Pete's Dragon (film 1977)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Remake 2016 dengan nama yang sama, lihat Pete's Dragon (2016 film)

Pete's Dragon
Pete's Dragon
SutradaraDon Chaffey
Produser
Penulis skenarioMalcolm Marmorstein
Penulis cerita
Pemeran
Penata musikIrwin Kostal
SinematograferFrank Phillips
PenyuntingGordon D. Brenner
Perusahaan
produksi
DistributorBuena Vista Distribution
Tanggal rilis
  • 03 November 1977 (1977-11-03)
Durasi128 menit
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Anggaran$10 juta[1]
Pendapatan
kotor
$36[1]–39.6 juta[2]

Pete's Dragon adalah film fantasi musikal animasi laga hidup Amerika 1977 yang disutradarai oleh Don Chaffey, diproduksi oleh Jerome Courtland dan Ron Miller, dan ditulis oleh Malcolm Marmorstein. Berdasarkan cerita pendek yang tidak diterbitkan "Pete's Dragon and the USA (Forever After)" oleh Seton I. Miller dan SS Field, film ini dibintangi oleh Sean Marshall, Helen Reddy, Jim Dale, Mickey Rooney, Red Buttons, Jeff Conaway, Shelley Winters, dan suara Charlie Callas sebagai Elliott.

Proyek ini awalnya disusun pada tahun 1957 sebagai episode dua bagian dari serial televisi Disneyland, tetapi ditangguhkan sampai dihidupkan kembali sebagai film musik pada tahun 1975. Film ini dirilis pada tanggal 3 November 1977 dengan tinjauan yang beragam dari para kritikus, meskipun beberapa memuji animasinya. Itu adalah kesuksesan finansial yang moderat, meraup $ 18 juta lebih dari anggaran $ 10 juta.

Film ini menerima dua nominasi di Academy Awards ke-50, untuk penilaian musik dan lagu asli. Capitol Records merilis single dari Reddy menampilkan "Candle on the Water" (dengan aransemen yang berbeda dari yang ada di film) yang mencapai # 27 di tangga lagu Dewasa Kontemporer.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di New England pada awal 1900-an, seorang yatim piatu bernama Pete mengendarai naga tak terlihat bernama Elliott di hutan, melarikan diri dari Gogans, sebuah keluarga kasar yang membeli Pete untuk bekerja di pertanian mereka. Keluarga bernyanyi tentang bagaimana mereka akan memperlakukannya dengan lebih baik jika dia kembali, sambil mengungkapkan niat mereka yang sebenarnya ("Rumah Paling Bahagia di Perbukitan Ini"). Elliott mengayunkan ekornya, menjatuhkan para Gogan ke lumpur. Setelah mereka pergi, Pete tertidur di dalam kayu bundar.

Pete dan Elliott mengunjungi Passamaquoddy, di mana kecerobohan Elliott yang tak terlihat menyebabkan Pete dicap sebagai sumber ketidakberuntungan. Lampie, penjaga mercusuar, tersandung keluar dari sebuah bar dan bertemu Pete. Elliott membuat dirinya terlihat dan Lampie, ketakutan, berlari ke kota ("I Saw a Dragon"). Secara alami, mereka mengabaikan ini sebagai kata-kata kasar mabuk lainnya, ketika putrinya, Nora, tiba. Setelah itu, dia membawanya kembali ke mercusuar dan menidurkannya. Di gua tepi laut, Pete menegur Elliott karena menyebabkan masalah. Saat mereka berbaikan, putri Lampie, Nora, muncul, memperingatkan bahwa Pete tidak aman tinggal di sana karena gelombang pasang yang sedang berlangsung dari laut. Ketika dia menyadari dia yatim piatu dan bukan dari daerah tersebut, dia menawarkan dia makanan dan tempat tinggal di mercusuar dan dia menerimanya.

Pete memberi tahu Nora tentang pelecehan yang dideritanya dari Gogan, dan saat Nora menawarkan untuk membiarkannya bermalam di mercusuar, mereka memulai persahabatan ("Itu Tidak Mudah"). Dia mempelajari kisah tunangannya, Paul, yang kapalnya dilaporkan hilang di laut tahun sebelumnya. Dia berjanji untuk bertanya pada Elliott tentang Paul. Dia percaya bahwa Elliott adalah teman khayalan Pete.

