The Batman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Batman
Poster rilis teatrikal
SutradaraMatt Reeves
Produser
  • Dylan Clark
  • Matt Reeves
Ditulis oleh
  • Matt Reeves
  • Peter Craig
Berdasarkan
Batman
oleh
Pemeran
Penata musikMichael Giacchino
SinematograferGreig Fraser
Penyunting
  • William Hoy
  • Tyler Nelson
Perusahaan
produksi
  • DC Films
  • 6th & Idaho
  • Dylan Clark Production
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 2 Maret 2022 (2022-03-02) (Indonesia)
  • 4 Maret 2022 (2022-03-04) (Amerika Serikat)
Durasi176 menit[1]
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$100 Juta[2]
Pendapatan
kotor
$770.8 Juta[3]

The Batman adalah sebuah film superhero dari Amerika yang diangkat dari karakter fiksi DC Comics, yaitu Batman. Diproduksi oleh DC Films, 6th & Idaho, dan Dylan Clark Productions, film ini didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures.Di sisi lain, film ini adalah remake dari franchise film Batman.

Disutradarai oleh Matt Reeves dan thPeter Craig sebagai penulis skenario, film ini dibintangi oleh banyak aktor terkemuka, seperti Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne / Batman, Zoë Kravitz, Paul Dano, Jeffrey Wright, John Turturro, Peter Sarsgaard, Andy Serkis, dan Colin Farrell. Film ini menceritakan tentang Batman di tahun keduanya memerangi kejahatan. Batman yang mengungkap korupsi di Kota Goam saat mengejar The Riddler (Paul Dano), seorang pembunuh berantai yang menargetkan orang elit di Gotham.

Ben Affleck, yang memerankan Batman di DC Extended Universe (DCEU), ditetapkan untuk menyutradarai, memproduksi, menulis bersama, dan membintangi The Batman pada tahun 2014. Akan tetapi, pada tahun 2017, ia memilih untuk tidak menyutradarai karena tidak puas dengan skenarionya sendiri. Matt Reeves dipekerjakan untuk mengambil alih dan mengerjakan ulang cerita Ben Affleck untuk fokus pada Batman yang lebih muda. Ia berusaha untuk mengeksplorasi Batman sebagai detektif lebih dari film Batman sebelumnya, dengan melihat buku komik "Batman: Year One" (1987), The Long Halloween (1996–1997), dan Ego (2000). Ben meninggalkan The Batman sepenuhnya pada Januari 2019 dan koneksi ke DCEU telah dihapus. Robert Pattinson berperan pada Mei 2019, dengan casting lebih lanjut di akhir tahun itu. Pengambilan gambar utama berlangsung di Inggris Raya dan Chicago, Amerika, yang berlangsung dari bulan Januari 2020 hingga Maret 2021.

The Batman dijadwalkan rilis pada Juni 2021, tetapi produksi ditunda antara Maret dan September 2020 karena pandemi COVID-19. Hingga akhirnya, film ini kembali dijadwalkan rilis di Amerika Serikat pada 4 Maret 2022 dan Indonesia pada 2 Maret 2022.[4] Dua sekuel direncanakan dan dua serial televisi spin-off sedang dalam pengembangan untuk HBO Max.

[5]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di tahun keduanya sebagai Batman (Robert Pattinson), Bruce Wayne berjuang untuk menemukan tempatnya sebagai pemburu kejahatan. Dia menanamkan rasa takut pada mereka yang melakukan tindakan kriminal, tetapi dengan metodenya yang selalu main hakim sendiri.

Alasannya, karena dia masih belum mendapatkan kepercayaan dari orang-orang, kecuali Letnan James “Jim” Gordon (Jeffrey Wright) yang mengizinkan Batman menyelidiki TKP bersamanya. Kasus berikutnya yang harus ia hadapi adalah kasus pembunuhan dan korbannya adalah walikota Don Mitchell Jr (Rupert Penry-Jones).

Orang yang dicurigai sebagai dalang dari pembunuhan tersebut adalah seseorang yang menyebut dirinya The Riddler (Paul Dano). Batman pun mulai mengumpulkan petunjuk yang ditinggalkan si pembunuh setelah ia melakukan aksinya.

