Shrek Forever After

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shrek Forever After
Shrek forever after ver8.jpg
Poster rilis teater
SutradaraMike Mitchell
Produser
Penulis
Pemeran
MusikHarry Gregson-Williams
PenyuntingNick Fletcher
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 21 Mei 2010 (2010-5-21) (Amerika Serikat)
  • 07 Juli 2010 (2010-07-07) (Indonesia)
Durasi
93 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$135-136 Juta
Pendapatan kotor$752.6 Juta

Shrek Forever After (sebelumnya dipromosikan sebagai Shrek: The Final Chapter)[1] adalah film komedi animasi komputer Amerika 2010 yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh Paramount Pictures. Ini adalah angsuran keempat dalam franchise film Shrek dan sekuel dari Shrek the Third (2007). Film ini disutradarai oleh Mike Mitchell dari sebuah skenario oleh Josh Klausner dan Darren Lemke, dan bintang-bintang Mike Myers, Eddie Murphy, Cameron Diaz, Antonio Banderas, Julie Andrews, dan John Cleese mengulangi peran mereka sebelumnya, dengan Walt Dohrn diperkenalkan dalam peran Rumpelstiltskin. Alur ceritanya mengikuti perjuangan Shrek sebagai pria keluarga tanpa privasi, yang merindukan hari-hari ketika ia pernah ditakuti. Dia ditipu oleh Rumpelstiltskin untuk menandatangani kontrak yang memungkinkan dia untuk menghidupkan kembali masa keemasannya, tetapi kemudian menyadari bahwa itu datang bersamaan dengan konsekuensi bencana.

Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Tribeca pada 21 April 2010, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 21 Mei 2010 dalam format 3D dan IMAX 3D. Film ini memulai debutnya sebagai film terlaris di box office, posisi yang dipegangnya selama tiga minggu berturut-turut di Amerika Serikat dan Kanada. Film ini mendapat tinjauan beragam dari para kritikus, tetapi banyak yang menganggapnya sebagai perbaikan dari pendahulunya. Film ini mendapat total $ 752 juta di seluruh dunia dan menjadi film terlaris kelima di tahun 2010. Selain itu, Shrek Forever After menjadi film terlaris kedua DreamWorks Animation di box office luar negeri. Meskipun awalnya dipasarkan sebagai angsuran terakhir dalam franchise film, film Shrek kelima secara tidak resmi telah dilaporkan diproduksi pada tahun-tahun sejak Forever After dirilis.[2]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam kilas balik, Raja Harold dan Ratu Lillian akan menandatangani kerajaan Far Far Away kepada Rumpelstiltskin, dengan imbalan mengangkat kutukan putri mereka. Kesepakatan itu dibatalkan pada detik terakhir ketika seorang kesatria memberi tahu Raja dan Ratu bahwa Putri Fiona telah diselamatkan oleh Shrek. Rumpelstiltskin yang marah menyesali kehilangannya dan berharap Shrek tidak pernah dilahirkan.

Di masa sekarang, Shrek mulai bosan menjadi pria keluarga dan selebritas di antara penduduk desa setempat, membuatnya berharap ketika dia merasa seperti "raksasa nyata" lagi. Ketika dia membawa keluarganya ke Far Far Away untuk merayakan ulang tahun pertama anak-anaknya, serangkaian kecelakaan yang semakin parah semakin melukai egonya, menyebabkan dia kehilangan kesabaran dan keluar dengan amarah.

Shrek bertemu Rumpelstiltskin, yang memberikan kesempatan, setelah mengamati ledakan kemarahan Shrek. Dia mengikuti Shrek dan mengatur agar dia muncul untuk menyelamatkan hidupnya. Dia memberi Shrek sehari untuk hidup seperti raksasa nyata, dengan imbalan sehari dari masa kecilnya bahwa dia tidak akan ingat dihapus untuk "berterima kasih" padanya.

Shrek menandatangani kontrak dan muncul di alam semesta alternatif di mana peristiwa mulai dari film pertama tidak pernah terjadi. Sekarang ditakuti oleh penduduk desa, Shrek mengambil kesempatan untuk menyebabkan kerusakan ringan sampai dia mengetahui bahwa Fiona adalah buron, dan rawa-rawanya sepi dan sunyi. Dia diculik oleh para penyihir dan dibawa ke Rumpel, sekarang Raja Far Far Away, yang telah menjadi terlantar.

Rumpel mengungkapkan bahwa dia menghapus hari ketika Shrek lahir. Oleh karena itu, Shrek tidak ada, dan akibatnya Raja dan Ratu menandatangani kerajaan mereka ke Rumpel, membuat mereka menghilang. Ketika hari itu berakhir, Shrek akan menghilang juga. Shrek lolos kastil Rumpel dengan Donkey. Awalnya takut dengan Shrek, Donkey memutuskan untuk mempercayainya setelah melihat Shrek menangisi sejarahnya yang terhapus, sesuatu yang belum pernah dilihatnya oleh raksasa sebelumnya. Donkey membantunya menemukan klausa keluar tersembunyi: kontrak dapat dibatalkan oleh "ciuman cinta sejati".

