Dark City (film 1998)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dark City
Poster bioskop
SutradaraAlex Proyas
ProduserAlex Proyas
Andrew Mason
SkenarioAlex Proyas
David S. Goyer
Lem Dobbs
CeritaAlex Proyas
PemeranRufus Sewell
Kiefer Sutherland
Jennifer Connelly
William Hurt
Penata musikTrevor Jones
SinematograferDariusz Wolski
PenyuntingDov Hoenig
Perusahaan
produksi
New Line Cinema
Mystery Clock Cinema
DistributorNew Line Cinema
New Line Home Video
Tanggal rilis
  • 27 Februari 1998 (1998-02-27)
Durasi100 menit (pemotongan bioskop)
111 menit (pemotongan sutradara)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan
kotor
$27.200.316[1]

Dark City adalah sebuah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 1998 yang disutradarai Alex Proyas. Film ini diadopsi dari skenario yang ditulis Proyas, David S. Goyer, dan Lem Dobbs. Film ini menceritakan sebuah kota tempat para penduduknya tidak pernah melihat matahari, sementara hidup mereka dimanipulasi oleh makhluk luar angkasa yang dikenal sebagai Strangers yang menjelma sebagai manusia. Para Strangers sedang mempelajari ras manusia melalui eksperimen. Rufus Sewell, William Hurt, Kiefer Sutherland, dan Jennifer Connelly membintangi film ini. Dark City menjelaskan hal-hal subjektif seperti pembunuhan, juga hal abstrak seperti halusinasi dan rekayasa kenyataan.[2]

Film ini direkam di Australia. Setelah pemutarannya di bioskop, film ini masuk nominasi berbagai penghargaan, termasuk Hugo Award dan Saturn Award. Film ini juga memenangkan sejumlah penghargaan; di antaranya dari Brussels International Festival of Fantasy Film dan Film Critics Circle of Australia. Dark City mendapat kritik positif dari berbagai jurnalis film utama.

Kerja sama produksi film ini dilakukan oleh New Line Cinema dan Mystery Clock Cinema. Film ini didistribusikan secara komersial oleh New Line Cinema melalui bioskop, dan oleh New Line Home Video melalui media rumah. Dark City diputar di bioskop Amerika Serikat pada 27 Februari 1998 dengan pendapaTan domestik $14.378.331. Film ini memperoleh tambahan $12.821.985 melalui pemutaran internasional dengan total pendapatan $27.200.316. Film iniThe film was at its widest release in the U.S. showing at 1,754 theaters nationwide.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dark City". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2010-08-29. 
  2. ^ Proyas, Alex (Director). (1998). Dark City [Motion picture]. United States: New Line Cinema.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan
Didahului oleh:
Men in Black
Saturn Award for Best Science Fiction Film
1998
Bersama Armageddon
Diteruskan oleh:
The Matrix