Keesokan paginya, dukun keliling Dr. Terminus dan asistennya Hoagy tiba dan memenangkan hati penduduk kota yang mudah tertipu, yang awalnya marah dengan kepulangan mereka ("Passamaquoddy"). Lampie dan Hoagy pergi untuk membuktikan apakah Elliot itu nyata atau tidak, tetapi meskipun telah berinteraksi dengannya selama beberapa waktu, mereka tetap tidak dapat membuat siapa pun percaya bahwa dia ada. Keesokan harinya nelayan setempat mengeluh tentang kelangkaan ikan dan percaya itu salah Pete. Nora memberi tahu mereka tempat penangkapan ikan bergeser dari waktu ke waktu dan Pete harus disambut ke kota. Dia membawanya ke sekolah, di mana gurunya, Nona Taylor, menghukumnya secara tidak adil karena kelakuan Elliott. Elliott yang marah menghantam gedung sekolah, meninggalkan sosoknya di dinding, saat Pete kabur. Pete menolak tawaran Dr. Terminus untuk Elliott tetapi menerima undangan Nora dan Lampie untuk tinggal bersama mereka secara permanen. Ketika para Gogan datang ke kota untuk memintanya kembali, Nora menolak untuk menyerahkannya. Saat Gogan berusaha mengejar mereka dengan perahu kecil, Elliott "mentorpedo" nya, menyelamatkan Pete ("Bill of Sale"). Dr Terminus bekerja sama dengan Gogan untuk menangkap Pete dan Elliott. Dia juga meyakinkan penduduk setempat yang percaya takhayul bahwa membantunya menangkap Elliott akan menyelesaikan masalah mereka.

Malam itu, badai datang. Di laut, sebuah kapal mendekati Passamaquoddy dengan Paul di dalamnya. Dr Terminus memikat Pete ke gudang perahu sementara Hoagy melakukan hal yang sama kepada Elliott. Sesampai di sana, Elliott yang tidak terlihat terjebak dalam perangkap jaring, tetapi dia membebaskan dirinya sendiri, menyelamatkan Pete, dan menghadapi para Gogan. Lena berteriak padanya, mengklaim Pete adalah milik mereka, dan melambaikan tagihan penjualan padanya, yang dia obor. Sekarang sama sekali tidak berdaya, mereka melarikan diri setelah dia membuat mereka takut. Saat dia dan Pete tertawa, Dr. Terminus berusaha sekali lagi untuk menombaknya, tetapi kakinya terjepit di tali dan dia dikirim terlempar ke langit-langit dan berteriak saat dia melewatinya, akhirnya menjuntai terbalik di dekat tiang listrik. . Dalam upaya terakhir, dia menawarkan untuk membeli "suku cadang" Elliott; Elliott menolak dan mulai menghancurkan gerobak keliling Dr. Terminus, mengakhiri bisnis penipuannya.

Elliott kemudian menyelamatkan Walikota, Nona Taylor, dan anggota Dewan Kota dari tiang listrik yang jatuh, menampakkan dirinya kepada mereka. Kembali ke mercusuar, lampu telah padam oleh gelombang nakal yang didorong oleh badai. Elliott kembali dan menyalakannya dengan apinya sendiri. Saat dia melakukannya, Nora melihat bahwa dia nyata. Lampu dinyalakan dan kapal diselamatkan. Keesokan paginya, Walikota dan penduduk kota memuji Elliott atas bantuannya, dan Nora bertemu kembali dengan Paul, yang merupakan satu-satunya yang selamat dari kecelakaan kapal di Cape Hatteras dan menderita amnesia. Sekarang Pete memiliki keluarga yang penuh kasih, Elliott mengatakan kepadanya bahwa dia harus pindah untuk membantu anak lain yang bermasalah, dan sedih karena mereka harus berpisah. Pete menghibur Elliott dengan memberi tahu dia jika ada yang bisa membantu anak itu, dia bisa. Dia kemudian dengan senang hati terbang pergi saat Pete dan keluarga barunya melambai padanya. Pete dengan senang hati mengingatkannya sekali lagi bahwa dia seharusnya tidak terlihat.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sean Marshall sebagai Pete, seorang anak yatim piatu yang melarikan diri dari Gogan yang kejam
  • Helen Reddy sebagai Nora, seorang anak perempuan yang baik hati bagi para penjaga mercusuar
  • Mickey Rooney sebagai Lampie, seorang penjaga mercusuar yang sangat suka dengan alkohol dan seorang ayah dari Nora
  • Jim Dale sebagai Dr.Terminus, seorang tukang obat yang licik dan seorang pemain sandiwara
  • Red Buttons sebagai Hoagy, seorang yang sangat suka dengan alkohol dan sebagai asisten dari Dr. Terminus
  • Shelley Winters sebagai Lona Gogan, seorang ibu pemimpin keluarga dari keluarga Gogan
  • Jane Kean Sebagai Nona Taylor, seorang yang berasal Passaquoddy yang mempunyai disiplin yang tinggi, serta seorang guru yang kasar
  • Jim Backus sebagai walikota di Passamaquoddy
  • Charles Tyner sebagai Merle Gogan, seorang kepala keluarga dari keluarga Gogan
  • Gary Morgan and Jeff Conaway sebagai Grover dan Willie Gogan. mereka berdua anak dari Merle dan Lena yang sangat sadis
  • Cal Bartlett sebagai paul, seorang tunangan dari Nora dan sebagai pelaut yang hilang di laut
  • Charlie Callas sebagai pemberi efek suara untuk Elliot, seekor naga yang berteman dengan Pete
  • Walter Barnes sebagai kapten kapal yang dimana akan menghantarkan Paul kembali ke rumah

