Planet of the Apes (film 2001)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Planet of the Apes
Berkas:Planet of the Apes (2001) poster.jpg
Theatrical release poster
SutradaraTim Burton
Produser
Skenario
BerdasarkanPlanet of the Apes
oleh Pierre Boulle
Pemeran
MusikDanny Elfman
SinematografiPhilippe Rousselot
Penyunting
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 27 Juli 2001 (2001-07-27)
Durasi
120 minutes[1]
NegaraUnited States
BahasaInggris
Anggaran$100 million[2]
Pendapatan kotor$362.2 million[2]

Planet of the Apes adalah sebuah film fiksi ilmiah Amerika tahun 2001 yang disutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Mark Wahlberg, Tim Roth, Helena Bonham Carter, Michael Clarke Duncan, Paul Giamatti, dan Estella Warren. Sebagai film keenam yang diproduksi di rangkaian Planet of the Apes, film ini merupakan adaptasi bebas dari karya Pierre Boulle tahun 1963 berupa novel dengan nama yang sama dan karya versi film tahun 1968. Film ini bercerita tentang astronot Leo Davidson yang mengalami kecelakaan pendaratan di sebuah planet yang dihuni oleh kera cerdas. Kera memperlakukan manusia sebagai budak, tetapi berkat bantuan dari kera bernama Ari, Leo memulai pemberontakan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada 2029, kapal Angkatan Udara Amerika Serikat stasiun ruang angkasa Oberon, Leo Davidson bekerja sama dengan primata yang dilatih untuk misi ruang angkasa. Rekan kerja simian favoritnya adalah seekor simpanse bernama Pericles. Dengan badai elektromagnetik mematikan mendekati stasiun, ruang kecil pod dikemudikan oleh Pericles digunakan untuk menyelidiki badai. Pericles pod menuju ke dalam badai dan menghilang. Melawan perintah komandannya, Leo mengambil pod kedua dan pergi untuk mengejar Pericles. Memasuki badai, Leo kehilangan kontak dengan Oberon dan terhempas di sebuah planet yang disebut Ashlar pada tahun 5021. Ia menemukan bahwa dunia dikuasai oleh manusia kera yang berbahasa Inggris, menggunakan kuda peliharaan untuk transportasi, dan memperlakukan manusia sebagai budak.

Leo bertemu seorang simpanse betina bernama Ari, yang memprotes perlakuan mengerikan yang diterima manusia. Ari memutuskan untuk membeli Leo dan seorang budak perempuan yang bernama Daena untuk mempekerjakan mereka sebagai pelayan di rumah ayahnya, Senator Sandar. Leo lolos dari kurungannya dan membebaskan manusia lainnya. Limbo, pengawas Thade yang pengecut dan sering dianiaya melihat mereka, tapi Leo membujuk dia untuk bergabung dengan mereka, dia menjanjikan kebebasan. Jendral Thade dan Kolonel Attar berjalan kera prajurit dalam mengejar manusia dalam upaya sia-sia untuk mengalihkan perhatian tentara. Leo menemukan Calima, tempat terlarang namun merupakan kuil suci "Semos", kera pertama yang merupakan dewa kera.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PLANET OF THE APES (12)". British Board of Film Classification. July 26, 2001. Diakses tanggal June 24, 2015. 
  2. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama box