Strange Magic (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Strange Magic
Strange Magic poster.jpg
Poster rilis teater
SutradaraGary Rydstrom
Produser
  • Mark S. Miller
Skenario
CeritaGeorge Lucas
BerdasarkanImpian di Tengah Musim
oleh William Shakespeare
Pemeran
MusikMarius de Vries
PenyuntingChris Plummer
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 23 Januari 2015 (2015-01-23)
Durasi
99 menit[1][2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$70–100 juta[3]
Pendapatan kotor$13.6 juta[4]

Strange Magic adalah film fantasi musikal animasi komputer Amerika tahun 2015 yang disutradarai oleh Gary Rydstrom dan diproduksi oleh Lucasfilm, dengan animasi fitur oleh Lucasfilm Animation dan Industrial Light & Magic.[5] Skenario film ini ditulis oleh Rydstrom, David Berenbaum dan Irene Mecchi, dari sebuah cerita oleh George Lucas yang terinspirasi dari Impian di Tengah Musim karya William Shakespeare. Film ini dibintangi oleh Alan Cumming, Evan Rachel Wood, Kristin Chenoweth, Maya Rudolph dan Alfred Molina. Musiknya dibuat oleh Marius de Vries dan termasuk lagu-lagu kontemporer, seperti "Love Is Strange" dan "Strange Magic".[6]

Lucas telah mengerjakan proyek tersebut selama 15 tahun sebelum produksi dimulai.[7] Hal itu merupakan kredit tulisan pertamanya sejak film Radioland Murders tahun 1994 yang tidak terkait dengan waralaba Star Wars atau Indiana Jones. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 23 Januari 2015 oleh Touchstone Pictures, menjadikannya produksi Lucasfilm pertama yang didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures, setelah perusahaan induk mereka mengakuisisi studio tersebut pada tahun 2012.[5] Film ini umumnya menerima ulasan negatif dari para kritikus, yang mengkritik naskah, humor, dan lagunya tetapi memuji animasinya, dan merupakan Box office bomb, meraup $13.6 juta di seluruh dunia dan kehilangan sekitar $40-50 juta.[8] Hingga saat ini, film ini adalah satu-satunya produksi Lucasfilm Animation yang bukan bagian dari waralaba Star Wars.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Sebuah alam terbagi antara lahan peri dan cahaya, dengan lahan makhluk rawa dan kegelapan, yang hidup di hutan gelap. Bunga primrose, yang merupakan bahan penting untuk ramuan cinta, menandai perbatasan antar lahan. Marianne adalah putri peri dan pewaris tahta Kerajaan Peri, dan bertunangan untuk menikah dengan Roland, seorang prajurit tampan yang mengecewakan Marianne ketika dia menemukannya mencium peri lain pada hari pernikahan mereka. Marianne bersumpah untuk tidak pernah jatuh cinta lagi. Di hutan gelap, Raja Bog juga berbagi pandangan yang sama tentang cinta, meskipun ibunya yang peduli, Griselda memprotes.

Beberapa waktu kemudian, saudara perempuannya yaitu Dawn, yang sering mengatakan dia sedang jatuh cinta, putus asa tentang Spring Ball yang akan datang di mana dia bisa bertemu dengan laki-laki di sana. Sahabatnya Sunny, peri yang naksir Dawn, mencoba menghiburnya dengan sebuah lagu, tetapi mereka hampir dimakan oleh kadal raksasa sebelum Marianne yang keras menyelamatkan mereka. Sunny, setelah jatuh melalui perbatasan hutan yang gelap, menemukan kelopak Primrose, yang kemudian disembunyikannya saat melarikan diri dari hutan.

Di pesta itu, Roland mencoba menegaskan niatnya untuk menikahi Marianne, yang menolak dan mempermalukannya dari pesta dansa. Dia bertemu dengan Sunny dan menipunya untuk kembali ke hutan gelap untuk meyakinkan Peri Gula Plum, yang telah ditangkap bertahun-tahun yang lalu oleh Raja Bog, untuk membuat ramuan cinta. Sunny memperoleh kelopak yang disembunyikannya dan dengan bantuan imp yang penasaran, berkelana ke kastil Bog, akhirnya menemukan peri dan berjanji untuk membebaskannya dengan imbalan ramuan cinta.

