Shazam! Fury of the Gods

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shazam! Fury of the Gods
SutradaraDavid F. Sandberg
ProduserPeter Safran
Ditulis oleh
Berdasarkan
Karakter
oleh DC
Pemeran
Penata musikChristophe Beck
SinematograferGyula Pados
PenyuntingMichel Aller[1]
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi130 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris Amerika
Anggaran$110–125 juta[3][4]
Pendapatan
kotor
$134 juta[5]

Shazam! Fury of the Gods adalah sebuah film superhero Amerika tahun 2023 berdasarkan karakter DC Shazam. Diproduksi oleh New Line Cinema, DC Studios, dan the Safran Company, dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures, merupakan sekuel dari Shazam! (2019) dan film keduabelas dalam DC Extended Universe (DCEU). Disutradarai oleh David F. Sandberg, diproduseri oleh Peter Safran, dan naskah ditulis oleh Henry Gayden dan Chris Morgan, dibintangi Zachary Levi, Asher Angel, Jack Dylan Grazer, Rachel Zegler, Adam Brody, Ross Butler, D. J. Cotrona, Grace Caroline Currey, Meagan Good, Lucy Liu, Djimon Hounsou, dan Helen Mirren. Di film ini, Billy Batson / Shazam and saudara angkatnya bertarung melawan anak-anak perempuan dari Atlas.

Sebuah sekuel dari Shazam! dimulai pengembanganya setelah rilis pada April 2019, dengan Gayden kembali sebagai penulis, dan Morgan ikut bergabung setelahnya untuk merevisi naskah Gayden. Sandberg dan Levi (Shazam) juga direncanakan untuk kembali pada Desember itu. Judul dan pemeran yang kembali dikonfirmasi pada Agustus 2020, dengan Zegler, Mirren dan Liu dipilih untuk memerankan anak-anak perempuan Atlas pada awal 2021. Syuting dimulai pada bulan Mei di Atlanta, Georgia, dan rampung pada Agustus.

Shazam! Fury of the Gods debut di Fox Village Theatre di Los Angeles pada 14 Maret 2023, dan dirilis di Amerika Serikat pada 17 Maret. Film ini menerima ulasan campuran dari kritikus, yang menganggapnya lebih rendah dibanding film sebelumnya. Juga menjadi sebuah box-office bomb,[a] dengan pendapatan kotor $133.8 juta di seluruh dunia berbanding dengan biaya produksi $110–125 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Empat tahun setelah kekalahan Thaddeus Sivana,[b] Hespera dan Kalypso, anak perempuan dari Titan Atlas, mendobrak masuk ke Museum Acropolis di Athena, Yunani dan mencuri potongan tongkat Penyihir.[c] Mereka membawanya ke si penyihir, yang dikurung di dunia Dewa, dan memaksanya untuk memperbaiki tongkatnya untuk mengaktifkan kembali kekuatannya.

Di Philadelphia, Billy Batson dan keluarga "Shazamily" semakin terpisah ketika mereka beranjak dewasa karena masing-masing mengejar impiannya sendiri. Billy khawatir akan diusir dari keluarga Vasquez ketika dia berumur delapan belas. Pada suatu mimpi, si penyihir memperingati Billy mengenai anak-anak perempuan Atlas, yang membuat keluarga Shazam untuk mulai mencari tau mereka.

Freddy Freeman bertemu dengan seorang gadis bernama Anne, yang mana dia sempat menunjukkan jati diri superheronya. Hespera dan Kalypso muncul dengan tongkat penyihir dan mengambil kekuatan Freddy, dan Anne ternyata adalah adik kecil mereka, Anthea. Billy dan keluarga Shazam mencoba untuk menyelamatkan Freddy, tetapi anak-anak Atlas menculiknya dan menyimpannya disebuah kubah yang tidak dapat dihancurkan mengelilingi kota, menjebak banyak orang didalamnya. Freddy dipenjara bersama dengan Penyihir di dunia Dewa.

Keluarga Shazam memasuki Rock of Eternity, dimana mereka bertemu dengan makhluk pena bernama Steve, yang mereka gunakan untuk membuat rancangat surat untuk bernegosiasi dengan Hespera untuk kebebasan Freddy. Billy bertemu dengan Hespera di sebuah restoran, dan meskipun pembicaraannya awalnya ramah, Hespera dan Kalypso kemudian bertarung dengan keluarga Shazam. Pedro hilang kekuatannya selama pertarungan, sementara Hespera tertangkap dan dibawah kedalam Rock. Sengaja merencanakan penangkapannya, Hespera dengan mudah melepaskan diri dan mencuri Apel Emas, benih untuk Pohon Kehidupan. Sementara Freddy dan si Penyihir mencoba untuk melepaskan diri dari Dunia Dewa dengan bantuan dari Anthea yang simpatik, tepat sebelum Hespera kembali dengan Apelnya. Anak-anak perempuan Atlas beradu argumen saat Hespera dan Anthea ingin menggunakan Apel itu untuk menghidupkan kembali dunia mereka, sementara Kalypso ingin menanam benih tersebut di Bumi dan menghancurkannya. Freddy mencuri Apel tersebut namun ketahuan. Billy dan keluarga Shazam muncul, dan Freddy mendapatkan kembali kekuatannya.

