Kung Fu Panda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kung Fu Panda
Kung fu panda poster.jpg
Poster layar lebar
SutradaraMark Osborne
John Stevenson
ProduserMelissa Cobb
Cerita
Pemeran
Musik
SinematografiYong Duk Jhun
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 15 Mei 2008 (2008-5-15) (Cannes Film Festival)
  • 06 Juni 2008 (2008-06-06) (Amerika Serikat)
  • 13 Juni 2008 (2008-6-13) (Indonesia)
Durasi
91 menit
BahasaInggris
Anggaran$130 Juta
Pendapatan kotor$631.7 Juta

Kung Fu Panda adalah film komedi wuxia animasi komputer Amerika 2008 yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh Paramount Pictures. Film ini disutradarai oleh John Stevenson dan Mark Osborne dalam debut sutradara mereka, dan dibintangi oleh suara Jack Black, Dustin Hoffman, Angelina Jolie , Ian McShane, Seth Rogen, Lucy Liu, David Cross, Randall Duk Kim, James Hong, Dan Fogler, Michael Clarke Duncan, dan Jackie Chan. Film ini dibuat dalam versi Tiongkok kuno yang dihuni oleh binatang-binatang yang berbicara antropomorfik dan dikelilingi di sekitar seekor panda yang kerdil bernama Po, seorang penyuka kungfu. Ketika seorang prajurit kungfu jahat bernama Tai Lung melarikan diri dari penjara ,dan tanpa disadari Po dinamai "Dragon Warrior", yang ditakdirkan untuk mengalahkannya.

Kung Fu Panda ditayangkan perdana di Amerika Serikat pada 6 Juni 2008. Film ini mendapat ulasan positif saat dirilis. Kung Fu Panda dibuka di 4.114 bioskop, mendapat $ 20,3 juta pada hari pembukaannya dan $ 60,2 juta pada akhir pekan pembukaannya, menghasilkan posisi nomor satu di box office. Film ini menjadi pembuka terbesar DreamWorks untuk film non-sekuel, film animasi terlaris tertinggi tahun ini di seluruh dunia, dan juga memiliki akhir pekan pembukaan terbesar keempat untuk film DreamWorks di box office Amerika dan Kanada, di belakang ketiga sekuel Shrek.[1] Sekuelnya, Kung Fu Panda 2, dirilis pada 26 Mei 2011, bersama dengan serial televisi Kung Fu Panda: Legends of Awesomeness yang ditayangkan perdana di Nickelodeon kemudian pada tahun yang sama sebagai bagian dari sebuah waralaba. Sekuel kedua yang disebut Kung Fu Panda 3 dirilis pada 29 Januari 2016.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di Lembah Damai, sebuah negeri di Tiongkok kuno yang dihuni oleh binatang-binatang antropomorfik, Po Ping panda raksasa itu adalah seorang fanatik kung fu yang mengidolakan Furious Five-Tigress, Monkey, Mantis, Viper, dan Crane - sebuah perkumpulan kung fu yang dilatih oleh para master kungfu oleh Master Shifu, panda merah. Namun, Po tidak dapat mengejar mimpinya belajar kungfu karena ia membantu ayah angkatnya, Tuan Ping angsa, di restoran mie nya.

Grand Master Oogway, kura-kura Galapagos tua dan mentor Shifu, memiliki firasat bahwa macan tutul salju jahat, Tai Lung, akan melarikan diri dari penjara dan kembali ke lembah untuk membalas dendam karena ditolak untuk Dragon Scroll, yang dikatakan menyimpan rahasia kekuatan tak terbatas. Karena panik, Shifu mengirim utusannya, Zeng angsa, dengan permintaan agar penjara memperketat keamanannya. Dia kemudian mengadakan turnamen untuk Furious Five sehingga Oogway dapat mengidentifikasi Dragon Warrior, hanya satu master kungfu yang layak menerima Dragon Scroll. Po datang terlambat untuk memasuki arena; putus asa untuk melihat Dragon Warrior, Po mengikat dirinya ke satu set kembang api dan meluncurkan dirinya ke tengah arena di depan Oogway saat dia menunjuk ke arah Dragon Warrior. Yang mengherankan semua orang yang hadir, Oogway menyatakan Po sebagai prajurit pilihan.

Tidak mau menerima keputusan Oogway, Shifu mencoba untuk membuang Po dengan rezim pelatihan yang keras. The Furious Five berate Po sebagai penggila tanpa potensi dalam seni bela diri. Po mempertimbangkan untuk mengundurkan diri, tetapi setelah menerima dorongan dari Oogway, ia bertahan dalam pelatihannya dan secara bertahap berteman dengan Furious five dengan ketangguhannya, keterampilan kulinernya, dan humor yang baik.

