O Brother, Where Art Thou?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
O Brother, Where Art Thou?
OBrotherWhereArtThouPoster2000.jpg
Poster film O Brother, Where Art Thou?
Sutradara Joel Coen
Produser Ethan Coen
Skenario Joel Coen
Ethan Coen
Berdasarkan The Odyssey 
oleh Homeros
Pemeran George Clooney
John Turturro
Tim Blake Nelson
John Goodman
Musik T Bone Burnett
Sinematografi Roger Deakins
Penyunting Roderick Jaynes
Tricia Cooke
Perusahaan
produksi
Working Title Films[1]
Distributor Buena Vista Pictures Distribution[1]
Tanggal rilis
  • 13 Mei 2000 (2000-5-13) (Festival Film Cannes)
  • 30 Agustus 2000 (2000-8-30) (Perancis)
  • 15 September 2000 (2000-9-15) (Britania Raya)
  • 22 Desember 2000 (2000-12-22) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 2 Februari 2001 (2001-2-2) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
107 menit[2]
Negara Amerika Serikat[1]
Britania Raya[1]
Perancis[1]
Bahasa Inggris
Anggaran $26 juta[3]
Pendapatan kotor $71,868,327[4]

O Brother, Where Art Thou? adalah film komedi kriminal petualangan tahun 2000 yang disutradarai oleh Joel Coen dan diproduseri oleh Ethan Coen. Naskah film ini ditulis oleh Joel Coen dan Ethan Coen berdasarkan sajak The Odyssey karya Homeros. Film ini dibintangi oleh George Clooney, John Turturro, Tim Blake Nelson dan John Goodman.

Film O Brother, Where Art Thou? ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 13 Mei 2000 dan dirilis di Perancis pada tanggal 30 Agustus 2000 dan di Britania Raya pada tanggal 15 September 2000. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Desember 2000 secara terbatas dan 2 Februari 2001 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tiga narapidana, Ulysses Everett McGill (George Clooney), Pete Hogwallop (John Turturro) dan Delmar O'Donnell (Tim Blake Nelson), melarikan diri dari segerombolan dan pergi untuk mengambil harta yang seharusnya dikuburkan Ulysses sebelum daerah itu banjir hingga terbentuk danau. Mereka bertiga mendapatkan tumpangan dari seorang pria buta (Lee Weaver) yang mengemudikan sebuah troli pompa di atas rel kereta api. Ia memberitahu mereka, selain nubuat lainnya, bahwa mereka akan menemukan keberuntungan namun bukan yang mereka cari. Mereka bertiga pergi ke rumah Wash (Frank Collison), sepupu Pete. Mereka tidur di gudang, namun Wash melaporkannya kepada Sherif Cooley (Daniel von Bargen) dan bersama dengan anak buahnya, mereka membakar lumbung. Putra Wash membantu mereka bertiga melarikan diri.

Pete dan Delmar dibaptis oleh sekelompok orang Kristen di sebuah sungai. Kelompok ini kemudian menunjuk Tommy Johnson (Chris Thomas King), seorang pria muda berkulit hitam, yang mengaku bahwa ia menjual jiwanya kepada iblis dengan imbalan kemampuan untuk bermain gitar. Membutuhkan uang, mereka berempat berhenti di menara stasiun radio di mana mereka merekam lagu dengan nama panggung The Soggy Bottom Boys. Malam itu, Ulysses, Pete dan Delmar berpisah dengan Tommy setelah mobil mereka ditemukan oleh polisi. Tanpa sepengetahuan mereka, rekaman mereka menjadi terkenal.

Ulysses, Pete dan Delmar tidak sengaja menabrak perampok bank George Nelson (Michael Badalucco) dan membantunya melakukan aksi pencurian, sebelum George meninggalkan mereka dengan bagian jarahannya. Keesokan harinya, mereka bertiga mendengar nyanyian, lalu mereka melihat tiga wanita yang sedang mencuci pakaian di sungai sambil bernyanyi. Para wanita membiuskan mereka bertiga dengan wiski jagung dan mereka kehilangan kesadaran. Setelah bangun, Delmar menemukan pakaian Pete di sampingnya, tidak ada orang kecuali seekor katak. Delmar yakin bahwa para wanita itu adalah Siren dan mengubah Pete menjadi katak. Kemudian, seorang penjual Alkitab bermata satu bernama Big Dan Teague (John Goodman) mengundang mereka untuk piknik makan siang, lalu memberikan minum kepada mereka dan membunuh katak itu.

Ulysses dan Delmar tiba di kota asal Ulysses. Ulysses berseteru dengan istrinya, Penny (Holly Hunter), yang mengubah nama belakangnya sendiri dan memberitahu putri-putrinya bahwa Ulysses telah meninggal. Ulysses berkelahi dengan Vernon T. Waldrip (Ray McKinnon), "calon tunangan" barunya. Mereka kemudian melihat Pete bekerja pada rombongan geng. Malam itu, mereka menyelinap ke dalam sel tahanan Pete dan membebaskannya. Ternyata, para wanita tersebut telah menyeret Pete pergi dan menyerahkannya kepada pihak berwenang. Di bawah penyiksaan, Pete menyerahkan lokasi harta karun itu kepada polisi. Ulysses kemudian mengakui bahwa tidak ada harta karun. Ia mengarang untuk meyakinkan orang-orang yang dirantai olehnya untuk melarikan diri bersamanya dan menghentikan istrinya dari menikah. Pete sangat marah kepada Ulysses, karena ia memiliki sisa dua minggu hukuman sebelumnya dan harus melayani lima puluh tahun lagi untuk melarikan diri.

Mereka bertiga tersandung ke rombongan Ku Klux Klan, yang berencana untuk menggantung Tommy. Mereka bertiga menyamar sebagai anggota Ku Klux Klan dan berusaha menyelamatkan Tommy. Namun, Big Dan, salah satu anggota Ku Klux Klan, mengungkapkan identitas mereka. Kekacauan pun terjadi dan Grand Wizard mengungkapkan dirinya sebagai Homer Stokes (Wayne Duvall), seorang kandidat pemilihan gubernur yang akan datang. Mereka bertiga bergegas membebaskan Tommy dan melarikan diri, lalu mereka memotong dukungan di salib besar yang terbakar hingga jatuh menimpa Big Dan.

Ulysses meyakinkan Pete, Delmar dan Tommy untuk membantunya mendapatkan kembali istrinya. Mereka menyelinap ke pesta makan malam kampanye Homer yang dihadirinya dan menyamar sebagai musisi. Kelompok ini mulai menyanyikan lagu sesuai rekaman di stasiun radio. Para tamu undangan mengenal lagu tersebut dan menjadi liar. Homer mengakui mereka sebagai kelompok yang mempermalukan kelompok mafianya. Ketika Homer menuntut mereka ditangkap dan mengungkapkan pandangan akan dominasi warga berkulit putihnya, para tamu undangan mengusir Homer keluar kota dengan kereta api. Pappy O'Daniel (Charles Durning), calon incumbent, mengambil kesempatan untuk mendukung The Soggy Bottom Boys dan memberikan mereka pengampunan penuh. Penny setuju untuk menikahi Ulysses dengan syarat Ulysses harus menemukan cincin asli Penny.

Keesokan paginya, The Soggy Bottom Boys berangkat untuk menemukan cincinnya, yang sebelumnya berlokasi di kabin di lembah di mana Ulysses mengaku cincin tersebut sebagai lokasi hartanya. Polisi, setelah mengetahui tempat itu dari Pete, menangkap kelompok itu. Mengesampingkan pengakuan bahwa mereka telah menerima pengampunan, Sherif Cooley memerintahkan agar mereka digantung. Ketika Ulysses berdoa kepada Tuhan, lembah itu dibanjiri dan mereka diselamatkan. Tommy menemukan cincin tersebut di meja yang mengapung dan mereka kembali ke kota. Namun, ketika Ulysses memberikan cincin itu kepada Penny, ternyata itu bukan cincin aslinya. Penny tidak menginginkan cincin itu dan tidak ingat di mana ia meletakkan cincin yang sebenarnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film O Brother, Where Art Thou? mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 77%, berdasarkan 149 ulasan, dengan rating rata-rata 7.1/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 69 dari 100, berdasarkan 30 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film O Brother, Where Art Thou? mendapatkan $45,512,588 di Amerika Utara dan $26,355,739 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $71,868,327, melebihi anggaran produksi film $26 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $195,104, menempati posisi ke-27 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3,647,208, menempati posisi ke-11 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "O Brother, Where Art Thou?". Lembaga Film Amerika. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2014. Diakses tanggal January 24, 2018. 
  2. ^ "O Brother, Where Art Thou? (12A)". British Board of Film Classification. December 8, 2015. Diakses tanggal March 6, 2016. 
  3. ^ "O Brother, Where Art Thou? (2000)". The Numbers. Diakses tanggal August 30, 2016. 
  4. ^ a b c "O Brother, Where Art Thou? (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal August 30, 2016. 
  5. ^ "O Brother, Where Art Thou? (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "O Brother, Where Art Thou? reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]