Moana (film 2016)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Moana
Moana Teaser Poster.jpg
Poster teaser
Sutradara
Produser Osnat Shurer
Skenario
Cerita
Pemeran
Musik
Penyunting Jeff Draheim
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 23 November 2016 (2016-11-23)
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris

Moana adalah sebuah film petualangan fantasi musikal animasi komputer 3D Amerika 2016 yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan film ke-56 dalam kanon fitur animasi Disney. Film tersebut disutradarai oleh Ron Clements, John Musker.[1] Auli’i Cravalho, Dwayne Johnson, Temuera Morrison menjadi pengisi suara utama. Film tersebut dijadwalkan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada 23 November 2016.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Awalnya, Te Fiti, dewi pulau, menciptakan semua kehidupan dan menjadi sebuah pulau. kemudian jantung te Fiti dicuri oleh Maui, seorang manusia setengah dewa, hanya untuk untuk menghadapi rakasa lava Te Ka, yang menyebabkan pancingnya dan jantung Te Fiti menghilang ke laut.

Beberapa milenium kemudian, di pulau Motunui, Moana, putri Kepala Tui, berkeliaran ke pantai, dan pemberitahuan bayi kura-kura laut takut untuk ke laut. Dia membantu penyu membuatnya, dan mengakui tindakan ini belas kasih, laut bermain dengan dia dan memberinya hati, hanya untuk menjatuhkannya ketika Tui tiba. Sekarang remaja, dia didorong oleh Tui dan ibu, Sina, untuk menjadi masa depan Chief. Meskipun belajar tugasnya, Moana masih ditarik ke laut melawan keinginannya.

Setelah itu, penduduk desa menemukan kelapa mereka rusak dan bahwa mereka tidak bisa lagi menangkap ikan di sekitar pulau. Moana, melihat kesempatan, menunjukkan bahwa mereka ikan di luar karang. Namun, Tui mengejek saran Moana, karena beberapa tahun sebelumnya, ia berlayar di luar karang dengan temannya, namun mengalami badai tak kenal ampun dan kehilangan dia. Moana mencoba untuk melampaui karang lagian, tapi gelombang raksasa menghancurkan perahu, dan ia kembali dengan kaki memar. Agar Moana untuk mendapatkan kembali bunga, neneknya, Tala, membawanya ke sebuah gua rahasia di mana Moana menemukan sekelompok kapal dan belajar bahwa nenek moyangnya adalah pelayar tapi berhenti setelah jantung Te Fiti dicuri dan kondisi menjadi berbahaya. Tala, mengungkapkan bahwa dia mengambil jantung setelah Moana menjatuhkannya, memberikan itu padanya dan mendorongnya untuk berlayar lautan untuk mencari Maui dan kembali hati ke pulau Te Fiti sehingga desa bisa kembali ke cara-cara mereka dan mengembalikan keseimbangan Pasifik .

Moana berjalan ke ayahnya untuk memberitahukan kepadanya tentang rencana Tala, berharap untuk memecahkan kesulitan mereka. Kepala Tui mencoba untuk pergi ke gua dan membakar kapal, hanya untuk mendapatkan informasi yang Tala sedang sekarat. Di ranjang kematiannya, Tala sekali lagi mendorong Moana untuk menemukan Maui dan memberikan Moana kalungnya dengan hati Te Fiti di dalamnya. Moana setuju untuk melakukannya, dan menetapkan atas perahu.

Perjalanan ke konstelasi pancing, lokasi Maui seharusnya, Moana menemukan dirinya berpikiran sederhana pet ayam, Heihei, telah disimpan jauh. Malam itu, Moana hampir dibunuh oleh badai yang lewat. Ketika ia terbangun keesokan harinya, dia menemukan dirinya terdampar di sebuah pulau kecil, dan pemberitahuan ukiran pancing di bebatuan. Dia kemudian bertemu Maui, pada kenyataannya karakter arogan, sia-sia dan egois, yang memerangkap Moana di dalam sebuah gua dan mencuri perahu-satunya baginya untuk melarikan diri dan mengejar Maui dengan bantuan laut.