Dengan bantuan Selina Kyle (Zoe Kravitz) yang menjadi pelayan di klub bos mafia Carmine Falcone (John Turturo), Batman bekerja untuk memecahkan misteri sebelum The Riddler dapat mengklaim korban berikutnya. Misteri yang membawanya pada rahasia besar tentang Gotham dan juga tentang keluarganya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne/The Batman :
    Seorang miliarder penyendiri yang melindungi Gotham City sebagai seseorang bertopeng dengan main hakim sendiri.[6] Batman berusia sekitar 30 tahun dan belum menjadi pejuang kejahatan yang berpengalaman,[7][8] sebagai sutradara Matt Reeves ingin mengeksplorasi karakter tersebut sebelum ia menjadi "terbentuk sepenuhnya".[9] Reeves dan Pattinson menggambarkan Batman sebagai penderita insomnia yang tidak dapat membedakan antara persona Batman dan identitas publik "pertapa rockstar" sebagai Wayne.[10][11] Pattinson mengatakan film tersebut akan mempertanyakan sifat kepahlawanan,[12] karena Batman lebih cacat daripada pahlawan super tradisional[13] dan tidak mampu mengendalikan dirinya sendiri,[10] berusaha mengatasi kemarahannya dan "mencerminkan keadilannya".[14]
  • Zoë Kravitz sebagai Selina Kyle/Catwoman:
    Seorang pekerja kelab malam dan pencuri kucing yang bertemu Batman saat mencari temannya yang hilang.[12][15][16] Kravitz mengatakan Catwoman menjadi femme fatale dan "mencari tahu siapa dia, lebih dari sekadar seseorang yang mencoba bertahan hidup."[17] Dia menggambarkan Catwoman sebagai karakter misterius dengan motivasi yang tidak jelas,[12] yang mewakili feminitas berbeda dengan maskulinitas Batman.[18] Dia mengatakan pasangan itu adalah "mitra dalam kejahatan",[19] disatukan oleh keinginan mereka untuk memperjuangkan orang-orang yang rentan.[20] Kravitz lebih fokus pada Kyle daripada persona Catwoman-nya karena dia tidak ingin mengalihkan perhatian dari perjalanan emosional karakter tersebut.[12]
  • Paul Dano sebagai Edward Nashton/The Riddler:
    Seorang pembunuh berantai yang menargetkan warga elit Gotham dan menyiarkan langsung kejahatannya.[21] The Riddler berusaha untuk "membuka kedok kebenaran" tentang Gotham, mengejek Batman (yang identitasnya telah dia simpulkan),[21] dan penegak hukum sama dengan teka-teki.[22][23] Reeves mengatakan, serangan Riddler di Gotham memberikan karakter "agenda politik" sebagai tokoh seperti teroris.[24] Dia menyamakan Riddler dengan Zodiac Killer, yang dia rasakan sebagai Riddler "kehidupan nyata" karena praktiknya berkomunikasi dengan sandi dan teka-teki.[12] Sementara Dano mengatakan, penampilannya menyeimbangkan dasar kehidupan nyata dengan sandiwara waralaba Batman.[25]
  • Jeffrey Wright sebagai James Gordon:
    Seorang sekutu Batman di Departemen Kepolisian Kota Gotham (GCPD).[15][26] Mirip dengan The Dark Knight Trilogy karya Christopher Nolan (2005–2012), Gordon dimulai sebagai letnan GCPD di The Batman, memungkinkan perkembangannya menjadi komisaris untuk digambarkan dalam film-film berikutnya.[3] Wright menggambarkan Gordon sebagai "relatif terhadap Gotham City, Departemen Kepolisian Gotham City, Batman, keadilan dan korupsi".[27]
  • John Torturo sebagai Carmine Falcone:
    Seorang raja kejahatan Kota Gotham.[28]
  • Peter Sarsgaard sebagai Gil Colson:
    Jaksa wilayah Gotham, yang digambarkan Sarsgaard sebagai tidak jujur dan "tidak menyenangkan".[29]
  • Andy Serkis sebagai Alfred Pennyworth:
    Butler dan mentor Batman.[30] Wayne dan Pennyworth memiliki hubungan yang tidak bersahabat dan jarang berbicara, terlepas dari peran Pennyworth sebagai figur ayah. Pattinson menggambarkan Pennyworth sebagai satu-satunya orang kepercayaan Wayne, walaupun Pennyworth "mengira dia sudah gila!".[31]
  • Colin Farrell sebagai Oswald "Oz" Cobblepot/Penguin:
    Seorang raja kejahatan yang cacat dan sedang naik daun. Cobblepot belum menjadi gembong kejahatan seperti yang digambarkan dalam komik, dan tidak suka disebut sebagai Penguin.[32] Reeves menjelaskan bahwa Cobblepot adalah "pria mafia tingkat menengah dan dia memiliki sedikit kecakapan memainkan pertunjukan, tetapi Anda dapat melihat bahwa dia menginginkan lebih dan dia telah diremehkan."[33]

