Monty Python and the Holy Grail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monty Python and the Holy Grail
Monty-Python-1975-poster.png
Poster rilis layar lebar Britania Raya
Sutradara
Produser
PenulisMonty Python
Pemeran
Penata musik
SinematograferTerry Bedford
PenyuntingJohn Hackney
Perusahaan
produksi
DistributorEMI Films
Tanggal rilis
  • 03 April 1975 (1975-04-03)

(Britania Raya)

  • 27 April 1975 (1975-04-27)

(Amerika Serikat)

Durasi92 menit[1]
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
Anggaran$400,000[2]
Pendapatan
kotor
$5 juta[2]

Monty Python and the Holy Grail adalah sebuah film komedi Britania Raya tahun 1975 yang terinspirasi dari Legenda Raja Arthur, ditulis dan dibintangi oleh kelompok lawak Monty Python (Chapman, Cleese, Gilliam, Idle, Jones dan Palin), disutradarai oleh Gilliam dan Jones. Film ini disusun selama hiatus antara seri ketiga dan keempat dari serial televisi BBC Monty Python's Flying Circus.

Sementara film pertama dari kelompok Monty Python, And Now for Something Completely Different, adalah kompilasi dari sketsa dari dua serial televisi pertama, Holy Grail adalah cerita asli yang memparodikan legenda Raja Arthur yang mencari Cawan Suci. Tiga puluh tahun kemudian, Idle menggunakan film tersebut sebagai dasar untuk teater musikal Spamalot yang memenangkan Tony Award 2005.

Monty Python and the Holy Grail meraup pendapatan kotor lebih banyak daripada film Inggris mana pun yang dipamerkan di AS pada tahun 1975. Di AS, film tersebut terpilih pada tahun 2011 sebagai film komedi terbaik kedua sepanjang masa di spesial ABC Best in Film: The Greatest Movies of Our Time di belakang Airplane!. Di Inggris, para pembaca majalah Total Film pada tahun 2000 menempatkannya sebagai film komedi terbesar kelima sepanjang masa;[3] pemungutan suara serupa dari pemirsa Channel 4 pada tahun 2006 menempatkannya di urutan keenam.[4]

Cerita[sunting | sunting sumber]

Raja Arthur pergi mencari The Holy Grail dan merekrut para ksatria untuk membantunya dalam pencarian ini. Mereka mengalami banyak kesulitan, misalnya ketika sampai di sebuah puri yang dijaga pasukan dari Prancis, mereka diolok-olok dan dilempari berbagai ternak. Sebagai balasannya mereka semula akan membuat kuda Troya, tetapi lupa untuk masuk ke dalamnya sehingga rencana ini gagal.

Selain itu mereka juga dihadang oleh para ksatria yang selalu berkata "Ni!" yang mengharuskan mereka mencari taman berupa semak (Inggris: shrubbery). Namun halangan ini dapat diatasi karena para ksatria yang berkata "Ni!" tidak tahan bila mendengar suatu kata lain, dan kata ini selalu diulang-ulang oleh raja Arthur, walaupun ia tidak sadar akan hal ini.

Salah satu ksatria dari kelompok raja Arthur juga sempat terdampar di suatu puri yang isinya penuh dengan perawan-perawan cantik yang ingin menggodanya. Tapi sebelum ini sempat terjadi ia diselamatkan oleh para ksatria lainnya. Juga seekor kelinci kecil tidak dinyana adalah pembunuh sadis dan hanya dapat dilawan dengan Granat Suci dari Antiokia.

Pada akhirnya raja Arthur dan para ksatrianya sampai di suatu jembatan kecil yang sangat rapuh. Jembatan ini dijaga oleh seorang tukang sihir yang mengajukan pertanyaan pada mereka. Bila mereka tidak dapat menjawab, maka mereka jatuh ke dalam jurang yang sangat dalam. Namun tukang sihir ini tewas karena ia sendiri tidak dapat menjawab suatu pertanyaan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Monty Python and the Holy Grail (12A)". British Board of Film Classification. 28 August 2015. Diakses tanggal 24 September 2016. 
  2. ^ a b Monty Python and the Holy Grail – Box Office Data, DVD Sales, Movie News, Cast Information. The Numbers. Retrieved 3 August 2014.
  3. ^ "Life of Brian tops comedy poll". BBC News. Retrieved 18 January 2014
  4. ^ "50 Greatest Comedy Films". London: Channel 4. 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 April 2006. Diakses tanggal 25 August 2019.