Gene Kelly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gene Kelly

Gene Kelly tahun 1943
Lahir Eugene Curran Kelly
23 Agustus 1912
Pittsburgh, Pennsylvania
Meninggal 2 Februari 1996 (umur 83)
Beverly Hills, California
Pekerjaan Aktor, penari, penyanyi, sutradara, produser, koreografer
Tahun aktif 1931–1994
Pasangan Betsy Blair (1941–57)
Jeanne Coyne (1960–73)
Patricia Ward (1990–96)

Eugene Curran "Gene" Kelly (lahir di Pittsburgh, Pennsylvania, 23 Agustus 1912 – meninggal di Beverly Hills, California, 2 Februari 1996 pada umur 83 tahun) adalah seorang penari sekaligus pemeran, penyanyi, produser dan sutradara film, serta koreografer Amerika Serikat. Kelly dikenal dengan gaya dansa yang energetik dan gesit, wajahnya yang tampan, dan kepribadian menyenangkan dari peran-peran yang dimainkannya di layar perak.

Meskipun namanya dikenal sekarang ini untuk penampilannya dalam Singin' in the Rain dan An American in Paris, Gene Kelly adalah tokoh penting dalam film musikal Hollywood dari pertengahan tahun 1940-an hingga merosotnya kepopuleran film musikal pada akhir tahun 1950-an. Inovasi-inovasi yang dibuatnya mengubah film musikal Hollywood, dan dia berjasa menjadikan tari balet diterima secara komersial oleh penonton film.[1] Kelly menerima Academy Honorary Award pada tahun 1952 untuk prestasi sepanjang kariernya. Ia kemudian menerima penghargaan untuk prestasi seumur hidup di Kennedy Center Honors, dan dari Screen Actors Guild serta Lembaga Film Amerika. Pada tahun 1999, Lembaga Film Amerika menempatkannya di urutan ke-15 daftar Bintang Film Pria Terbesar Sepanjang Masa.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Foto Kelly sewaktu kuliah tingkat empat, diambil dari buku tahunan 1933 Universitas Pittsburgh.

Kelly lahir di daerah Highland Park, Pittsburgh sebagai putra ketiga Harriet Catherine (née Curran) dan James Patrick Joseph Kelly, seorang wiraniaga fonograf.[2] Ayahnya kelahiran Peterborough, Kanada, berasal dari keluarga keturunan Irlandia. Kakek dari pihak ibu adalah imigran dari Derry di sebelah utara Irlandia, sementara nenek dari pihak ibu adalah keturunan Jerman.[3] Pada usia delapan tahun, Kelly didaftarkan ibunya ke les dansa, bersama kakaknya yang bernama James. Keduanya memberontak, dan, menurut Kelly: "Kami benar-benar tidak senang dan jadi terus menerus terlibat adu jotos dengan kelompok anak laki-laki tetangga yang menyebut kami bencong... Aku tidak menari lagi hingga berusia lima belas tahun." Ia ketika itu sadar kalau dansa dapat dipakai untuk menggaet gadis-gadis.[4] Kelly kembali berdansa atas inisiatif sendiri dan pada waktu itu sudah menjadi olahragawan ulung dan bisa menjaga dirinya sendiri. Ia bersekolah di Sekolah Dasar St. Raphael[5] di daerah Morningside, Pittsburgh, PA. Pada tahun 1929, ia lulus dari Sekolah Menengah Atas Peabody pada usia 16 tahun. Setelah itu, ia kuliah di Pennsylvania State College untuk belajar jurnalisme, namun krisis ekonomi membuatnya terpaksa mencari pekerjaan demi menolong keadaan keuangan keluarga. Ia menari bersama adiknya yang bernama Fred demi mendapatkan uang hadiah di kontes-kontes talenta lokal, sambil juga tampil di kelab-kelab malam.[4]

Pada tahun 1931, Kelly diterima di Universitas Pittsburgh jurusan ekonomi. Di kampus, ia bergabung dengan fraternitas Phi Kappa Theta.[6] Sewaktu di Universitas Pittsburgh, Kelly ikut serta dalam kelompok teater Cap and Gown Club yang mementaskan komedi musikal orisinal.[7] Setelah lulus pada tahun 1933 dengan gelar Bachelor of Arts bidang ekonomi, ia tetap aktif di Cap and Gown Club sebagai sutradara dari tahun 1934 hingga 1938, sambil mengikuti kuliah pascasarjana di Sekolah Hukum Universitas Pittsburgh.[8] Pada sekitar waktu itu pula, keluarga Kelly membuka sebuah studio tari di Munhall Road, kawasan Squirrel Hill, Pittsburgh. Pada tahun 1932, studio tari itu diganti namanya menjadi The Gene Kelly Studio of the Dance. Studio cabang dibuka di Johnstown, Pennsylvania pada tahun 1933. Kelly bekerja sebagai guru tari di studio sambil kuliah tingkat prasarjana dan sewaktu menjadi mahasiswa hukum di Universitas Pittsburgh. Pada tahun 1931, ia didekati oleh sinagoga Rodef Shalom di Pittsburgh agar mau mengajari mereka menari, dan membuat pementasan pada perayaan tahunan sinagoga. Upayanya ternyata cukup sukses dan dirinya terus dipakai selama 7 tahun hingga saatnya Kelly harus pindah ke New York.[9] Ia akhirnya memutuskan untuk mengejar karier sebagai guru tari dan penghibur penuh waktu. Kuliah hukum yang baru diikutinya dua bulan ditinggalkannya. Ia makin memusatkan perhatian pada pertunjukan, dan nantinya berkomentar, "Perlahan-lahan aku merasa kecewa sebagai guru karena rasio anak perempuan dan laki-laki adalah lebih dari sepuluh banding satu, dan kalau gadis-gadis itu sudah mencapai usia enam belas, tingkat putus sekolah sangat tinggi."[4] Pada tahun 1937, setelah berhasil mengembangkan dan mengelola bisnis sekolah tari milik keluarga, Kelly akhirnya pindah ke New York City untuk mencari kerja sebagai koreografer.[4]