Billy dan keluarga Shazam muncul dengan si Penyihir di Rumah Vasquez, dimana mereka kemudian membuka rahasia mereka kepada orang tua angkat mereka. Kalypso muncul dengan seekor naga bernama Ladon untuk mendapatkan kembali Apelnya dan menghancurkan Rumah Vasquez. Mereka mencoba untuk menjauhkan apel dari Kalipso, tapi semuanya kecuali Billy kehilangan kekuatannya pada pertempuran. Kalipso mengambil kembali apel dan menggunakannya untuk menumbahkan pohon di Citizens Bank Park, yang kemudian menarik banyak monster untuk menyerang kota. Hespera dan Anthea keberatan dengan rencana merusak saudaranya, tetapi Kalipso membunuh Hespera dan menghilangkan kekuatan Anthea. Billy, meminta penyihir untuk mengambil kekuatannya, tetapi penyihir meyakinkannya bahwa dia adalah pahlawan sejati yang diperlukan.

Menghiraukan perkataan si penyihir, Billy terbang untuk menghentikan Kalypso, sementara keluarga Shazam meminta bantuan unicorn untuk menahan monster lainnya. Billy membujuk Hespera yang sekarat untuk membantunya menghentikan Kalypso. Menyadari bahwa kubahnya bereaksi keras terhadap kilatnya, Billy mengumpan Kalypso ke taman sementara Hespera menciutkan kubahnya untuk menahan mereka. Billy mengorbankan dirinya untuk menghentikan Kalypso dan Ladon dengan mengisi tongkatnya dengan arus listrik berlebih, menghancurkan pohon dan tentara Kalipso bersamanya. Hespera mengakui Billy sebagai seorang dewa sejati sebelum mati, dan membuat kubahnya menghilang.

Anthea membawa keluarga Billy yang berduka ke dunia Dewa untuk pemakamannya. Diana Prince, muncul dan memperbaiki tongkatnya, memperbaiki dengan kekuatannya dan menggunakannya untuk membangkitkan dunia Dewa, mengembalikan kekuatan Anthea, dan membangkitkan kembali Billy, kemudian Billy menggunakan kekuatan tongkat untuk mengembalikan kekuatan saudaranya. Keluarga Shazam membangun kembali rumahnya sementara Anthea dan Freddy memulai sebuah hubungan dan si penyihir kemudian bermukim di bumi.

Di adegan pertengahan kredit, Emilia Harcourt dan John Economos mencoba merekrut Billy untuk Justice Society atas nama Amanda Waller, namun dia menolak.

Di adegan pasca kredit, Dr. Sivana yang masih dipenjara mendekati kembali Mister Mind, dia kecewa bahwa mereka belum memulai rencana mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Keluarga angkat Billy termasuk Marta Milans danCooper Andrews sebagai Rosa dan Victor Vásquez.[6][7] Memerankan kembali karakter DCEU difilm, Gal Gadot muncul sebagai Diana Prince / Wonder Woman,[8] bersama denganJennifer Holland sebagai Emilia Harcourt dan Steve Agee sebagai John Economos di adegan pertengahan kredit, dan Mark Strong sebagai Dr. Thaddeus Sivana dan sutradara David F. Sandberg sebagai suara dari Mister Mind di adegan pasca kredit.[9]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Dengan suksesnya pembukaan dari film Shazam! pada April 2019, Henry Gayden dikabarkan akan kembali menulis naskah untuk sekuel. Sutradara David F. Sandberg dan produser Peter Safran juga diharapkan kembali.[10] menurut Sandberg, plot poin untuk Fawcett City, Philadelphia terperangkan dibawah kubah terinspirasi oleh The Simpsons Movie (2007).[11] Pada bulan itu juga, Michelle Borth, yang memerankan bentuk superhero dewasa dari Mary Bromfield pada film pertama, mengatakan dia menandatangani kesepakatan lima film untuk perannya dan diharapkan kembali untuk setidaknya satu sekuel.[12] Zachary Levi mengkonfirmasi pada Juni bahwa dia akan kembali memerankan Shazam di sekuel, dan menyatakan bahwa penulisan naskah sudah dimulai sebelum rencana dimulainya syuting pada pertengahan 2020.[13] Sandberg dan banyak kru dari film pertama dikonfirmasi untuk kembali pada Desember 2019, ketika New Line Cinema dan Warner Bros. Pictures menjadwalkan sekuel untuk dirilis pada 1 April 2022.[14] Ini kemudian ditunda pada April 2020 hingga 4 November 2022 karena Pandemi COVID-19.[15] Pada Oktober 2020, tanggal rilis berubah kembali menjadi 2 Juni 2023, yang kemudian berubah kembali menjadi 16 Desember 2022 dan 21 Desember 2022. Pada Agustus 2022, tanggal perilisan final diumumkan menjadi tanggal 17 Maret 2023.