Deretan lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu pada film ini ditulis oleh Al Kasha danJoel Hirschhorn. Irwin Kostal mengurutkan lagu.

  1. "The Happiest Home in These Hills" – Lena, Merle, Grover, Willie
  2. "Boo Bop Bop Bop Bop (I Love You, Too)" – Pete, Elliott
  3. "I Saw a Dragon" – Lampie, Nora, Townsmen
  4. "It's Not Easy" – Nora, Pete
  5. "Passamaquoddy" – Dr. Terminus, Hoagy, Townsfolk
  6. "Candle on the Water" – Nora
  7. "There's Room for Everyone" – Nora, Pete, Children
  8. "Every Little Piece" – Dr. Terminus, Hoagy
  9. "Brazzle Dazzle Day" – Nora, Lampie, Pete
  10. "Bill of Sale" – Nora, Lena, Merle, Grover, Willie
  11. "I Saw a Dragon (Reprise)" – Townsmen
  12. "Brazzle Dazzle Day (Reprise)" – Pete, Nora, Lampie, Paul

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 1957, Walt Disney Productions memilih hak film untuk cerita pendek "Pete's Dragon and the U.S.A. (Forever After)" yang ditulis oleh Seton I. Miller dan S.S. Field, di mana Miller dipekerjakan untuk menulis naskah tersebut.[3][4] Terkesan dengan penampilannya di Old Yeller, Walt Disney memikirkan aktor cilik Kevin Corcoran untuk membintangi proyek tersebut sebagai film panjang.[5][6] Bagaimanapun, Disney menganggap bahwa proyek itu lebih sesuai untuk program antologi Disneylandnya,[6] yang dijadwalkan untuk difilmkan sebagai episode dengan dua bagian di tahun berikutnya.[3] Pada February 1958, Variety melaporkan bahwa film tersebut akan dibuat pada bulan Oktober. Pada musim semu berikutnya, penulis skenario veteran Noel Langley telah menyelesaikan draft naskahnya. Namun, Disney masih tidak yakin tentang cara mendekati proyek, dan proyek ditempatkan secara turnaround.[6]

Pada tahun1968, penulis Bill Raynor danMyles Wilder dipekerjakan untuk menulis naskah, dan menyelesaikan garis besar mereka pada bulan Oktober. Mereka mengirimkan grais besar mereka ke studio untuk ditinjau, tetapi proyek terus merana dalam pengembangan.[3] Pada tahun 1975, produser Jerome Courtland kembali menemukan proyek ini dan menyewa penulis Malcolm Marmorstein untuk menulis naskahnya.[3] Untuk naskahnya, Maromostein merevisi cerita dari berada di waktu konteporer menjadi pengaturan periode, dan membuat naga berubah dari sepenuhnya imajiner menjadi yang nyata. Dalam draft sebelumnya, Elliot sebagian besar tidak terlihat selain dari satu urutan animasi, di mana Dr.Terminus akan memotong naga untuk skemanya yang kaya. Namun, veteran Disney Ken Anderson merasa penonton akan "kehilangan kesabaran" dengan ide itu dan melobi agar Elliot terlihat lebih dalam bentuknya yang terlihan selama film.[7] Dalam retro peksi, Marmorstein kebobolan bahwa "Kami mencoba naga yang sama sekali tidak terlihat, tetapi itu tidak menyenangkan. Itu kurang. Ini adalah media visual, dan Anda membuat film untuk anak-anak." Dia juga menamai naga "Elliot" setelah aktor Elliott Gould (yang merupakan teman dari hari-hari teaternya), dan menamai kota "Passamaquoddy" setelah suku Native American yang sebenarnya di Maine.[8]

