Agenor, anak dari Antenor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Agenor (Yunani Kuno: Ἀγήνωρ), putra Antenor[1] dan Theano[2], adalah seorang pahlawan Troya.

Ketika Akhilles mengejar seluruh pasukan Troya, Agenor adalah orang Troya pertama yang menggunakan akal dan berhenti melarikan diri dari amukan Akhilles[3]. Agenor merasa malu bahwa ia melarikan diri dari seorang pria yang diduga sama fana.Ia berbalik menghadapi Akhilles. Sebagai pahlawan Yunani, Akhilles mendekati Agenor yang melemparkan tombak kepadanya, tetapi hanya mengenai tameng Akhilles[4]. Setelah itu Akhilles berada di hadapan Agenor, tetapi pada saat itu Apollo membawa pergi pasukan Troya dalam selubung kabut untuk menghindari pengejaran Akhilles, sementara Apollo mengambil alih pasukan Agenor (batalyon keempat Asius) untuk mengusir Akhilles jauh dari Troya. Tindakan ini memungkinkan semua pasukan Troya (kecuali Hector) untuk berlindung di balik benteng Troy.

Agenor menewaskan dua orang dalam perang[5].

Menurut Pausanias[6], Agenor dibunuh oleh putra Akhilles Neoptolemus ketika Akhilles menyerbu Troya melalui tipu muslihat kuda Troya.

Fotonya muncul di lukisan besar di Lesche Delphi, oleh Polygnotus[7].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Iliad of Homer volum I hal 272
  2. ^ Homer, Iliad xi. 59, vi. 297
  3. ^ Homer, Iliad xxi. 570
  4. ^ Homer, Iliad Vol. I hal. 110
  5. ^ Hyginus, Fabulae 115.
  6. ^ Pausanias, Description of Greece x. 27. § 1
  7. ^ Schmitz, Leonhard (1867), "Agenor (6)", dalam Smith, William, Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology, 1, Boston: Little, Brown and Company, hlm. 68 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]