Kung Fu Panda 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kung Fu Panda 3
Kung Fu Panda 3 poster.jpg
Poster film[1]
Sutradara
ProduserMelissa Cobb
Penulis
Pemeran
PenyuntingClare Knight
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 23 Januari 2016 (2016-01-23) (China)
  • 26 Januari 2016 (2016-01-26) (Amerika Serikat)
  • 18 Maret 2016 (2016-03-18) (Indonesia)
[2]
Durasi
95 menit[3]
NegaraAmerika Serikat
China
BahasaInggris
Anggaran$145 Juta
Pendapatan kotor$521.2 Juta

Kung Fu Panda 3 adalah film komedi wuxia animasi komputer 3D 2016 yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh 20th Century Fox di seluruh dunia dan oleh Oriental DreamWorks di Cina. Ini adalah angsuran ketiga dalam franchise Kung Fu Panda, dan sekuel dari Kung Fu Panda 2 2011. Dalam film tersebut, Po memasuki desa panda dan bertemu kembali dengan ayah kandungnya dan panda lainnya, tetapi masalah muncul ketika mayat hidup yang jahat mati prajurit bernama Kai, kembali ke alam dunia dan mencuri chi dari para kung fu, dengan tujuan mengakhiri warisan Oogway. Untuk mencegah Kai mengambil chi dari semua master kungfu dan panda, Po membentuk pasukan panda untuk melawan tentara batu giok Kai dan Po harus menjadi master chi untuk mengalahkannya dan menyelamatkan teman-temannya.

Film ini disutradarai oleh Jennifer Yuh Nelson dan Alessandro Carloni dan ditulis oleh Jonathan Aibel dan Glenn Berger. Jack Black, Dustin Hoffman, Angelina Jolie, Lucy Liu, Seth Rogen, David Cross, James Hong dan Jackie Chan mengulangi peran mereka dari film sebelumnya dengan Randall Duk Kim mengulangi perannya sebagai Oogway dari film pertama. Mereka bergabung dengan Bryan Cranston, J. K. Simmons dan Kate Hudson masing-masing dalam peran Li Shan, Kai, dan Mei Mei.

Kung Fu Panda 3 ditayangkan perdana pada 16 Januari 2016, di Los Angeles.[4] Ini menerima perilisan terbatas di Cina pada 23 Januari untuk preview tiga jam khusus dan dirilis di Amerika Serikat pada 29 Januari dalam 3D, terlaris $ 521 juta di seluruh dunia terhadap anggaran $ 145 juta. Seperti para pendahulunya, film diterima secara umum ulasan positif, dengan pujian untuk akting suara, animasi, humor, dan hati.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di alam roh, Oogway bertarung melawan musuh lamanya, seorang pejuang mayat hidup bernama Kai, yang telah mengalahkan semua master kungfu lainnya di dunia dan mengambil chi mereka. Oogway juga terperangkap dan chi-nya dicuri, tetapi tidak sebelum dia memperingatkan Kai bahwa Dragon Warrior, Po, akan menghentikannya. Kai menganggap ini sebagai tantangan untuk mencuri chi Dragon Warrior dan kembali ke alam dunia.

Sementara itu, Master Shifu mengumumkan dirinya pensiun dari mengajar dan menyerahkan peran guru kepada Po. Po yang awalnya bersemangat menyadari bahwa mengajar kung fu tidak semudah yang diharapkan, dan Furious Five terluka sebagai hasilnya. Po mengalami demoralisasi karena kegagalannya, tetapi Shifu menyarankan Po bahwa alih-alih mencoba menjadi seperti Shifu, ia harus mencoba menjadi dirinya sendiri. Po pulang ke rumah di mana ia bertemu panda, Li Shan, yang mereka berdua sadari adalah ayah biologisnya yang telah lama hilang. Mereka dengan cepat terikat satu sama lain, karena perhatiannya banyak pada ayah angkatnya Po, Tuan Ping menjadi cemburu .

Setelah memperkenalkan Li ke Shifu dan teman-temannya, Po dan Lima membela Lembah Damai dari zombie giok yang telah diciptakan Kai dari chi para kung fu masa lalu. Tim belajar melalui penelitian bahwa Oogway dan Kai dulunya bersaudara. Setelah Oogway terluka dalam pertempuran, Kai membawanya ke desa panda yang menyembuhkannya dengan penguasaan chi mereka. Para panda kemudian mengajar Oogway bagaimana memanfaatkan chi untuk membantu orang lain. Namun, Kai menginginkan kekuatan untuk dirinya sendiri dan mencoba mencuri chi panda, memaksa Oogway untuk membuangnya ke alam roh. Untuk mengalahkan Kai, Po harus belajar untuk menguasai penggunaan chi sendiri. Li menawarkan untuk mengajarinya dengan membawanya ke desa panda rahasianya. Sementara Shifu dan Furious Five tinggal di belakang untuk berurusan dengan Kai, Po dan Li melakukan perjalanan ke desa. Ping datang sebagai penumpang gelap, khawatir bahwa dia akan kehilangan kasih sayang Po kepada Li. Meskipun Po sangat ingin belajar chi, Li mengatakan kepadanya bahwa ia harus terlebih dahulu mempelajari kehidupan santai seekor panda di desa.