Mereka segera menemukan pasukan raksasa yang melawan Rumpel, dipimpin oleh Fiona yang masih dikutuk, yang menjadikan Puss in Boots sebagai hewan peliharaan yang malas dan kelebihan berat badan. Shrek melakukan segala yang dia bisa untuk mendapatkan cinta Fiona, tetapi dia sinis dan kecewa tentang kekuatan cinta sejati setelah tidak ada yang datang untuk menyelamatkannya dan terlalu sibuk menyiapkan penyergapan pada Rumpel. Sementara berdebat dengannya, Fiona mulai menyukai Shrek tetapi berhenti menciumnya. Puss mendorongnya untuk terus mengejar Fiona.

Selama penyergapan, para raksasa ditangkap oleh Pied Piper, meskipun Shrek dan Fiona melarikan diri dengan campur tangan Puss dan Donkey. Shrek bersikeras Fiona menciumnya, mengatakan itu akan memperbaiki segalanya, tetapi itu tidak berhasil karena Fiona tidak benar-benar mencintainya. Ketika dia mendengar bahwa Rumpel menawarkan harapan kepada orang yang membawanya Shrek, Shrek menyerahkan diri dan menggunakan keinginan untuk membebaskan para raksasa lainnya, yang menyerbu kastil, berperang dengan penyihir, dan menangkap Rumpel.

Ketika matahari terbit, Shrek mulai memudar dari keberadaan, tetapi Fiona, yang telah jatuh cinta padanya, mencium Shrek tepat sebelum ia menghilang. Shrek menemukan dirinya kembali di pesta ulang tahun anak-anaknya pada saat yang tepat sebelum dia marah. Alih-alih memukul, Shrek merangkul semua orang dengan penghargaan yang baru ditemukan untuk keluarga dan teman-teman.

Dalam adegan pasca-kredit, Rumpel ditangkap oleh penduduk desa dan dimasukkan ke dalam sangkar oleh mereka sebagai hukuman.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Menyusul keberhasilan Shrek 2, film Shrek ketiga dan keempat, bersama dengan rencana untuk film kelima dan terakhir, diumumkan pada Mei 2004 oleh Jeffrey Katzenberg.[3] Pada Oktober 2006, DreamWorks Animation mengungkapkan bahwa film keempat akan dirilis pada 2010.[4]

Pada Oktober 2007, Katzenberg mengumumkan judul untuk film keempat, Shrek Goes Fourth,[5] menjelaskan bahwa "Shrek keluar ke dunia, maju!" Pada Mei 2009, DreamWorks Animation memberi judul ulang film tersebut ke Shrek Forever.[6] Setelah, menunjukkan bahwa itu akan menjadi yang terakhir dalam seri Shrek. Pada November 2009, Bill Damaschke, kepala produksi kreatif di DreamWorks Animation, dikonfirmasi dengan "Semua yang dicintai tentang Shrek dalam film pertama adalah dibawa ke film terakhir.[7]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Shrek Forever After perdana di Festival Film Tribeca pada 21 April 2010.[8] Ini dirilis untuk umum pada 20 Mei 2010, di Rusia, sedangkan dirilis Amerika mengikuti hari berikutnya. Film ini juga dirilis dalam format IMAX 3D.[9] Pada Juli 2014, hak distribusi film dibeli oleh DreamWorks Animation dari Paramount Pictures[10] dan ditransfer ke 20th Century Fox sebelum kembali ke Universal Pictures pada 2018.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

shrek Forever After dirilis pada DVD dan Blu-ray pada 7 Desember 2010.[11] Pada 24 April 2011, film ini telah menghasilkan $ 75 juta dalam penjualan DVD dan Blu-ray. Film ini juga termasuk dalam Shrek: The Whole Story, satu set kotak dirilis pada hari yang sama yang mencakup keempat film Shrek dan konten bonus tambahan. Pada Mei 2012, 10,0 juta unit hiburan rumah terjual di seluruh dunia.[12]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Shrek Forever After menghasilkan $ 238,7 juta di Amerika Utara, dan $ 513,9 juta di negara lain, dengan total $ 752,6 juta di seluruh dunia. Ini menjadikannya film terlaris ke-52, film animasi terlaris ke-12, terlaris kelima di tahun 2010, film animasi terlaris kedua di 2010 (di belakang Toy Story 3) dan film terlaris kedua terendah dari seri Shrek.