Pelarian mereka membangkitkan Bog, yang berhasil merebut kembali Sugar Plum sementara Sunny kabur, diikuti oleh imp, dan Bog sangat marah saat mengetahui bahwa Sunny memiliki sebotol ramuan cinta. Sunny kembali ke bola dan mencoba memukul Fajar dengan ramuan cinta selama nomor musiknya. Bog menyela perayaan dan menangkap Dawn tepat saat dia disemprot oleh ramuan cinta dan imp mencurinya untuk menyebarkannya ke seluruh hutan. Bog memerintahkan mereka untuk mengirimkan ramuan itu kepadanya saat malam atau dia akan melukai Dawn. Menentang perintah ayahnya, Marianne terbang mengejar saudara perempuannya sementara dia memberi Roland pasukan kecil untuk pergi dengan berjalan kaki ke kastil Bog.

Sementara itu, Dawn jatuh cinta pada Bog karena ramuannya, dan Bog memenjarakannya untuk menjaga kewarasannya sendiri. Marianne datang dan berkelahi dengan Bog untuk mengembalikan adiknya. Ketika dia menyadari parahnya situasi, keduanya mulai menemukan minat yang sama. Ketika mereka berkonsultasi dengan Peri Gula Plum untuk penawarnya, dia menjelaskan bahwa cinta sejati akan meniadakan efek ramuan itu, menceritakan saat Bog jatuh cinta dengan wanita lain di hutan yang meninggalkannya meskipun dia menggunakan ramuan cinta padanya, seperti dia jatuh cinta dengan orang lain pada saat dia menggunakan ramuan itu padanya. Ketertarikan timbal balik mulai berkembang antara Marianne dan Bog, tapi hanya Griselda yang melihatnya.

Sunny memulihkan ramuan dari imp dan memberikannya pada Roland saat mereka berbaris ke kastil. Bog melihat ini dan curiga bahwa Marianne telah menjebaknya, menghancurkan hatinya lagi saat dia meninggalkannya terdampar di jaring laba-laba. Dia lolos dan bergabung dalam pertempuran yang terjadi di kastil. Sunny membebaskan Peri Gula Plum, Dawn, dan (atas desakan Peri Gula Plum) makhluk hutan yang dilanda cinta yang dipukul oleh imp dengan ramuan cinta.

Dalam pelariannya, Bog tampaknya mengorbankan dirinya dengan membuka mulut gua cukup lama agar semua orang bisa melarikan diri. Dia bertahan, untuk kelegaan Marianne, dan Sunny mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya kepada Dawn, yang kemudian membalasnya, mematahkan mantra ramuan cinta pada Marianne dan mereka berciuman, yang mengejutkan ayahnya. Roland menyemprot Marianne dengan ramuan cinta, yang berpura-pura jatuh cinta padanya, hanya untuk tiba-tiba memukulnya dan mengirimnya keluar jurang, kemudian terkena ramuan cinta dalam prosesnya.

Bog dan Marianne, atas desakan Dawn dan Griselda, akhirnya mengakui perasaan mereka satu sama lain dan berciuman.

Dalam adegan terakhir setelah kredit, Roland rupanya jatuh cinta dengan serangga yang jelek karena ramuannya, dan jalur komunikasi jamur milik pelayan Bog, yang menyebarkan pesan-pesan melalui hutan rawa dengan hasil yang mirip dengan 'permainan telepon', berakhir dengan pengucapan 'Tea Blend.'

