A Serious Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
A Serious Man
A Serious Man Poster 2009.jpg
Poster film A Serious Man
SutradaraJoel Coen
Ethan Coen
ProduserJoel Coen
Ethan Coen
SkenarioJoel Coen
Ethan Coen
PemeranMichael Stuhlbarg
Richard Kind
Fred Melamed
MusikCarter Burwell
SinematografiRoger Deakins
PenyuntingRoderick Jaynes
Perusahaan
produksi
Relativity Media
StudioCanal
Working Title Films
Mike Zoss Productions
DistributorFocus Features
Tanggal rilis
Durasi
103 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$7 juta[2]
Pendapatan kotor$31.430.334[2]

A Serious Man adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh Joel Coen dan Ethan Coen dan diproduseri oleh Joel Coen dan Ethan Coen. Naskah film ini ditulis oleh Joel Coen dan Ethan Coen. Film ini dibintangi oleh Michael Stuhlbarg, Richard Kind dan Fred Melamed.

Film A Serious Man ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 12 September 2009 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 2 Oktober 2009.[3] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Adegan pendahuluan menunjukkan bahwa di wilayah shtetl Eropa Timur pada abad ke-19, seorang pria Yahudi yang tidak disebutkan namanya memberitahu istrinya bahwa dalam perjalanan pulang, ia dibantu oleh Reb Groshkover, yang telah diundang ke rumah mereka untuk makan sup. Sang istri memberitahu bahwa Reb sudah meninggal dan pria yang diundang itu pasti seorang dybbuk. Reb datang dan menertawakan tuduhan itu, tetapi sang istri memasukkan es ke dada Reb. Pendarahan, Reb keluar dari rumah mereka menuju malam yang bersalju.

Pada tahun 1967,[4] Larry Gopnik (Michael Stuhlbarg) adalah seorang profesor fisika yang tinggal di St. Louis Park, Minnesota. Istrinya, Judith (Sari Lennick), memberitahu Larry bahwa ia membutuhkan get (dokumen perceraian dalam hukum Yahudi) agar ia bisa menikahi seorang duda, Sy Ableman (Fred Melamed), yang dicintainya. Sementara itu, putra mereka, Danny (Aaron Wolff), berutang dua puluh dolar atas ganja ke teman sekelasnya yang mengintimidasinya di sekolah Ibrani. Danny memiliki uang, tetapi ia menyembunyikannya di radio transistor yang disita oleh gurunya. Putrinya, Sarah (Jessica McManus), selalu mencuci rambutnya dan pergi keluar rumah. Kakak Larry, Arthur (Richard Kind), tidur di sofa dan menghabiskan waktu luangnya untuk menulis buku catatan dengan apa yang ia sebut sebagai "peta probabilitas alam semesta".

Larry menghadapi pemungutan suara mendatang yang akan segera dilakukan untuk masa jabatannya dan kepala departemennya menyelipkan surat anonim tersebut, yang mendesak panitia untuk menolak Larry. Clive Park (David Kang), seorang siswa Korea Selatan, yang khawatir akan kehilangan beasiswa, bertemu dengan Larry di kantornya untuk membantah bahwa ia seharusnya tidak gagal dalam pelajarannya. Setelah ia pergi, Larry menemukan sebuah amplop berisi uang tunai. Ketika Larry mencoba mengembalikannya, ayah Clive (Steve Park) mengancam untuk menuntut Larry karena penghinaan jika Larry menuduh Clive menyuap atau untuk menyimpan uangnya jika ia tidak memberinya nilai kelulusan.

Atas desakan Judith dan Sy, Larry dan Arthur pindah ke sebuah motel terdekat. Judith mengosongkan rekening bank mereka, meninggalkan Larry tanpa uang, sehingga ia mencari jasa pengacara perceraian. Larry mengetahui bahwa Arthur menghadapi tuntutan fitnah dan sodomi.

Larry beralih ke iman Yahudinya untuk hiburan. Ia berkonsultasi dengan dua pendeta, tetapi pendeta seniornya, Marshak (Alan Mandell), tidak ada. Pendeta pertama, seorang pendeta junior, menasihati Larry bahwa ia tidak memiliki "perspektif". Pendeta kedua memberitahu Larry tentang perumpamaan tentang seorang dokter gigi. Larry dan Sy terlibat dalam kecelakaan mobil yang terpisah dan serentak. Larry tidak terluka, tetapi Sy meninggal. Atas desakan Judith, Larry membayar pemakaman Sy. Pada saat pemakaman, Sy dihormati sebagai "orang yang serius".

Ketika suaminya sedang dalam urusan bisnis, Larry menghubungi tetangganya, Vivienne Samsky (Amy Landecker), yang sedang berjemur telanjang, dan Vivienne mengenalkan Larry pada ganja. Larry kemudian bermimpi bahwa ia berhubungan badan dengan Vivienne, tetapi mimpinya berubah menjadi mimpi buruk lainnya.

Larry merasa bangga dan tergerak oleh Bar Mitzvah milik Danny. Ia tidak menyadari bahwa Danny berada di bawah pengaruh ganja dan tidak dapat membaca Taurat. Selama kebaktian, Judith meminta maaf kepada Larry atas semua masalah akhir-akhir ini dan memberitahunya bahwa Sy sangat menyukainya sehingga Sy bahkan menulis surat kepada panitia sengketa lahan. Danny akhirnya bertemu dengan Marshak, dalam sebuah pertemuan singkat di mana Marshak hanya mengutip lagu "Somebody to Love" karya Jefferson Airplane, menamai anggota band tersebut dan mengembalikan radio sambil menasihati Danny untuk "menjadi anak yang baik".

Kepala departemen Larry memujinya di Bar Mitzvah milik Danny dan mengisyaratkan bahwa ia akan menerima masa jabatan. Surat itu menghasilkan uang $3,000 dari pengacara Arthur. Larry memutuskan untuk mengubah nilai Clive dari F ke C-, ketika dokter Larry meneleponnya, meminta Larry untuk segera bertemu dengannya tentang hasil sinar X di dadanya. Pada saat yang sama, guru Danny berusaha membuka tempat penampungan darurat saat tornado masif mendekati sekolah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Michael Stuhlbarg sebagai Lawrence "Larry" Gopnik
  • Richard Kind sebagai Arthur Gopnik
  • Fred Melamed sebagai Sy Ableman
  • Sari Lennick sebagai Judith Gopnik
  • Aaron Wolff sebagai Danny Gopnik
  • Jessica McManus sebagai Sarah Gopnik
  • Alan Mandell sebagai Pendeta Marshak
  • Adam Arkin sebagai Don Milgram
  • George Wyner sebagai Pendeta Nachtner
  • Amy Landecker sebagai Vivienne Samsky
  • Katherine Borowitz sebagai Mimi Nudell
  • Allen Lewis Rickman sebagai Velvel
  • Yelena Shmulenson sebagai Dora
  • Fyvush Finkel sebagai Traitle Groshkover
  • Simon Helberg sebagai Pendeta Scott Ginsler
  • Michael Lerner sebagai Solomon Schlutz
  • David Kang sebagai Clive Park
  • Steve Park sebagai ayah Clive Park
  • Ari Hoptman sebagai Arlen Finkle

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film A Serious Man mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 90%, berdasarkan 214 ulasan, dengan rating rata-rata 7,9/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 79 dari 100, berdasarkan 35 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film A Serious Man mendapatkan $9.228.768 di Amerika Utara dan $22.201.566 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $31.430.334, melebihi anggaran produksi film $7 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $251.337, menempati posisi ke-30 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Serious Man (12)". British Board of Film Classification. October 28, 2009. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  2. ^ a b c d "A Serious Man (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  3. ^ Knegt, Peter (September 22, 2009). ""A Serious Man," Colin Firth, "Videocracy" Tops With TIFF Critics, Bloggers". IndieWire. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  4. ^ Corliss, Richard (September 12, 2009). "A Serious Man: The Coen Brothers' Jewish Question". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diakses tanggal November 18, 2015. 
  5. ^ "A Serious Man (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  6. ^ "A Serious Man reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 12, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]