Indiana Jones and the Dial of Destiny

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Indiana Jones and the Dial of Destiny
SutradaraJames Mangold
Produser
Ditulis oleh
Berdasarkan
Indiana Jones
oleh
Pemeran
Penata musikJohn Williams
SinematograferPhedon Papamichael
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 30 Juni 2023 (2023-06-30)
Durasi154 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$294,7 juta
Pendapatan
kotor
$375,5 juta

Indiana Jones and the Dial of Destiny adalah sebuah film aksi petualangan asal Amerika produksi tahun 2023 yang dibintangi Harrison Ford sebagai arkeolog Indiana Jones dalam seri kelima dari seri film Indiana Jones. Film ini disutradarai oleh James Mangold, yang menulis naskah bersama Jez Butterworth dan John-Henry Butterworth. Merupakan film pertama dalam seri yang tidak disutradarai oleh Steven Spielberg atau dengan cerita yang ditulis oleh George Lucas, dengan Spielberg dan Lucas bertindak sebagai produser eksekutif sebagai gantinya. Ini juga merupakan film pertama dalam serial ini yang tidak melibatkan Paramount Pictures, karena The Walt Disney Company mengakuisisi Lucasfilm pada tahun 2012. John Rhys-Davies menampilkan kembali karyanya berperan sebagai Sallah, dan pemeran baru termasuk Phoebe Waller-Bridge, Antonio Banderas, Shaunette Renée Wilson, Thomas Kretschmann, Toby Jones , Boyd Holbrook, Olivier Richters, Ethann Isidore, dan Mads Mikkelsen.[2][3]

Lucas mulai meneliti perangkat plot potensial pada tahun 2008, meskipun proyek tersebut terhenti selama bertahun-tahun. Dia menyerahkan proyek tersebut kepada produser Kathleen Kennedy pada tahun 2012, ketika dia menjadi presiden Lucasfilm. Kemajuan pada film kelima tetap tidak aktif sementara perusahaan mengerjakan trilogi sekuel "Star Wars". David Koepp akhirnya dipekerjakan untuk menulis film kelima pada tahun 2016, dengan tanggal rilis ditetapkan pada tahun 2019, meskipun hal ini sempat tertunda beberapa kali karena penulisan ulang naskah. Jonathan Kasdan dipekerjakan untuk menggantikan Koepp pada tahun 2018, dan Koepp mengerjakan naskahnya lagi pada tahun 2019, sebelum akhirnya keluar dari proyek tersebut. Spielberg akan mengarahkan film tersebut, tetapi mengundurkan diri pada tahun 2020, dengan Mangold menggantikannya. Syuting dimulai pada Juni 2021, dan selesai pada Februari 2022. Lokasi syuting mencakup seluruh Inggris Raya di Inggris dan Skotlandia, Italia, dan Maroko.

Film ini dijadwalkan untuk dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 30 Juni 2023 oleh Walt Disney Studios Motion Pictures.

Alur / Sinopsis[sunting | sunting sumber]

berlatar tahun 1969, Arkeolog Indiana Jones menolak masa pensiunnya untuk berpetualang dan kembali beraksi untuk mencari sebuah artefak legendaris bernama Antikythera misterius yang bisa mengubah takdir sejarah dunia. tidak melakukan aksi nya sendirian, di dampingi oleh anak perempuan baptis nya, Helena Shaw. Indiana tidak lama menyadari bahwa ia dipermaini oleh Jürgen Voller, seorang mantan SS Nazi yang dimana berakhir berkerja dengan NASA

Pemeran[sunting | sunting sumber]

proses syuting Indiana Jones 5 di Glasgow
  • Alaa Safi sebagai Rahim
  • Martin McDougall sebagai Durkin
  • Mark Killeen sebagai Pontimus

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kroll, Justin (April 9, 2021). "'Indiana Jones 5': Phoebe Waller-Bridge Lands Female Lead In Next Installment Opposite Harrison Ford". Deadline Hollywood. Diakses tanggal April 9, 2021. 
  2. ^ "Indiana Jones 5 Will Pit Indy Against Nazis Again, In 1969 – Exclusive". Empire. Diakses tanggal November 19, 2022. 
  3. ^ Travis, Ben (November 21, 2022). "Phoebe Waller-Bridge Is Indy's Goddaughter Helena In Indiana Jones 5: 'She's A Mystery And A Wonder' – Exclusive Image". Empire. Diakses tanggal November 21, 2022.