Hail, Caesar!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hail, Caesar!
Hail, Caesar! poster.png
Poster film Hail, Caesar!
Sutradara Joel Coen
Ethan Coen
Produser Joel Coen
Ethan Coen
Tim Bevan
Eric Fellner
Skenario Joel Coen
Ethan Coen
Pemeran Josh Brolin
George Clooney
Alden Ehrenreich
Ralph Fiennes
Jonah Hill
Scarlett Johansson
Frances McDormand
Tilda Swinton
Channing Tatum
Narator Michael Gambon
Musik Carter Burwell
Sinematografi Roger Deakins
Penyunting Roderick Jaynes
Perusahaan
produksi
Working Title Films
Mike Zoss Productions
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
  • 1 Februari 2016 (2016-2-1) (Regency Village Theater)
  • 5 Februari 2016 (2016-2-5) (Amerika Serikat)
Durasi
106 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $22 juta[2]
Pendapatan kotor $63,647,656[2]

Hail, Caesar! adalah film komedi misteri tahun 2016 yang disutradarai oleh Joel Coen dan Ethan Coen dan diproduseri oleh Joel Coen, Ethan Coen, Tim Bevan dan Eric Fellner. Naskah film ini ditulis oleh Joel Coen dan Ethan Coen. Film ini dibintangi Josh Brolin, George Clooney, Alden Ehrenreich, Ralph Fiennes, Jonah Hill, Scarlett Johansson, Frances McDormand, Tilda Swinton dan Channing Tatum.

Film Hail, Caesar! ditayangkan secara perdana di Regency Village Theater pada tanggal 1 Februari 2016[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 5 Februari 2016.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1951, Eddie Mannix (Josh Brolin) merupakan seorang kepala produksi di Capitol Pictures dan juga berperan sebagai perantara dan penjaga untuk menjaga perilaku skandal aktor dan aktrisnya dari pers. Ia sering membantah pertanyaan dari Thora dan Thessaly Thacker (Tilda Swinton), saudara kembar yang bekerja sebagai kolumnis gosip. The Lockheed Corporation telah menawarinya dengan tawaran posisi eksekutif tertinggi, namun Eddie tidak yakin untuk menerimanya. Ketika aktris renang indah yang belum menikah bernama DeeAnna Moran (Scarlett Johansson) hamil, Eddie mengatur untuk menempatkan bayi DeeAnna di panti asuhan, lalu ia mengadopsinya tanpa mengungkapkan identitas DeeAnna sebagai ibunya.

Produksi utama studio adalah film Hail, Caesar! A Tale of the Christ dengan satu set epik di zaman Romawi kuno dan dibintangi oleh Baird Whitlock (George Clooney). Dalam adegan tembakan, Baird minum dari piala anggur yang dibius oleh aktor pendukung (Wayne Knight) hingga ia pingsan saat latihan dialog di belakang panggung dan diculik. Surat kaleng, yang ditulis oleh kelompok bernama "The Future", datang dan menuntut uang tebusan sebesar $100,000. Eddie mengatur untuk mendapatkan uang dari divisi akuntansi studio sebagai "kas kecil".

Baird terbangun di sebuah rumah pantai dan menemukan jalannya menuju pertemuan The Future, penjara komunis. Para anggota The Future, yang memperkenalkan diri mereka sebagai sebagian besar penulis di industri film, menjelaskan doktrin mereka kepadanya dan mulai menawarinya kemenangan atas tujuan mereka. Di saat yang sama, Thora mengancam Eddie dengan menyatakan bahwa ia akan merilis artikel tentang skandal yang melibatkan produksi film sebelumnya On Wings As Eagles, yang membuat Baird terkenal. Eddie berhasil melakukan kesepakatan dengan Thora untuk menunda ceritanya satu hari dengan imbalan informasi tentang kehidupan romantis aktor musikal film Barat Hobie Doyle (Alden Ehrenreich).

Hobie berperan dalam proyek film komedi yang disutradarai oleh Laurence Laurentz (Ralph Fiennes) dalam upaya studio untuk meningkatkan bakatnya. Setelah penampilan awal Hobie benar-benar tidak kompeten, Laurence mengunjungi Eddie dan memintanya untuk menyingkirkan Hobie dari proyek sehingga Laurence dapat mempertahankan visi artistiknya untuk film tersebut. Eddie memberitahu Laurence bahwa peran Hobie tidak dapat dinegosiasikan dan meyakinkannya untuk melatih aktor muda itu agar Hobie memberikan penampilan yang lebih baik. Hobie datang ke kantor Eddie dan mengakui bahwa ia merasa perannya terlalu jauh di luar zona nyamannya. Eddie meyakinkannya bahwa ia memiliki kemampuan akting yang dibutuhkan dan memberitahu Hobie tentang penculikan Baird.