Sementara itu, Tai Lung melarikan diri dari penjara, ironisnya mengambil kuncinya dengan bulu Zeng yang jatuh. Shifu belajar tentang pelarian Tai Lung dari Zeng dan menginformasikan Oogway, yang mengekstrak janji dari Shifu untuk percaya pada Po, dan kemudian meneruskan ke surga dalam aliran bunga persik. Masih tidak dapat memahami dasar-dasar kung fu, Po dengan putus asa mengakui bahwa ia tidak memiliki peluang untuk mengalahkan Tai Lung. Mendengar ini, Furious five pergi untuk menghentikan Tai Lung sendiri. Namun, Shifu menemukan bahwa Po mampu melakukan prestasi fisik yang mengesankan ketika termotivasi oleh makanan. Menggunakan makanan sebagai penguat positif, Shifu berhasil melatih Po dengan menggabungkan prestasi ini ke dalam gaya kung fu yang inovatif.

Sementara itu, Five bertarung dengan Tai Lung, tetapi dikalahkan oleh serangan sarafnya. Dia meminta Crane untuk mengangkut sisanya, masih lumpuh karena serangan sarafnya, kembali ke Shifu sebagai peringatan. Setelah menghidupkan kembali mereka, Shifu memutuskan bahwa Po siap untuk menerima Gulir Naga, tetapi gulungan itu tidak mengungkapkan apa pun kecuali permukaan yang kosong dan reflektif. Percaya gulungan itu tidak berguna, Shifu memerintahkan Po dan Lima untuk mengevakuasi lembah sementara dia menghadapi Tai Lung. Seorang Po yang putus asa menemukan Tuan Ping. Dalam upaya untuk menghibur putranya, Tuan Ping mengungkapkan bahwa bahan rahasia untuk "sup mie bahan rahasia khusus yang terkenal" adalah "tidak ada apa-apa", menjelaskan bahwa segala sesuatunya istimewa ketika diyakini. Po menyadari bahwa ini adalah pesan Dragon Scroll dan kembali untuk menghadapi Tai Lung.

Po tiba untuk menemukan Shifu terluka parah dan dikalahkan. Dia kemudian menjadi tantangan berat bagi Tai Lung, membuatnya frustrasi dengan teknik pertarungan membingungkan di atas lemak tubuhnya yang berlebihan yang membuatnya kebal terhadap serangan saraf Tai Lung. Tai Lung sejenak memukul Po dan mengambil gulungan itu, tetapi ia tidak dapat memahaminya dan terus menyerang Po. Akhirnya, Po mengalahkan Tai Lung dalam pertempuran dengan menggunakan Pegangan Jari Wuxi yang misterius untuk menaklukkannya. Po dipuji oleh Lembah Damai dan mendapatkan penghormatan dari Furious Five, yang sepenuhnya mengakui dia sebagai master kung fu sejati.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Karya yang dipublikasikan pada film dimulai pada Oktober 2004. Pada bulan September 2005, DreamWorks Animation mengumumkan film bersama Jack Black, yang terpilih menjadi bintang suara utama.

Pada bulan November 2005, DreamWorks Animation mengumumkan bahwa Dustin Hoffman, Jackie Chan, Lucy Liu dan Ian McShane akan bergabung dengan Jack Black dalam pemeran.[2] Ini juga merupakan film Animasi DreamWorks kedua di mana Black dan Angelina Jolie telah bersama-sama membintangi bersama, yang pertama adalah 2004 Shark Tale.

Gagasan untuk film ini disusun oleh Michael Lachance, seorang eksekutif DreamWorks Animation. Awalnya, idenya adalah untuk membuatnya spoof, tetapi co-sutradara John Stevenson tidak terlalu tertarik padanya dan malah memilih arah karakter komedi berbasis wuxia [3]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini mengadakan pemutaran perdana di seluruh dunia di Festival Film Cannes ke-61 pada 15 Mei 2008,[4] di mana ini mendapat tepuk tangan meriah dan berkelanjutan pada akhir pemutaran film.[5] Kung Fu Panda kemudian ditayangkan perdana di AS pada 1 Juni 2008 di Grauman's Chinese Theatre di Hollywood, Los Angeles, California, dan pada 26 Juni 2008 di Leicester Square di London, untuk Inggris.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Panda dirilis pada DVD dan Blu-ray pada 9 November 2008, dan pada 3D Blu-ray pada 6 Desember 2011 sebagai Best Buy eksklusif.[6] Perilisan paket ganda DVD Kung Fu Panda juga termasuk film animasi pendek Secrets of the Furious Five. Dengan 7.486.642 unit DVD yang terjual pada 2008, Kung Fu Panda adalah film terlaris keempat dan film animasi terlaris pertama tahun 2008, tepat sebelum WALL-E, yang terjual 7.413.548 unit.[7]

