Monty Python and the Holy Grail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monty Python and the Holy Grail
sampul DVD
SutradaraTerry Gilliam,
Terry Jones
ProduserMark Forstater,
Michael White
PenulisGraham Chapman,
John Cleese,
Terry Gilliam,
Eric Idle,
Terry Jones,
Michael Palin.
PemeranGraham Chapman,
John Cleese,
Terry Gilliam,
Eric Idle,
Terry Jones,
Michael Palin.
SinematografiTerry Bedford
PenyuntingJohn Hackney
Distributor20th Century Fox (UK),
Columbia Pictures (USA)
Durasi
91 min.
Anggaran£230,000

Monty Python and the Holy Grail adalah sebuah film komedi dari tahun 1974 yang ditulis, dibintangi dan disutradarai oleh kelompok Monty Python. Film ini adalah parodi dari Legenda Raja Arthur dan para Ksatria Meja Bundar yang mencari Cawan Suci (The Holy Grail) yang digunakan Yesus Kristus pada Perjamuan Malam Terakhir.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Raja Arthur pergi mencari The Holy Grail dan merekrut para ksatria untuk membantunya dalam pencarian ini. Mereka mengalami banyak kesulitan, misalnya ketika sampai di sebuah puri yang dijaga pasukan dari Prancis, mereka diolok-olok dan dilempari berbagai ternak. Sebagai balasannya mereka semula akan membuat kuda Troya, tetapi lupa untuk masuk ke dalamnya sehingga rencana ini gagal.

Selain itu mereka juga dihadang oleh para ksatria yang selalu berkata "Ni!" yang mengharuskan mereka mencari taman berupa semak (Inggris: shrubbery). Namun halangan ini dapat diatasi karena para ksatria yang berkata "Ni!" tidak tahan bila mendengar suatu kata lain, dan kata ini selalu diulang-ulang oleh raja Arthur, walaupun ia tidak sadar akan hal ini.

Salah satu ksatria dari kelompok raja Arthur juga sempat terdampar di suatu puri yang isinya penuh dengan perawan-perawan cantik yang ingin menggodanya. Tapi sebelum ini sempat terjadi ia diselamatkan oleh para ksatria lainnya. Juga seekor kelinci kecil tidak dinyana adalah pembunuh sadis dan hanya dapat dilawan dengan Granat Suci dari Antiokia.

Pada akhirnya raja Arthur dan para ksatrianya sampai di suatu jembatan kecil yang sangat rapuh. Jembatan ini dijaga oleh seorang tukang sihir yang mengajukan pertanyaan pada mereka. Bila mereka tidak dapat menjawab, maka mereka jatuh ke dalam jurang yang sangat dalam. Namun tukang sihir ini tewas karena ia sendiri tidak dapat menjawab suatu pertanyaan.