inggris). 2011-10-28. Diakses tanggal 2019-07-09. 
  9. ^ "IMDb Preserves Legal Win Over Revelation of Actress' Age". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-09.