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sudah lama George Lucas ingin membuat film untuk ketiga putrinya, yang idenya sudah dipikirkan sejak 15 tahun sebelumnya. Dia menggambarkan film tersebut sebagai Star Wars untuk penonton perempuan dengan berkata,[9]Star Wars ditujukan untuk anak laki-laki berusia 12 tahun; Saya berpikir untuk membuat yang lain untuk anak perempuan berusia 12 tahun.”[10]  Pada plot film, sutradara Gary Rydstrom mengatakan, “Kami menyebutnya sebagai kisah Beauty and The Beast di mana karakter Beast tidak berubah.”  Menurut Rydstrom, Lucas benar-benar ingin membuat dongeng yang indah dengan goblin dan elf di dalamnya, dan melakukannya dengan cara yang hanya dapat dilakukan oleh perusahaan ini. Dia sudah mengerjakannya untuk waktu yang cukup lama. Rydstrom menyebutkan bahwa Lucas sangat menekankan cerita yang isinya tentang “menemukan keindahan di tempat asing.”  Rydstrom juga berkata, “Sangat penting baginya untuk menceritakan kisah di mana Anda dapat melihat keindahan yang tak pernah Anda duga — tampak jelek di luar namun Anda melihat keindahan di bawahnya. Film ini dikerjakan selama 15 tahun, bersamaan dengan pengembangan prekuel Star Wars.[10] Sebelum The Walt Disney Company mengakuisisi Lucasfilm pada akhir 2012, produksi dari Strange Magic sudah berjalan dengan baik. Rydstrom dan krunya memutar film tersebut untuk para eksekutif Disney. Rydstrom mengatakan, “Kami bukan Pixar atau Disney Animation, jadi dalam beberapa hal George merupakan John [Lasseter] kami… Saya menyukai faktanya— bukannya saya tidak suka nasihat dari semua orang— tetapi proyek ini adalah milik kami, proyek milik Lucasfilm… Saya teringat ketika Labyrinth ditayangkan dan betapa menyenangkannya saat itu. Ada semacam sihir, yang memiliki getaran yang sama bagi saya.”[6]

Salah satu inspirasi terbesar untuk soundtrack film ini adalah film produksi Lucasfilm lainnya, yaitu American Graffiti (1973). Untuk Strange Magic, Lucas mengungkapkan, "Awalnya saya punya banyak lagu Beatles, tetapi sayangnya kami tidak sanggup untuk membelinya." Banyak lagu yang berhasil masuk ke dalam film disesuaikan untuk membantu menceritakan keadaan atau ceritanya seperti "Bad Romance" yang menjadi lagu march pengiring pasukan penyerang, dan "I'll Never Fall in Love Again", yang dijadikan lagu prajurit untuk Marianne. Menurut Lucas, pesan utama dari film ini adalah : "Hubungan yang sebenarnya berada di tempat yang jauh lebih dalam, yaitu di mana Anda mencintai seseorang dan Anda telah memikirkannya dengan hati-hati ketika berbicara dan bertindak. Anda jatuh cinta dengan cara pikir dan segala hal tentangnya lebih dari sekadar penampilan luarnya."[6][11] Pada suatu masa saat produksi, kru bereksperimen dengan gagasan untuk membuat keseluruhan dialog dinyanyikan.[10]

Desain rambut dari kakak beradik Marianne dan Dawn sudah melalui beberapa kali perubahan. Menurut Meredith Anne Bull, pengisi suara Dawn, "Rambut [si kakak beradik] sudah banyak berubah sejak awal, dulunya rambutnya panjang berwarna coklat. Lalu sempat berubah menjadi merah hingga akhirnya menjadi pendek dan pirang!... Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat rambut dari karakter animasi. Sebenarnya ada sekelompok orang yang hanya mengerjakan hal itu, untuk membuat animasi rambut! Itu sangat keren, untuk mengetahuinya." Mengenai subjek rekaman suara, Bull berkata, "Ada banyak hal keren [yang sutradara kami] tunjukkan kepada kami—tips dan trik seputar hal yang dilakukan saat kami rekaman: Efek khusus dengan mulut, atau sambil mengunyah sesuatu. Suatu kali saya melihat Peter Stormare mengunyah satu pak permen karet selama rekaman!" Bull juga menyadari bahwa saat merekam dia tidak memiliki banyak referensi yang visual, "Untuk tahun pertama produksi, saya benar-benar bingung, terkadang mereka memiliki gambar, tetapi terkadang saya harus menggunakan imajinasi saya sendiri tentang adegan apa yang sedang berlangsung!"[12]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Strange Magic dirilis oleh Walt Disney Studios Motion Pictures melalui banner Touchstone Pictures pada 23 Januari 2015. Trailer film tersebut dirilis pada 21 November 2014.[13]

Media Rumah[sunting | sunting sumber]

Strange Magic dirilis oleh Touchstone Home Entertainment dalam bentuk DVD dan digital pada 19 Mei 2015.[14][15] Saat ini belum dirilis dalam versi Blu-Ray.

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Pada akhir pekan pembukaannya, Strange Magic berada di #7 dan mendapat $ 5,5 juta.[16] Pendapatan ini merupakan hasil dari penjualan tiket terendah dari semua film animasi yang dirilis di lebih dari 3,000 bioskop. Film animasi sebelumnya dengan pendapatan terendah saat akhir pekan pembukaan adalah The Wild Thornberrys Movie (2002) dan Quest for Camelot (1998).[17] Film ini ditutup pada 16 April 2015 dan telah menghasilkan $ 12.429.583 di box office domestik, dengan $ 1.173.870 dari luar negeri dan total keseluruhan mencapai $ 13.603.453 di seluruh dunia.[4]

Respon kritis[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini memegang peringkat persetujuan 16%, berdasarkan 61 ulasan, dengan rata-rata peringkat 3,71 / 10, pada September 2020. Konsensus kritis situs web tersebut menyatakan, "Seperti kebanyakan film animasi modern, Strange Magic indah untuk dilihat; sayangnya, tidak banyak yang terjadi di balik permukaannya."[18] Di Metacritic, film ini mendapat skor 25 dari 100, berdasarkan 20 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya tidak menguntungkan".[19] Menurut CinemaScore, para penonton memberi film ini nilai "B-" pada skala A+ sampai F.[20][21]

Alonso Duralde dari The Wrap memberi ulasan negatif, bertuliskan "Rancangan desain karakter yang buruk, dikombinasikan dengan kurangnya tawa dan banyak lagu mengerikan, mungkin membuat Strange Magic menjadi animasi terburuk yang pernah dibuat Disney."[22] Sebaliknya, Drew Taylor dari Indiewire memberi rating B-, yang mengatakan dalam ulasannya, "Strange Magic memang berhasil memikat Anda (sebagian besar) dengan pesona eksentriknya."[23] Justin Chang dari Variety memberikan ulasan negatif pada film tersebut, katanya "Fantasi anak-anak yang mengganggu dan tidak menarik ini telah gagal untuk membedakan dirinya dengan yang lain dari banyaknya alasan di Januari, untuk menghindari multipleks."[24] Alan Scherstuhl dari The Village Voice mendeskripsikan Strange Magic sebagai "film Lucas terbaik dalam 25 tahun: lucu, idiosinkratik, hippy-dippy, dikemas dengan makhluk dan pemandangan yang patut dilihat."[25] Michael Rechtshaffen dari The Hollywood Reporter menyebut film itu "Gado-gado yang campur aduk, berisik, yang berasal dari elemen-elemen yang sudah dikenal dari animasi lain (paling jelas Epic 2013), hampir tidak ada yang bisa dilihat untuk dinikmati tentang dongeng yang dipaksakan ini."[26] Michael Ordoña dari San Francisco Chronicle memberi film ini 2 dari 4 bintang, dengan mengatakan "Pergerakan plot terasa seperti formalitas kaku yang tidak menyenangkan, dipaksakan dengan perangkat yang melelahkan."[27] Claudia Puig dari USA Today memberi film ini 2 dari 4 bintang, dengan mengatakan "Strange Magic memang aneh (Strange), namun hampir tidak ajaib (Magic)."[28] Jesse Hassenger dari The AV Club memberi film ini B, dengan mengatakan "FIlm ini mempertahankan ide keanehannya tersendiri, yang setidaknya terasa menyenangkan dihapus dari pembuatan film kartun oleh studio-studio besar."[29] Rafer Guzman dari Newsday memberi film ini 1 dari 4 bintang, dengan mengatakan "Suatu kuali dengan isi di dalamnya yang sebaiknya tidak pernah dicampurkan: peri, Shakespeare, dan rock klasik."[30]