Malam itu, Hobie menghadiri pemutaran perdana salah satu dari film Baratnya sendiri dengan aktris muda Carlotta Valdez (Verónica Osorio), sesuai instruksi dari Eddie. Hobie awalnya kecewa bahwa adegan bernyanyi sendirian digambarkan dengan cara komedi, bukan sepenuh hati seperti yang dimaksudkannya. Namun, setelah melihat penonton bereaksi positif terhadap adegan itu, Hobie menjadi nyaman. Hobie dan Carlotta mengunjungi klub malam di mana mereka benar-benar mengembangkan hubungan mereka hingga mereka terganggu oleh Thora dan Thessaly, masing-masing ingin mendapat informasi tentang hubungan mereka. Hobie tiba-tiba melihat koper berisi uang tebusan dan mengetahuinya karena Hobie telah meminjamkan Eddie ikat pinggangnya untuk menutupinya. Koper itu sedang dibawa oleh Burt Gurney (Channing Tatum), aktor film musikal, yang berperan sebagai pelaut, yang digambarkan sebelumnya dalam adegan tarian yang rumit.

Eddie dan DeeAnna bertemu dengan agen penjamin, Joseph Silverman (Jonah Hill), seorang pria yang dipekerjakan oleh studio untuk memecahkan masalah publik. Joseph memiliki reputasi yang kuat, dapat diandalkan dan bijaksana. Ia akan setuju untuk memberikan pengasuhan untuk anak DeeAnna untuk menjaga citranya. DeeAnna, yang mengungkapkan rasa frustrasinya terhadap dua pernikahan sebelumnya dengan seorang mafia dan seorang aktor Hollywood, menemukan dirinya sangat tertarik pada Joseph.

Hobie mengikuti Burt ke rumah pantai di Malibu, namun setelah berjalan di pintu masuk, ia hanya menemukan Baird di dalam sana. Sisa anggota The Future beserta Burt telah mendayung dengan perahu di lepas pantai sehingga Burt tiba di kapal selam Uni Soviet dan membelot ke Rusia. Para anggota The Future memberinya uang untuk kepentingan komunis. Ketika Burt menaiki kapal selam, anjingnya melompat ke pelukan Burt, menyebabkan ia menjatuhkan koper, yang tenggelam ke lautan. Hobie membawa Baird kembali ke studio tepat sebelum polisi tiba di rumah pantai untuk menangkap kelompok itu setelah Eddie menyelidiki bahwa Baird berada di rumah pantai tersebut.

Baird mencoba menjelaskan kecenderungan komunisnya yang baru diketahuinya kepada Eddie, namun Eddie langsung memotong pembicaraan Baird, menampar wajahnya berkali-kali dan memerintahkan Baird untuk menyelesaikan perannya dalam film Hail, Caesar! A Tale of the Christ. Dalam film tersebut, Baird dihajar, namun ia didorong oleh arahan akhir dari Eddie untuk menjadi aktor film.