Pada Oktober 1975, duo penulis lagu Al Kasha danJoel Hirschhorn ditugaskan untuk menyusun skor musik.[9] Produksinya disutradarai oleh pembuat film Inggris Don Chaffey, yang telah membuat dua film yang lebih kecil untuk Disney pada awal 1960-an antara menyutradarai petualangan fantasi yang lebih besar (Jason and the Argonauts, One Million Years B.C.) untuk yang lain.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Mercusuar untuk film ini dibangun di Point Buchon Trail yang terletak di selatan Los Osos, California,[1] pengganti Maine. Dilengkapi dengan suar besar sehingga Disney harus mendapatkan izin khusus dari Coast Guard untuk mengoperasikannya, karena melakukannya selama syuting akan membingungkan kapal yang lewat. Pacific Gas and Electric membuka Point Buchon Trail dan memungkinkan pejalan kaki mengakses tempat syuting berlangsung (35°14′49.08″N 120°53′50.63″W / 35.2469667°N 120.8973972°W / 35.2469667; -120.8973972).

Animasi[sunting | sunting sumber]

Animator film ini memilih untuk membuat Elliott terlihat lebih seperti ofgfhfhtriental, dari pada occidental naga, karena naga oriental biasanya dikaitkan dengan baik. . Film ini adalah animasi pertama yang melibatkan di mana tidak satu pun dari Nine Old Men — tim animator asli Disney — terlibat. Salah satu teknik yang digunakan dalam film ini terlibat menyusun dengan yellowscreen yang awalnya digunakan di Mary Poppins dan mirip dengan menyusun greenscreen saat ini, di mana hingga tiga adegan mungkin dilapisi bersama - misalnya, latar depan hidup, latar belakang hidup, dan tanah tengah animasi yang berisi Elliott. Ken Anderson, yang menciptakan Elliott, menjelaskan bahwa dia pikir akan tepat untuk membuatnya "sedikit paunchy" dan tidak selalu anggun dalam terbang.[10][11] Don Hahn, yang merupakan asisten sutradara Don Bluth di Pete's Dragon, mendapatkan beberapa pengalaman bekerja dengan kombinasi live-action dan animasi sebelum kemudian melanjutkan untuk mengerjakan Who Framed Roger Rabbit.[12]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Pete's Dragon tayang perdana pada 3 November 1977 di Radio City Music Hall untuk rilis roadshow yang dimaksudkan, di mana film ini berjalan selama 134 menit. Untuk rilis umumnya, itu diedit hingga 121 menit. Kemudian dirilis ulang pada 9 Maret 1984, dipersingkat dari 121 menit menjadi 104 menit. Poster film ini dilukis oleh seniman Paul Wenzel.[13][14]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Sebuah rekaman soundtrack (Disneyland 3138) dirilis yang menceritakan banyak cerita dan menambahkan narator, tetapi tidak seperti banyak buku dan catatan Disney lainnya, menggunakan dialog aktual yang direkam untuk film, yang disajikan buku dalam format naskah. Masuknya cerita menyebabkan kelalaian beberapa lagu, termasuk "The Happiest Home in These Hills," "There's Room for Everyone," dan "Bill of Sale," sementara "Brazzle Dazzle Day" hanya termasuk dalam instrumental.

Home media[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di VHS pada awal1980. Album ini dirilis ulang di VHS pada 28 Oktober 1994 sebagai bagian dari Masterpiece Collection. Awalnya dijadwalkan untuk dirilis dalam line-up Walt Disney Gold Classic Collection pada 5 Desember 2000,[15]tetapi didorong kembali ke 16 Januari 2001. DVD ini mencakup fitur bonus seperti dua celana pendek animasi Lighthouse Keeping and Man, Monsters and Mysteries, dua kutipan vintage dari episode Disney Family Album di Ken Anderson dan "The Plausible Impossible" dari Disneyland, dan kedua trailer teater untuk film ini..


