The Reluctant Dragon (film 1941)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Reluctant Dragon
Berkas:Reluctant Dragon.jpg
Original theatrical poster for The Reluctant Dragon
SutradaraAlfred Werker (laga hidup)
Hamilton Luske (animasi)
Jack Cutting, Ub Iwerks, Jack Kinney (sequence directors)
ProduserWalt Disney
PenulisLaga-hidup:
Ted Sears
Al Perkins
Larry Clemmons
Bill Cottrell
Harry Clork
Robert Benchley
The Reluctant Dragon segmen:
Kenneth Grahame (original book)
Erdman Penner
T. Hee
Baby Weems segment:
Joe Grant
Dick Huemer
John Miller
PemeranRobert Benchley
Frances Gifford
Buddy Pepper
Nana Bryant
Penata musikFrank Churchill
Larry Morey
SinematograferBert Glennon
PenyuntingPaul Weatherwax
Perusahaan
produksi
DistributorRKO Radio Pictures
Tanggal rilis
  • 27 Juni 1941 (1941-06-27)[1]
Durasi74 menit
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Anggaran$600,000[2]
Pendapatan
kotor
$960,000 (persewaan di seluruh dunia) [3]

The Reluctant Dragon adalah film amerika 1941 yang di produksi oleh Walt Disney, disutradarai oleh Alfred Werker, dan dirilis oleh RKO Radio Pictures pada Juli 27, 1941.[1][4] Pada dasarnya tur ke fasilitas Walt Disney Studios yang baru di Burbank, California, flm ini dibintangi oleh komedian radio Robert Benchley dan banyak staf Disney seperti Ward Kimball, Fred Moore, Norman Ferguson, Clarence Nash, dan Walt Disney, semuanya sebagai diri mereka sendiri.

Dua puluh menit pertama film ini berwarna hitam putih, dan sisanya ada di Technicolor. Sebagian besar film ini adalah laga hidup, dengan empat segmen animasi pendek dimasukkan ke dalam waktu berjalan: segmen hitam putih menampilkan Casey Junior dari Dumbo; dan tiga kartun Technicolor: Baby Weems (disajikan sebagai papan cerita), Goofy's How to Ride a Horse, dan panjang pendek The Reluctant Dragon, berdasarkan Kenneth Grahame's book of the same name. Panjang total semua bagian animasi adalah 40 menit.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Pembukaan[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai di rumah Robert Benchley saat ia bermain di kolam renangnya,menembak anak panah di mainan bebek. Ternyata dia menunda untuk mencoba menjual hak-hak The Reluctant Dragon kepada kepala studio Walt Disney. Istri Benchley akhirnya meyakinkannya untuk mendekati Disney sehingga mereka berkendara ke Walt Disney Studios. Di sana, dia meninggalkannya di gerbang studio saat dia pergi berbelanja.

Operasi studio tur oleh Benchley[sunting | sunting sumber]

Setelah kedatangannya, Benchley menghindaru pemandu studio yang terlalu berbahaya bernama Humphrey (diperankan ole Buddy Pepper). Saat ia berkeliaran di sekitar studio, Benchley tersandung pada sejumlah operasi Disney dan belajar tentang proses traditional animation, beberapa aspek yang dijelaskan oleh seorang karyawan staf bernama Doris (Frances Gifford).