Lou Lumenick dari New York Post memberi film ini 1 dari 4 bintang, dengan mengatakan "Jika Lucasfilm membeli Disney, bukan sebaliknya, film sukses besar Frozen mungkin akan berubah menjadi Strange Magic, animasi musikal buruk yang konyol dari George Lucas tentang sepasang putri peri dengan pilihan-pilihan aneh dari lagu pop favorit pencipta Star Wars."[31] Betsy Sharkey dari Los Angeles Times memberi ulasan negatif, dengan mengatakan "Strange Magic, animasi dongeng musikal baru karya George Lucas, memang aneh (strange). Yang kurang adalah unsur keajaibannya (magic)."[32] Ben Kenigsberg dari The New York Times memberi ulasan negatif pula, dengan mengatakan "Diilhami dari A Midsummer Night's Dream, film tersebut lebih seperti Avatar yang mengikuti kompetisi karaoke."[33] Bilge Ebiri dari New York magazine memberi ulasan negatif, dengan mengatakan "Masalah dari Strange Magic bukanlah cerita turunannya, melainkan cara pengungkapannya yang aneh dan tidak lengkap. Anda dapat merasakan campuran yang aneh dari nada, pengaruh, dan ide — seolah-olah semuanya masih pada tahap perencanaan."[34] Glenn Kenny dari RogerEbert.com memberi film ini 1,5 dari 4 bintang, mengatakan "Strange Magic pada dasarnya adalah musik jukebox yang sarat lagu sehingga menjadi operet, dan lagu-lagunya tidak cocok untuk dunia serangga yang berterbangan, yang terbagi menjadi hutan gelap dan terang."[35] Keith Phipps dari The Dissolve memberi 1,5 dari 5 bintang, dengan mengatakan "Strange Magic jelas bukan jenis kekacauan biasa, dan sifat egoisme pribadi proyek masih terlihat dalam film yang sudah selesai."[36]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Strange Magic (Original Motion Picture Soundtrack)
Album soundtrack karya Berbagai artis
Dirilis20 Januari 2015
StudioAir Lyndhurst Studios, London
Berry Drive Studios, Los Angeles
Downtown Recording Studios, NYC
Nightbird Studios, Los Angeles
MSR Studios, New York City
The Fan Club, London
GenreRock, pop, soul
Durasi38:04
LabelBuena Vista
Produser

Soundtrack film ini mencakup penampilan pemeran versi terbaru dari lagu-lagu pop dan rock klasik yang dipilih untuk film tersebut oleh George Lucas.[6] Soundtrack ini dirilis oleh Buena Vista Records pada 20 Januari 2015, diikuti oleh rilis fisik pada 17 Februari 2015.[37]

No.JudulPemainDurasi
1."Can't Help Falling in Love"Evan Rachel Wood & Sam Palladio2:53
2."I'll Never Fall in Love Again"Evan Rachel Wood2:48
3."Three Little Birds"Elijah Kelley & Meredith Anne Bull2:46
4."I Wanna Dance with Somebody (Who Loves Me)"Marius de Vries1:00
5."C'mon Marianne/Stronger (What Doesn't Kill You)"Sam Palladio and Evan Rachel Wood3:32
6."Trouble"Alan Cumming2:32
7."Love Is Strange"Kristin Chenoweth2:53
8."Say Hey"Elijah Kelley3:04
9."Mistreated"Alan Cumming2:30
10."I Can't Help Myself (Sugar Pie Honey Bunch)"Meredith Anne Bull3:05
11."Straight On"Evan Rachel Wood and Alan Cumming3:05
12."Strange Magic"Evan Rachel Wood and Alan Cumming4:15
13."Tell Him/Wild Thing"Meredith Anne Bull, Maya Rudolph, Evan Rachel Wood and Alan Cumming3:39
Durasi total:38:04