Kai mengambil chi dari hampir setiap master kungfu di Cina, termasuk Shifu dan Furious Five kecuali Tigress, yang melarikan diri untuk memperingatkan Po dan panda lainnya bahwa Kai akan datang. Takut, Li dan para panda bersiap untuk melarikan diri. Ketika Po menuntut agar Li mengajarinya cara menggunakan chi dengan segera, Li mengaku bahwa dia berbohong kepadanya tentang penguasaan chi dan bahwa dia hanya membawa Po ke desa mereka karena dia takut kehilangannya lagi. Marah atas penyesatan ayahnya, Po mengisolasi dirinya untuk berlatih keras dalam persiapan untuk melawan Kai. Ping, yang menyadari Po telah menjadi lebih bahagia dengan Li dalam hidupnya, memberi tahu Li bahwa Po marah padanya adalah bagian dari menjadi seorang ayah, tetapi Po akan memaafkannya. Jadi Li kembali ke Po, dan mengatakan panda akan membantunya melawan pasukan Kai. Menyadari apa yang sebelumnya membuatnya gagal sebagai guru, Po setuju dan mengajar mereka untuk menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai keterampilan kung fu.

Kai tiba dan mengirim tentaranya untuk menangkap Po; yang mengatur panda, Ping, dan Tigress pada mereka, mengganggu Kai. Mereka mengalahkan pasukan zombie giok, tetapi ketika Po mencoba menggunakan tanda tangannya Wuxi Finger Hold pada Kai untuk mengirimnya kembali ke alam roh, Kai mengungkapkan bahwa itu hanya bekerja pada manusia, bukan pejuang roh seperti dirinya. Kai unggul dalam pertarungan mereka, tetapi Po menggunakan Wuxi Finger Hold pada dirinya sendiri sambil mencengkeram leher Kai, membawa mereka berdua ke alam roh. Mereka bertarung lagi, dan Kai menundukkan Po dan mulai mencuri chi-nya. Menggunakan apa yang mereka pelajari dari Po, teman-teman dan keluarganya menggunakan chi mereka untuk memberdayakannya. Po memanfaatkan chi mereka untuk menciptakan sosok naga raksasa yang dengannya dia membebani Kai, menghancurkannya dan mengembalikan semua master menjadi normal kembali.

Di kolam emas yang berkilau Oogway menampakkan diri pada Po dan memberitahunya bahwa perjalanannya sebagai Dragon Warrior telah menjadi lingkaran penuh, menyatakan Po sebagai penggantinya. Dia mengungkapkan bahwa dia mengirim Li untuk menemukan Po. Po memilih untuk kembali ke dunia fana, dan membawa bersamanya staf batu giok yin-yang mistis yang dianugerahkan oleh Oogway. Dia dan keluarga besarnya kembali ke lembah, di mana mereka terus berlatih kung fu dan chi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada 2010, CEO DreamWorks Animation Jeffrey Katzenberg mengumumkan bahwa waralaba Kung Fu Panda direncanakan memiliki enam film, atau "bab-bab", secara bersamaan. Pada Juli 2012, Kung Fu Panda 3 secara resmi dikonfirmasi oleh Bill Damaschke, kepala petugas kreatif DWA. [5]

Film ini dibuat sebagai produksi bersama antara DreamWorks Animation dan Oriental DreamWorks, sebuah studio yang berbasis di Shanghai, didirikan pada 2012 sebagai kemitraan antara DreamWorks Animation dan perusahaan-perusahaan Cina. Sepertiga dari film ini dibuat di Cina, dan sisanya di Amerika Serikat, di DWA. Ini adalah pertama kalinya film animasi utama Amerika diproduksi bersama dengan perusahaan Cina. Pembuat film bekerja sama dengan SAPPRFT untuk memastikan rilis film di Cina. Sebagai film dengan status produksi bersama di China, film ini memungkinkan perusahaan produksi untuk menghindari kuota impor yang ketat di negara itu dan mengambil bagian lebih besar dari pendapatan box-office daripada film impor. Untuk memastikan kesuksesan film di Tiongkok, selain versi bahasa Inggris, versi film Tiongkok juga sepenuhnya dianimasikan, menjadikan mereka satu-satunya versi yang memiliki bibir karakter yang disinkronkan dengan suara mereka.[6]