Shrek Forever After memiliki perilisan terluas untuk film animasi (4.359 bioskop, kemudian diperluas menjadi 4.386) di Amerika Utara. Pada hari pembukaannya (21 Mei 2010), film ini menduduki peringkat No.1, mendapat $ 20,8 juta, yang lebih rendah dari hari-hari pembukaan dua film Shrek terakhir. Film ini kemudian dibuka dalam tiga hari dengan $ 70,8 juta, lebih rendah dari prediksi analis box office tentang pembukaan $ 105 juta[13] dan juga lebih rendah dari dua film sebelumnya dari franchise.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada situs agregasi ulasan Rotten Tomatoes, Shrek Forever After memiliki peringkat persetujuan 58% berdasarkan 196 ulasan dan peringkat rata-rata 5,9 / 10. Konsensus kritis situs itu berbunyi, "Meskipun bukan tanpa momen, Shrek Forever After terlalu sering merasa seperti mengulangi entri waralaba sebelumnya."[14] Pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 58 dari 100, berdasarkan pada 35 kritik, yang menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata".[15] Audiensi yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "A" pada skala A + ke F, skor yang sama diperoleh oleh Shrek dan Shrek 2.[16]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Shrek Forever After adalah game video aksi-petualangan berdasarkan film dengan nama yang sama. Ini dirilis oleh Activision pada 18 Mei 2010.

kemungkinan sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2014, dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network, Katzenberg mengisyaratkan bahwa film kelima masih dapat dibuat, dengan mengatakan, "Kami ingin membiarkan [para karakter] memiliki sedikit waktu untuk beristirahat. Tapi saya pikir Anda bisa percaya diri bahwa kita akan memiliki bab lain dalam seri Shrek. Kita belum selesai dan, yang lebih penting, dia juga tidak. "[17]

Pada 15 Juni 2016, setelah NBCUniversal membeli DreamWorks Animation seharga $ 3,8 miliar, presiden dan chief executive officer NBCUniversal Steve Burke membahas rencana untuk menghidupkan kembali waralaba, serta film-film DreamWorks lainnya. Pada bulan Juli 2016, The Hollywood Reporter mengutip sumber yang mengatakan bahwa film kelima direncanakan untuk perilisan 2019.[18] Pada bulan September 2016, Eddie Murphy mengkonfirmasi bahwa film itu diharapkan akan dirilis pada 2019 atau 2020, dan bahwa skripnya telah selesai.

Pada tanggal 6 November 2018, dilaporkan oleh Variety bahwa CEO dan pendiri Illumination, Chris Meledandri telah ditugaskan oleh Universal Pictures untuk menghidupkan kembali seri film Shrek dan Puss in Boots, dengan para pemeran aslinya berpotensi kembali.[19]

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Puss in Boots adalah film komedi petualangan animasi komputer yang dirilis pada 28 Oktober 2011. Film ini didasarkan pada dan mengikuti karakter dengan nama yang sama pada petualangannya dengan Kitty Softpaw dan dalang Humpty Dumpty sebelum penampilan pertamanya di Shrek 2.[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Has Shrek Forever After Been Renamed Shrek: The Final Chapter?". /Film (dalam bahasa Inggris). 2010-04-24. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  2. ^ "Jeffrey Katzenberg Plots Next Act as Universal Faces DreamWorks Questions". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-30. 
  3. ^ Movie Reviews, Trailers, Interviews, Wikis & Posters for Movies - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-30 
  4. ^ "Shrek 4 Coming to Theaters in 2010 - ComingSoon.net". web.archive.org. 2006-11-25. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  5. ^ "DreamWorks Animation Announces Fall 2010 Title". ComingSoon.net (dalam bahasa Inggris). 2007-10-31. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  6. ^ "DreamWorks Animation Announces Plans to Release Five Feature Films Ev…". archive.ph. 2012-05-27. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  7. ^ "First look: 'Shrek Forever After': Fourth, final film is first in 3-D - USATODAY.com". usatoday30.usatoday.com. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  8. ^ "TribecaFilm.com | Festival News and Views | Shrek Forever After to Open TFF 2010". web.archive.org. 2012-05-26. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  9. ^ "Shrek Forever After: An IMAX 3D Experience Movie | Shrek Forever After: An IMAX 3D Experience Movie Tickets & Trailer | IMAX 3D Experience". web.archive.org. 2011-09-16. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  10. ^ Cheney, Alexandra; Cheney, Alexandra (2014-07-29). "DreamWorks Animation Q2 Earnings Fall Short of Estimates, SEC Investigation Revealed". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-30. 
  11. ^ Shrek Forever After and Collection Blu-ray in December, diakses tanggal 2019-11-30 
  12. ^ Inc, DreamWorks Animation SKG. "DreamWorks Animation Reports First Quarter 2012 Financial Results". www.prnewswire.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-30. 
  13. ^ "'Shrek' kicks off the sure-to-be successful summer kid flick biz". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-30. 
  14. ^ Shrek Forever After (2010) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-30 
  15. ^ Shrek Forever After, diakses tanggal 2019-11-30 
  16. ^ "'Shrek' bows to $71.2 million; 'MacGruber' sinks". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-30. 
  17. ^ McNary, Dave; McNary, Dave (2014-02-25). "DreamWorks Animation CEO Hints at Another 'Shrek' Movie". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-30. 
  18. ^ "Jeffrey Katzenberg Plots Next Act as Universal Faces DreamWorks Questions". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-30. 
  19. ^ Animation Magazine (6 November 2018). ""'Shrek' & 'Puss in Boots' Rebooting at Universal with Chris Meledandri"". Diakses tanggal 30 November 2019. 
  20. ^ "WebCite query result". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2019-11-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]