Pra produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2020, Marta Milans mengkonfirmasi bahwa dia akan kembali memerankan karakternya Rosa Vásquez dari film pertama, dan menyatakan bahwa syuting ditunda karena pandemi.[6] Judul film diumumkan adalah Shazam! Fury of the Gods selama even virtual DC FanDome pada Agustus 2020, dan konfirmasi kembalinya para pemeran termasuk Asher Angel sebagai Billy Batson remaja dan Levi sebagai padanan superhero dewasanya, Jack Dylan Grazer sebagai Frederick "Freddy" Freeman dan Adam Brody sebagai padanan dewasanya, Faithe Herman sebagai Darla Dudley dan Meagan Good sebagai padanan dewasanya, Grace Fulton sebagai Mary Bromfield, Ian Chen sebagai Eugene Choi dan Ross Butler sebagai padanan dewasanya, dan Jovan Armand sebagai Pedro Peña dengan D. J. Cotrona sebagai padanan dewasanya.[16][17] Di bulan berikutnya, Levi menyatakan syuting akan dimulai pada awal 2021.[17]

Rilis film ditunda kembali pada Oktober 2020, ke 2 Juni 2023.[18] Di bulan berikutnya, Mark Strong mengatakan bahwa dia menunggu kabar jika dia akan kembali sebagai Dr. Thaddeus Sivana pada sekuel ini.[19] Pada Januari 2021, Good mengatakan syuting akan dimulai pada Mei,[20] dan Rachel Zegler terpilih untuk karakter yang belum diumumkan pada bulan berikutnya.[21] Mengikuti padanya jadwal Zegler sebagai Maria di West Side Story (2021), Zegler mengadakan rapat dengan direktur casting DCEU Rich Delia, yang menyarankannya untuk karakter Kara Zor-El / Supergirl dalam The Flash (2023). Zegler gagal mendapatkan peran itu ke Sasha Calle, tetapi Delia mengatakan kepadanya untuk mencoba audisi sebagai Anthea di sekuel Shazam. Selama Pandemi COVID-19, Zegler membaca untuk perannya melalui Zoom dengan Sandberg dan Dylan Grazer, melakukan tes dengan karakter Dylan, yang sangat penting untuk karakternya karena Safran memberinya pilihan untuk memilih dan Dylan Grazer memilih Zegler karena kekaguman atas kinerjanya di pembuatan ulang West Side Story (1961).[22] Safran memproduksi film ini melalui perusahaannya the Safran Company, sementara Geoff Johns juga bertindak sebagai produser.[21] Johns kemudian dikredit sebagai produser eksekutif.[23] Pada maret, Helen Mirren terpilih memerankan Hespera, anak perempuan dari Atlas, dengan Zegler dilaporkan memerankan adik dari Hespera,[24][25] Anthea.[26] Lucy Liu terpilih sebagai Kalypso, anak perempuan lainnya dari Atlas, pada bulan berikutnya.[27] Strong mengatakan pada Mei bahwa dia tidak akan muncul pada sekuel,[28] dan Cooper Andrews dikonfirmasi akan kembali memerankan Víctor Vásquez dari film pertama.[7]

Chris Morgan berkontribusi untuk naskah film.[29] Awalnya saat pengembangan film, Sandberg ingin membawa Mister Mind, karakter jahat dari adegan pasca kredit dari film pertama yang diisi suara oleh Sandberg, untuk sekuel dan peran yang lebih besar, tetapi kemudian batal karena akan memerlukan durasi yang lebih lama, dan agar tidak terlalu banyak karakter pada film.[30] Sebagai tambahan membawa Gal Gadot kembali sebagai Diana Prince / Wonder Woman, Sandberg awalnya berencana untuk kameo dari Kal-El / Clark Kent / Superman dan Bruce Wayne / Batman dengan menampilkan Superman gagal untuk menghancurkan kubah sementara Batman hanya berdiri dan melihat Superman.[11]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Djimon Hounsou returned for the role as Shazam in the sequel

Syuting dimulai pada 26 Mei 2021,[20][31] di Atlanta, Georgia,[32] dengan Gyula Pados bertindak sebagai sinematografer.[33] Produksi film ditunda dari awalnya pertengahan 2020 dikarenakan pandemi COVID-19.[13][15] Pada Juni, Sandberg menyatakan bahwa Fulton juga akan memerankan karakter dewasa dari superhero Mary di film, menggantikan Borth, dengan rambut dan riasan dari Fulton akan disesuaikan untuk versi superhero.[34] Sebulan kemudian, set foto menunjukkan bahwa Djimon Hounsou kembali memerankan karakternya sebagai penyihir Shazam.[35] Syuting rampung pada 31 Agustus 2021.[36]

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 2022, Warner Bros. menyesuaikan jadwal rilis film karena COVID-19 untuk pekerjaan dari vendor efek visual. The Flash dan Aquaman and the Lost Kingdom digeser dari 2022 ke 2023 untuk memberi waktu bagi pekerjaan efek visualnya selesai, sementara Shazam! Fury of the Gods digeser ke tanggal rilis awal dari Aquaman and the Lost Kingdom di 16 Desember 2022, kareana diperkirakan akan siap untuk perilisan awal.[37] Pada April, tanggal perilisan film digeser kembali menjadi 21 Desember untuk menghindari kompetisi dengan Avatar: The Way of Water.[38] Rizwan Manji diungkap berperan sebagai karakter yang belum bernama pada Juli 2022. Manji mendapatkan peran itu atas saran dari Safran, yang juga memproduksi serial televisi DCEU Peacemaker dimana Manji memerankan Jamil. Sandberg menyetujui pemilihan peran ini, meskipun serial ini berada di jagat yang sama dengan film, karena dia merasa Manji hanya memiliki peran kecil di Peacemaker. Dia terkejut mengetahui bahwa Manji memiliki peran signifikan dan muncul pada adegan pembuka dari serial.[39] Pembuat Peacemaker James Gunn menyarankan karakter Manji's di Fury of the Gods adalah saudara dari Jamil.[40] Pada Agustus, setelah WarnerMedia merger dengan Discovery, Inc. untuk membentuk Warner Bros. Discovery, studio kembali menunda film ke 17 Maret 2023 (kembali mengambil jadwal rilis Aquaman and the Lost Kingdom), untuk membantu menyebarkan pemasaran dan biaya distribusi untuk film.[41] Ini juga memindahkan Fury of the Gods jauh dari Avatar: The Way of Water.[42] Pada awal November, Sandberg mengkonfirmasi potongan akhir telah selesai dan siap untuk dirilis.[43]

