Bolt (film 2008)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bolt
Bolt ver2.jpg
Poster promosi
Sutradara Chris Williams
Byron Howard
Produser Clark Spencer
John Lasseter
Penulis Ide
Chris Sanders
Naskah film
Chris Williams
Dan Fogelman
Pemeran John Travolta
Miley Cyrus
Susie Essman
Mark Walton
Malcolm McDowell
Musik John Powell
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis
Amerika Utara:
21 November 2008
Asia Tenggara:
21 November 2008
Australia:
1 Januari 2009
Britania Raya:
6 Februari 2009
Durasi
96 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $150,000,000[1]
Pendapatan kotor

Domestic:
$113,643,011
Worldwide:
$294,516,832

[1]
Untuk kegunaan lain dari Bolt, lihat Bolt (disambiguasi).

Bolt adalah sebuah film animasi petualangan Disney yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan tersedia dalam bentuk 3D. John Travolta, Miley Cyrus, Susie Essman, Mark Walton dan Malcolm McDowell berperan dalam pengisian suara di film ini. Film ini berpusat pada seekor anjing putih kecil bernama Bolt, yang telah menghabiskan seluruh hidupnya untuk sebuah serial televisi, dan berpikir bahwa dia memiliki kekuatan super. Ketika dia percaya bahwa majikannya, Penny, telah diculik, dia menempuh perjalanan lintas-negara untuk "menyelamatkan"nya. Bolt mendapatkan nominasi Best Animated Feature dalam Academy Award tahun 2009, namun kalah dari WALL-E.

Alur cerita

Seorang gadis bernama Penny (disuarakan oleh Miley Cyrus) dan seekor anjing bernama Bolt (disuarakan oleh John Travolta) membintangi serial televisi populer yang disebut Bolt, di mana karakternya memiliki berbagai kekuatan super dan terus-menerus harus menggagalkan rencana jahat dari Dr. Calico (disuarakan oleh Malcolm McDowell). Untuk mendapatkan kinerja yang lebih realistis, produser acara TV telah menipu Bolt sepanjang hidupnya, mengatur syuting sedemikian rupa sehingga Bolt percaya bahwa acara televisi tersebut adalah nyata dan dia benar-benar memiliki kekuatan super. Setelah selesai syuting untuk episode terbaru, Bolt melarikan diri dan dengan keliru percaya bahwa Penny telah diculik oleh penjahat televisi. Dia mencoba untuk menerobos jendela, namun tak sengaja dia jatuh ke dalam kotak styrofoam yang akan dikirim dari Hollywood ke New York City. Di New York, dia bertemu Mittens (disuarakan oleh Susie Essman), seekor kucing perempuan. Bolt yakin ini adalah petualangan lain, memaksa Mittens untuk membantunya kembali ke Hollywood dan keduanya pun memulai perjalanan mereka ke arah barat di atas truk, setelah Bolt memukul Mittens hingga pingsan. Sementara itu di Hollywood, Penny sangat sedih atas hilangnya Bolt tetapi studio tetap ingin melanjutkan syuting dengan anjing yang mirip dengan Bolt. Sebagaimana petualangan mereka berlangsung, Bolt mulai menyadari bahwa kekuatan supernya tidak bekerja dan berpikir bahwa ini adalah efek dari styrofoam yang ada di tubuhnya.

