Shrek the Third

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shrek the Third
Shrek the third ver2.jpg
Poster rilis teater
Sutradara
ProduserAaron Warner
Skenario
CeritaAndrew Adamson
Pemeran
MusikHarry Gregson-Williams
PenyuntingMichael Andrews
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
Durasi
92 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$160 juta
Pendapatan kotor$799 juta

Shrek the Third (juga dikenal sebagai Shrek 3) adalah film komedi animasi komputer Amerika 2007 yang disutradarai oleh Chris Miller dan disutradarai oleh Raman Hui. Ini adalah angsuran ketiga dalam franchise film Shrek yang berfungsi sebagai sekuel Shrek 2001 dan Shrek 2. 2004. Film ini dibintangi oleh Mike Myers, Eddie Murphy, Cameron Diaz, Antonio Banderas, Rupert Everett, Julie Andrews dan John Cleese mengulangi peran suara mereka dari film-film sebelumnya, bersama dengan tambahan baru seperti Justin Timberlake sebagai Arthur Pendragon dan Eric Idle sebagai Merlin. Dalam Shrek the Third, Pangeran Tampan berencana untuk menggulingkan Shrek dan Fiona, yang telah mewarisi tahta setelah kematian Raja Harold. Shrek, yang percaya ia tidak layak menjadi raja dan tidak ingin memerintah kerajaan, berupaya meyakinkan Artie, sepupu berusia 16 tahun yang berprestasi rendah, Artie, untuk memerintah sebagai gantinya.

Film ini ditayangkan perdana di Mann Village Theatre, Westwood di Los Angeles pada 6 Mei 2007,[1]dan dirilis di Amerika Serikat pada 18 Mei 2007, tepat enam tahun setelah film pertama dirilis. Itu tidak diterima dengan baik seperti dua film sebelumnya, menerima tinjauan beragam dari para kritikus, tetapi meraup $ 799 juta dengan anggaran $ 160 juta, menjadi film terlaris keempat tertinggi di tahun 2007. Film ini juga dinominasikan untuk Best Animated Film di 61th British Academy Film Awards. Shrek the Third adalah film terakhir dalam franchise Shrek yang akan diproduksi bersama oleh Pacific Data Images, yang dilipat pada tahun 2015.[2] Sekuel, Shrek Forever After, dirilis pada 2010, yang juga menerima tinjauan beragam, tetapi dianggap sebagai perbaikan atas Shrek the Third.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Shrek dan Putri Fiona adalah untuk menggantikan Raja Harold yang sekarat, tetapi upaya Shrek untuk melayani sebagai Bupati selama cuti medis Raja berakhir dengan bencana; dia bersikeras bahwa raksasa sebagai raja adalah ide yang buruk dan harus ada orang lain untuk memerintah kerajaan. Sebelum dia meninggal, Harold memberi tahu Shrek tentang pewaris lain: keponakannya, Arthur "Artie" Pendragon. Sementara itu, Pangeran Tampan bersumpah pada dirinya sendiri bahwa ia akan menjadi Raja Jauh Jauh dan membalas kematian ibunya, Ibu Peri. Charming pergi ke kedai Poison Apple dan membujuk penjahat dongeng untuk memperjuangkan "kebahagiaan mereka selamanya".

Shrek, Donkey and Puss in Boots berangkat untuk mengambil Artie; saat mereka berlayar, Fiona mengungkapkan kepada Shrek bahwa dia hamil, banyak yang ngeri Shrek, karena dia percaya dia tidak mampu membesarkan anak-anak. Perjalanan trio ke Akademi Worcestershire, sebuah sekolah asrama elit magis, di mana mereka menemukan Artie adalah seorang underachiever berusia 16 tahun kurus. Pada rapat umum sekolah, Shrek memberi tahu Artie bahwa dia akan menjadi raja Far Far Away. Artie bersemangat sampai Donkey dan Puss secara tidak sengaja menakutinya dengan membahas tanggung jawab menjadi raja. Segera kehilangan kepercayaan untuk menjadi raja, Artie mencoba mengendalikan kapal untuk kembali ke Worcestershire, dan ketika ia dan Shrek bertarung di atas kemudi, kapal itu pecah dan kapal menabrak pulau terpencil, tempat mereka bertemu dengan guru penyihir pensiunan Artie, Merlin.

Charming dan lainnya menyerang kastil, tetapi Wolfie, Pinocchio, Gingy, Three Little Pig dan Blind Mice menahan mereka cukup lama untuk Fiona dan ibunya Queen Lillian untuk melarikan diri bersama dengan Snow White, Rapunzel, Cinderella, Sleeping Beauty dan Doris the Saudara Tiri Jelek. Salah satu Babi secara tidak sengaja mengatakan bahwa Shrek telah pergi untuk mengambil Arthur, dan Pangeran Tampan mengirim Kapten Hook dan bajak lautnya untuk melacak Shrek. Para wanita ditempatkan di menara setelah Rapunzel mengkhianati mereka, setelah jatuh cinta dengan Charming.

