Kuda Troya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ilustrasi Kuda Troya.

Kuda Troya adalah salah satu kisah Perang Troya mengenai tipu daya yang dilakukan oleh orang-orang Yunani untuk memasuki kota Troya dan memenangkan perang. Menurut versi awalnya, setelah pengepungan selama 10 tahun tidak membuahkan hasil, orang-orang Yunani membangun sebuah kuda kayu raksasa dan menyembunyikan beberapa orang di dalamnya. Orang-orang Yunani berpura-pura berlayar pergi, dan orang-orang Troya menarik kuda kayu ini ke kota mereka sebagai lambang kemenangan. Malamnya pasukan Yunani keluar dari kuda kayu tersebut dan membuka pintu gerbang untuk pasukan Yunani lainnya, yang kembali mendatangi kota Troya dengan memanfaatkan persembunyian malam. Orang-orang Yunani memasuki kota Troya dan menghancurkannya, sehingga mengakhiri perang.

Secara metaforis, istilah "kuda Troya" kini mengacu kepada tipu daya yang membuat sasaran tipu daya mengundang musuh ke tempat yang seharusnya terlindungi. Program komputer jahat yang menipu pengguna agar mereka secara sukarela menjalankan program tersebut juga dijuluki "Trojan horse" atau "Trojan".

Sumber utama kisah ini berasal dari puisi epos Aeneid karya Virgil. Peristiwa ini juga disebutkan di dalam buku Odyssey karya Homer.[1] Dalam tradisi Yunani, kuda ini disebut "kuda kayu" (Δούρειος Ἵππος, Doúreios Híppos, dalam dialek Ionia Homer).

Orang-orang yang disembunyikan di dalam kuda[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Broeniman, Clifford (1996). "Demodocus, Odysseus, and the Trojan War in "Odyssey" 8". The Classical World 90 (1): 3–13. JSTOR 4351895. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikimedia Commons Media yang berkaitan dengan Trojan horse di Wikimedia Commons