Bolt merasa heran pada rasa sakit dan kelaparan yang dirasakannya, Mittens mengajari bagaimana untuk bertindak lucu, tetapi anjing yang membutuhkan dan dihadiahi makanan. Mereka bertemu Rhino (disuarakan oleh Mark Walton), seekor hamster yang tidak kenal takut, sangat terobsesi dengan TV dan penggemar berat Bolt kemudian bergabung dalam tim mereka. Mittens mencoba untuk meyakinkan bahwa kekuatan super Bolt itu tidak nyata, namun percakapan mereka terpotong oleh kedatangan Pengawas Hewan yang menangkap mereka berdua dan mengangkut mereka ke penampungan hewan. Setelah dibebaskan ketika dalam perjalanan oleh Rhino, Bolt akhirnya menyadari bahwa dia hanya anjing biasa, tetapi mendapatkan kembali kepercayaan diri setelah Rhino memberinya semangat hidup. Mereka menyelamatkan Mittens dari penampungan dan melarikan diri, mereka pun melanjutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan, Bolt belajar untuk menikmati kegiatan anjing yang khas (seperti menggantung kepalanya keluar jendela), tetapi Mittens menolak untuk pergi jauh dari Las Vegas. Dia mengatakan kepada Bolt bahwa kehidupannya di Hollywood adalah palsu dan tidak ada cinta sejati untuknya disana. Dia meracau penuh dengan emosi dan mengungkapkan bahwa dia pernah menjadi kucing rumah, tetapi ditinggalkan oleh pemilik sebelumnya dan dibiarkan menghadapi kerasnya hidup di jalanan, sendirian dan terpaksa mengais. Bolt tidak percaya kalau Penny tidak mencintainya, meneruskan perjalanan sendirian dan berharap yang terbaik untuk Mittens. Rhino yang mengetahui keberangkatan Bolt, meyakinkan Mittens bahwa mereka harus membantunya, dan keduanya berangkat untuk menemukan Bolt sekali lagi.

Bolt sampai di studio, menemukan Penny sedang merangkul anjing yang mirip dengannya. Bolt tidak menyadari bahwa Penny masih merindukannya dan kasih sayang untuk anjing itu hanya bagian dari latihan untuk show, dia pun pergi dan patah hati. Mittens yang duduk di atas kerangka di studio, melihat apa yang Bolt tidak lihat: Penny memberitahu ibunya betapa dia merindukan Bolt. Menyadari Penny benar-benar mencintai Bolt, Mittens menyusul Bolt dan menjelaskan. Pada saat yang sama, anjing mirip Bolt sangat panik selama syuting dan tidak sengaja menabrak beberapa obor, menimbulkan kebakaran dan Penny terperangkap. Bolt tiba dan bertemu kembali dengan Penny di studio yang terbakar, tetapi tidak bisa mengeluarkannya. Dalam keputusasaan dan tidak mau meninggalkan Penny, Bolt mencoba menggunakan gonggongan supernya. Para petugas pemadam kebakaran mendengar gonggongan Bolt melalui ventilasi bangunan dan mengelola untuk menentukan lokasinya, menyelamatkan Bolt dan Penny sebelum mereka menyerah karena asap.

Ibu Penny (disuarakan oleh Grey Delisle), kemudian menghentikan acara ketika agen mereka mencoba untuk mengeksploitasi insiden untuk tujuan publisitas. Penny mengadopsi Mittens dan Rhino dan pindah ke sebuah rumah pedesaan untuk menikmati gaya hidup sederhana, bahagia bersama Bolt dan hewan peliharaan barunya. Acara berlanjut, tetapi dengan "Bolt" dan "Penny" pengganti - penampilan baru "Penny" dijelaskan dalam acara sebagai cedera serius yang memerlukan operasi rekonstruksi wajah dan mengadopsi alur cerita penculikan alien (salah satu yang membuat Rhino yakin bahwa acara ini tidak nyata dan Bolt menemukan "kemustahilan"). Adegan penutup selama kredit menunjukkan Bolt, Penny, ibunya, Mittens, dan Rhino menikmati kehidupan baru mereka bersama-sama.

Pengisi suara

Penayangan di Televisi Indonesia

Di Indonesia, film ini sering ditayangkan di RCTI, Global TV, Disney Channel Asia dan HBO Asia, dalam versi dubbing dalam bahasa Indonesia. HBO Asia pernah menayangkan film ini dengan pilihan dubbing bahasa Inggris dan Indonesia.

Catatan kaki

  1. ^ a b "Bolt". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2008-12-11. 
  2. ^ [1]

Pranala luar