Selain itu, ada lagu yang digunakan dalam film, tetapi tidak ada di album. Sebuah instrumental dari "People Are Strange" dapat didengar selama pesan pertama jamur menyebar melalui hutan rawa, dan paduan suara dari "Bad Romance" digunakan sebagai pawai untuk pasukan penyerang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "STRANGE MAGIC (U)". British Board of Film Classification. June 24, 2015. Diakses tanggal June 24, 2015. 
  2. ^ "AMC Theatres: Strange Magic". Diakses tanggal 15 January 2015. 
  3. ^ "Review: Strange Magic, an underrated animated musical from Lucasfilm". ScreenAnarchy (dalam bahasa Inggris). January 10, 2017. Diakses tanggal July 9, 2017. 
  4. ^ a b "Strange Magic (2015)". Box Office Mojo. IMDB. Diakses tanggal March 14, 2015. 
  5. ^ a b Graser, Marc; Graser, Marc (2014-11-11). "Disney Dates Lucasfilm's Animated 'Strange Magic' for January 2015". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  6. ^ a b c d "The Trailer for 'Strange Magic,' George Lucas's Next Big Movie". www.yahoo.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  7. ^ Reaney, Patricia (2015-01-22). "Strange Magic' casts animated spell with pop tunes and fairies". Reuters. Diakses tanggal 2015-01-25. 
  8. ^ "2015's biggest box office flops". The Telegraph (dalam bahasa Inggris). 2015-11-12. ISSN 0307-1235. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  9. ^ "George Lucas on How His New Film Is Like Star Wars for Girls". Wired (dalam bahasa Inggris). ISSN 1059-1028. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  10. ^ a b c Prigge, Matt. "Interview: George Lucas on why 'Strange Magic' is 'Star Wars' for girls". Metro US (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  11. ^ Truitt, Brian. "Love and music make Lucas' 'Strange Magic'". USA TODAY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  12. ^ Osmanski, Stephanie (2015-01-07). "EXCLUSIVE: Meredith Anne Bull from "Strange Magic" Spills Disney Movie Secrets". m-magazine.com. Diakses tanggal 2015-01-08. 
  13. ^ "First Trailer for Lucasfilm's 'Strange Magic' Released". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). 2014-11-21. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  14. ^ Neumyer, Scott (2015-05-18). "Exclusive Clip: In the Studio with George Lucas and the Stars of Strange Magic". Parade: Entertainment, Recipes, Health, Life, Holidays (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  15. ^ Columnist, Francine Brokaw Community. "'Strange Magic' DVD is filled with music and magic". Daily Herald (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  16. ^ "Weekend Report: 'Sniper' Scores Stunning $64 Million in Second Weekend". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  17. ^ "The Mind Of Lucas Fails". archive.is. 2015-01-26. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  18. ^ Strange Magic (2015) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2021-03-21 
  19. ^ Strange Magic, diakses tanggal 2021-03-21 
  20. ^ "Box Office: 'American Sniper' Soars While 'Mortdecai' and 'Strange Magic' Flop". ComingSoon.net (dalam bahasa Inggris). 2015-01-25. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  21. ^ "Home". Cinemascore (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  22. ^ "'Strange Magic' Review: George Lucas' Off-Key Kiddie Dud Will Make You Miss Jar Jar Binks (Video)". TheWrap (dalam bahasa Inggris). 2015-01-21. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  23. ^ Taylor, Drew (2015-01-21). "Review: George Lucas-Produced Animated Musical Fairy Tale 'Strange Magic'". Indiewire. Diakses tanggal 2015-01-23. 
  24. ^ Chang, Justin; Chang, Justin (2015-01-21). "Film Review: 'Strange Magic'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  25. ^ "Actually, Strange Magic Is the Best George Lucas Film in 25 Years". The Village Voice. 2015-02-02. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  26. ^ Rechtshaffen, Michael. "'Strange Magic': Film Review". http://www.hollywoodreporter.com/movie/strange-magic/review/765394. Diakses tanggal 2015-01-25.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  27. ^ Ordoña, Michael (2015-01-22). "'Strange Magic' review: Music can't save a sprinkle of plot". SFGATE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  28. ^ Puig, Claudia. "'Strange Magic' falls flat in attempt to tune up fairy tales". USA TODAY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  29. ^ "Lucasfilm's Strange Magic is the Moulin Rouge of animated features". Film (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  30. ^ "'Strange Magic': Botched attempt at crowd-pleasing". Newsday (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  31. ^ Lumenick, Lou (2015-01-22). "'Strange Magic' is jaw-droppingly terrible". New York Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  32. ^ Facebook; Twitter; options, Show more sharing; Facebook; Twitter; LinkedIn; Email; URLCopied!, Copy Link; Print (2015-01-22). "Review: 'Strange Magic' casts a musical spell, but as a movie it misses". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  33. ^ Kenigsberg, Ben (2015-01-22). "Spilling a Love Potion on a Fairy Princess". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  34. ^ "It's Rare to Find an Animated Film That Bounces Around As Weirdly As Strange Magic". Vulture (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 
  35. ^ Kenny, Glenn. "Strange Magic movie review & film summary (2015) | Roger Ebert". https://www.rogerebert.com/ (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  36. ^ "Strange Magic". The Dissolve. Diakses tanggal 2021-03-21. 
  37. ^ Records, Buena Vista. "Buena Vista Records Set To Release "Strange Magic" Original Motion Picture Soundtrack". www.prnewswire.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]