Doug's 1st Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Doug's 1st Movie
Poster Doug's 1st Movie.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
Doug
oleh Jim Jinkins
Pemeran
Penata musikMark Watters
PenyuntingAlysha Cohen
Christopher Gee
Perusahaan
produksi
DistributorBuena Vista Pictures
Tanggal rilis
Durasi83 menit
Negara
Bahasa
Anggaran$5 juta
Pendapatan
kotor
$19.4 juta[1]

Doug's 1st Movie adalah film komedi animasi Amerika tahun 1999 yang dibuat berdasarkan episode serial televisi animasi Doug yang diproduksi oleh Disney. Film ini disutradarai oleh Maurice Joyce dan dibintangi oleh pemeran-pemeran televisi reguler yaitu Tom McHugh, Fred Newman, Chris Phillips, Constance Shulman, Frank Welker, Alice Playten, Guy Hadley, and Doris Belack. Film ini diproduksi oleh Walt Disney Television Animation dan Jumbo Pictures serta animasi yang disediakan oleh Plus One Animation dan dirilis oleh Buena Vista Pictures pada tanggal 26 Maret 1999.

Film ini mendapatkan beragam ulasan negatif, yang mengkritik plot, penulisan, dan pengembangan karakternya. Namun akting suara, ending, dan animasinya mendapatkan pujian. Terlepas dari judul film dan kesuksesannya di box office, tidak ada film lebih lanjut yang diambil berdasarkan serial Doug. Sehingga film ini merupakan akhir dari keseluruhan serial Doug.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Doug dan Skeeter menemukan monster yang hidup di Danau Lucky Duck. Awalnya mereka takut padanya, tapi kemudian mereka sadar bahwa monster tersebut bersifat baik. Bill Bluff mencemari danau, akibatnya polusi di danau menciptakan monster tersebut. Monster tersebut hampir memakan buku Moby Dick tetapi Skeeter mencegahnya, sehingga mereka memanggil monster itu dengan sebutan Herman yang diambil dari nama penulis buku tersebut, Herman Melville. Doug ingat bahwa seharusnya dia bertemu dengan Patti di Mr. Swirly's. Dia berlari ke Swirly's secepat mungkin lewat jalur pintas yang dia ketahui. Setibanya disana, ia tidak melihat Patti. Tuan Swirly berkata bahwa sebelumnya Patti berada disitu dan terlihat sangat sedih, yang kemudian pergi dengan seorang lelaki yang terus-menerus berbicara tentang rencana besarnya untuk suatu dansa. Ketika Doug mendengar kabar tersebut, dia yakin bahwa lelaki tersebut adalah Guy Grahm, seorang pria kelas atas bersifat sombong yang menginginkan Patti. Sementara itu, Roger dan para kutu buku A/V sedang membangun suatu robot untuk menculik Herman, namun ketika selesai dibangun robot itu malah bertindak seperti pengasuh Roger.

Doug kemudian bergegas ke klub malam Funkytown, dimana Guy dan Patti sedang mengerjakan suatu dansa. Doug meminta maaf kepada Patti dan Patti memaafkannya. Tetapi Guy menyela dan berkata bahwa Doug hanyalah anak kecil yang bodoh. Doug pun menjadi sangat marah dan mengatakan dia memiliki bukti bahwa Bluff itu jahat dan sedang mencemari danau. Guy menyebut Doug seorang pembohong. Kemudian Doug mengajak mereka berdua ke tempat pengumuman tentang Herman dan polusinya yang diadakan di depan rumah Tuan Dink, Doug tahu dia dapat mempercayai Tuan Dink karena istrinya adalah walikota Bluffington saat ini. Doug pun pergi, tetapi tanpa sengaja gambar monster miliknya jatuh dari dompet. Sadar akan kejujuran Doug, Guy pun memanggil Bluff, yang merupakan sahabatnya. Kemudian saat pengumuman, Doug sadar bahwa kamera yang digunakan reporter di situ adalah kamera palsu. menyadari perusahaan berita tersebut palsu dan mendukung Bill Bluff dengan mencoba memberi kompensasi kepadanya untuk menutupi monster dan pencemaran yang dilakukan Bluffco. Doug pun memberitahu semua orang bahwa telah terjadi suatu kesalahan, Patti pun marah kepadanya karena berpikir bahwa Doug adalah seorang pembohong, kemudian dia pergi bersama Guy.