  • Ruang kelas life drawing, dimana animator belajar karikatur manusia dan hewan dengan mengamati hal yang nyata.
  • Skor film dan sesi rekaman suara yang menampilkan Clarence Nash, suara Donald Duck, dan Florence Gill, suara Clara Cluck.
  • Sesi foley untuk kartun yang menampilkan Casey Junior dari Dumbo. Doris menunjukkan sonovoxdalam adegan ini, yang digunakan untuk membuat suara kereta (diambil dari Operasi wonderland).
  • Ruang kamera, menampilkan demonstrasi kamera multiplane. Setelah Benchley memasuki ruang kamera, film berubah dari skala abu-abu dan hitam-putih menjadi Technicolor (a la The Wizard of Oz), mendorong droll Benchley ke (memecahkan fourth wall) memeriksa dasinya yang sekarang red-and-blue dan salinan yellow dari buku Reluctant Dragon and berkomentar, "Ahh...Technicolor!" Ketika Doris tiba untuk menunjukkan kepadanya disekitar ruang kamera, dia bertanya kepada Benchley apakah dia mengingatnya. Jawabannya: "Ya, tetapi anda terlihat jauh berbeda di Technicolor!" Donald Duck muncul di dudukan kamera untuk membantu menjelaskan mekanisme fotografi animasi dan animasi.
  • Departemen tinta dan cat, termasuk montage yang menampilkan Technicolor dari departemen cat . Doris menyajikan cel lengkap titular character dari Bambi.
  • Departemen pembuatan maquette, yang membuat maqquette (patung kecil) untuk membantu para animator membayangkan karakter dari semua sisi. Beberapa maquettes yang dipamerkan termasuk Bibi Sarah, Si, dan Am dari Lady and the Tramp dan Peter, Captain Hook, Tinker Bell, Mr. Smee, John dan Michael Darling dari Peter Pan; kedua film ini sedang dalam pengembangan, tetapi akan ditunda oleh World War II dan tidak selesai sampai 1950-an. Juga dipamerkan adalah black centaurette dari Fantasia, yang dikagumi Benhcley. Karyawan yang bertugas menjadikan Benchley sebagai maquette dirinya sendiri, yang bertahun-tahun kemudian dibeli dan dimiliki oleh sutradara Warner Bros. direktor Chuck Jones.
  • Departemen papan cerita, di mana sekelompok storymen (salah satunya diperankan oleh Alan Ladd) menguji ide mereka untuk singkatan baru di Benchley: Baby Weems. Cerita ini ditunjukkan kepada penonton dalam bentuk animatik, atau gulungan cerita, menggunakan animasi terbatas. Dipinjamkan oleh 20th Century Fox untuk menyutradarai film ini, Alfred Werker kemudian menjadi sutradara film luar pertama yang menggunakan storyboard, yang telah dikembangkan oleh staf Disney dari naskah ilustrasi predecessive selama awal 1930-an.
  • Ruang animator Ward Kimball, Fred Moore, dan Norm Ferguson. Benchley menyaksikan Kimball membuat animasi Goofy. Dia dan penonton juga disuguhi pratinjau kartun Goofy baru, how-to parodies dalam seri Goofy. (RKO kemudian menerbitkan kembali How to Ride a Horse sebagai film pendek yang berdiri sendiri pada 24 Februari 1950, menampilkan John McLeish sebagai narator dan Clarence Nash sebagai kuda Goofy Percy.) Setelah melihat presentasi Goofy, Benchley menyaksikan Ferguson menghidupkan Pluto.
  • Humphrey, yang telah selangkah di belakang Benchley dalam keseluruhan film, akhirnya menangkapnya dan menyerahkannya secara langsung kepada Walt Disney, yang berada di ruang proyeksi studio untuk memutar film yang baru selesai. Saat Benchley duduk, dia menyerahkan kepada Disney sel animasi, maquette, dan menemukan centaurette di dalam saku. Disney mengundang Benchley untuk bergabung dengan mereka; Yang membuat Benchley sedikit malu sekaligus lega, film yang mereka putar adalah film pendek dua reel (dua puluh menit) berdasarkan buku yang Benchley inginkan untuk diadaptasi oleh Walt, The Reluctant Dragon.

The Reluctant Dragon[sunting | sunting sumber]

Kartun dimulai dengan pengantar oleh narator cerita. Salah satu karakter utama, The Boy, yang sedang membaca buku tentang kesatria dan naga haus darah, diperkenalkan. Ayahnya datang bergegas, mengaku telah melihat monster. Anak laki-laki itu meyakinkan ayahnya bahwa itu hanya seekor naga, yang membuat ayahnya panik dan lari ke desa dengan ketakutan.

Bocah itu kemudian pergi ke sarang Naga, di mana dia dihadapkan bukan oleh binatang buas, tetapi makhluk pemalu, pencinta puisi. Meskipun terkejut melihat betapa bagusnya makhluk Naga itu, Sang Lelaki berteman dengannya. Ketika dia tiba kembali di desa, Bocah itu menemukan bahwa pembunuh Naga Sir Giles telah tiba. Dia berlari untuk memberi tahu Naga bahwa dia harus melawannya, hanya untuk kecewa ketika Naga mengumumkan bahwa dia tidak pernah bertarung. The Boy mengunjungi Sir Giles (bukan St. George seperti dalam cerita aslinya), dan terungkap bahwa Sir Giles adalah seorang lelaki tua. The Boy memberi tahu Sir Giles bahwa Naga tidak akan pernah bertarung dan mereka memutuskan untuk mengunjunginya.