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Panda 3 melihat kru dari reuni film kedua, termasuk sutradara Jennifer Yuh Nelson, produser Melissa Cobb, penulis skenario Jonathan Aibel dan Glenn Berger, dan Guillermo del Toro sebagai produser eksekutif.[7] Awalnya, Nelson mengarahkan film itu sendiri, tetapi pada Februari 2015, Alessandro Carloni telah bergabung dengannya sebagai co-sutradara. Menurut laporan itu, Carloni, yang adalah seorang pengawas animasi pada film pertama dan seorang artis cerita pada kedua, bergabung dengan Nelson mengikuti permintaannya untuk memperkuat "bangku sutradara" untuk memastikan bahwa film selesai tepat waktu.

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Juli 2014, diumumkan bahwa Hans Zimmer akan kembali untuk menilai film.[8] Skor tersebut termasuk pertunjukan dari musisi Asia terkenal seperti pianis China Lang Lang, pemain cello Cina Jian Wang, musisi erhu Guo Gan, dan penyanyi pop Taiwan Jay Chou dan penyanyi muda Kanada-Taiwan Patrick Brasca. Album soundtrack dirilis pada 22 Januari 2016.[9] John Powell, yang berkolaborasi dengan Zimmer pada dua film pertama, tidak kembali untuk angsuran ketiga.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada September 2012, diumumkan bahwa Kung Fu Panda 3 dirilis pada 18 Maret 2016.[10] Pada tanggal 9 April 2013, tanggal rilis film dipindahkan ke tanggal 23 Desember 2015. Pada bulan Desember 2014, film ini dipindahkan kembali ke tanggal rilis aslinya 18 Maret 2016, untuk menghindari persaingan dengan Star Wars: The Force Awakens. Pada bulan April 2015, tanggal rilis sekali lagi bergeser, kali ini ke 29 Januari 2016. AMC Theatres bermitra dengan Fox dan DWA untuk memutar film dalam bahasa Mandarin di tujuh teater dan di Spanyol di 14 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada yang berarti akan ada campuran format subtitle dan dijuluki Kung Fu Panda 3. Ini akan menandai pertama kalinya bahwa AMC memainkan rilis teatrikal utama dalam bahasa Mandarin dengan dubing/ subtitle. Film ini memiliki rilis harian dan tanggal mulai 28 Januari di Korea Selatan, Rusia, Ukraina, Jamaika, Puerto Riko, Cina, Amerika Serikat , dan Kanada pada 29 Januari 2016. Pasar lain akan mengikuti pada Maret dan April. Menurut Deadline Hollywood, strategi di balik rilis yang terhuyung-huyung ini adalah untuk memanfaatkan tanggal oportunistik tertentu yang muncul seperti Tahun Baru Cina di Februari untuk Cina.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Panda 3 mendapat $ 143,5 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 377,6 juta di wilayah lain, dengan total total $ 521,2 juta di seluruh dunia, dan merupakan film dengan pendapatan terendah dalam seri ini.[11] Menurut Deadline Hollywood, film ini menghasilkan laba bersih $ 76,65 juta, ketika memperhitungkan semua pengeluaran dan pendapatan untuk film tersebut, menjadikannya salah satu dari dua puluh perilisan paling menguntungkan tahun 2016.[12]

Di Amerika Serikat dan Kanada, pelacakan awal menunjukkan film ini akan dibuka untuk sekitar $ 40-45 juta dari 3.955 bioskop dengan Box Office Mojo melaporkan setinggi $ 53 juta pembukaan, yang setara dengan pembukaan Kung Fu Panda 2 $ 47.7 Juta pembukaan pada 2011 tetapi jauh lebih rendah daripada pembukaan film asli $ 60,2 juta pada tahun 2008.[13] Namun, DreamWorks Animation dan Fox menjadi lebih konservatif dengan menyarankan pembukaan "pertengahan $ 40 juta". Paul Dergarabedian, analis senior di Rentrak mengatakan film "harus mendarat di antara dua angsuran pertama" mencatat bahwa setelah penonton bioskop - kebanyakan dari Pantai Timur - terkena dampak badai salju Amerika Serikat 2016, pelanggan, kebanyakan keluarga, akan menonton -Keluar untuk film hiburan yang dibawakan Kung Fu Panda 3.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Panda 3 telah menerima ulasan positif dari para kritikus. Pada Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat 87%, berdasarkan 171 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6.88 / 10. Konsensus kritis situs itu berbunyi, "Kung Fu Panda 3 menawarkan kemegahan visual yang diperlukan, tetapi seperti protagonisnya yang gemuk, narasi sekuel ini juga sangat gesit, menambah kesenangan animasi untuk seluruh keluarga".[14] Pada Metacritic, film ini memiliki skor 66 dari 100, berdasarkan 34 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan"[15]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Panda: Showdown of Legendary Legends adalah game freefire video seni bela diri RPG tunggal dan multipemain yang menampilkan karakter dari ketiga film Kung Fu Panda. Dikembangkan oleh Vicious Cycle Software dan diterbitkan oleh Little Orbit, game ini dirilis pada 1 Desember 2015 untuk Microsoft Windows, Xbox 360, PlayStation 3, Nintendo 3DS, Xbox One, dan PlayStation 4.[16] Versi Wii U dirilis pada 15 Desember 2015.[16]

