Alice in Wonderland (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Alice in Wonderland
Alice-In-Wonderland-Theatrical-Poster.jpg
Poster film "Alice in Wonderland".
Sutradara Tim Burton
Produser Richard D. Zanuck
Joe Roth
Suzanne Todd
Jennifer Todd
Penulis Linda Woolverton (skenario)
Lewis Carroll (buku)
Pemeran Mia Wasikowska
Johnny Depp
Helena Bonham Carter
Anne Hathaway
Stephen Fry
Crispin Glover
Michael Sheen
Alan Rickman
Musik Danny Elfman
Sinematografi Dariusz Wolski
Penyunting Chris Lebenzon
Studio Roth Films
The Zanuck Company
Team Todd
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis 25 Februari 2010 (2010-2-25) (London)
5 Maret 2010 (2010-3-5)
Durasi 109 menit[1]
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $200 juta[2]
Pendapatan kotor $1,024,299,011[3]


Alice in Wonderland adalah film fantasi dari Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Tim Burton dan ditulis oleh Linda Woolverton.  Dirilis oleh Walt Disney Pictures, film ini dibintangi Mia Wasikowska sebagai Alice Kingsleigh dengan Johnny Depp, Anne Hathaway dan Helena Bonham Carter. Film ini mengambil tempat di UK dan US.

Film ini terinspirasi dari novel fantasi tahun 1865 berjudul Alice's Adventure in Wonderland dan sekuelnya Through the Looking-Glass karya penulis Inggris yang bernama Lewis Carrol. Wasikowska berperan sebagai Alice umur sembilan belas tahun. Dia diberitahu bahwa dia dapat mengembalikan takhta White Queen karena dia adalah satu-satunya yang bisa membunuh Jabberwocky, makhluk seperti naga yang dikendalikan oleh Red Queen dan meneror penduduk Wonderland itu di Hari Frabjous.

Film ini ditayangkan di London di Odeon Leicester Square pada tanggal 25 Februari 2010, dan dirilis di Australia pada tanggal 4 Maret 2010 dan hari berikutnya di Inggris dan Amerika Serikat melalui IMAX 3D dan Disney Digital 3D serta tradisional teater. Film ini meraup lebih dari $ 1.02 miliar di seluruh dunia. Pada acara Academy Awards ke-83, Alice in Wonderland memenangkan Best Art Direction dan Best Costume Design dan juga dinominasikan untuk Best Visual Effects. Film ini menghasilkan lebih dari $1 miliar dalam penjualan tiket dan pada Maret 2014 film ini adalah film paling sukses keenam belas sepanjang masa.

Plot[sunting | sunting sumber]

Bermasalah dengan mimpi berulang yang aneh dan berduka karena kehilangan ayah tercinta (Martin Csokas), Alice Kingsleigh (Mia Wasikowska) menghadiri pesta kebun di perkebunan Lord Ascot (Tim Piggot-Smith), di mana dia dihadapkan oleh sebuah proposal pernikahan yang tidak diinginkan, dari Hamish Ascot (Leo Bill). Tidak yakin bagaimana untuk menjawab dan semakin bingung, ia melarikan diri untuk mengejar kelinci berompi biru, dan secara tidak sengaja jatuh ke dalam lubang kelinci besar. Dia diangkut ke dunia yang disebut Underland, di mana dia disambut oleh White Rabbit (Michael Sheen), Dormouse (Barbara Windsor), Dodo (Michael Gough), Tall Flowers (Imelda Staunton) serta Tweedledum dan Tweedledee (Matt Lucas). Mereka berdebat identitasnya sebagai "Alice yang benar", yang diramalkan akan membunuh Jabberwocky (Christopher Lee) kepunyaan Red Queen pada Hari Frabjous dan mengembalikan kekuasaan White Queen seperti yang diceritakan oleh Absolem si Ulat Bulu (Alan Rickman) dan Oraculumnya. Mereka kemudian disergap oleh Bandersnatch dan sekelompok tentara kartu dipimpin oleh Knave of Hearts (Crispin Glover) dan langsung menangkap White Rabbit dan burung Dodo. Alice, Tweedledum dan Tweedledee melarikan diri ke hutan, sementara Knave mencuri Oraculum yang terjatuh dan Dormouse menusuk satu mata Bandersnatch. Tetapi Tweedledum dan Tweedledee diculik oleh burung Jubjub pihak Red Queen.

Knave menginformasikan Red Queen (Helena Bonham Carter) bahwa Alice telah kembali dan mengancam pemerintahannya. Lalu para prajurit dan Bayard Bloodhound diperintahkan untuk menemukan Alice segera. Sementara itu, Alice berkeliaran dan bertemu Cheshire Cat (Stephen Fry), yang membawanya ke March Hare (Paul Whitehouse) dan Hatter (Johnny Depp). Dalam perjalanan ke istana White Queen, Hatter menghubungkan teror pemerintahan Red Queen dan komentar bahwa Alice tidak seperti dia yang dulu. Hatter membantu Alice menghindari penangkapan dengan memungkinkan dirinya untuk disita sebagai gantinya. Kemudian, Alice ditemukan oleh Bayard Bloodhound, yang ingin membawanya ke White Queen (Anne Hathaway), tapi Alice bersikeras untuk membantu Hatter, sehingga mereka pergi ke istana Red Queen.

Ratu Merah tidak menyadari identitas Alice dan karena itu ia disambut sebagai tamu. Alice mengetahui bahwa Pedang Vorpal (satu-satunya senjata yang mampu membunuh Jabberwocky) terkunci jauh di dalam kandang Bandersnatch. Knave dengan kasar mencoba merayu Alice, tapi Alice menampik dirinya; para bawahan melihat ini dan menginformasikan ke Red Queen, tapi Knave menjawab bahwa Alice merayunya terlebih dahulu, karena mendengar pernyataan itu, Red Queen memerintahkan agar kepala Alice dipenggal. Alice kemudian berhasil mengambil pedang dan berteman dengan Bandersnatch karena Alice mengembalikan satu matanya yang disimpan oleh Dormouse. Knave menemukannya dengan pedang dan berupaya untuk menangkapnya. Alice berhasil lolos dan memberikan pedang ke White Queen. Cheshire Cat menyelamatkan Hatter dari algojo (Jim Carter) dan Hatter menjadi pelopor pemberontakan melawan Red Queen. Alice masih tidak yakin tentang harapan baginya untuk menjadi juara dari White Queen dan ia memutuskan untuk menemui Absolem. Dia mengingatkan Alice tentang kunjungan masa lalunya ke Wonderland tiga belas tahun sebelumnya dan hal itu membantu memberikan keberanian untuk melawan Jabberwocky dan mencapai "apa yang harus ia lakukan".

Ketika Hari Frabjous tiba, baik White dan Red Queens mengumpulkan tentara besar-besaran mereka di medan perang seperti papan catur dan memancarkan juara pilihan mereka untuk menentukan nasib Wonderland. Saat Alice memulai perkelahian dengan Jabberwocky, tentara White dan Red Queens mulai memerangi satu sama lain, dengan hasil pasukan Red Queen goyah. Mendorong dirinya dengan kata-kata almarhum ayahnya, Alice berhasil memenggal kepala Jabberwocky dan mengakhiri pertempuran. White Queen kemudian mengusir kakak jahatnya, Red Queen dan bajingan, Knave of Hearts ke Outlands; Knave mencoba untuk membunuh Red Queen tetapi ketika itu ia dihentikan oleh Hatter, ia memohon untuk dibunuh bukannya dibuang. Setelah Hatter melakukan tarian perayaan yang disebut Futterwacken, White Queen memberikan Alice botol darah ungu Jabberwocky, yang akan membawanya pulang. Hatter berkata padanya bahwa dia bisa tinggal di Wonderland, tapi Alice memutuskan bahwa dia harus pulang dan berjanji bahwa dia akan kembali ke Wonderland.


Alice kembali ke rumah, di mana ia berdiri untuk keluarganya dan berjanji untuk menjalani hidupnya sendiri. Terkesan, Lord Ascot membawanya sebagai muridnya dengan ide mendirikan jalur perdagangan laut ke China. Saat cerita menutup, Alice mempersiapkan untuk berangkat dengan kapal perdagangan. Seekor kupu-kupu berwarna biru cerah hinggap di bahunya, yang diakui Alice sebagai Absolem dan menyapa dia sebelum dia berdebar pergi.

Pemeran dan Karakter[sunting | sunting sumber]

Film ini menampilkan berbagai karakter, kebanyakan dari mereka didasarkan pada karakter yang ditampilkan dalam karya-karya Lewis Carroll.

  • Mia Wasikowska sebagai Alice Kingsleigh. Ketika membuat karakter, penulis skenario Linda Woolverton meneliti bagaimana perempuan muda berperilaku dalam era Victoria dan kemudian membuatnya sebaliknya. Wasikowska membaca buku-buku Carroll saat anak-anak dan membaca kembali untuk mempersiapkan perannya . Dia juga menyaksikan Jan Švankmajer Alice. Dia berkata, "Ketika kita masih kecil, ibuku akan memasukkan itu ke dalam pemutar VCR. Kami akan terganggu dan tidak akan benar-benar memahaminya, tapi kami tidak bisa berpaling karena terlalu menarik. Jadi saya telah menyimpan perasaan tentang Alice, semacam menghantui perasaan." Meskipun menghadapi tekanan agar sesuai dengan harapan masyarakat, Alice tumbuh menjadi pahlawan kuat berkemauan dan diberdayakan yang memilih jalan sendiri; Kolumnis independen Liz Hoggard memuji Alice sebagai panutan untuk anak perempuan, menggambarkan karakter sebagai "keras kepala, berani, [dan] non-girlie.". Mairi Ella Challen digambarkan sebagai Alice berumur enam tahun.
  • Johnny Depp sebagai The Mad Hatter. Wasikowska mengatakan bahwa karakter "berdua merasa seperti orang luar dan merasa sendirian dalam dunia yang terpisah mereka, dan memiliki ikatan khusus dan persahabatan." Burton menjelaskan bahwa Depp "mencoba menemukan landasan dengan karakter ... sebagai lawan hanya dengan menjadi gila." Burton juga mengatakan bahwa, "Dalam banyak versi itu sangat satu catatan jenis karakter dan Anda tahu tujuannya [Depp] adalah untuk mencoba dan membawa keluar sisi manusia dari keanehan karakter" Rambut oranye adalah sebuah referensi terhadap keracunan merkuri yang diderita oleh Hatter yang menggunakan merkuri untuk menyembuhkan rasa itu; Depp percaya bahwa karakter "diracuni ... dan itu keluar melalui rambutnya, melalui kuku dan matanya". Depp dan Burton memutuskan bahwa pakaian, kulit, rambut, kepribadian dan aksen Hatter akan berubah selama film untuk mencerminkan emosinya

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]