Karier panggung[sunting | sunting sumber]

Setelah gagal mendapat kerja di New York City, ia pulang ke Pittsburgh. Karier pertamanya sebagai koreografer dimulai di revue musikal Charles Gaynor, Hold Your Hats di Pittsburgh Playhouse, April 1938. Kelly tampil dalam enam sketsa, salah satunya adalah "La Cumparsita" yang nantinya dikembangkan menjadi nomor pertunjukan Spanyol untuk Anchors Aweigh" delapan tahun kemudian.

Karier di Teater Broadway dimulainya pada November 1938 sebagai penari di Leave It to Me! karya Cole Porter. Perannya sebagai sekretaris duta besar Amerika Serikat, mendampingi Mary Martin ketika sedang menyanyikan "My Heart Belongs to Daddy". Sebelumnya Kelly pernah dipakai oleh Robert Alton ketika mementaskan pertunjukan di Pittsburgh Playhouse. Alton terkesan oleh keterampilan mengajar Kelly. Ketika Alton sedang menyusun koreografi One for the Money, ia membayar Kelly untuk berakting, menyanyi, dan menari untuk delapan nomor pertunjukan. Pada tahun 1939, Kelly terpilih untuk ikut serta dalam revue musikal "One for the Money" produksi Katharine Cornell yang dikenal sering mencari dan mengupah aktor muda berbakat.

Menarikan koreografi karya sendiri dalam The Time of Your Life karya William Saroyan merupakan terobosan pertama dalam karier Gene Kelly. Sandiwara itu mulai dipentaskan 25 Oktober 1939, dan memenangi pemenang Penghargaan Pulitzer. Masih pada tahun yang sama, ia mendapat pekerjaan pertamanya sebagai koreografer Broadway untuk Diamond Horseshoe produksi Billy Rose. Salah seorang pemerannya bernama Betsy Blair yang kemudian dipacarinya. Keduanya menikah pada 16 Oktober 1941.

Pada tahun 1940, Kelly mendapat peran utama dalam musikal Pal Joey karya Rodgers dan Hart yang koreografinya dibuat oleh Robert Alton. Pal Joey berhasil meroketkan nama Gene Kelly. Ketika musikal itu sedang dipentaskan, ia berkomentar di hadapan wartawan, "Aku tidak percaya dengan konformitas terhadap aliran tari apa pun. Aku mencipta sesuatu berdasarkan tuntutan musik dan drama. Walaupun aku seratus persen pendukung teknik balet, aku hanya memakai apa yang aku dapat adaptasi untuk digunakan sendiri. Aku tidak pernah rela kalau teknik menghalangi suasana hati atau kontinuitas."[4] Pada waktu itu pula, komitmennya yang luar biasa terhadap latihan dan kerja keras Kelly mulai diperhatikan koleganya. Kenang Van Johnson yang juga tampil dalam Pal Joey, "Aku memperhatikan dia latihan, dan kelihatan olehku bahwa tidak ada lagi ruang untuk perbaikan. Namun dia masih belum juga puas. Hari sudah tengah malam, dan kami telah memulai latihan sejak jam delapan pagi. Aku sedang terkantuk-kantuk menuruni anak tangga ketika aku mendengar langkah-langkah staccato dari atas panggung... Aku dapat melihat nyala hanya dari sebuah lampu. Di bawah lampu itu, kulihat sosok orang sedang menari... Gene."[4]

Tawaran dari Hollywood mulai berdatangan, tapi Kelly tidak tergesa-gesa meninggalkan New York. Pada akhirnya, ia menandatangani kontrak dengan David O. Selznick, dan setuju berangkat ke Hollywood setelah kontraknya dengan Pal Joey selesai pada Oktober 1941. Sebelum dikontrak Selznick, ia juga membuat koreografi untuk pementasan musikal Best Foot Forward.

