Shrek 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shrek 2
Shrek 2 Poster.png
Poster perilisan teater
Sutradara
Produser
Skenario
CeritaAndrew Adamson
Pemeran
MusikHarry Gregson-Williams
Penyunting
  • Michael Andrews
  • Sim Evan-Jones
Perusahaan
produksi
DistributorDreamWorks Pictures
Tanggal rilis
  • 15 Mei 2004 (2004-05-15) (Amerika Serikat)
  • 23 Juni 2004 (2004-06-23) (Indonesia)
Durasi
93 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$150 juta
Pendapatan kotor$919 Juta

Shrek 2 adalah film komedi animasi komputer Amerika 2004 yang disutradarai oleh Andrew Adamson, Kelly Asbury dan Conrad Vernon. Ini adalah sekuel dari Shrek tahun 2001 dan angsuran kedua dalam franchise film Shrek. Film ini dibintangi oleh Mike Myers, Eddie Murphy dan Cameron Diaz, yang mengulang peran suara masing-masing dari Shrek, Donkey, dan Fiona. Mereka bergabung dengan karakter baru yang disuarakan oleh Antonio Banderas, Julie Andrews, John Cleese, Rupert Everett, dan Jennifer Saunders. Shrek 2 terjadi setelah peristiwa film pertama, dengan Shrek dan Donkey bertemu dengan orang tua Fiona sebagai ibu baptisnya yang bersemangat, yang ingin Fiona menikahi putranya, Pangeran Tampan, berkomplot untuk menghancurkan pernikahan Shrek dan Fiona. Shrek dan Donkey bekerja sama dengan kucing jagoan bernama Puss in Boots untuk menggagalkan rencananya.

Shrek 2 perdana di Festival Film Cannes 2004, di mana bersaing untuk Palme d'Or, dan dirilis di bioskop pada 19 Mei 2004. Bertemu dengan ulasan yang menguntungkan seperti pendahulunya, film ini meraup $ 919,8 juta di seluruh dunia. Film ini mencetak akhir pekan pembukaan tiga hari terbesar kedua dalam sejarah AS dan pembukaan terbesar untuk film animasi pada saat dirilis.[3] Itu kemudian menjadi film terlaris tahun 2004 di seluruh dunia.[4] Shrek 2 juga merupakan film paling sukses DreamWorks Animation hingga saat ini, dan memegang judul film animasi terlaris sepanjang masa di seluruh dunia hingga Toy Story 3 melampaui film tersebut pada 2010. Film ini menerima dua nominasi Academy Award untuk Best Animated Feature dan Best Original Song, dan soundtrack yang terkait mencapai Top 10 di US Billboard 200. Sekuel berjudul Shrek the Third dirilis pada 2007.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pengantin baru Shrek dan Fiona kembali dari bulan madu mereka untuk mengetahui bahwa mereka telah diundang oleh orang tua Fiona ke pesta dansa untuk merayakan pernikahan mereka. Shrek menolak untuk pergi pada awalnya, tetapi Fiona berbicara kepadanya, dan bersama dengan Donkey, mereka melakukan perjalanan ke kerajaan Far Far Away. Mereka bertemu orang tua Fiona, Raja Harold dan Ratu Lillian, yang terkejut melihat kedua putri dan menantu mereka adalah raksasa, dengan Harold sangat jijik. Saat makan malam, Shrek dan Harold berdebat sengit tentang bagaimana Shrek dan Fiona akan membesarkan keluarga mereka, dan Fiona, jijik pada perilaku Shrek dan Harold, mengunci diri di kamarnya malam itu. Shrek khawatir bahwa dia telah kehilangan cinta sejatinya, terutama setelah menemukan buku harian masa kecilnya dan membaca bahwa dia pernah tergila-gila dengan Pangeran Tampan.

Harold ditegur oleh Ibu Peri dan putranya Pangeran Tampan dengan mengingatkannya bahwa Tampan akan menikahi Fiona dengan imbalan akhir bahagia sendiri. Dia memohon padanya untuk menemukan cara menyingkirkan Shrek. Harold mengatur agar Shrek dan Donkey bergabung dengannya dalam perjalanan berburu fiktif, yang sebenarnya merupakan perangkap untuk memikat mereka ke tangan seorang pembunuh, Puss in Boots. Tidak dapat mengalahkan Shrek, Puss mengungkapkan bahwa ia dibayar oleh Harold dan menawarkan untuk ikut serta menebus kesalahan. Ketiga menyelinap ke pabrik ramuan Peri Godmother dan mencuri ramuan "Happily Ever After" yang Shrek pikir akan mengembalikan cinta Fiona untuknya.