Moana menjelaskan ke Maui bahwa dia membutuhkan dia untuk mengembalikan jantung Te Fiti untuk menyelamatkan pulau, tapi ia menjadi takut dan Dubs hati kutukan dan memperingatkan melawan mengumumkannya. Diabaikan, dia tidak sadar menarik Kakamora, sebuah, ras kelapa kecil bajak laut s yang menyerang Moana dan Maui untuk jantung. Maui, belajar bahwa Moana baru untuk berlayar, mengambil kontrol untuk mencoba melarikan diri, tapi Heihei sengaja menelan jantung dan diculik dan dibawa ke perahu Kakamora ini jauh lebih besar. Moana menyelinap ke perahu Kakamora dan berhasil menghemat Heihei, di mana mereka, dan Maui, melarikan diri.

Dipaksa oleh laut untuk membantu Moana, Maui membuat kesepakatan untuk membantu jika dia bisa membantunya mendapatkan kembali pancing, yang dia perlu untuk memulihkan hati. Ia menduga bahwa egois raksasa kelapa kepiting rakasa Tamatoa memiliki pancing, di Lalotai, Realm of Monsters. Maui dan Moana masukkan Lalotai, dan menemukan pancing Maui di sarang Tamatoa ini. Mereka mengalihkan perhatian Tamatoa dan mengambil hook, tapi Maui tidak dapat membentuk pergeseran rela.

Setelah melarikan diri dari Lalotai, Maui mengajarkan Moana soal tentang mencari jalan, tetapi menjadi tertekan bahwa ia tidak dapat membentuk pergeseran. Moana kemudian belajar bahwa ia lahir sebagai manusia, tetapi ditinggalkan dan diberi pancing sebagai hadiah. Dia menghibur dia dan ia mendapatkan kembali kepercayaan diri, berhasil membentuk pergeseran. Mereka mencapai pulau Te Fiti ini, dan berusaha untuk berlayar di sekitar Te Ka untuk sampai ke Te Fiti. Moana memberitahkan bahwa kelemahan Te Ka adalah air, dan mencoba untuk menggunakannya terhadap dirinya. Namun, dia mengabaikan permohonan Maui untuk berbalik, sehingga pancing Maui menjadi diperbaiki lagi rusak dalam pertempuran. Kesal dengan kecerobohan Moana ini, Maui meninggalkan dia. Moana memohon dengan laut untuk mengambil kembali hati dan memilih orang lain, dan laut menyesal melakukannya. Kemudian, Tala, reinkarnasi sebagai pari manta, mendorong dia untuk melanjutkan dengan mengatakan padanya untuk tahu siapa dia dimaksudkan untuk menjadi, dan Moana mengambil hati dari laut, menyadari dia bisa mengembalikannya sendiri .

Dengan menggunakan mencari jalan, ia kembali ke Te Fiti dan trik Te Ka ke mengejarnya. serangan te Ka tumbuh lebih keras, tapi Maui, memiliki perubahan hati kembali untuk membantu, dan menginstruksikan Moana untuk mengembalikan jantung dalam spiral, sementara ia bertempur melawan te Ka. Dengan bantuan Maui dan laut, Moana mencapai Te Fiti, sementara Te Ka melenyapkan pancing Maui; Moana kemudian memberitahukan spiral di dada Te Ka, diturunkan menjadi Te Fiti. Moana mendorong Te Ka untuk mengingat siapa dia sebenarnya dan mengembalikan hati. Te Fiti kembali ke aslinya, diri suburnya, memulihkan keseimbangan.

Moana dan Maui berbagi selamat tinggal dengan Te Fiti, dan Maui meminta maaf karena mencuri hatinya. Akibatnya, ia mengembalikan pancing Maui, yang memungkinkan dia untuk terbang. Moana kembali ke Motunui sekarang dipulihkan. Penduduk desa kemudian mengambil perahu dan mulai pelayaran, dengan Moana yang mengajarkan mereka mencari jalan dan akhirnya menjadi Kepala.