Gelombang akhir dari pemasaran film menampilkan kameo dari Gal Gadot karakter Diana Prince / Wonder Woman, memerankan kembali karakternya dari film DCEU lainnya. Sandberg kecewa dengan cuplikan ini, karena dia tadinya menginginkan agar kameo ini menjadi kejutan. Adegan pertengahan kredit menampilkan Jennifer Holland dan Steve Agee kembali memerankan karakternya sebagai Emilia Harcourt dan John Economos. Adegan ini awalnya untuk adegan pasca kredit dari spin-off film Shazam! yaitu Black Adam (2022), dan menampilkan anggota dari Justice Society of America dari film itu, tetapi bintang dari Black Adam yaitu Dwayne Johnson menolak, memaksa Safran untuk membawa Holland dan Agee. Strong dan Sandberg memerankan kembali peran mereka pada adegan pasca kredit.[44][45]

Efek visual dibuat oleh DNEG, Pixomondo, Stereo D, Weta FX, Territory Studio, Method Studios, Static Chair Productions, RISE VFX, dan Scanline VFX.[46]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2022, Sandberg mengkonfirmasi bahwa komposer dan konduktor Benjamin Wallfisch tidak dapat kembali dari film pertama karena konflik syuting dengan film DC lainnya, The Flash (2023); penggantinya, Christophe Beck, telah memulai pekerjaannya pada saat itu.[47] Sebuah single, "Shazam! Fury of the Gods (Main Title Theme)" dirilis secara digital sebagai single oleh WaterTower Music pada 23 Februari 2023, dan album soundtrack dirilis pada 10 Maret.[48]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Sandberg mempromosikan sekuelnya saat panel virtual dari DC FanDome event di Agustus 2020, mengumumkan judul film dan kembalinya para pemeran sebelumnya.[16] Pada Juni 2021, sekitar seminggu setelah syuting dimulai, Sandberg merilis sebuah klip pendek yang menampilkan Levi dengan kostum baru untuk film ini; ini muncul setelah beberapa foto kostumnya bocor pada minggu itu.[49] Untuk mencegah kebocoran kostum lainnya, Sandberg merilis foto dari Levi, Brody, Good, Currey, Butler dan Cotrona dengan menggunakan kostum superhero barunya pada akhir bulan.[50] Cuplikan dibelakang layar dan gambar konsep dimunculkan selama even DC FanDome 2021 pada Oktober, dengan io9 Rob Bricken dan Collider Gregory Lawrence mengekpresikan ketertarikannya pada anggota pemeran yang baru, karakter, lokasi dan mitologinya. [51][52] Levi, Angel, Grazer dan Mirren mempromosikan film pada panel CinemaCon Warner Bros. di April 2022, dengan cuplikan baru ditampilkan.[53] Filmnya juga dipromosikan pada San Diego Comic-Con di bulan Juli, dengan cuplikan pertama dirilis.[54]

Pada 14 Maret, Skittles bekerjasama dengan Warner Bros. dan DC Films membuat sebuah iklan untuk film ini.[55] McFarlane Toys juga bekerja sama untuk membuat mainan promosi, termasuk action figures dan boneka.[56]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Bioskop[sunting | sunting sumber]

Shazam! Fury of the Gods debut di Fox Village Theatre[57] di Hollywood pada 14 Maret 2023, dan dirilis oleh Warner Bros. Pictures di Amerika Serikat pada 17 Maret 2023.[41]

Awalnya direncanakan dirilis pada 1 April 2022[14] sebelum ditunda menjadi 4 November 2022,[15] dan menjadi 2 Juni 2023, karena pandemi COVID-19.[18] Kemudian digeser kembali menjadi 16 Desember 2022, karena telah siap dirilis lebih cepat dari film DC lainnya yang tertunda karena pandemi. Tanggal yang sebelumnya diberikan untuk Aquaman and the Lost Kingdom.[37] Tanggal perilisan ditunda kembali lima hari menjadi 21 Desember untuk menghindari kompetisi dengan 20th Century Studios' Avatar: The Way of Water,[38] sebelum kembali digeser ke Maret 2023 oleh Warner Bros. Discovery.[41] Ini berarti layar IMAX yang diambil oleh Avatar akan tersedia untuk Shazam!.[42]

Media[sunting | sunting sumber]

Shazam! Fury of the Gods dirilis pada platform streaming 7 April 2023,[58] sepuluh hari lebih cepat dari rencana 17 April.[59] Dirilis pada media Ultra HD Blu-ray, Blu-ray dan DVD tanggal 23 Mei 2023.[60] Tersedia di layanan platform streaming Max pada tanggal yang sama.[61]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Shazam! Fury of the Gods berpenghasilan kotor $57.6 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $76.2 juta di wilayah lain, sehingga mendapatkan total $134 juta.[5] Karena biaya produksinya $125 juta, film ini dilabeli box-office bomb.[a]