Shrek dan Donkey minum ramuan itu dan tertidur lelap, terbangun keesokan paginya untuk mengetahui efeknya: Shrek sekarang adalah pria yang tampan sementara Donkey berubah menjadi kuda jantan putih yang anggun. Untuk membuat perubahan itu permanen, Shrek harus mencium Fiona pada tengah malam. Shrek, Donkey, dan Puss kembali ke kastil untuk menemukan bahwa ramuan itu telah mengubah Fiona kembali menjadi diri manusia sebelumnya. Namun, ibu baptis Peri, setelah menemukan pencurian ramuan itu, mencegat Shrek dan mengirim Charming untuk berpose sebagai dia dan memenangkan cinta Fiona. Atas desakan Ibu Peri, Shrek meninggalkan kastil, berpikir bahwa cara terbaik untuk membuat Fiona bahagia adalah membiarkannya pergi.

Untuk memastikan bahwa Fiona jatuh cinta pada Charming, ibu baptis Peri memberi Harold ramuan cinta untuk dimasukkan ke dalam teh Fiona. Pertukaran ini terdengar oleh Shrek, Donkey, dan Puss, yang ditangkap oleh penjaga kerajaan dan dilemparkan ke penjara bawah tanah. Sementara bola kerajaan dimulai, beberapa teman Shrek bersatu untuk membebaskan trio dengan bantuan kue jahe berukuran raksasa milik The Muffin Man, yang menerobos pertahanan kastil. Shrek sudah terlambat untuk mencegah Charming dari mencium Fiona, tetapi bukannya jatuh cinta dengan Charming, Fiona menjatuhkannya dengan headbutt. Harold mengungkapkan bahwa ia tidak pernah memberikan Fiona ramuan cinta, dimana ibu peri yang sekarang marah menyerang Shrek. Dalam huru-hara berikutnya, Harold mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Shrek; zirahnya memantulkan mantra yang dilemparkan oleh Ibu Peri yang memusnahkannya, dan Harold kembali menjadi Pangeran Katak, wujud aslinya. Harold memberikan restunya kepada pernikahan dan meminta maaf atas perilakunya yang sebelumnya, mengakui penggunaan ramuan Happily Ever After bertahun-tahun sebelumnya untuk mendapatkan cinta Lillian. Lillian mendesak Harold bahwa dia mencintainya atas penampilannya.

Ketika jam berbunyi tengah malam, Fiona menolak tawaran Shrek untuk tetap menjadi manusia, dan mereka dengan senang hati membiarkan efek ramuan itu hilang dan kembali ke bentuk raksasa mereka, sementara Donkey berubah kembali ke bentuk aslinya juga. Dalam adegan mid-credit, Dragon, yang sebelumnya pernah bercinta dengan Donkey, mengungkapkan bahwa mereka sekarang memiliki beberapa bayi hibrida keledai naga, yang sangat mengejutkannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

* Mike Myers sebagai Shrek

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, segera setelah Shrek asli terbukti menjadi hit, Mike Myers, Eddie Murphy dan Cameron Diaz menegosiasikan pembayaran dimuka masing-masing $ 10 juta untuk menyuarakan sekuel film tersebut.[5] Itu adalah kenaikan yang signifikan dari gaji $ 350 Ribu yang mereka bayarkan untuk film pertama. Menurut Jeffrey Katzenberg, produser eksekutif Shrek 2 dan salah satu pendiri DreamWorks, yang memimpin negosiasi, bayaran itu mungkin yang tertinggi di seluruh karir para aktor. Masing-masing aktor diharapkan bekerja total antara 15 dan 18 jam.[6] Film ini diproduksi dengan anggaran US $ 70 juta.[7]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2004, film ini dipilih untuk bersaing untuk Palme d'Or di Festival Film Cannes 2004.[8]

Shrek 2 awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada 18 Juni 2004. Film ini kemudian dimajukan dari 18 Juni 2004, hingga 21 Mei 2004; Namun, karena "permintaan penggemar", ini dirilis dua hari sebelumnya dari 21 Mei 2004, hingga 19 Mei 2004. Sehari sebelum film diputar, lima menit pertama ditayangkan di U-Pick Live Nickelodeon.