Eddie diberitahu keesokan paginya bahwa DeeAnna menikahi Joseph yang akan mengadopsi anak itu bersamanya. Eddie memberitahu bahwa ia telah memutuskan untuk menolak tawaran Lockheed dan tetap bekerja di Capitol. Thora kemudian bertemu dengan Eddie dan memberitahunya bahwa kolom yang direncanakannya untuk mempublikasikan film On Wings As Eagles akan mengungkapkan bahwa Baird mendapatkan peran utamanya dalam film tersebut dengan berhubungan seks dengan Laurence. Namun, Eddie telah menyimpulkan bahwa Burt adalah sumbernya atas artikel itu dan membujuk Thora untuk tidak melanjutkan ceritanya karena Burt adalah seorang komunis yang membelot, yang akan menyebabkan reputasi Thora sendiri hancur. Eddie meninggalkan Thora yang tampak khawatir dan merasa aman dengan posisi Eddie.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Josh Brolin sebagai Eddie Mannix, perantara sekaligus penjaga yang tegas dan berusaha meredam skandal para aktor supaya tidak diliput oleh pers[5][6]
  • George Clooney sebagai Baird Whitlock, aktor film berkarakter sama dengan Robert Taylor[7]
  • Alden Ehrenreich sebagai Hobie Doyle, aktor musikal yang berperan sebagai koboi, berkarakter sama dengan Kirby Grant dan salah satu klien Eddie[8][9]
  • Ralph Fiennes sebagai Laurence Laurentz, sutradara film Eropa terkenal yang sudah lama menetap di Amerika Serikat[10]
  • Scarlett Johansson sebagai DeeAnna Moran, aktris film berkarakter sama dengan Esther Williams yang hamil ketika film sedang diproduksi[8][11]
  • Frances McDormand sebagai penyunting film C. C. Calhoun[9][12]
  • Tilda Swinton sebagai Thora Thacker dan Thessaly Thacker, saudara kembar yang bekerja sebagai kolumnis gosip yang saling berselisih seperti Hedda Hopper dan Louella Parsons
  • Channing Tatum sebagai Burt Gurney, aktor sekaligus penari misterius berkarakter sama dengan Gene Kelly dan salah satu klien Eddie[13]
  • Alison Pill sebagai Connie Mannix, istri Eddie Mannix[14]
  • Verónica Osorio sebagai Carlotta Valdez, aktris berkarakter sama dengan Carmen Miranda[15][16]
  • Emily Beecham sebagai Dierdre, aktris yang menjadi lawan main Hobie Doyle di film non-Barat pertama Hobie Doyle[17]
  • Heather Goldenhersh sebagai Natalie, sekretaris Eddie[18]
  • Wayne Knight sebagai aktor film dan agen komunis yang menculik Baird Whitlock[19]
  • Jonah Hill sebagai Joseph Silverman, agen penjamin yang bekerja untuk studio film[8][11]
  • Max Baker sebagai John Howard Hermann, pemimpin kelompok penulis naskah komunis[20]
  • Christopher Lambert sebagai Arne Slessum, produser film Skandinavia yang kemungkinan merupakan ayah biologis dari anak DeeAnna[21]
  • Fred Melamed sebagai Fred, penulis naskah komunis[20]
  • Patrick Fischler sebagai Benedict, penulis naskah komunis[20]
  • David Krumholtz sebagai penulis naskah komunis[20]
  • Fisher Stevens sebagai penulis naskah komunis[20]
  • Alex Karpovsky sebagai Mr. Smitrovich[20]
  • Greg Baldwin sebagai Dutch Zweistrong, penulis naskah komunis[20]
  • Clancy Brown sebagai aktor film Hail, Caesar!: A Tale of the Christ[20]
  • Robert Picardo sebagai pendeta Yahudi[22]
  • Allan Havey sebagai pendeta Protestan
  • Natasha Bassett sebagai Gloria DeLamour[23]
  • John Bluthal sebagai Herbert Marcuse[24]
  • Dolph Lundgren sebagai komandan kapal selam Soviet yang membawa Burt Gurney ke Rusia sebelum komunis lainnya ditangkap dan dibubarkan oleh polisi[25][26]
  • Robert Trebor sebagai produser film Hail, Caesar!: A Tale of the Christ
  • Michael Gambon sebagai narator[7][27]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Hail, Caesar! mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 325 ulasan, dengan rating rata-rata 7.2/10.[28] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 50 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[29] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "C-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[30]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Hail, Caesar! mendapatkan $30,498,085 di Amerika Utara dan $33,149,571 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $63,647,656, melebihi anggaran produksi film $22 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $11,355,225, menempati posisi kedua di box office di belakang film Kung Fu Panda 3.[2]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hail, Caesar! (12A)". British Board of Film Classification. February 12, 2016. Diakses tanggal February 12, 2016. 