Di Amerika Serikat dan Kanada, Shazam! Fury of the Gods awalnya diproyeksikan mendapat penghadilan kotor $35–40 juta dari 4,071 bioskop pada minggu pembukaannya.[66] Film ini mendapatkan $11.7 juta (termasuk $3.4 juta dari tayangan awal kamis malam), sehingga merendahkan estimasi akhir pekan menjadi $30 juta. Film ini kemudian debut ke $30.1 juta (52.2% dari total pendapatan kotor), memuncaki box office tapi mencatatkan 44% turun dari minggu pertama rilis film ($53.5 juta) dan menjadi film dengan pendapatan terburuk DCEU (meskipun dua film terburuknya, The Suicide Squad dan Wonder Woman 1984, perilisannnya terdampak oleh pandemi COVID-19 dan dirilis secara sekaligus juga di HBO Max).[67][68]

Pada minggu keduanya, pendapatan film turun 69% ke $9.3 juta, menempati posisi kedua dibelakang film baru John Wick: Chapter 4.[69] Film ini mendapat $4.6 juta pada minggu ketiganya, dan turun ke posisi keenam.[70]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 49% pada 258 ulasan para kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 5.6/10. Konsensus situs web berbunyi: "More unfocused and less satisfying than its predecessor, Shazam! Fury of the Gods still retains almost enough of the source material's silly charm to save the day."[71] Templat:MC film Audiences surveyed by CinemaScore gave the film an average grade of "B+" on an A+ to F scale, while those polled by PostTrak gave it a 78% positive score, with 64% saying they would definitely recommend it.[67]

Frank Scheck of The Hollywood Reporter gave the film a mixed review, writing: "Like some children who aren't so cute anymore after they've grown up a little, this follow-up lacks much of the appeal of its predecessor. While the film provides the elaborate action-set pieces, colorful villains and save-the-world plot mechanics expected of the comic-book-movie genre, some of the magic is missing."[72] Chicago Sun-Times's Richard Roeper gave the film two out of four stars, writing, "As we pick up Billy/Shazam's story about four years later, it quickly becomes apparent this is just going to be a by-the-numbers, second-tier adventure with only a few small chuckles and one or two genuinely touching moments. The rest is just noise."[73]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Shazam! Fury of the Gods menerima nominasi untuk Golden Fleece dan Wildposts terbaik pada Golden Trailer Awards 2023.[74][75] Pada penghargaan Golden Raspberry Awards ke-44, film ini dinominasikan untuk Film terburuk, Aktris terburuk untuk Mirren, Aktris pendukung terburuk untuk Liu dan Naskah cerita terburuk.[76]

