Shrek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shrek
Shrek.jpg
Poster Perilisan Bioskop
Sutradara
Produser
Penulis
Pemeran
Musik
PenyuntingSim Evan-Jones
Perusahaan
produksi
DistributorDreamWorks Pictures
Tanggal rilis
  • 22 April 2001 (2001-4-22) (Mann Village Theatre)
  • 18 Mei 2001 (2001-5-18) (Amerika Serikat)
  • 27 Juli 2001 (2001-7-27) (Indonesia)
Durasi
90 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$60 juta
Pendapatan kotor$484.4 Juta[1]

Shrek adalah film komedi animasi komputer tahun 2001 yang secara bebas didasarkan pada buku bergambar dongeng tahun 1990 dengan nama yang sama oleh William Steig. Disutradarai oleh Andrew Adamson dan Vicky Jenson dalam debut sutradara mereka, itu dibintangi Mike Myers, Eddie Murphy, Cameron Diaz, dan John Lithgow sebagai suara dari karakter utama. Film ini memparodikan film-film lain yang diadaptasi dari alur cerita dongeng, terutama ditujukan untuk film-film Disney. Dalam cerita itu, seorang ogre bernama Shrek (Myers) menemukan rawa-rawa yang dikuasai makhluk dongeng yang telah dibuang oleh Lord Farquaad (Lithgow) yang korupsi yang bercita-cita menjadi raja. Shrek membuat kesepakatan dengan Farquaad untuk mendapatkan kembali kendali rawa sebagai imbalan untuk menyelamatkan Putri Fiona (Diaz), yang berniat untuk menikahi Farquaad. Dengan bantuan Donkey (Murphy), Shrek memulai usahanya tetapi segera jatuh cinta dengan sang putri, yang menyembunyikan rahasia yang akan mengubah hidupnya selamanya.

Hak atas buku Steig dibeli oleh Steven Spielberg pada tahun 1991. Awalnya ia berencana untuk memproduksi film animasi tradisional berdasarkan buku tersebut, tetapi John H. Williams meyakinkannya untuk membawa film tersebut ke DreamWorks yang baru didirikan pada tahun 1994.

Shrek tampil perdana di Festival Film Cannes 2001, di mana ia berkompetisi untuk Palme d'Or,[2] menjadikannya film animasi pertama sejak Peter Pan (1953) Disney untuk menerima kehormatan itu. Ini dipuji secara luas sebagai film animasi yang menampilkan humor dan tema yang berorientasi pada orang dewasa, sementara melayani anak-anak pada saat yang sama. Film ini dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 18 Mei 2001, dan meraup $ 484,4 juta di seluruh dunia dibandingkan dengan anggaran produksi sebesar $ 60 juta. Shrek memenangkan Academy Award for Best Animated Feature dan juga dinominasikan untuk Best Adapted Screenplay.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Shrek, ogre hijau yang kejam dan sangat teritorial yang mencintai kesendirian rawa-rawa, menemukan hidupnya terganggu ketika dia berteman dengan Keledai yang suka bicara, salah satu makhluk dongeng yang tak terhitung jumlahnya diasingkan ke rawa Shrek oleh pembenci dongeng dan membenci secara vertikal. Tuan Farquaad dari Duloc. Marah oleh intrusi, ia memutuskan untuk meminta Farquaad untuk mengasingkan mereka di tempat lain, membawa Donkey karena ia adalah satu-satunya yang bersedia membimbingnya ke Duloc.

Sementara itu, penyiksaan Farquaad terhadap Manusia Roti Jahe untuk lokasi makhluk dongeng yang tersisa terganggu ketika para pengawalnya memberinya Cermin Ajaib. Dia bertanya kepada Cermin apakah kerajaannya adalah yang tercantik dari semuanya tetapi diberitahu bahwa dia bahkan bukan raja, dan bahwa dia harus menikahi seorang putri. Farquaad memutuskan untuk menikahi Puteri Fiona, yang dikunci di menara kastil yang dijaga oleh seekor naga. Tidak ingin melakukan tugas sendiri, ia menyelenggarakan turnamen di mana pemenang mendapat "hak istimewa" menyelamatkan Fiona untuknya. Shrek dan Donkey tiba selama turnamen, dan tanpa ampun mengalahkan ksatria Farquaad. Farquaad menyatakan mereka juara, dan memaksa mereka di bawah ancaman kematian untuk menyelamatkan Fiona, berjanji untuk memindahkan makhluk dongeng dari rawa-rawa Shrek jika ia berhasil.