Sir Giles dan Si Bocah mengunjungi Naga saat dia sedang piknik. Ternyata Sir Giles juga suka mengarang puisi, sehingga Naga dan Sir Giles saling bersenandung. The Boy kemudian bertanya apakah dia bisa membacakan puisi sendiri. Dari sini, dia menggunakan kesempatannya untuk berbicara dengan tenang untuk meneriaki mereka agar mengatur pertarungan. Naga itu pergi tetapi dibujuk kembali keluar dari guanya ketika dia disanjung oleh Sir Giles. Naga dan Sir Giles akhirnya memutuskan untuk bertarung, tetapi saat Sir Giles dan Bocah Laki-laki itu pergi, Naga tersebut dengan kaget menyadari bahwa dia telah secara tidak sengaja setuju untuk berkelahi dan mencoba memberi tahu Sir Giles dan bocah itu bahwa dia berubah pikiran, tetapi mereka mengabaikannya. dia dan Naga bergumam pada dirinya sendiri mengapa dia tidak bisa begitu saja menutup mulut besarnya. Keesokan harinya, penduduk desa berkumpul untuk menyaksikan pertarungan tersebut. Sir Giles tiba menunggu Naga.

Di dalam guanya, Naga terlalu takut untuk bertarung dan tidak bisa menghembuskan nafas api. Anak laki-laki yang memanggil Naga itu "Punk Poet" menyebabkan Naga itu marah dan akhirnya menyemburkan api. Naga itu melompat kegirangan karena dia sekarang ganas. Pertarungan pun terjadi, dengan Sir Giles mengejar Naga itu dengan pedangnya dan masuk ke dalam gua, di mana mereka minum teh dan bersuara agar seolah-olah mereka sedang bertarung. Di tempat terbuka, mereka saling mengisi, menciptakan awan yang sangat besar. Di dalam mereka menari, dan Sir Giles mengungkapkan bahwa ini adalah waktu bagi Naga untuk dibunuh, tetapi hanya untuk berpura-pura, yang membuat Naga menjadi bersemangat. Sir Giles meletakkan tombaknya di bawah lengan Naga, lalu Naga itu melompat keluar dari awan dan melakukan adegan kematian yang dramatis. Cerita berakhir dengan Naga yang diterima ke dalam masyarakat, dimana Naga membacakan sebuah puisi:

"Saya berjanji untuk tidak mengomel atau mengaum, dan mencambuk pedesaan lagi!"

Sir Giles digambarkan oleh para animator agak mirip dengan Don Quixote.

Penutup[sunting | sunting sumber]

Film ditutup pada Benchley dan istrinya mengemudi pulang; dia memarahinya karena gagal menjual film dan bahwa dengan membuang-buang waktu, Benchley kehilangan kesempatannya untuk menjual hak, dengan Disney telah memproduksi film. Dia menjawab "phooey", dengan gaya Donald Duck.

Rilis dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di tengah pemogokan animator Disney pada tahun 1941. Pemogok menyerang pemutaran perdana film tersebut dengan tanda-tanda yang menyerang Disney karena praktik bisnis yang tidak adil, gaji rendah, kurangnya pengakuan, dan favoritisme. Di salah satu teater, simpatisan berpawai di jalan dengan mengenakan "kostum naga bertuliskan 'The Reluctant Disney'".[5]

Beberapa kritikus dan penonton tidak setuju dengan fakta bahwa film tersebut bukanlah fitur animasi baru Disney seperti Snow White and the Seven Dwarfs atau Pinocchio, tetapi pada dasarnya adalah kumpulan empat kartun pendek dan berbagai sketsa live-action. Di sisi lain, Photoplay mengatakan itu adalah "salah satu ide paling cerdas untuk muncul di pikiran subur Walt Disney dan menghasilkan kombinasi langka dari Cook's tour di studio Disney, sekilas di balik layar Mickey Mousedom dan dua dari fitur kartun terbaru Disney ... Dipikirkan dan dijalankan dengan cerdik."[6]

The Reluctant Dragon berharga $600,000 untuk membuat dan mengembalikan $960,000 dengan $460,000 dihasilkan di U.S. dan Kanada.[3]

Analisis[sunting | sunting sumber]

Kritikus modern telah menunjukkan bahwa perilaku naga dapat dengan mudah ditafsirkan sebagai gay. Sean Griffin mencatat "kesenangan dan penerimaan laki-laki yang berkhasiat," mengatakan, "Olahraga naga bulu mata emosional panjang dan tidak mengandung tulang agresif dalam tubuhnya, dengan naga berjingkrak dan berputar-putar sepanjang cerita ... Tidak ada yang salah bagaimana film ini mengolok-olok cara menambang naga dan pretensi manis.