Selain itu, ada Jayme Lawson yang memerankan Bella Real, calon walikota Gotham City;[34][35] Barry Keoghan memerankan Stanley Merkel, seorang petugas GCPD;[36] Alex Ferns memerankan Komisaris Pete Savage;[37] dan Rupert Penry-Jones memerankan Don Mitchell Jr., walikota Gotham.[38] Jay Lycurgo memiliki peran kecil sebagai penjahat,[39][40] sementara Gil Perez-Abraham,[41] si kembar Charlie dan Max Carver,[42] dan Con O'Neill berperan dalam peran yang dirahasiakan.[43]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2019, Matt Reeves mengumumkan bahwa kolaboratornya, Michael Giacchino akan menggubah scoring film tersebut.[42] Belakangan bulan itu, Michael mengatakan bahwa dia telah selesai menulis tema utama untuk film tersebut karena sangat bersemangat untuk melakukannya;[43] karena musik ini ditulis jauh lebih awal dalam produksi daripada biasanya untuk sebuah film, Michael dan Matt dapat menggunakannya dalam materi promosi. Michael mengatakan dia merasakan kebebasan total untuk menulis musik yang dia inginkan untuk film tersebut, setuju dengan Matt bahwa ini adalah visi mereka tentang Batman yang serupa dengan buku komik dan penulis novel grafis dan seniman yang berbeda selama bertahun-tahun telah mampu menciptakan versi karakter yang sedikit berbeda.[44] Michael menyelesaikan scoring pada Oktober 2021.[45]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kim, Matt (7 Februari 2022). "The Batman (15)". British Board of Film Classification (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Februari 2022. 
  2. ^ Haring, MatBruce (15 Oktober 2021). "'The Batman' Director Matt Reeves Shares First Look At Zoë Kravitz as Catwoman Selina Kyle". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Februari 2022. 
  3. ^ "Pekan Ketiga Tayang, The Batman Kantongi Rp8,6 Triliun Secara Global". CNN Indonesia. 21 Maret 2022. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  4. ^ "Review Film: The Batman". CNN Indonesia. 4 Maret 2022. Diakses tanggal 10 Maret 2022. 
  5. ^ "Spin-Off The Batman, 'Penguin', akan Tayang di HBO Max". Republika. 10 Maret 2022. Diakses tanggal 10 Maret 2022. 
  6. ^ "The Batman: Robert Pattinson and Matt Reeves Confirm Exclusive New Details About the Film". Den of Geek (dalam bahasa Inggris). 2022-02-14. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  7. ^ "THE BATMAN Full Cast Confirmed Including Roles for SARSGAARD, LAWSON". web.archive.org. 2020-01-29. Archived from the original on 2020-01-29. Diakses tanggal 2022-02-14. 
  8. ^ Kit, Borys; Kit, Borys (2019-06-04). ""Quick" Debates and Secret Screen Tests: How Robert Pattinson Became Batman". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-14. 
  9. ^ "Matt Reeves Talks THE DARK KNIGHT and BATMAN RETURNS". Nerdist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-14. 
  10. ^ a b "Robert Pattinson and Matt Reeves on Defining Their Vengeful Dark Knight in The Batman". Movies (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-14. 
  11. ^ Couch, Aaron; Couch, Aaron (2021-10-16). "'The Batman' Trailer Closes Out DC FanDome Following Looks at 'The Flash,' 'Aquaman' 2′". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-14. 
  12. ^ a b c d e Wang, Angel (17 Oktober 2021). "Chinese Filmmaker Lu Chuan Conversation with The Batman cast". Youtube.com. Diakses tanggal 15 Februari 2022. 
  13. ^ Griffin, David (2019-10-18). "'Batman's Not a Hero,' Says Robert Pattinson of Matt Reeves Movie". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-14. 
  14. ^ Lattanzio, Ryan; Lattanzio, Ryan (2021-10-16). "'The Batman' Trailer: Robert Pattinson's Dark Knight Meets Zoë Kravitz's Catwoman". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-14. 
  15. ^ a b Kit, Borys; Kit, Borys (2019-10-14). "Zoe Kravitz to Star as Catwoman in 'The Batman'". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  16. ^ Polo, Susana; Patches, Matt (2020-08-22). "Breaking down the first trailer for The Batman". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  17. ^ "The Batman: Zoë Kravitz Studied Cats And Lions Fighting To Become Catwoman – Exclusive Image". Empire. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  18. ^ Thorne, Will; Thorne, Will (2020-01-17). "Zoe Kravitz Teases 'The Batman' and Which Iconic Catwoman Performer Inspires Her". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  19. ^ Fowler, Matt (2020-02-15). "The Batman: Zoe Kravitz Thrilled to Be Robert Pattinson's 'Partner in Crime'". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  20. ^ published, Corey Chichizola (2021-05-05). "The Batman: Zoë Kravitz Opens Up About Catwoman's Tie To The Robert Pattinson Hero". CINEMABLEND (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  21. ^ a b "Riddler Unmasks the Truth About Bruce Wayne in New The Batman Trailer". Movies (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  22. ^ Couch, Borys Kit,Aaron; Kit, Borys; Couch, Aaron (2019-10-17). "'The Batman' Casts Paul Dano as The Riddler". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  23. ^ "The Batman Villains: Matt Reeves Explains How They Factor Into the Plot". Collider (dalam bahasa Inggris). 2020-08-23. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  24. ^ published, Matt Maytum Contributions from Jack Shepherd (2022-02-01). "The Batman director Matt Reeves on Paul Dano's Riddler: "He's not just a serial killer"". gamesradar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  25. ^ "The Batman: Paul Dano On His 'Very Intense, Powerful' Riddler Costume – Exclusive". Empire. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  26. ^ Galuppo, Borys Kit,Mia; Kit, Borys; Galuppo, Mia (2019-09-23). "'The Batman' Targets Jeffrey Wright as Commissioner Gordon (Exclusive)". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  27. ^ "The Batman's Jeffrey Wright Reflects On Playing A Black Commissioner Gordon". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). 2021-09-30. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  28. ^ Couch, Aaron; Couch, Aaron (2019-11-22). "'The Batman' Casts John Turturro as Crime Boss Carmine Falcone". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  29. ^ published, Millicent Thomas (2020-03-12). "The Batman: Peter Sarsgaard shares more details on his mysterious role". gamesradar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  30. ^ "Batman Director Confirms Andy Serkis as Alfred". DC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  31. ^ Busch, Jenna (2021-12-20). "The Batman Starts With Bruce Wayne And Alfred Not On Speaking Terms". SlashFilm.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  32. ^ "The Batman: Robert Pattinson's Bruce Wayne Is Inspired By Kurt Cobain, Says Matt Reeves – Exclusive Images". Empire. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  33. ^ Vejvoda, Jim (2020-01-23). "The Batman: Colin Farrell Says Penguin's Look Not Finalized Yet". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  34. ^ Grossman, David (2021-12-21). "The Batman cast found inspiration in Kurt Cobain, cat videos". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  35. ^ "The Batman Just Added an Intriguing New Character". Gizmodo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  36. ^ Davids, Brian; Davids, Brian (2020-11-21). "Jayme Lawson on 'Farewell Amor' and Her 'The Batman' Character". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  37. ^ Bui, Hoai-Tran (2020-08-24). "Dunkirk's Barry Keoghan Quietly Joins The Batman Cast". SlashFilm.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  38. ^ "Batman fans stunned after spotting Trevor from EastEnders in new trailer". The Independent (dalam bahasa Inggris). 2020-08-25. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  39. ^ Molloy, Tim (2022-01-19). "Matt Reeves Wants The Batman to Be the World's Greatest Detective Story". MovieMaker Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  40. ^ Otterson, Joe; Otterson, Joe (2021-01-28). "'Titans' Season 3 Casts Jay Lycurgo as Tim Drake". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  41. ^ "The Batman Actor Jay Lycurgo Celebrates Joining Titans as Tim Drake". TV Shows (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  42. ^ Couch, Aaron; Couch, Aaron (2019-10-18). "'The Batman' Enlists Composer Michael Giacchino". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-27. 
  43. ^ Anderton, Ethan (2019-10-25). "Superhero Bits: 'The Batman' Theme Is Already Done, Ryan Reynolds Congratulates 'Joker' for Box Office & More". SlashFilm.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-27. 
  44. ^ "The Batman: Michael Giacchino on the Total Freedom of Writing the Score". Collider (dalam bahasa Inggris). 2020-03-20. Diakses tanggal 2021-12-27. 
  45. ^ "'The Batman' Has Finished Scoring, Reveals Composer Michael Giacchino". Collider (dalam bahasa Inggris). 2021-10-23. Diakses tanggal 2021-12-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]