Masa depan[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2023, CEO DC Studios James Gunn dan Safran mengatakan bahwa ada kemungkinan bagi Levi untuk kembali memerankan karakternya di waralaba yang baru, DC Universe (DCU), tetapi keputusan untuk karakternya belum dibuat.[77] Sandberg pada bulan berikutnya mengatakan bahwa dia mendapat kabar bahwa filmnya tidak berkontradiksi dengan rencana Gunn dan Safran dan potensi kembalinya karakter ini tergantung penerimaan film.[78] Mengikuti kekecewaan karena hasil box-office film, Levi meragukan keterlibatannya,[79] meskipun dia tertarik untuk kembali memerankan suara Shazam pada film ketiga dari serial Injustice.[80]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Attributed to multiple references.[3][62][63][64][65]
  2. ^ As depicted in Shazam! (2019)
  3. ^ The staff was broken in half by Billy Batson in Shazam! (2019)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Todisco, Eric (September 22, 2022). "'Shazam: Fury Of The Gods': Release Date, Cast, & More We Know". Hollywood Life. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2022. Diakses tanggal October 11, 2022. 
  2. ^ "Shazam! Fury of the Gods (12A)". BBFC. March 17, 2023. Diakses tanggal March 17, 2023. 
  3. ^ a b McClintock, Pamela (March 19, 2023). "Box Office: 'Shazam! Fury of the Gods' Opens to Dismal $30.5M Domestically". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 18, 2023. Diakses tanggal March 20, 2023. 
  4. ^ Kim Murphy, J. (2023-03-18). "Box Office: 'Shazam 2' Zaps Up $11.7 Million Opening Day". Variety. Diakses tanggal 2023-03-18. 
  5. ^ a b "Shazam! Fury of the Gods (2023)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 19, 2023. 
  6. ^ a b Patta, Gig (June 17, 2020). "Marta Milans Exclusive Interview On White Lines, The Pier and Shazam!". LRM Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 30, 2020. Diakses tanggal April 7, 2021. 
  7. ^ a b Dela Paz, Maggie (May 28, 2021). "Shazam! Fury of the Gods Begins Production in Atlanta". ComingSoon.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 28, 2021. Diakses tanggal May 28, 2021. 
  8. ^ Travis, Emlyn (March 11, 2023). "Shazam! director reacts to new ad's huge DCU cameo spoiler: 'Maybe don't be online or watch TV'". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 12, 2023. Diakses tanggal March 12, 2023. 
  9. ^ Abad-Santos, Alex (March 16, 2023). "Shazam! Fury of the Gods' credits scene teases a future that might never come". Vox. Diakses tanggal March 18, 2023. 
  10. ^ Gonzalez, Umberto (April 8, 2019). "'Shazam!' Writer Henry Gayden Will Return to Write Sequel (Exclusive)". TheWrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 8, 2019. Diakses tanggal March 21, 2020. 
  11. ^ a b Brail, Nathaniel (March 16, 2023). "Shazam! Fury of the Gods Almost Had Superman and Batman Cameos (Exclusive)". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 17, 2023. Diakses tanggal March 17, 2023. 
  12. ^ Cohn, Paulette (April 15, 2019). "Hawaii Five-0's Michelle Borth on How She Danced Her Way Into Her Role in 'Shazam!'". Parade. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 16, 2019. Diakses tanggal March 21, 2020. 
  13. ^ a b Landrum, Jonathan Jr. (June 14, 2019). "Zachary Levi's nerves growing before MTV Movie & TV Awards". Associated Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2020. Diakses tanggal March 21, 2020. 
  14. ^ a b McClintock, Pamela; Kit, Borys (December 12, 2019). "'Shazam!' Sequel Lands April 2022 Release". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 11, 2020. Diakses tanggal March 21, 2020. 
  15. ^ a b c D'Alessandro, Anthony (April 20, 2020). "'The Batman' Flies To Fall 2021, Warner Bros. Movies Release Date Changes". Deadline. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2020. Diakses tanggal April 20, 2020. 
  16. ^ a b Ramos, Dino-Ray (August 22, 2020). "'Shazam!': Zachary Levi And Cast Reveal Title Of Sequel". Deadline. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 23, 2020. Diakses tanggal August 22, 2020. 
  17. ^ a b Bonomolo, Cameron (September 6, 2020). "'Shazam! Fury of the Gods': Zachary Levi Confirms Plans for Early 2021 Shooting Start". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 7, 2020. Diakses tanggal September 7, 2020. 
  18. ^ a b D'Alessandro, Anthony (October 5, 2020). "'The Batman' Flies To 2022 Post 'Dune' Drift, 'Matrix 4' Moves Up To Christmas 2021, 'Shazam! 2' Zaps To 2023 & More WB Changes – Update". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 6, 2020. Diakses tanggal October 5, 2020. 
  19. ^ Radish, Christina (November 5, 2020). "Mark Strong on Temple, Shazam 2, and the Dark Crystal Cancellation". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 5, 2020. Diakses tanggal February 3, 2021. 
  20. ^ a b Perry, Spencer (January 29, 2021). "'Shazam! Fury of the Gods' Star Meagan Good Reveals Sequel Begins Filming in May". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 30, 2021. Diakses tanggal January 30, 2021. 
  21. ^ a b Gonzalez, Umberto (February 25, 2021). "'West Side Story' Star Rachel Zegler Joins 'Shazam: Fury of the Gods' (Exclusive)". TheWrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 26, 2021. Diakses tanggal February 25, 2021. 
  22. ^ Busch, Jenna (March 1, 2023). "Shazam! Fury Of The Gods' Lucy Liu And Rachel Zegler On Greek Mythology And Dragon Tech [Exclusive Interview]". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 2, 2023. Diakses tanggal March 2, 2023. 
  23. ^ "Shazam! Fury of the Gods | Official Trailer 2". Comics2Film. January 26, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 26, 2023. Diakses tanggal January 27, 2023. 
  24. ^ Couch, Aaron; Kit, Borys (March 23, 2021). "'Shazam!' Sequel Enlists Helen Mirren as Villain". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 24, 2021. Diakses tanggal March 24, 2021. 
  25. ^ Kroll, Justin (March 23, 2021). "'Shazam: Fury Of The Gods': Helen Mirren To Play Villain Hespera In Sequel". Deadline. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 23, 2021. Diakses tanggal March 23, 2021. 
