Agapenor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Agapenor (Yunani: Ἀγαπήνωρ) dalam mitologi Yunani adalah pemimpin Arcadians pada perang Trojan.[1] Ia adalah putra Ankaios dan cucu dari Lycurgus. Sebagai raja Arcadians, ia menerima enam puluh kapal dari Agamemnon, di mana ia memimpin Arcadians untuk Troy [2][3]. Ia juga terjadi di antara pelamar dari Helen.[4][5] Ia adalah salah satu orang untuk menjadi di Kuda Troya [6].

Setelah kembali dari Troy ia dilemparkan oleh badai di pantai Siprus, di mana ia mendirikan kota Paphos dan di dalamnya kuil terkenal Aphrodite [7]. Ia juga terjadi dalam kisah Alcmaeon: itu kepadanya bahwa Arsinoe (Alphesiboea), istri Alcmaeon ini, dijual pergi oleh saudara-saudaranya sendiri [8].

Agapenor memiliki seorang putri, Laodike, yang dikenal karena telah mengirim jubah ke Tegea sebagai hadiah kepada Athena Alea,[9] dan telah membangun sebuah kuil Aphrodite Paphia di Tegea [10].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schmitz, Leonhard (1867), "Agapenor", di Smith, William, Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology 1, Boston, p. 59 
  2. ^ Homer, Iliad 2. 609, &e.
  3. ^ Hyginus, Fabulae 97
  4. ^ Hyginus, Fabulae 81
  5. ^ Bibliotheca 3. 10. § 8
  6. ^ Homer, The Iliad, translated by Richmond Lattimore, 1951
  7. ^ Pausanias, 8. 5. § 2, &c.
  8. ^ Pseudo-Apollodorus, Bibliotheca 3. 7. § 5, &c.
  9. ^ Pausanias, 8. 5. 3
  10. ^ Pausanias, 8. 53. 7