Karya[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film musikal[sunting | sunting sumber]

Gene Kelly banyak tampil sebagai aktor dan penari di film-film musikal. Ia tidak hanya selalu membuat koreografi tari-tari yang dibawakannya sendiri, melainkan juga tari untuk pemeran lainnya, Ia juga sering menggunakan asisten. Seperti lumrah dilakukan pada zamannya, dia jarang dikreditasi secara resmi pada judul film:[1]

Tahun Judul Peran Catatan
1942 For Me and My Gal Harry Palmer
1943 Du Barry Was a Lady Alec Howe/Black Arrow
Thousands Cheer Private Eddie Marsh
1944 Cover Girl Danny McGuire
1945 Anchors Aweigh Joseph Brady Nominasi — Academy Award untuk Aktor Terbaik
Ziegfeld Follies Gentleman in 'The Babbit and the Bromide'
1947 Living in a Big Way Leo Gogarty
1948 The Pirate Serafin
The Three Musketeers D'Artagnan
Words and Music Diri sendiri
1949 Take Me Out to the Ball Game Eddie O'Brien
On the Town Gabey
1950 Summer Stock Joe D. Ross
1951 An American in Paris Jerry Mulligan Nominasi — Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik – Film Musikal atau Komedi
1952 Singin' in the Rain Don Lockwood
1954 Brigadoon Tommy Albright
Deep in My Heart Specialty in 'Dancing Around'
1955 It's Always Fair Weather Ted Riley
1956 Invitation to the Dance Host/Pierrot/The Marine/Sinbad
1957 Les Girls Barry Nichols
1958 Marjorie Morningstar Noel Airman
1960 Inherit the Wind E.K. Hornbeck
1960 Let's Make Love Diri sendiri
1964 What a Way to Go! Pinky Benson
1966 Les Demoiselles de Rochefort Andy Miller
1974 That's Entertainment! Diri sendiri (juga dalam potongan film arsip)
1976 That's Entertainment, Part II Diri sendiri (juga dalam potongan film arsip)
1980 Xanadu Danny McGuire
1994 That's Entertainment, Part III Diri sendiri (juga dalam potongan film arsip)

Panggung[sunting | sunting sumber]

Tanggal Judul Peran Catatan
9 November 1938 – 15 Juli 1939 Leave It to Me! Sekretaris Mr. Goodhue Anggota paduan suara dalam produksi, pengganti Mary Martin untuk lagu "My Heart Belongs To Daddy"
4 Februari 1939 – 27 Mei 1939 One for the Money Berbagai peran
25 Oktober 1939 – 6 April 1940 The Time of Your Life Harry
23 September 1940 – 19 Oktober 1940 The Time of Your Life Harry
25 Desember 1940 – 29 November 1941 Pal Joey Joey Evans
1 Oktober 1941 – 4 July 1942 Best Foot Forward Koreografi
1 Desember 1958 – 7 Mi 1960 Flower Drum Song Sutradara
22 Februari 1979 – 1 April 1979 Coquelico Produser
2 Juli 1985 – 18 Mei 1986 Singin' in the Rain Koreografi film orisinal
Nominasi — Drama Desk Award untuk Koreografi

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1948 The Three Musketeers D'Artagnan
1958 Dancing: A Man's Game Diri sendiri Omnibus
1962–1963 Going My Way Father Chuck O'Malley (30 episode)
1965 Gene Kelly: New York, New York Diri sendiri
The Julie Andrews Show Diri sendiri
1967 Jack and the Beanstalk Jeremy Keen, Proprietor (Peddler) Emmy Award untuk Program Anak-Anak Terbaik
1971 The Funny Side Diri sendiri Pembawa acara
1973 Frank Sinatra: Ol' Blue Eyes is Back Diri sendiri
1978 Gene Kelly: An American in Pasadena Diri sendiri
1980 Muppet Show Diri sendiri
1985 North and South Senator Charles Edwards
1986 Sins Eric Hovland

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Billman, Larry (1997). Film Choreographers and Dance Directors. North Carolina: McFarland and Company. hlm. 374–376. ISBN 0-89950-868-5. 
  2. ^ http://content.yudu.com/Library/A1saux/HeritageGazetteVol12/resources/8.htm
  3. ^ [1]
  4. ^ a b c d e f Thomas, Tony (1991). The Films of Gene Kelly – Song and Dance Man. New York, NY: Carol Publishing Group. ISBN 0-8065-0543-5. 
  5. ^ http://www.straphaelelementaryschool.net/alumni.html
  6. ^ Hirschhorn, Clive (1984). Gene Kelly – a Biography. London: W.H. Allen. ISBN 0-491-03182-3. 
  7. ^ The Owl. Pittsburgh, PA: University of Pittsburgh. 1933. hlm. 158. Diakses 2010-06-09. 
  8. ^ The Owl. Pittsburgh, PA: University of Pittsburgh. 1938. hlm. 198. Diakses 2010-06-09. 
  9. ^ cf. Hirschhorn, p.33.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]