  26. ^ Kuperinsky, Amy (July 23, 2022). "N.J.'s Rachel Zegler is actual goddess in 'Shazam! Fury of the Gods' trailer". NJ.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2022. Diakses tanggal July 23, 2022. 
  27. ^ Gonzalez, Umberto (April 12, 2021). "Lucy Liu Joins 'Shazam: Fury of the Gods' in Villain Role". TheWrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 12, 2021. Diakses tanggal April 12, 2021. 
  28. ^ Kaye, Don (May 17, 2021). "Shazam 2: Mark Strong's Dr. Sivana Isn't in the Movie, Confirms the Actor". Den of Geek. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 28, 2021. Diakses tanggal May 28, 2021. 
  29. ^ Leston, Ryan (January 11, 2022). "Shazam 2 Will Feature 'More Adult Humor' And 'More Adult Stakes'". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 11, 2022. Diakses tanggal January 27, 2022. 
  30. ^ Anderson, Jenna (September 5, 2022). "Shazam! 2 Director Reveals Why Mr. Mind Was Cut From Sequel". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 6, 2022. Diakses tanggal September 7, 2022. 
  31. ^ Fraser, Kevin (May 27, 2021). "Shazam: Fury of the Gods has Already Started Filming". JoBlo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 28, 2021. Diakses tanggal May 28, 2021. 
  32. ^ Jirak, Jamie (May 27, 2021). "Shazam: Fury of the Gods! Star Zachary Levi Celebrates Start of Filming, Says He's "Overcome with Gratitude"". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 28, 2021. Diakses tanggal May 28, 2021. 
  33. ^ Sandberg, David F. [@ponysmasher] (May 26, 2021). "[In response to "Who is your DoP on Shazam 2?"] Gyula Pados" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal May 27, 2021. Diakses tanggal June 4, 2021 – via Twitter. 
  34. ^ Sandberg, David F. [@ponysmasher] (June 21, 2021). "Yes, Grace now plays both parts. But her hair and makeup is slightly different when she's super so nobody will ever recognize her. Hey, it works for Wonder Woman!" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal June 21, 2021. Diakses tanggal June 21, 2021 – via Twitter. 
  35. ^ Jirak, Jamie (July 23, 2021). "Shazam! Fury of the Gods Set Photo Reveals Return of Surprising Actor". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 24, 2021. Diakses tanggal July 24, 2021. 
  36. ^ Sandberg, David F. [@ponysmasher] (August 31, 2021). "And that's a wrap!" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 31, 2021. Diakses tanggal September 1, 2021 – via Twitter. 
  37. ^ a b Pedersen, Erik (March 9, 2022). "Warner Bros Release Dates: 'The Flash' & 'Aquaman' Moved To 2023; 'Wonka', 'Shazam' Sequel & Others Shift". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 11, 2022. Diakses tanggal March 9, 2022. 
  38. ^ a b D'Alessandro, Anthony (April 27, 2022). "'Shazam: Fury Of The Gods' Opening Shifts Days After 'Avatar: The Way Of Water'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2022. Diakses tanggal April 27, 2022. 
  39. ^ Sandberg, David F. [@ponysmasher] (July 29, 2022). "Yes that's Rizwan. Peter Safran recommended him for a part after working with him on Peacemaker. I said "but that's the same universe". He said "he's barely in Peacemaker". Little did I know Rizwan is even dancing in the credits! Could be same character 🤷‍♂️ Never named in Shazam 2" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 30, 2022. Diakses tanggal July 30, 2022 – via Twitter.  zero width joiner character di |title= pada posisi 256 (bantuan)
  40. ^ Gunn, James [@JamesGunn] (July 29, 2022). "I think of him as Jamil's more successful brother!" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 30, 2022. Diakses tanggal July 30, 2022 – via Twitter. 
  41. ^ a b c Kit, Borys; McClintock, Pamela (August 24, 2022). "Aquaman and Shazam! Change Release Date". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2022. Diakses tanggal August 27, 2022. 
  42. ^ a b D'Alessandro, Anthony (August 24, 2022). "'Aquaman 2' Release Date Now Christmas 2023, 'Shazam: 2' To March". Deadline. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2022. Diakses tanggal August 27, 2022. 
  43. ^ Lund, Anthony (November 1, 2022). "Shazam! Fury of the Gods Director Says Final Cut Is Complete". MovieWeb. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 1, 2022. Diakses tanggal December 24, 2022. 
  44. ^ Davids, Brian (March 18, 2023). "'Shazam! Fury of the Gods': David Sandberg On Gal Gadot's Wonder Woman Cameo". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 19, 2023. Diakses tanggal March 19, 2023. 
  45. ^ Mendelson, Scott; Gonzalez, Umberto (March 21, 2023). "How Dwayne Johnson Kneecapped 'Black Adam' and 'Shazam 2' While Trying to Take Over DC | Exclusive". TheWrap. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal March 21, 2023. Diakses tanggal March 21, 2023. 
  46. ^ Frei, Vincent (January 27, 2023). "Shazam 2: Fury of the Gods (2023)". Art of VFX. Diakses tanggal March 26, 2023. 
  47. ^ Sandberg, David F. [@ponysmasher] (June 10, 2022). "That was the plan but schedules got in the way (there are just too many movies being made at once right now). It's @CBeckOfficial scoring this one and he's done an amazing job!" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal June 10, 2022. Diakses tanggal June 10, 2022 – via Twitter. 
  48. ^ "'Shazam! Fury of the Gods' Soundtrack Album Details". Film Music Reporter. March 9, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2023. Diakses tanggal March 11, 2023. 
  49. ^ Kim, Matt T.M. (June 3, 2021). "Shazam 2 Reveals Costume Change in New Teaser". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 4, 2021. Diakses tanggal June 4, 2021. 
  50. ^ Sandberg, David F. [@ponysmasher] (June 21, 2021). "Don't know how long we can keep the new suits from leaking so here's a pic I took the other day" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal June 21, 2021. Diakses tanggal June 21, 2021 – via Twitter. 