Kapten Hook dan perompaknya melacak Shrek dan teman-temannya ke pulau Merlin, di mana mereka berusaha menangkap Shrek. Shrek mengalahkan para penjahat, dan Hook menyebutkan Charming dan pengambilalihan Far Far Away. Shrek mendesak Artie untuk kembali ke Worcestershire. Alih-alih, Artie menentang Merlin agar menggunakan sihirnya untuk mengirim mereka ke Far Far Away. Mantra itu menyebabkan Kucing dan Keledai secara tidak sengaja berganti tubuh. Mereka menemukan Pinocchio dan mengetahui bahwa Charming berencana untuk membunuh Shrek sebagai bagian dari permainan. Pasukan Charming tiba, tetapi Artie menipu para ksatria agar tidak menahan mereka dan mereka membobol kastil saat latihan untuk drama itu. Terperangkap di ruang ganti Charming, keempatnya ditawan.

Charming bersiap untuk membunuh Artie, percaya dia adalah raja berikutnya. Untuk menyelamatkan hidup Artie, Shrek memberitahu Charming bahwa Artie adalah bidak untuk menggantikannya sebagai Raja Far Far Away. Charming percaya Shrek dan membiarkan Artie pergi. Donkey dan Puss dipenjara dengan Fiona dan para wanita, di mana Fiona tumbuh frustrasi dengan kurangnya inisiatif. Ibu Fiona, Ratu Lillian, menghancurkan sebuah lubang di dinding batu penjara dengan headbutt. Sementara para putri meluncurkan misi penyelamatan untuk Shrek, Donkey dan Puss membebaskan Gingy, Pinocchio, Serigala dan babi, dan anak-anak Naga dan Donkey. Mereka bertemu Artie; Puss dan Donkey meredakannya dengan menjelaskan bahwa Shrek berbohong untuk menyelamatkan hidup Artie.

Panggung menawan sebuah musik di depan kerajaan. Sama seperti Charming akan membunuh Shrek, Fiona, bersama dengan Puss dan Donkey, para putri dan karakter dongeng menghadapi para penjahat. Mereka kalah: babi diculik oleh antek, Gingy disandera oleh ksatria, Naga dikelilingi oleh penjaga dan Fiona diikat. Artie muncul dan meyakinkan para penjahat bahwa hanya karena mereka diperlakukan seperti pecundang tidak berarti mereka pasti pecundang. Para penjahat setuju untuk menyerah pada cara jahat mereka, sementara Charming menolak untuk mendengarkan dan menerjang Artie dengan pedangnya, tetapi Shrek memblokir pukulannya, jadi Charming malah menyerangnya. Saat Shrek mendorong Charming ke samping, Naga mengetuk menara Rapunzel, menghancurkannya sampai mati.

Artie kemudian dinobatkan sebagai raja. Sementara kerajaan merayakan, Merlin mengembalikan Puss dan Donkey ke tubuh mereka yang benar, dan Shrek dan Fiona kembali ke rawa-rawa mereka, di mana mereka menjadi orangtua dari kembar tiga raksasa dan mengatasi dengan bantuan Puss, Lillian, Donkey and Dragon.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Menyusul keberhasilan Shrek 2, film Shrek ketiga dan keempat, bersama dengan rencana untuk final, film kelima, diumumkan pada Mei 2004 oleh Jeffrey Katzenberg: "Shrek 3 dan 4 akan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan lain yang belum terjawab dan, akhirnya, di bab terakhir, kita akan mengerti bagaimana Shrek muncul di rawa itu, ketika kita bertemu dengannya di film pertama.

DreamWorks menyewa penulis skenario Jeffrey Price dan Peter S. Seaman (dari Who Framed Roger Rabbit dan Doc Hollywood fame) untuk menulis naskah film dan Jon Zack, yang menulis The Perfect Score, muncul sebagai konsultan.[3] Berbeda dengan dua film pertama, film ini tidak disutradarai oleh Andrew Adamson karena pekerjaannya dengan The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe. Adamson masih terlibat sebagai produser eksekutif, dan memberikan saran kira-kira setiap empat bulan tentang keadaan film. Shrek the Third alih-alih disutradarai oleh Chris Miller, seorang artis cerita di film pertama dan kepala cerita di kedua, dan disutradarai oleh Raman Hui, seorang animator pengawas pada dua film pertama.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pada DVD dan HD DVD pada 13 November 2007. DVD ini dirilis dalam format pan and scan dan layar lebar yang terpisah (menjadi film DreamWorks Animation pertama yang diformat ulang dari rasio aslinya yaitu 1,85: 1 hingga 1,78: 1.[4] Fitur-fitur khusus HD DVD dan DVD termasuk beberapa adegan yang dihapus, fitur, trailer, komentar, video musik, dan secara eksklusif pada versi HD DVD, beberapa fitur yang mendukung web dan fitur Format Interaktif HDi seperti trek trivia khusus , panduan film, dan buku mewarnai interaktif yang dapat diunduh sejak tanggal jalan.