Film ini dirilis ulang dalam DVD "High-Flying Edition" pada 18 Agustus 2009. DVD mencakup fitur dokumenter setengah jam, urutan papan cerita yang dihapus, rekaman demo asli lagu, dan beberapa fitur bonus yang ditransfer dari rilis Gold Classic Collection.[16] Film tersebut dirilis pada Blu-ray edisi ulang tahun ke-35 pada 16 Oktober 2012.

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Reaksi kritis[sunting | sunting sumber]

Janet Maslin dari The New York Times memuji film tersebut yang menyatakannya sebagai "film Disney yang paling energik dan menyenangkan dalam waktu yang lama." Dia juga memuji penampilan Helen Reddy yang mencatat "Sean Marshall tidak bernyanyi dengan baik, tetapi Helen Reddy melakukannya, jadi dia sering mengiringi vokalnya. Miss Reddy dapat diservis tetapi tidak dibedakan sebagai aktris — dia memiliki kecenderungan untuk berperilaku seolah-olah dia adalah bola lampu yang sangat terang di lampu yang sangat kecil — tetapi dia sering kali ditemani oleh Tuan Rooney, Dale, atau Buttons. adegan bekerja dengan baik. "Namun, dia mengkritik durasi film dan konsumsi alkohol yang berlebihan.[17]

Kathleen Carroll dari New York Daily News memberi film itu tiga bintang dari empat, mengkritik skor dan rekaman live-action, tetapi memuji animasi naga dan pertunjukannya, menulis "Sean Marshall, sebagai Pete, terlihat dan bertindak alami pada kamera yang membuatnya menjadi perubahan yang menyegarkan dari malaikat kecil manis yang biasanya berperan dalam film Disney. Miss Reddy memainkan perannya dengan efisiensi yang tajam dan untungnya menerima dukungan kuat untuk pemeran lainnya, terutama Dale, begitu licin dan lucu sebagai obat yang licik, dia hampir mengalahkan naga yang suka diemong."[18]

Variety menulis bahwa film itu adalah "dongeng yang mempesona dan manusiawi yang memperkenalkan bintang hewan yang paling menyenangkan (meskipun animasi)." Mereka memuji kombinasi aksi langsung dan animasi sebagai "belum pernah terwujud dengan lebih efektif" dan berkomentar bahwa film tersebut menderita "setiap kali Elliott keluar dari layar."[19]

John Skow dari Time menulis bahwa film itu "fantasi yang menyenangkan", tetapi menolak nomor musik sebagai "kesempatan bagus untuk berbaris untuk mendapatkan lebih banyak popcorn."[20]

Charles Champlin dari Los Angeles Times menulis, "Pada 2 jam 7 menit, ini adalah rentang percobaan bagi pengasuh kecil. Animasi kegembiraan terus berhenti untuk lagu-lagu Al Kasha dan Joel Hirschhorn, tetapi mereka bukanlah showstoppers dalam arti yang besar. Hambar, asal-asalan dan terlalu banyak lebih seperti itu. "[21]

Gene Siskel dari Chicago Tribune memberi film itu dua bintang dari empat dan menulis bahwa "kita mendapatkan formula Disney yang sama lelahnya: seorang anak berwajah lengket di dunia panggung suara palsu yang dihuni oleh aktor-aktor lama yang diharuskan untuk melakukan rutinitas vaudeville kuno .. . Dibandingkan dengan animasi klasik Disney yang hebat, 'Pete's Dragon' hanyalah pertunjukan TV di layar lebar. "[22]

Gary Arnold dari The Washington Post menulis bahwa film tersebut "tampaknya dimaksudkan untuk menjadi fantasi komedi musik yang besar dan meriah, tetapi dipentaskan dan difoto tanpa energi, bakat, atau koordinasi musik-komedi ... Mungkin anak-anak dapat diandalkan untuk menikmati Penjambretan Elliott dan selingan slapstick yang kadang-kadang mengganggu kebosanan, tetapi orang tua akan melihat ini lebih sebagai tugas.[23]