Kemungkinan sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Desember 2010, CEO Animasi DreamWorks Jeffrey Katzenberg mengatakan bahwa jika mungkin seri ini dapat melihat tiga sekuel lagi setelah Kung Fu Panda 3, membawanya ke seri enam film. Pada 13 Januari 2016, Collider bertanya kepada pembuat film Kung Fu Panda 3 tentang kemungkinan film keempat. Co-director Jennifer Yuh Nelson berkata, "Ini satu per satu. Kami ingin menjadikan ini permata yang sempurna, dan kemudian kita akan melihat apa yang terjadi setelah itu". Co-sutradara Alessandro Carloni berkata, "Dengan sekuelnya, kami tidak ingin mencoba membuat mereka merasa terbuka. Kami ingin rasanya seperti perjalanan yang selesai, dan kami merasa film ini. Dan kemudian, jika fantastis kisah itu muncul dengan sendirinya, hebat ".[17] Pada 2 Agustus 2018, ketika ditanya tentang kemungkinan Kung Fu Panda 4, Nelson menjawab bahwa dia tidak tahu karena dia selalu melihat seri sebagai trilogi, tetapi dia terbuka untuk angsuran keempat selama franchise fokus pada Po

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Behind the Scenes". Oriental DreamWorks. Diakses tanggal 1 Juni, khinssj14. 
  2. ^ "Jungle Book: Origins Dan Kung Fu Panda 3 Umumkan Tanggal Rilis Baru". 21Cineplex. Diakses tanggal 24 Maret 2016. 
  3. ^ "KUNG FU PANDA 3 [2D] (PG)". British Board of Film Classification. 8 January 2016. Diakses tanggal 8 January 2016. 
  4. ^ Flores, Terry; Flores, Terry (2016-01-17). "DreamWorks Animation Celebrates 'Kung Fu Panda 3' With Chinese Performers, Dragons and Noodles". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  5. ^ Maxwell, Stuart Oldham,Erin; Oldham, Stuart; Maxwell, Erin (2012-07-12). "Comic-Con: D'Works fires up 'Kung Fu Panda 3'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  6. ^ Frater, Patrick; Frater, Patrick (2015-04-19). "Jeffrey Katzenberg Pumps Up 'Panda 3,' Dismisses Deal Talk". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  7. ^ Inc, DreamWorks Animation SKG. "New Distributor Twentieth Century Fox Unveils DreamWorks Animation's Release Slate Through 2016". www.prnewswire.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  8. ^ "Hans Zimmer to Return for 'Kung Fu Panda 3' | Film Music Reporter" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  9. ^ "Jay Chou sings for very Chinese 'Kung Fu Panda 3' - China.org.cn". www.china.org.cn. Diakses tanggal 2019-10-04. 
  10. ^ Inc, DreamWorks Animation SKG. "New Distributor Twentieth Century Fox Unveils DreamWorks Animation's Release Slate Through 2016". www.prnewswire.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  11. ^ "Kung Fu Panda 3 (2016) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2019-10-04. 
  12. ^ Jr, Mike Fleming; Jr, Mike Fleming (2017-03-22). "No. 16 'Kung Fu Panda 3' Box Office Profits – 2016 Most Valuable Movie Blockbuster Tournament". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  13. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2016-01-27). "'Kung Fu Panda 3' Will Dig Box Office Out Of The Snow With $40M+ Opening – Preview". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  14. ^ Kung Fu Panda 3 (2016) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-10-04 
  15. ^ Kung Fu Panda 3, diakses tanggal 2019-10-04 
  16. ^ a b "KUNG FU PANDA: SHOWDOWN OF LEGENDARY LEGENDS VIDEO GAME LAUNCHES TODAY". www.gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 
  17. ^ Radish, Christina (2016-01-13). "'Kung Fu Panda 3': Directors, Producer on Shaping a Worthy Sequel and Po's Future". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]