Namun, film ini juga membuatnya cukup jelas bahwa naga tidak percaya pada pertempuran, dan film ini tidak secara khusus mengolok-oloknya untuk itu ... Sama seperti di Ferdinand the Bull, The Reluctant Dragon menghadirkan karakter gay yang mudah dibaca dengan kedok fantasi dan menunjukkan karakter yang menerimanya apa adanya."[7]

Demikian pula, Tison Pugh menulis, "The Reluctant Dragon melemparkan heteroseksualitas dewasa sebagai tidak diinginkan dan merayakan seksualitas anak-anak sebagai kepolosan harapan yang tidak terpenuhi - dengan Naga memediasi antara kedua sudut pandang ini dalam kinerja gender kompleksitas yang membingungkan. Baik aseksual dan seksual, normatif dan aneh, naga ini mengikis biner yang kaku dari keinginan dalam mengejar puisi dan persekutuan antarspesies yang disahkan film dalam panggilan tenangnya untuk menghargai perbedaan."[8]

Rilis media rumah[sunting | sunting sumber]

Disney merilis segmen animasi "Reluctant Dragon" di VHS di 1987, bersama dengan si pendek Morris the Midget Moose dan lagi pada tahun 1988 sebagai bagian dari seri Walt Disney Mini-Classics. Fitur lengkapnya dirilis di VHS dalam edisi yang hanya dijual di Disney Stores.

Pada 3 Desember 2002, fitur lengkap asli dirilis pada DVD dalam bentuk teater aslinya (dengan tur studio live-action) sebagai Walt Disney Treasures: Behind the Scenes at the Disney Studio.

Pada tahun 2007, film ini kembali dirilis dalam versi teater aslinya di DVD, kali ini sebagai DVD eksklusif Disney Movie Club, hanya tersedia untuk anggota klub untuk pemesanan surat atau online. Tak lama kemudian, DVD ini juga tersedia dalam program Disney Movie Rewards bersama dengan beberapa eksklusif Movie Club lainnya.

Segmen "Reluctant Dragon" adalah daya tarik utama, bersama dengan tiga celana pendek kartun lainnya, pada DVD Disney Animation Collection Volume 6, yang dirilis di Amerika pada 19 Mei 2009. Film-film lain yang dibundel dengannya adalah Ferdinand the Bull, Goliath II dan Johnny Appleseed. Di UK, "Reluctant Dragon" dipasangkan dengan Mickey dan the Beanstalk dan dirilis selama 2004 di DVD sebagai Disney Fables Volume 6.

Pada 12 Agustus 2014, versi fitur lengkap The Reluctant Dragon dirilis dalam HD sebagai fitur bonus pada The Adventures of Ichabod and Mr. Toad/Fun and Fancy Free Blu-ray set.

Tampilan lain[sunting | sunting sumber]

The Reluctant Dragon dan Sir Giles membuat berbagai cameo di Disney 1988 (melalui label Touchstone Pictures)/film Amblin Entertainment Who Framed Roger Rabbit. The Reluctant Dragon juga membuat cameo singkat di Disney's House of Mouse, terutama di awal intro.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Reluctant Dragon: Detail View". American Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 3, 2014. Diakses tanggal April 3, 2021. 
  2. ^ Maltin, Leonard (2000). The Disney Films, p. 46. (Fourth edition.) New York: Disney Editions. ISBN 0-7868-8527-0
  3. ^ a b "Richard B. Jewell's RKO film grosses, 1929–51: The C. J. Trevlin Ledger: A comment.". Historical Journal of Film, Radio and Television, Volume 14, Issue 1, 1994. 
  4. ^ Lenburg, Jeff (1999). The Encyclopedia of Animated Cartoons. Checkmark Books. hlm. 200. ISBN 0-8160-3831-7. Diakses tanggal 6 June 2020. 
  5. ^ Schickel, Richard (1997). The Disney Version: The Life, Times, Art, and Commerce of Walt DisneyPerlu mendaftar (gratis). Chicago: Elephant Paperbacks. hlm. 260. ISBN 1-56663-158-0. 
  6. ^ Pitts, Michael R. (2015). RKO Radio Pictures: Horror, Science Fiction and Fantasy Films, 1929-1956. McFarland & Co. hlm. 251. ISBN 9780786460472. Diakses tanggal 15 June 2020. 
  7. ^ Griffin, Sean (2000). Tinker Belles and Evil Queens: The Walt Disney Company from the Inside Out. New York University Press. hlm. 65–66. ISBN 978-0814731239. 
  8. ^ Pugh, Tison (2016). "Here Be Gay Dragons: Queer Allegory and Disney's The Reluctant Dragon". Dalam Brode, Douglas; Brode, Shea T. It's the Disney Version!: Popular Cinema and Literary Classics. Rowman & Littlefield. hlm. 31. ISBN 978-1442266063. 

Link eksternal[sunting | sunting sumber]

Templat:Disney theatrical animated features