Bermain di 4.163 bioskop selama akhir pekan pertamanya di Amerika Serikat, Shrek 2 adalah film pertama dengan lebih dari 4.000 bioskop secara keseluruhan; lebih dari 3.700 teater dihitung untuk hari pembukaan.[9]

Pada Juli 2014, hak distribusi film dibeli oleh DreamWorks Animation dari Paramount Pictures (pemilik katalog DreamWorks Pictures pra-2005) dan dipindahkan ke 20th Century Fox sebelum kembali ke Universal Studios pada 2018.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka di posisi 1 dengan total hari Jumat-ke-Minggu sebesar $ 108 juta, dan $ 129 juta sejak peluncurannya pada hari Rabu, dari 4.163 bioskop saat itu, dengan rata-rata $ 25.952 per teater selama akhir pekan. Pada saat total Jumat-ke-Minggu akhir pekan, Shrek 2 ditempatkan pembukaan tertinggi kedua, hanya tertinggal $ 114,8 juta dari Spider-Man. Selain itu, hari Sabtu saja berhasil mendapatkan $ 44,8 juta, menjadikannya penghasilan kotor satu hari tertinggi pada saat itu, mengalahkan laba kotor pertama Spider-Man pada hari Sabtu sebesar $ 43,6 juta. Film ini tetap berada di No.1 di akhir pekan kedua, meluas ke 4.223 bioskop, dan mendapat $ 95.6 Juta lagi selama empat hari akhir pekan Memorial Day, nyaris mengalahkan penghitungan baru pembuka baru The Day After Tomorrow yang mendapat $ 85,8 juta. Film ini menghabiskan sepuluh minggu dalam Top 10 mingguan, tetap di sana hingga 29 Juli, dan tinggal di bioskop selama 149 hari (kira-kira dua puluh satu minggu), ditutup pada 25 November 2004. Film ini dirilis di Inggris pada 2 Juli, 2004, dan menduduki puncak box office negara itu untuk dua akhir pekan berikutnya, sebelum dicopot oleh Spider-Man 2.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada agregator ulasan film Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 89% berdasarkan 236 ulasan dengan peringkat rata-rata 7,68 dari 10. Konsensus situs web berbunyi, "Ini mungkin tidak sesegar yang asli, tetapi humor topikal dan karakter sekunder yang berwarna-warni menjadikan Shrek 2 pemenang dalam haknya sendiri".[10] Metacritic, yang mendapat rata-rata tertimbang, menetapkan film skor 75 dari 100 berdasarkan 40 kritik, yang menunjukkan" ulasan yang umumnya menyukai".[11] Audiensi yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "A" pada skala A + ke F.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shrek 2". The Numbers. Diakses tanggal February 27, 2019. 
  2. ^ "Shrek 2 (2004)". AFI Catalog of Feature Films. Diakses tanggal January 3, 2018. 
  3. ^ "Digital Animation - Box Office History". web.archive.org. 2013-06-10. Diakses tanggal 2019-11-26. 
  4. ^ "2004 Yearly Box Office Results - Box Office Mojo". web.archive.org. 2013-04-25. Diakses tanggal 2019-11-26. 
  5. ^ Brodesser, Claude; Brodesser, Claude (2001-07-11). "Inside Move: 'Shrek 2's' expensive voices". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-26. 
  6. ^ Journal, Tom KingStaff Reporter of The Wall Street (2002-05-17). "DreamWorks's Katzenberg Talks 'Toons and 'Shrek 2'". Wall Street Journal (dalam bahasa Inggris). ISSN 0099-9660. Diakses tanggal 2019-11-26. 
  7. ^ "Most Expensive 3D Animated Movies". web.archive.org. 2013-07-04. Diakses tanggal 2019-11-26. 
  8. ^ "SHREK 2 - Festival de Cannes 2013 (International Film Festival)". web.archive.org. 2013-12-21. Diakses tanggal 2019-11-26. 
  9. ^ "News, May 21: "Shrek 2" Hits Record Number of Theaters, Vincent Gallo's "Bunny" Comes to U.S., Online Bets Taken on Celeb Poker Players, More… | General News | Hollywood.com". web.archive.org. 2014-03-31. Diakses tanggal 2019-11-26. 
  10. ^ Shrek 2 (2004) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-26 
  11. ^ Shrek 2 (2004) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-26 
  12. ^ "Home". Cinemascore (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]