Film dan fitur-fitur khusus pada versi HD DVD disajikan dalam 1080p definisi tinggi layar lebar 1,78: 1 dan fitur soundtrack audio Dolby Digital Plus 5.1. Selain itu, film ini dirilis pada Blu-ray Disc pada 16 September 2008.[5] Ini dirilis ulang pada Blu-ray pada 30 Agustus 2011 dan pada Blu-ray 3D pada 1 November 2011 sebagai Best Buy eksklusif.

Pada 30 Agustus 2014, penjualan DVD mengumpulkan pendapatan $ 176,7 juta dari sekitar 11.863.374 unit terjual.[6]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Shrek The Third secara luas diantisipasi dan DreamWorks mendukung film ini dengan kampanye pemasaran besar-besaran, dengan mainan, buku, permainan, pakaian, dan banyak item lain yang tersedia sepanjang tahun 2007. Sebuah permainan video berbasis film telah dirilis untuk Wii, PlayStation 2, Xbox 360, Game Boy Advance, PlayStation Portable, PC, dan Nintendo DS.

Pada Mei 2007, Shrek The Third dibuat menjadi game video mobile, yang dikembangkan oleh Gameloft. Shrek n 'Roll, sebuah permainan puzzle aksi berdasarkan film, dirilis untuk Xbox 360 melalui Xbox Live Arcade pada 14 November 2007. Mesin pinball berdasarkan film juga telah diproduksi oleh Stern Pinball.[7]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Shrek the Third dibuka di 4.122 bioskop Amerika Utara pada 18 Mei 2007, menghasilkan $ 38 juta pada hari pertama, hari pembukaan terbesar untuk film animasi pada saat itu, dengan total $ 121,6 juta pada akhir pekan pertama, pembukaan akhir pekan terbaik pernah untuk film animasi, dan pembukaan tertinggi kedua untuk film 2007 di Amerika Serikat dan Kanada. Itu memegang rekor pembukaan akhir pekan animasi selama sembilan tahun sampai dikalahkan oleh debut Finding Dory $ 135.1 Juta. Pada saat itu, akhir pekan pembukaannya adalah yang tertinggi ketiga dari seluruh waktu di wilayah ini.[8]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada Rotten Tomatoes, Shrek the Third memiliki peringkat persetujuan 41% berdasarkan 211 ulasan dengan peringkat rata-rata 5.44 / 10. Konsensus kritis situs itu berbunyi, "Shrek the Third memiliki potensi budaya pop yang melimpah, tetapi dengan mengorbankan hati, pesona, dan kecerdasan yang membuat dua Shreks klasik pertama."[9] Pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang. dari 58 dari 100, berdasarkan 35 kritik, menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata". [10] Audiensi yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "B +" pada skala A + ke F, satu langkah turun dari dua film pertama "A".[8]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Di awal film, di teater makan malam Pangeran Tampan, kelapa digunakan untuk ketukan kuku kuda. Teknik yang sama digunakan dalam Monty Python and the Holy Grail, yang juga dibintangi oleh John Cleese dan Eric Idle. Idle mengaku mempertimbangkan untuk menggugat produsen Shrek untuk penggunaan lelucon ini secara tidak sah, sementara produsen mengklaim mereka menghormati Idle dan Cleese dengan memasukkan bagian tersebut.[11]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Spesial Natal tiga puluh menit berjudul Shrek the Halls mengambil tempat Shrek yang Ketiga pergi. Film ini diikuti oleh sekuel, Shrek Forever After, yang dirilis di bioskop pada 21 Mei 2010. Ini diikuti oleh spin-off Puss in Boots, pada tahun 2011. Film kelima dalam seri sedang dalam pengembangan. Pada 6 November 2018, dilaporkan oleh Variety bahwa Chris Meledandri telah ditugaskan untuk reboot ulang Shrek dan Puss in Boots, dengan para pemain asli berpotensi kembali.[12]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shrek box office record downplayed". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2007-05-18. Diakses tanggal 2019-11-25. 
  2. ^ "DreamWorks Animation Shuttering PDI". Animation World Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-25. 
  3. ^ Movie Reviews, Trailers, Interviews, Wikis & Posters for Movies - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-25 
  4. ^ "Shrek The Third On DVD November 13th". CINEMABLEND. 2007-08-07. Diakses tanggal 2019-11-25. 
  5. ^ "'Shrek the Third' Headed to Blu-ray This September | High-Def Digest". www.highdefdigest.com. Diakses tanggal 2019-11-25. 
  6. ^ "Shrek the Third (2007) - Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal 2019-11-25. 
  7. ^ "Internet Pinball Machine Database: Stern 'Shrek™'". www.ipdb.org. Diakses tanggal 2019-11-25. 
  8. ^ a b "'Shrek' Reclaims Crown with Third Movie". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-25. 
  9. ^ Shrek the Third (2007) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-25 
  10. ^ Shrek the Third, diakses tanggal 2019-11-25 
  11. ^ "Eric Idle considers suing Shrek makers over gag | The Star". thestar.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-25. 
  12. ^ Milligan, Mercedes (2018-11-06). "'Shrek' & 'Puss in Boots' Rebooting at Universal with Chris Meledandri". Animation Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-25.