Oliver & Company

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Oliver & Company
Oliverposter.jpg
Poster layar lebar
Sutradara George Scribner
Skenario
Cerita
Berdasarkan Oliver Twist 
oleh Charles Dickens
Pemeran
Musik J.A.C. Redford
Perusahaan
produksi
Distributor Buena Vista Pictures Distribution
Tanggal rilis
  • 18 November 1988 (1988-11-18)
Durasi
73 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran 31 juta dolar AS.[1]
Pendapatan kotor 74,2 juta dolar AS[2]

Oliver & Company (Oliver & Teman) adalah sebuah film musikal animasi Amerika Serikat tahun 1988 di mana seekor kucing tidak berumah bernama Oliver mengikuti sebuah kumpulan anjing untuk melalui hidup di jalanan Kota New York 1980-an. Film ini diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan adalah film animasi ke-27 dirilis dalam jaringan Film Animasi Klasik Walt Disney. Ini dirilis ulang di AS, Kanada, dan Inggris pada 29 Maret 1996. Ia kemudian dikeluarkan ke dalam video setelah itu pada tahun sama, dan sekali lagi pada 2002 dan 2009 dalam DVD.

Film ini berinspirasikan oleh novel karya Charles Dickens Oliver Twist, yang disesuaikan beberapa kali dalam layar. Dalam versi ini, Oliver adalah seekor kucing, geng Fagin terdiri dari anjing-anjing (diantaranya adalah Dodger), dan Sikes adalah seorang yang meminjamkan duit. Setelah Dumbo (1941), Bambi (1942), One Hundred and One Dalmatians (1961), dan The Rescuers (1977), ini adalah film animasi Disney kelima yang berlangsung saat ini produksi, dengan Kota New York sebagai latar tempat.

Sinopsis

Oliver, kucing yang hilang, telah bertemu dengan jalan oleh mutt-pintar bernama Dodger. Oliver menemukan perusahaan dengan baik Doger dan gang, termasuk Fagan, sejenis orang tua yang harus membayar pinjaman-hiu bernama Sykes. Oliver kemudiannya mendapat masai kawat di dalam mobil, dan diadopsi oleh seorang gadis bernama Jenny. Doger dan regu mendapatkan kembali Oliver, tetapi Oliver telah puas dengan Jenny. Fagan memutuskan untuk Oliver tebusan untuk mendapatkan uang, tidak diketahuinya adalah seorang gadis kecil yang dimiliki yang kucing. Oliver dan geng harus berhenti Sykes dan Dobermans.

Pengisi suara dan karakter

  • Joey Lawrence sebagai Oliver: Seekor anak kucing jingga yang tersesat dan mencari rumah. Ia adalah diselamatkan oleh sekelompok anjing.
  • Billy Joel sebagai Dodger: Kepala anjing Fagin yang riang ria dan penjumpa pertama dan teman baik dan penjaga Oliver. Dia obyek kasih sayang Rita. Ia sering mengatakan "Absotively Posilutely!"
  • Cheech Marin sebagai Ignacio Alonzo Julio Federico de Tito: Seekor Chihuahua kecil dengan isu kemarahan.
  • Richard Mulligan sebagai Einstein: Seekor Great Dane kelabu dan seekor ahli geng Fagin.
  • Roscoe Lee Browne sebagai Francis: Seekor bulldog dengan pelat British dalam geng Fagin.
  • Sheryl Lee Ralph (Ruth Pointer, nyanyian) sebagai Rita: Seekor Saluki dan satu-satunya anjing betina dalam geng Fagin.
  • Dom DeLuise sebagai Fagin: Seorang pencuri kecil dan orang miskin pada sisi buruknya, tetapi sebenarnya, dia bersifat baik dan sopan sepanjang waktu.
  • Robert Loggia sebagai Sykes: Seorang pemberi pinjaman uang dan agen galangan kapal yang bersenjata.
  • Taurean Blacque dan Carl Weintraub sebagai Roscoe dan DeSoto berurutan: Dua ekor Doberman Pinscher Sykes yang ganas. Mereka bersejarah permusuhan dengan peliharaan Fagin. Roscoe berkolar merah dan DeSoto berkolar biru.
  • Natalie Gregory (Myhanh Tran, nyanyian) sebagai Jennifer "Jenny" Foxworth: Seorang budak perempuan kaya dan baik yang menjaga Oliver.
  • William Glover sebagai Winston: Pelayan kikuk tetapi setia Keluarga Foxworth.
  • Bette Midler sebagai Georgette: Seekor poodle keluarga Foxworth; cemburu terhadap Oliver. Menjadi objek kasih sayang Tito.

Referensi

  1. ^ "Oliver & Company (1988)". The Wrap. Diakses tanggal December 14, 2016. 
  2. ^ "Oliver & Company". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 5, 2012. 

Pranala luar