  2. ^ a b c d "Hail, Caesar! (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 20, 2016. 
  3. ^ Mallenbaum, Carly (February 2, 2016). "'Hail, Caesar!': 5 things we learned at the premiere". USA Today. Diakses tanggal 2016-02-02. 
  4. ^ McNary, Dave (October 29, 2014). "Coen Brothers Comedy 'Hail Caesar!' Set for Release on Feb. 5, 2016". Variety. Diakses tanggal January 28, 2016. 
  5. ^ Kit, Borys (July 9, 2014). "Jonah Hill Joining Channing Tatum, George Clooney in Coen Brothers' 'Hail, Caesar!'". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 4, 2014. Diakses tanggal August 4, 2014. 
  6. ^ Verrier, Richard (November 26, 2014). "Coen brothers' 'Hail, Caesar!' is helping boost L.A. film production". Los Angeles Times. Diakses tanggal November 27, 2014. 
  7. ^ a b Joshua Rothkopf (February 3, 2016). "Hail, Caesar! [review]". Time Out New York. Diakses tanggal February 4, 2016. 
  8. ^ a b c Kroll, Justin (September 2, 2014). "Alden Ehrenreich Joins Cast of Coen Brothers' 'Hail Caesar!' (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal September 18, 2014. 
  9. ^ a b Barraclough, Leo (November 7, 2014). "Coen Brothers' 'Hail, Caesar!' to Start Shooting Monday". Variety. Diakses tanggal November 8, 2014. 
  10. ^ Sneider, Jeff (July 9, 2014). "Jonah Hill in Talks to Reteam With Channing Tatum on Coen Brothers' 'Hail, Caesar!' (Exclusive)". The Wrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 4, 2014. Diakses tanggal August 4, 2014. 
  11. ^ a b Kroll, Justin (July 9, 2014). "Scarlett Johansson in Talks for Coen Brothers' 'Hail Caesar!' (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal August 4, 2014. 
  12. ^ Stern, Marlow (September 3, 2014). "Frances McDormand on 'Olive Kitteridge,' Dropping LSD, and Her Beef With FX's 'Fargo'". The Daily Beast. Diakses tanggal September 29, 2014. 
  13. ^ Davis, Edward (July 9, 2014). "'Hail Caesar!' Scarlett Johansson & Jonah Hill Join The New Coen Brothers Film". Indiewire. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 4, 2014. Diakses tanggal August 4, 2014. 
  14. ^ "Pill can be seen in the Coen brothers' ensemble film 'Hail, Caesar!'". Variety. Diakses tanggal February 21, 2016. 
  15. ^ Carly Mallenbaum (February 2, 2016). "'Hail, Caesar!': 5 things we learned at the premiere". USA Today. 
  16. ^ "Actriz Verónica Osorio sobre su papel en la película "Hail, Caesar!"". ondalasuperestacion.com. Diakses tanggal February 21, 2016. 
  17. ^ Andreeva, Nellie (November 25, 2014). "David Dobkin To Direct 'Badlands' AMC Series; Emily Beecham, Sarah Bolger Cast". Deadline. Diakses tanggal December 4, 2014. 
  18. ^ "Classic Hollywood Comes to Life in 'Hail, Caesar!'". lamag.com. Diakses tanggal February 21, 2016. 
  19. ^ Porreca, Brian (February 2, 2016). "Hail, Caesar!' World Premiere: George Clooney Wants a Hollywood Fixer". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal February 7, 2016. 
  20. ^ a b c d e f g h Kit, Borys (October 17, 2014). "Coen Brothers' 'Hail, Caesar!' Adds Four (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 19, 2014. 
  21. ^ Kit, Borys (November 14, 2014). "Christopher Lambert joins Coen Brothers' 'Hail, Caesar!' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 23, 2014. 
  22. ^ Lofaro, Joe (November 23, 2014). "Star Trek doctor Robert Picardo visits Ottawa Pop Expo". Metro International. Diakses tanggal November 29, 2014. 
  23. ^ Review-Journal, Christopher Lawrence Las Vegas (5 February 2016). "Coen brothers exorcise their pent-up silliness with 'Hail, Caesar!'". 
  24. ^ Niesel, Jeff (February 3, 2016). "'Hail, Caesar!' Offers Satirical Look at 1950s Hollywood". clevescene.com. Diakses tanggal February 3, 2016. 
  25. ^ "Official Dolph Lundgren Website: News". dolphlundgren.com. February 11, 2015. Diakses tanggal February 11, 2015. 
  26. ^ McKittrick, Christopher (May 6, 2015). "It's a lonely job, you know?: Dolph Lundgren on Screenwriting". Creative Screenwriting. Diakses tanggal May 10, 2015. 
  27. ^ Ignatiy Vishnevetsky (February 4, 2016). "The Coens swipe at religion, counterculture, and Hollywood in Hail, Caesar!". The A.V. Club. Diakses tanggal February 21, 2016. 
  28. ^ "Hail, Caesar! (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  29. ^ "Hail, Caesar! reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  30. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]