Kritikus Leonard Maltin mengamati bahwa Disney melakukan beberapa upaya untuk menciptakan kembali daya tarik dan kesuksesan Mary Poppins (1964), dan bahwa Pete's Dragon tidak mendekati skor itu. Namun, ia menambahkan bahwa itu mungkin menyenangkan anak-anak, dan bahwa "karakter judul animasi begitu menawan sehingga hampir mengimbangi penjambretan melelahkan para aktor langsung."[24]

Thomas J. Harris, dalam bukunya Children’s Live-Action Musical Films: A Critical Survey and Filmography, mengkritik keras cerita tersebut serta mengomposisikan Elliott animasi; dia juga menemukan "akhir cerita Mary Poppinsish" menjadi "benar-benar tidak termotivasi", karena kehidupan Pete sebelum bertemu Elliott tidak pernah sempurna..[25]

Pada tahun 2006, Elliott menduduki peringkat kelima dalam daftar 10 besar naga film oleh Karl Heitmueller untuk MTV Movie News.[26]

Di situs web review aggregator Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating persetujuan 54% berdasarkan 26 ulasan, dengan rata-rata rating 4.82 / 10. Konsensus situs tersebut menyatakan: "Membosankan dan lambat, ini adalah karya Disney yang lebih rendah, meskipun animasinya bukannya tanpa daya tariknya."[27] Metacritic memberi film skor 46 berdasarkan 5 ulasan, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[28]

Box office[sunting | sunting sumber]

Selama rilis awalnya, film ini meraup $ 16,1 juta dari sewa distributor dari Amerika Serikat dan Kanada,[29] yang menduduki peringkat keenam belas pada daftar hit box office Variety tahun 1978.[30] Namun, pengembaliannya dianggap mengecewakan bagi Disney yang mengharapkan film laris sebesar Mary Poppins.[31][32] Film ini memiliki pendapatan kotor domestik seumur hidup mulai dari $36[1] ke 39.6 million.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Academy Awards[sunting | sunting sumber]

Film ini dinominasikan untuk dua Academy Awards:[33]

Academy of Science Fiction, Fantasy and Horror Films Awards[sunting | sunting sumber]

Film ini dinominasikan untuk empat Saturn Awards:[33]

Golden Globes[sunting | sunting sumber]

Hollywood Foreign Press Association menominasikan film tersebut untuk satu Golden Globe Award:[33]