Dalam pasca adegan kredit, Tamatoa masih terdampar di punggungnya dan menyindir bahwa penonton akan lebih peduli jika namanya Sebastian dan dia memiliki aksen Jamaika.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Moana meraih pendapatan sebesar $248.8 juta di Amerika Serikat dan Kanada serta $394 juta di negara lainnya, menghasilkan total $642.8 juta di seluruh dunia.[4] Meskipun demikian, Disney tidak mengungkapkan biaya produksi film ini, dimana kebanyakan filmnya menghabiskan biaya produksi sebesar $150 juta. [5]

Perilisan di Amerika[sunting | sunting sumber]

Di Amerika, film ini dirilis pada saat perayaan Thanksgiving. FIlm ini ditayangkan di 3.875 bioskop, dimana 80 persennya ditayangkan dalam format 3D. Film ini juga ditayangkan pada 50 layar premium large format dan lebih dari 400 layar D-Box. Penayangan film ini didahului oleh penayangan film pendek Inner Workings. Penayangan perdana berlangsung di El Capitan Theatre, Los Angeles.

Perilisan di Luar Amerika[sunting | sunting sumber]

Di Eropa (terutama di Spanyol, Jerman dan Italia), film dan nama tokoh ini diganti menjadi Vaiana karena adanya konflik hak cipta dengan nama merek terkenal. Sementara di Italia, film ini diberi judul Oceana untuk menghindari kesamaan dengan nama bintang porno ternama, Moana Pozzi[6]. Sementara pada tanggal 25 Oktober 2016, diumumkan bahwa film ini akan menjadi film pertama yang didubbing dalam Bahasa Tahiti.[7] Kemudian, pada bulan Juni 2017, film ini juga muncul dalam versi dubbing Bahasa Maori, dengan Rachel House, Jemaine Clement, Temuera Morrison dan Oscar Kightley menjadi pengisi suara dalam versi tersebut.

Sementara itu di Indonesia dan Malaysia, meskipun tidak ada versi dubbing dalam bahasa resmi negara tersebut ketika dirilis perdana di bioskop, lirik lagu soundtrack yang berjudul How Far I'll Go telah diterjemahkan dan dinyanyikan terlebih dahulu dalam Bahasa Indonesia dan Melayu, masing - masing oleh Maudy Ayunda (berjudul Seberapa Jauh Ku Melangkah) dan Arya Jebat (berjudul Bawaku berkelana). Meskipun demikian, Malaysia pernah merilis secara teatrikal film Disney yang sebelumnya, Frozen dalam versi dubbing Bahasa Melayu.

FIlm ini kemudian memulai penayangan perdana di Asia Tenggara oleh channel Fox Movies pada bulan Juli 2017 dalam Bahasa Inggris.

Media Rumahan[sunting | sunting sumber]

Moana dirilis oleh Walt Disney Studios Home Entertainment dalam bentuk Blu-ray (2D dan 3D) serta DVD di Amerika Serikat pada tanggal 7 Maret 2017, secara digital pada tanggal 21 Februari. Rilisan versi ini sudah termasuk film pendek Inner Workings. Rilisan dalam bentuk Blu-ray juga menyertakan film pendek yang dibintangi oleh Maui dan Moana, yang berjudul Gone Fishing. Film ini juga dapat dinikmati secara streaming di Netflix.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Deitchman, Beth (Spring 2016). "Finding Her Way: Directors John Musker and Ron Clements Have Charted A Course For Their New Film, Moana, Which Sails Into Theatres In November 2016". Disney twenty-three (Burbank: Walt Disney Company) 8 (1): 32–33. ISSN 2162-5492. OCLC 698366817. 
  2. ^ Snetiker, Mark (6 Juni 2016). "Hamilton star Phillipa Soo joins Disney's Moana". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 6 Juni 2016. 
  3. ^ Goldberg, Matt (9 Juli 2015). "Alan Tudyk Confirms Voice Roles in ZOOTOPIA and MOANA". Collider. Diakses tanggal 9 Oktober 2015. 
  4. ^ "Moana (2016) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-07-08. 
  5. ^ Thompson, Adam (2016-12-08). "Disney Needed a Brainless Rooster for ‘Moana,’ So It Called Alan Tudyk". Wall Street Journal (dalam bahasa American English). ISSN 0099-9660. Diakses tanggal 2017-07-08. 
  6. ^ Indonesia, PT. Rima News. "Gara-gara Bintang Porno, "Moana" Terpaksa Ganti Judul di Italia". Rimanews.com. Diakses tanggal 2017-07-08. 
  7. ^ "'Moana' to be First Disney Film Translated Into Tahitian Language". EW.com (dalam bahasa American English). 2016-10-25. Diakses tanggal 2017-07-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]