Shrek dan Donkey melakukan perjalanan ke kastil untuk menemukan Fiona. Mereka diserang oleh Naga, yang memojokkan Donkey. Dalam keputusasaan, ia berbicara manis kepada binatang itu, mengetahui bahwa itu adalah perempuan. Naga jatuh cinta dengan Donkey dan membawanya ke kamarnya. Sementara itu, Shrek menemukan Fiona, yang terkejut dengan kurangnya romantisme dan terkejut dia tidak membunuh Naga. Mereka pergi setelah menyelamatkan Donkey, dan Fiona sangat senang diselamatkan tetapi dengan cepat kecewa ketika Shrek mengungkapkan dia adalah seorang ogre. Terlepas dari tuntutannya bahwa Farquaad datang menjemputnya secara langsung, Shrek secara paksa membawanya saat ia menjelajah kembali ke Duloc dengan Donkey. Pada malam hari, Shrek menjelaskan kepada Donkey frustrasinya pada bagaimana masyarakat menilai dia atas penampilannya; Fiona sengaja mendengar ini, dan memutuskan untuk berbaik hati pada Shrek. Ketiganya bertemu Robin Hood dalam perjalanan pulang, di mana terungkap bahwa Fiona adalah ahli bela diri yang ahli. Shrek dan Fiona menemukan bahwa mereka memiliki banyak kesamaan dan mulai jatuh cinta.

Ketika ketiganya hampir di Duloc, Fiona berlindung di kincir angin untuk malam itu. Keledai mendengar suara-suara aneh dari dalam dan menyelidikinya, mendapati Fiona bertransformasi menjadi ogress. Fiona mengungkapkan bahwa ia dikutuk selama masa kanak-kanak untuk berubah setiap malam, dan bahwa hanya ciuman cintanya yang sejati yang akan mengubahnya menjadi "bentuk cinta sejati". Sementara itu, Shrek akan mengakui perasaannya kepada Fiona, tetapi kemudian sengaja mendengar sebagian dari percakapan mereka dan menjadi marah setelah salah mengira dirinya menyebut dirinya "binatang jelek" karena jijik terhadapnya. Atas saran Donkey, Fiona bersumpah untuk memberi tahu Shrek tentang kutukannya, tetapi melihat bahwa Shrek telah membawa Lord Farquaad ke kincir angin. Bingung dan terluka oleh sikap dingin Shrek yang mendadak terhadapnya, Fiona menerima proposal pernikahan Farquaad dan meminta mereka menikah sebelum malam tiba. Pasangan itu kembali ke Duloc, sementara Shrek dengan marah meninggalkan Donkey dan kembali ke rawa yang sekarang kosong.

Marah, Donkey tiba di rawa dan menghadapi Shrek yang masih kesal. Donkey menjelaskan bahwa "binatang jelek" yang Fiona maksudkan adalah orang lain, dan keduanya berdamai. Donkey mendesak Shrek untuk mengungkapkan perasaannya kepada Fiona sebelum dia menikah, dan keduanya melakukan perjalanan ke Duloc dengan cepat dengan mengendarai Dragon, yang telah lolos dari batasannya dan mengikuti Donkey.

Shrek menyela pernikahan sebelum Farquaad bisa mencium Fiona; dia mengatakan padanya bahwa Farquaad bukan cinta sejatinya dan hanya menikahinya untuk menjadi raja. Matahari terbenam, yang mengubah Fiona menjadi ogress di depan semua orang, membuat Shrek terkejut untuk memahami apa yang dia dengar. Marah, Farquaad memerintahkan Shrek dieksekusi dan Fiona ditahan. Naga meledak bersama Donkey dan melahap Farquaad hidup-hidup. Shrek dan Fiona menyatakan cinta mereka dan berbagi ciuman, dan kutukan Fiona terangkat. Sementara Fiona terkejut dan kecewa melihat bahwa dia masih seorang ogress meskipun fakta bahwa dia seharusnya menjadi cantik, Shrek menyatakan bahwa dia sudah cantik. Mereka menikah di rawa dan pergi berbulan madu.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada saat DreamWorks didirikan, produser John H. Williams mengambil buku itu dari anak-anaknya dan ketika ia membawanya ke DreamWorks, itu menarik perhatian Jeffrey Katzenberg dan studio memutuskan untuk membuatnya menjadi film.[10] Mengisahkan inspirasi pembuatan film, Williams berkata:

"Setiap kesepakatan pengembangan dimulai dengan pitch dan pitch saya berasal dari Taman Kanak-kanak saya saat itu, bekerja sama dengan saudara pra-sekolahnya. Setelah membaca Shrek yang kedua, Taman kanak-kanak mulai mengutip segmen-segmen besar dari buku dengan berpura-pura dia bisa membacanya. Bahkan ketika sebagai orang dewasa, saya pikir Shrek keterlaluan, tidak sopan, ikonoklastik, menjijikkan, dan sangat menyenangkan. Dia adalah karakter film yang hebat dalam mencari film. "

Setelah membeli hak untuk film tersebut, Katzenberg dengan cepat memasukkannya ke dalam pengembangan aktif pada November 1995.[11] Steven Spielberg telah berpikir untuk membuat adaptasi film animasi tradisional dari buku tersebut sebelumnya, ketika ia membeli hak atas buku tersebut pada tahun 1991 sebelum pendirian DreamWorks, di mana Bill Murray akan bermain Shrek dan Steve Martin akan memerankan Donkey. Pada awal produksi, co-sutradara Andrew Adamson menolak untuk diintimidasi oleh Katzenberg dan berdebat dengannya berapa banyak yang harus menarik film untuk orang dewasa.

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Nicolas Cage awalnya ditawari peran Shrek tetapi dia menolak karena dia tidak ingin terlihat seperti raksasa.[12] Pada 2013, Cage menjelaskan lebih lanjut: "Ketika Anda tertarik, dengan cara itu dikatakan lebih banyak tentang bagaimana anak-anak akan melihat Anda daripada apa pun, dan saya sangat peduli tentang itu."

Chris Farley awalnya disewa untuk menyuarakan Shrek, dan ia telah merekam hampir semua dialog untuk karakter tersebut, tetapi meninggal sebelum menyelesaikan proyek.[13] Sebuah gulungan cerita yang menampilkan contoh dialog Farley yang direkam bocor ke publik pada Agustus 2015. DreamWorks kemudian memainkan kembali peran suara untuk Mike Myers, yang bersikeras menulis ulang naskah lengkap, untuk tidak meninggalkan jejak versi Farley tentang Shrek. Menurut Myers, ia ingin menyuarakan karakter itu "karena dua alasan: Saya ingin mendapat kesempatan untuk bekerja dengan Jeffrey Katzenberg; dan [buku itu] adalah kisah hebat tentang menerima diri Anda apa adanya.

Animasi[sunting | sunting sumber]

Shrek awalnya dirancang untuk menjadi hibrida animasi aksi langsung / CG dengan set miniatur latar belakang dan karakter utama yang dikomposisikan ke dalam adegan sebagai grafis komputer yang ditangkap gerak, menggunakan sistem kamera ExpertVision Hires Falcon 10 untuk menangkap dan menerapkan gerakan manusia yang realistis ke karakter. Kru yang cukup besar dipekerjakan untuk menjalankan tes, dan setelah satu setengah tahun R & D, tes akhirnya diputar pada Mei 1997. Hasilnya tidak memuaskan, dengan Katzenberg menyatakan "Itu tampak mengerikan, tidak berfungsi, tidak lucu, dan kami tidak menyukainya."[14] Studio kemudian beralih ke mitra produksinya di Pacific Data Images (PDI), yang memulai produksi dengan studio pada tahun 1998 dan membantu Shrek mencapai tampilan finalnya dengan animasi komputer.[14]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, IMAX merilis CyberWorld ke bioskop layar lebar bermereknya. Itu adalah film kompilasi yang menampilkan konversi stereoskopis dari berbagai animasi pendek dan urutan, termasuk bar urutan di Antz. DreamWorks sangat terkesan dengan teknologi yang digunakan untuk "terjemahan stereoskopis", sehingga studio dan IMAX memutuskan untuk merencanakan versi 3D layar lebar Shrek. Film ini akan dirilis ulang selama musim Natal tahun 2001, atau musim panas berikutnya, setelah rilis 2D konvensionalnya. Perilisan ulang juga akan mencakup urutan baru dan akhiran alternatif. Rencana untuk ini dibatalkan karena "perubahan kreatif" yang dilembagakan oleh DreamWorks dan mengakibatkan kerugian $ 1,18 juta, turun dari laba IMAX $ 3,24 juta.[15]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis oleh DreamWorks Home Entertainment pada VHS dan DVD pada 2 November 2001. Keduanya dirilis termasuk Shrek in the Swamp Karaoke Dance Party,film pendek musikal 3 menit, yang memakan waktu tepat setelah Shrek berakhir, dengan karakter film melakukan medley lagu-lagu pop modern.[16]