Pada malam itu, Buff menemukan para anak-anak bersama Herman dan menculik monster tersebut. Pagi harinya, Doug tahu bahwa ini adalah kesempatan terakhir untuk menyelamatkan Herman. Dia pergi ke ruang surat kabar sekolah, dengan harapan bisa menemukan Guy untuk menemukan Bluff. Guy tidak ada di ruangan tersebut, tetapi Doug melihat sebuah artikel koran yang berkata bahwa Tuan Bluff dan anak buahnya meledakkan sebuah monster berkeping-keping di pesta dansa sekolah. Doug awalnya sedih dan percaya bahwa Herman telah mati, tetapi dia sadar bahwa pesta dansa sekolah tidak diadakan malam ini dan apa yang tertulis di artikel koran adalah rencana mereka, Doug dan Skeeter pun memanggil Roger dan si kembar Sleech untuk membantu. Di pesta dansa sekolah, Doug perlu membuat keputusan terbesar di hidupnya, antara mengejar Patti atau menyelamatkan Herman. Ketika dia sedang melakukannya, Bluff menangkap Doug dan Skeeter di depan Danau Kristal setelah Herman kabur kesana dan mulai memperbudak mereka, berjanji untuk membuat hidup mereka menjadi mimpi buruk yang nyata, tetapi dibuat terdiam dan dimarahi oleh putrinya sendiri Beebe, yang melindungi teman-temannya, sebelum kemudian dihadapi oleh Nyonya Dink, yang mengisyaratkan Bluff akan menghadapi tuntutan hukum besar-besaran dari pemerintah federal karena telah mencemari Danau Lucky Duck yang bisa membuat dia dan Bluffco bangkrut kecuali dia setuju untuk membersihkan danau tersebut. Dengan sedikit pilihan, Bluff setuju untuk membersihkan danau untuk menyelamatkan dirinya sendiri, dan merangkak berlutut meminta maaf kepada Beebe. Doug kemudian menemukan Patti di depan hutan dan Doug mencoba untuk menyatakan cinta kepadanya tapi tersela oleh Herman, yang membuktikan bahwa Doug selama ini telah jujur dan Guy telah berbohong pada Patti, yang menyebabkan Patti mencampakan Guy karena kebohongannya. Setelah itu, anak-anak pun berpamitan dengan Herman. Setelah Herman melompat kembali ke danau, Doug memeberi tahu Patti bahwa dia menyukainya dan Roger hampir menjadi sahabat Doug tetapi tersela oleh sang robot. Film tersebut diakhiri dengan Doug menari bersama Patti dan Beebe menari bersama Skeeter di tepi danau dengan gelembung-gelembung yang bermunculan dari permukaan danau.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

  • Tom McHugh sebagai Doug Funnie, Lincoln
  • Fred Newman sebagai Skeeter Valentine, Tuan Dink, Porkchop, Ned
  • Chris Phillips sebagai Roger Klotz, Boomer, Larry, Tuan Chiminy
  • Constance Shulman sebagai Patti Mayonnaise
  • Frank Welker sebagai Herman Melville
  • Alice Playten sebagai Beebe Bluff, Elmo (ini merupakan peran terakhirnya di film animasi sebelum meninggal di tahun 2011)
  • Guy Hadley sebagai Guy Graham
  • Doug Preis sebagai Tuan Funnie, Tuan Bluff, Willie, Chalky, Agen Bluff
  • Eddie Korbich sebagai Al & Moo Sleech, Robocrusher
  • David O'Brien sebagai Penyiar Quailman
  • Doris Belack sebagai Walikota Tippi Dink
  • Becca Lish sebagai Judy Funnie, Nyonya Funnie, Connie
  • Greg Lee sebagai Kepala Sekolah White
  • Bob Bottone sebagai Asisten Bluff
  • Bruce Bayley Johnson sebagai Tuan Swirly
  • Fran Brill sebagai Nyonya Elaine Perigrew
  • Melissa Greenspan sebagai Briar Langolier

Artis suara tambahan[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Nickelodeon sudah merencanakan sebuah film Doug pada 1993 ketika mereka membuat kesepakatan dengan 20th Century Fox untuk membuat film berdasarkan properti mereka bersama dengan film seperti Rugrats dan Ren & Stimpy. Namun rencana tersebut tidak terealisasikan setelah kesepakatan tersebut selesai tahun 1995. Hanya The Rugrats Movie yang berhasil terwujud, oleh Paramount Pictures, pada November 1998.[2][3]

Pada tahun 1996, ketika Disney membeli Jumbo Pictures beserta dengan kartunnya, mereka memutuskan untuk menghidupkan kembali proyek film Doug.[4][5] Film ini awalnya direncanakan sebagai rilis langsung dalam bentuk video dengan judul The First Doug Movie Ever sesuai trailer, namun karena kesuksesan The Rugrats Movie, mereka memutuskan untuk merilisnya secara teatrikal.