Remake[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 2013, Disney mengumumkan pembuatan ulang film tersebut, yang ditulis oleh David Lowery dan Toby Halbrooks, sutradara / penulis dan co-produser (masing-masing) dari hit Sundance Ain't Them Bodies Saints (2013). Ini membayangkan kembali keluarga Disney yang terhormat dan disajikan sebagai drama langsung dan bukan musikal.[34] Fotografi utama dimulai pada Januari 2015 di Selandia Baru, dengan pengarahan Lowery,[35][36] dan selanjutnya dirilis pada 12 Agustus 2016.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Pete's Dragon, Box Office Information". The Numbers. Diakses tanggal January 29, 2012. 
  2. ^ a b "Pete's Dragon (Re-issue) (1984)". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 18, 2016. 
  3. ^ a b c d Lark, Max (August 16, 2016). "For Pete's Sake: The Long Road to Pete's Dragon". D23. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  4. ^ Pete's Dragon. Bonus Features: Film Facts (DVD). Disney Enterprises (distributed by Buena Vista Home Entertainment). 
  5. ^ "New Disney Film for Moppet Star" (Subscription required). Oakland Tribune. December 28, 1957. Diakses tanggal August 27, 2018 – via Newspapers.com. 
  6. ^ a b c Hill, Jim (August 12, 2016). "How "Pete's Dragon" went from being a "Mary Poppins" wanna-be to an "E.T." -inspired delight". The Huffington Post. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  7. ^ Hammond, David (October 1977). "Giving A Personality to An Animated Dragon"Perlu langganan berbayar. American Cinematographer. 58 (10). hlm. 1032–33 – via Questia Online Library. 
  8. ^ Koenig 1997, hlm. 162–3.
  9. ^ "Yablans to produce independent film" (Subscription required). The Mercury. October 18, 1957. Diakses tanggal August 27, 2018 – via Newspapers.com. 
  10. ^ Ken Anderson. Pete's Dragon. Bonus Features: "Disney Family Album" (Excerpt) (DVD). Buena Vista Home Entertainment. 
  11. ^ Thomlison, Adam. "Q: I saw "Pete's Dragon" for the first time the other day, and I'm wondering how they combined the animation and live-action sequences. How did they make Pete float while Elliott was invisible?". TV Media. Diakses tanggal January 11, 2013. 
  12. ^ Farago, Andrew (November 30, 2008). "Roger Rabbit turns 20". Animation World Network. Diakses tanggal November 12, 2009. 
  13. ^ "Paul Wenzel". Cinematerial.com. Diakses tanggal August 13, 2019. 
  14. ^ "LOT #95159 Pete's Dragon Theatrical Poster Illustration Art by Paul Wenzel (Walt Disney, 1977)". Heritage Auctions. June 16, 2018. Diakses tanggal August 13, 2019. 
  15. ^ "Walt Disney Home Video Debuts the "Gold Classic Collection"". The Laughing Place. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  16. ^ "Pete's Dragon: High-Flying Edition DVD Review". DVDizzy. August 10, 2009. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  17. ^ Maslin, Janet (November 4, 1977). "Film: 'Dragon' at Music Hall:Sweet, Green Fire". The New York Times. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  18. ^ Carroll, Kathleen (November 4, 1977). "Opening: a Dragon, a Voyage, and Children". New York Daily News. Diakses tanggal December 14, 2019. 
  19. ^ "Film Reviews: Pete's Dragon". Variety. November 9, 1977. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  20. ^ Skow, John (December 5, 1977). "Cinema: Scaly Tale". Time. Vol. 110 no. 23. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  21. ^ Champlin, Charles (December 16, 1977). "Smoke, But No Fire in 'Dragon'". Los Angeles Times. Part IV, p. 22.
  22. ^ Siskel, Gene (December 20, 1977). "'Pete's' draggin' the great Disney name to new low". Chicago Tribune. Section 2, p. 5. publikasi akses terbuka - bebas untuk dibuka
  23. ^ Arnold, Gary. "Invisible 'Dragon' Without Fire". The Washington Post. hlm. D7. 
  24. ^ Maltin, Leonard (1999). Leonard Maltin's Family Film Guide. New York: Signet. hlm. 437. ISBN 0-451-19714-3. 
  25. ^ Harris, Thomas J. (1989). Children's Live-Action Musical Films: A Critical Survey and Filmography. McFarland & Company, Inc. ISBN 0-89950-375-6. 
  26. ^ Heitmueller, Karl (December 12, 2006). "Rewind: Dragons Have Breathed Fire In Many Films Besides 'Eragon': Top 10 dragons in filmdom include Haku of 'Spirited Away,' Maleficent in 'Sleeping Beauty,' Ghidorah of 'Godzilla' fame". MTV Movie News. MTV Networks. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 11, 2008. Diakses tanggal November 9, 2009. 
  27. ^ "Pete's Dragon (1977)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 22, 2016. 
  28. ^ "Pete's Dragon (1977) Reviews". Metacritic. 
  29. ^ "Big Rental Films of 1978". Variety. January 3, 1979. hlm. 17. 
  30. ^ Krämer, Peter (September 2002). "'The Best Disney Film Disney Never Made': Children's Films and the Family Audience in American Cinemas since the 1960s". Dalam Neale, Steve. Genre And Contemporary HollywoodPerlu mendaftar (gratis). London, UK: British Film Institute. hlm. 189. ISBN 0-85170-887-0. 
  31. ^ Korkis, Jim (February 27, 2016). "The Story Behind "Pete's Dragon" (1977)". Cartoon Research. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  32. ^ "Pete's Dragon (film)". D23. Diakses tanggal August 27, 2018. 
  33. ^ a b c "Awards for Pete's Dragon". Internet Movie Database. Diakses tanggal 2009-10-15. 
  34. ^ "After Gritty Sundance Debut On 'Ain't Them Bodies Saints', David Lowery to Reinvent 'Pete's Dragon' For Disney". Deadline Hollywood (March 19, 2013).
  35. ^ "Casting call for Disney feature film Pete's Dragon lead role" Diarsipkan August 19, 2014, di Wayback Machine..
  36. ^ Pedersen, Erik (January 15, 2015). "Disney Dates 'Ghost in the Shell', Moves Jungle Book Back 6 Months". Deadline Hollywood. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Disney theatrical animated features

Templat:Don Chaffey Templat:Don Bluth