Shrek dirilis ke video pada hari yang sama dengan Pixar Monsters, Inc. Karena video secara tradisional dirilis pada hari Selasa, eksekutif Disney tidak menerima ini dengan baik, mengatakan bahwa langkah itu "tampak seperti upaya curang untuk menyedot uap film mereka". DreamWorks menjawab bahwa itu "hanya mengubah perilisan ke hari Jumat untuk menjadikannya lebih dari sebuah acara dan memperkirakan bahwa itu dan studio lain akan melakukannya lebih sering dengan film-film penting." Monsters, Inc. memperoleh penghasilan akhir pekan itu lebih dari $ 62 juta, memecahkan rekor untuk film animasi, sementara perilisan video Shrek menghasilkan lebih dari $ 100 juta, dan akhirnya menjadi DVD penjualan terbesar saat itu dengan lebih dari 5,5 juta penjualan. Shrek menghasilkan pendapatan lebih dari $ 420 juta untuk DreamWorks dalam bentuk DVD dan VHS, dan telah menjual lebih dari 21 juta kopi dari 23 juta yang dikirimkan pada Januari 2002. Di seluruh dunia, lebih dari 10 juta DVD Shrek telah terjual pada saat itu.

Versi 3D dari film ini dirilis pada Blu-ray 3D oleh Paramount Home Entertainment pada 1 Desember 2010, bersama dengan sekuel-sekuelnya, dan boxset Blu-ray 2D reguler dari seri ini dirilis enam hari kemudian.

Pengahasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Shrek dibuka di sekitar 6.000 layar di 3.587 bioskop sebelas dari mereka menunjukkan film secara digital, dimungkinkan oleh Divisi THX dari Lucasfilm. Ini adalah pertama kalinya DreamWorks menunjukkan salah satu filmnya secara digital. Film ini menghasilkan $ 11,6 juta pada hari pertama dan $ 42,3 juta pada akhir pekan pembukaannya, melampaui box office untuk akhir pekan dan rata-rata $ 11.805 dari 3.587 bioskop. Pada akhir pekan kedua, karena liburan Memorial Day Weekend, film ini naik 0,3 persen menjadi $ 42,5 juta dan $ 55,2 juta selama akhir pekan empat hari, menghasilkan kenaikan 30 persen secara keseluruhan. Meskipun demikian, film selesai di tempat kedua di belakang Pearl Harbor dan memiliki rata-rata $ 15.240 dari ekspansi ke 3.623 situs. Pada akhir pekan ketiga, film mundur 34 persen menjadi $ 28,2 juta untuk $ 7.695 rata-rata dari ekspansi ke 3.661 bioskop. Film ini ditutup pada 6 Desember 2001, setelah mendapat $ 267,7 juta di dalam negeri, bersama dengan $ 216,7 juta di luar negeri, dengan total total $ 484,4 juta di seluruh dunia.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes, film ini memegang peringkat persetujuan 88% berdasarkan 203 ulasan, dengan peringkat rata-rata 7.81 / 10. Konsensus kritik situs web tersebut berbunyi, "Sementara secara simultan merangkul dan menumbangkan dongeng, Shrek yang kurang sopan juga berhasil mengubah hidung Disney, memberikan pesan moral kepada anak-anak, dan menawarkan kepada para penonton perjalanan yang lucu dan serba cepat."[17] Metacritic, yang mendapat rata-rata tertimbang, menetapkan skor film 84 dari 100 berdasarkan 34 kritik, yang menunjukkan "pengakuan universal".[18] Audiensi yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "A" pada skala A + ke F.[19]

Festival[sunting | sunting sumber]

Shrek perdana di Festival Film Cannes 2001, di mana ia bersaing untuk Palme d'Or,[2] menjadikannya film animasi pertama sejak Peter Pan (1953) Disney untuk menerima kehormatan itu.[20]

Media lain[sunting | sunting sumber]

Beberapa adaptasi video game dari film ini telah diterbitkan di berbagai platform konsol permainan, termasuk Shrek (2001), Shrek: Hassle at the Castle (2002), Shrek: Extra Large (2002), Shrek: Super Party (2002) dan Shrek SuperSlam (2005). Shrek juga dimasukkan sebagai karakter unlockable bonus dalam video game Tony Hawk Underground 2 (2004).[21]

Sekuel dan spin off[sunting | sunting sumber]

Tiga sekuel dirilis selama bertahun-tahun - Shrek 2 pada 2004, Shrek the Third pada 2007, dan Shrek Forever After pada 2010. Shrek 2 adalah satu-satunya yang menerima pujian serupa dari para kritikus, Ketiganya sukses secara komersial. Shrek the Halls (2007) dan Scared Shrekless (2010) dirilis sebagai film pendek bertema liburan, dan film prekuel spin-off berjudul Puss in Boots dirilis pada 2011. Film fitur kelima awalnya direncanakan selama pengembangan Shrek Forever After, tetapi idenya kemudian ditinggalkan oleh CEO Animasi DreamWorks Jeffrey Katzenberg. Menjelang akuisisi yang direncanakan NBCUniversal dari DreamWorks Animation pada tahun 2016, diumumkan bahwa film Shrek kelima akan dirilis pada tahun 2019. Pada tanggal 6 November 2018, Variety melaporkan bahwa Chris Meledandri telah ditugaskan untuk me-reboot Shrek dan Puss in Boots, dengan para pemain asli berpotensi kembali untuk mengulangi peran mereka.[22] Sementara para anggota pemain melaporkan bahwa sebuah skrip telah selesai untuk film Shrek kelima, pengembangan terhenti dan rencana masa depan belum diumumkan secara resmi.[23]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Box Office Mojo
  2. ^ a b "SHREK". Festival de Cannes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-27. 
  3. ^ Stars and Stories (June 15, 2007). "Mike Myers: how I nailed Shrek's accent". The Daily Telegraph. London. Diakses tanggal January 21, 2014. 
  4. ^ a b c d e f g h i j "10 Top 10". AFI. May 18, 2001. Diakses tanggal January 21, 2014. 
  5. ^ "Eddie Murphy: Hollywood's Million-Dollar Donkey : Tell Me More". NPR. Diakses tanggal January 21, 2014. 
  6. ^ Itzkoff, Dave (May 10, 2010). "Mike Myers and Cameron Diaz on 'Shrek'". The New York Times. Diakses tanggal January 11, 2014. 
  7. ^ Peter Bradshaw (June 29, 2001). "Shrek | Film". The Guardian. Diakses tanggal January 21, 2014. 
  8. ^ Paul Willis For CNN (August 24, 2009). "Vincent Cassel: Playing France's tough guys". CNN. Diakses tanggal January 21, 2014. 
  9. ^ Brian, Greg (June 5, 2012). "Conrad Vernon: Today's funniest unknown voice actor, from 'Shrek' to 'Madagascar 3' – Yahoo News". Yahoo! News. Diakses tanggal January 21, 2014. 
  10. ^ "Shrek : Interview With Mike Myers". culture.com. Diakses tanggal 2019-11-27. 
  11. ^ Hill, Jim. ""From the Swamp to the Screen" is a really entertaining look at the creation of the first two "Shrek" films". jimhillmedia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-27. 
  12. ^ "'I didn't want to look like an ogre!' Nicolas Cage on his VERY costly decision to turn down Shrek". Mail Online. 2013-03-12. Diakses tanggal 2019-11-27. 
  13. ^ Hill, Jim. "How "Shrek" went from being a train wreck to one for the record books". jimhillmedia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-27. 
  14. ^ a b Hill, Jim. "How "Shrek" went from being a train wreck to one for the record books". jimhillmedia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-27. 
  15. ^ "As Expected, IMAX Reports A Loss". culture.com. Diakses tanggal 2019-11-27. 
  16. ^ "Shrek: Special Edition (2001)". www.dvdmg.com. Diakses tanggal 2019-11-27. 
  17. ^ Shrek (2001) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-27 
  18. ^ Shrek, diakses tanggal 2019-11-27 
  19. ^ "Home". Cinemascore (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-27. 
  20. ^ Staff, Guardian (2001-05-21). "Shrek scores at the US box office". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2019-11-27. 
  21. ^ "Tony Hawk's Underground 2 Cheats, Codes, Unlockables - Xbox - IGN". web.archive.org. 2013-06-21. Diakses tanggal 2019-11-27. 
  22. ^ Milligan, Mercedes (2018-11-06). "'Shrek' & 'Puss in Boots' Rebooting at Universal with Chris Meledandri". Animation Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-27. 
  23. ^ "Production Stalls Once Again On 'Shrek 5' | Film News - Conversations About Her". conversationsabouther.net. Diakses tanggal 2019-11-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]