Ini adalah film animasi teatrikal terakhir di Amerika yang menggunakan cels tradisional, di mana urutan judul filmnya menggunakan tinta dan cat digital.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis secara teatrikal dengan "Opera Box" pendek, yang menampilkan Donal dan Desi Bebek, dari serial televisi Mickey Mouse Works.

Penerimaan Kritis[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan peringkat persetujuan 26% di Rotten Tomatoes, dengan 9 dari total 34 ulasan ditanggapi secara positif. Konsensus kritis menyebut, "Doug's 1st Movie mungkin dapat menghibur para penggemar muda dengan karakter utamanya, tetapi kebanyakan episode panjangnya sering dilupakan." Kritikan cukup keras terhadap Doug's 1st Movie ketika dirilis secara teatrikal. Banyak yang menganggap film tersebut lebih seperti episode tambahan (cerita dan animatif) dan banyak yang menyebut seharusnya film tersebut langsung dirilis ke video. Sebagian besar kritik ditujukan ke plot, penulisan, musik, meskipun mereka juga memuji animasi, akting suara, dan ending-nya. Screenit.com menilai film itu 4 dari 10, film yang biasa-biasa saja dan tidak memiliki "keajaiban atau nuansa sinematik layaknya film layar lebar" dan terasa seperti serial biasa.

Roger Ebert memberi film tersebut 2½ dari 4 bintang, mengatakan "Doug's 1st Movie adalah film animasi Sabtu pagi yang biasa saja, tidak terlihat oleh saya. Chatter di Web berkata bahwa pada awalnya film tersebut ditujukan untuk dirilis langsung ke bentuk video, tetapi dialihkan ke bioskop setelah kesuksesan The Rugrats Movie. Karena awalnya Doug dimulai di Nickelodeon, di mana ada Rugrats di dalamnya, keputusan tersebut cukup masuk akal - atau akan masuk akal jika film ini adalah film yang lebih baik."

Film Laris[sunting | sunting sumber]

Doug's 1st Movie mendapat peringkat ke-5 pada akhir pekan pembukaannya dengan $ 4.470.489, dengan rata-rata $ 1.971 dari 2.268 bioskop dalam jangkauan yang luas. Meskipun ini dianggap rendah untuk rata-rata film Hollywood, Doug hanya menghabiskan $ 5 juta karena anggaran langsung ke video dan kampanye promosi yang sederhana. Dengan demikian, film tersebut masih berhasil meraup $ 19.421.271 dalam penjualan tiket, menciptakan keuntungan besar bagi Disney dan menjadikannya Box Office yang sukses.

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Film ini masuk nominasi Stinker Award untuk Prestasi Terburuk Film Animasi.[6]

Media Rumah[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di VHS pada 21 September 1999, dan dalam bentuk DVD sebagai barang eksklusif Disney Movie Club pada 20 Juli 2012. Versi DVD menggunakan pengeditan di TV ketika ditanyangkan di Australia di Seven Network dengan fade-in dan fade-out di beberapa bagian untuk memberi ruang jeda iklan dan kredit penutup dipercepat agar sesuai dengan slot waktu.

Film ini, bersamaan dengan Doug dari Disney, mulai dirilis di Disney+ pada 12 November 2019. Versi film tidak menggunakan hasil edit TV seperti pada versi DVD, sehingga kredit akhir dapat dilihat pada kecepatan yang dikehendaki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Doug's 1st Movie di Box Office Mojo
  2. ^ Hinman, Catherine (1993-5-19). "Nickelodeon Adds Movies To Its Credits". Orlando Sentinel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-30. Diakses tanggal 2021-5-27. 
  3. ^ "Nickelodeon gets into movie business". Toledo Blade. 1993-6-7. Diakses tanggal 2021-5-27. 
  4. ^ Burbank, Calif (1999-1-14). "Disney and Jumbo Pictures Get Animated This March With the Theatrical Release of "Doug's 1st Movie"". Business Wire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-15. Diakses tanggal 2021-5-27. 
  5. ^ Eller, Claudia (1999-3-9). "The One That Got Away : With 'Doug,' Nickelodeon's Loss May Be Disney's Gain". Los Angeles Times. Diakses tanggal 2021-5-27. 
  6. ^ "The Worst of 1999 Stinkers Winners". thestinkers.com. The Hastings Bad Cinema Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2001-4-13. Diakses tanggal 2020-6-11. 

Pranala eksternal[sunting | sunting sumber]

Templat:Doug