  51. ^ Bricken, Rob (October 16, 2021). "Shazam: Fury of the Gods Looks Like It Might Be Worth the Wait". io9. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 16, 2021. Diakses tanggal October 17, 2021. 
  52. ^ Lawrence, Gregory (October 16, 2021). "First 'Shazam! Fury of the Gods' Footage Reveals the New Cast, Villains, Locations, and Bigger Action in the Sequel". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 16, 2021. Diakses tanggal October 17, 2021. 
  53. ^ Gardner, Chris; McClintock, Pamela; Giardina, Carolyn (April 26, 2022). "Dwayne Johnson Electrifies CinemaCon as Warner Bros. Debuts 'Black Adam,' 'Wonka,' 'The Flash' and 'Elvis' Footage". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2022. Diakses tanggal April 27, 2022. 
  54. ^ D'Alessandro, Anthony; Fleming, Ryan; Grobar, Matt (July 23, 2022). "'Shazam! Fury Of The Gods': Zachary Levi Debuts New Trailer At Comic-Con With "Shazam-ily"". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 23, 2022. Diakses tanggal July 23, 2022. 
  55. ^ "Oh you didn't know SKITTLES can stop a unicorn in its tracks? Luckily, Darla in @ShazamMovie does! Get your tickets to see#ShazamMovie in theaters starting March 17... keep an eye out for SKITTLES". Twitter. March 14, 2023. Diakses tanggal March 19, 2023. 
  56. ^ "SHAZAM! – FURY OF THE GODS". McFarlane Toys. Diakses tanggal March 19, 2023. 
  57. ^ Piña, Christy (March 14, 2023). "'Shazam! Fury of the Gods' Los Angeles Premiere Makes a Splash With a Wet Red Carpet". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2023. Diakses tanggal March 15, 2023. 
  58. ^ Tilly, Chris (April 7, 2023). "How to watch Shazam 2 – is it streaming?". Dexerto. Diakses tanggal April 7, 2023. 
  59. ^ Egan, Toussaint (March 21, 2023). "When will Shazam! Fury of the Gods come to HBO Max?". Polygon. Diakses tanggal April 7, 2023. 
  60. ^ Nash, Anthony (April 6, 2023). "Shazam! Fury of the Gods Blu-ray Release Date & Special Features". ComingSoon.net. Diakses tanggal April 27, 2023. 
  61. ^ D'Alessandro, Anthony (April 12, 2023). "'Shazam: Fury Of The Gods' Hitting Max On Streaming Service's Relaunch Date". Deadline. Diakses tanggal April 27, 2023. 
  62. ^ Sharf, Zack (March 21, 2023). "Zachary Levi Agrees Many Zack Snyder Fans Are Happy 'Shazam 2' Failed, Says the Sequel's Marketing Was 'The Biggest Issue'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 21, 2023. Diakses tanggal April 10, 2023. 
  63. ^ Polowy, Kevin (March 22, 2023). "Why did 'Shazam! Fury of the Gods' bomb at the box office? We asked an AI bot". Yahoo! Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2023. Diakses tanggal April 10, 2023. 
  64. ^ Goodman, William (March 24, 2023). "Why Is Zachary Levi Shading Dwayne Johnson Over Shazam Bombing?". GQ. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 25, 2023. Diakses tanggal April 10, 2023. 
  65. ^ Leite, Marcelo (April 2, 2023). "8 DC Universe Implications Of Shazam! 2's Box Office Bomb". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 2, 2023. Diakses tanggal April 10, 2023. 
  66. ^ Rubin, Rebecca (2023-03-14). "Box Office Preview: 'Shazam: Fury of the Gods' Aims for $35 Million Start". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2023. Diakses tanggal 2023-03-15. 
  67. ^ a b D'Alessandro, Anthony (March 19, 2023). "'Shazam! Fury Of The Gods' Doesn't Fly With Moviegoers At $30M Opening: Here's Why – Sunday Box Office". Deadline Hollywood. Diakses tanggal March 19, 2023. 
  68. ^ Devan, Coggan (March 21, 2023). "Zachary Levi addresses disappointing Shazam 2 box office, says marketing is the 'biggest issue'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal March 22, 2023. 
  69. ^ D'Alessandro, Anthony (March 26, 2023). "'John Wick: Chapter 4': $73M+ Opening A Franchise Record, Best For Lionsgate In Pandemic Era – Sunday Box Office Update". Deadline Hollywood. Diakses tanggal March 26, 2023. 
  70. ^ D'Aleessandro, Anthony (April 2, 2023). "'Dungeons & Dragons' Locks Up $38.5M Opening, Nabs A- CinemaScore – Saturday Box Office". Deadline Hollywood. Diakses tanggal April 2, 2023. 
  71. ^ "Shazam! Fury of the Gods". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal October 28, 2023.  Sunting ini di Wikidata
  72. ^ Scheck, Frank (March 15, 2023). "'Shazam! Fury of the Gods' Review: The Magic Starts to Wear Off". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal March 25, 2023. 
  73. ^ Roeper, Richard (March 16, 2023). "'Shazam! Fury of the Gods': Sequel subjects the superhero, once fresh, to a generic showdown". Chicago Sun-Times. Diakses tanggal March 25, 2023. 
  74. ^ Tinoco, Armando (June 5, 2023). "Golden Trailer Awards Nominations List: Stranger Things, Black Panther: Wakanda Forever, Ted Lasso & Glass Onion: A Knives Out Mystery Among Most Nominated". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 5, 2023. Diakses tanggal June 7, 2023. 
  75. ^ Pedersen, Erik (June 29, 2023). "Golden Trailer Awards: Cocaine Bear, Only Murders In The Building & Oppenheimer Among Top Winners – Full List". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 30, 2023. Diakses tanggal June 30, 2023. 
  76. ^ "Razzie Noms 2024: Chris Evans and Jennifer Lopez Up for Worst Actors; 'Shazam 2' and 'Ant-Man 3' Tie With 4 Nods". Variety (dalam bahasa Inggris). 22 January 2024. Diakses tanggal 22 January 2024. 
  77. ^ Lussier, Germain (January 31, 2023). "James Gunn DC Slate Q&A: Flash, Aquaman, Crossover, More". Gizmodo. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 31, 2023. Diakses tanggal February 1, 2023. 
  78. ^ Barnhardt, Adam (February 28, 2023). "Shazam! Fury of the Gods Director Teases DCU Future". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 28, 2023. Diakses tanggal February 28, 2023. 
  79. ^ Anderson, Jenna (July 25, 2023). "Zachary Levi Addresses DCU Future After Shazam! Fury of the Gods Flop". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2023. Diakses tanggal August 13, 2023. 
  80. ^ https://twitter.com/shazamnews/status/1650588322392145929
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LottaLostenCameo" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.