Penayangan di televisi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, film ini di-dubbing ke dalam bahasa Indonesia dan ditayangkan di Trans TV, RCTI dan Global TV.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini menduduki puncak box office pada akhir pekan pembukaannya, meraup $ 60,2 juta untuk rata-rata $ 14.642 dari 4.114 bioskop[8] dan berkinerja jauh lebih baik daripada yang diperkirakan para analis. Itu juga merupakan pembukaan terlaris untuk film Animasi DreamWorks non-sekuel pada saat itu. Pada akhir pekan kedua, film mundur 44% ke tempat kedua di belakang The Incredible Hulk mendapat $ 33,6 juta untuk rata-rata $ 8,127 dari ekspansi ke 4.136 bioskop. ini ditutup pada 9 Oktober 2008 setelah 125 hari perilisan, menghasilkan $ 215,4 juta di Amerika Serikat dan Kanada dan $ 416,3 juta di luar negeri dengan total seluruh dunia $ 631,7 juta. Kung Fu Panda adalah film non-Shrek terlaris dari DreamWorks Animation di Amerika Serikat dan Kanada, sebelum dikalahkan oleh How to Train Your Dragon pada 2010.[9]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 87% dari 183 kritik memberikan film ini ulasan positif, dengan peringkat rata-rata 7.2 / 10. Konsensus kritis situs web tersebut berbunyi, "Kung Fu Panda memiliki pesan yang akrab, tetapi campuran humor yang menyenangkan, aksi seni bela diri yang cepat, dan animasi yang penuh warna membuat untuk memenangkan hiburan musim panas."[10] Metacritic melaporkan film ini memiliki skor rata-rata 73 dari 100, berdasarkan dari 33 ulasan.[11] Penonton memberi film ini A- di CinemaScore.


Sekuel[sunting | sunting sumber]

Sekuelnya, Kung Fu Panda 2, dirilis pada hari Kamis, 26 Mei 2011, untuk ulasan bagus (Rotten Tomatoes rating 81%). Itu dirilis dalam 3-D dan disutradarai oleh Jennifer Yuh Nelson (yang mengarahkan urutan pembukaan 2-D dari film pertama) dengan pemain asli kembali. Ceritanya menampilkan penjahat baru dengan senjata misterius yang begitu kuat sehingga mengancam keberadaan kung fu, dan Po juga harus menghadapi masa lalunya.

Sekuel kedua, Kung Fu Panda 3 diumumkan sebagai produksi bersama antara DreamWorks Animation dan Oriental DreamWorks yang berbasis di Shanghai.[12] Kung Fu Panda 3 dirilis pada 29 Januari 2016. CEO Animasi DreamWorks Jeffrey Katzenberg mengatakan bahwa mungkin seri ini dapat melihat 3 sekuel lebih banyak setelah Kung Fu Panda 3, membawanya ke seri enam film.

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

Adaptasi video game dari film ini diterbitkan oleh Activision pada 3 Juni 2008. Permainan ini dirilis untuk platform PlayStation 3, Xbox 360, Wii, PlayStation 2, Nintendo DS dan PC. Alur cerita mengikuti cerita dasar yang sama dengan film, tetapi dengan Tai Lung digambarkan sebagai pemimpin berbagai geng yang mengelilingi Lembah Damai, yang Po, yang memiliki beberapa keterampilan seni bela diri dasar yang dapat ditingkatkan ketika permainan berlangsung, harus mengalahkan . Permainan ini dirilis di Microsoft Windows, serta beberapa konsol. Namun versi Windows telah dihentikan. Permainan menerima ulasan positif sebagian besar; itu mencetak peringkat Metacritic 76% dari kritik[13] dan 7,5 dari 10 dari IGN. Pada tahun 2009, ia memenangkan Annie Award International Animated Film Society untuk Best Animated Video Game, "sebagai pengakuan atas keunggulan kreatif dalam seni animasi"[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MSN | Outlook, Office, Skype, Bing, Breaking News, and Latest Videos". www.msn.com. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  2. ^ critic, David Nusair David Nusair is a longtime film; since 2002, operator of Reel Film Reviews website He has been a member of the Online Film Critics Society. "Find out Who the Most Memorable Kung Fu Panda Characters". LiveAbout (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-26. 
  3. ^ "EXCL: Kung Fu Panda Co-Director John Stevenson". ComingSoon.net (dalam bahasa Inggris). 2008-06-02. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  4. ^ "DreamWorks Animation's 'Kung Fu Panda' Kicks Off Cannes Film Festival 2008 | Reuters". web.archive.org. 2012-07-25. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  5. ^ ""Kung Fu Panda" a martial arts masterpiece". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2008-05-16. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  6. ^ "'Kung Fu Panda - 3D' and 'Kung Fu Panda 2 - 3D' Blu-ray 3D Best Buy Exclusives | High-Def Digest". www.highdefdigest.com. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  7. ^ "Top-Selling DVD Titles in the United States 2008 - The Numbers". www.the-numbers.com. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  8. ^ "Domestic 2008 Weekend 23". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  9. ^ "How To Train Your Dragon Has Become Dreamwork Animation's Highest Grossing Non-Shrek Movie". /Film (dalam bahasa Inggris). 2010-06-30. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  10. ^ Kung Fu Panda (2008) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-10-26 
  11. ^ Kung Fu Panda, diakses tanggal 2019-10-26 
  12. ^ "Rising Dreams in the Orient: Oriental DreamWorks To Establish Headqua…". archive.is. 2012-12-08. Diakses tanggal 2019-10-26. 
  13. ^ "DreamWorks Kung Fu Panda". Metacritic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-26. 
  14. ^ "47th Annual Annie Awards". annieawards.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]