The Jungle Book 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Jungle Book 2
Sutradara
Produser
Penulis
PemeranJohn Goodman
Haley Joel Osment
Mae Whitman
Connor Funk
Bob Joles
Tony Jay
John Rhys-Davies
Jim Cummings
Phil Collins
Penata musikLorraine Feather
Terry Gilkyson
Paul Grabowsky
Patrick Griffin
Joel McNeely
Richard M. Sherman
Robert B. Sherman
PenyuntingChristopher K. Gee
Peter Lonsdale
DistributorBuena Vista Pictures
Icon Film Distribution/Igor Entertainment/Beacon Pictures (Australia)
Tanggal rilis
14 Februari 2003
Durasi72 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa
AnggaranUS$20 juta[1]
PrekuelThe Jungle Book (1967)

The Jungle Book 2 adalah sebuah film animasi yang diproduksi Disney Toon Studios. Film ini dibuat di Sydney, Australia dan diedarkan oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution. Versi layar lebar untuk bioskop dari film ini mulai beredar di Prancis pada 5 Februari 2003, dan diedarkan di Amerika Serikat pada 14 Februari 2003. Film ini merupakan sekuel dari film The Jungle Book produksi tahun 1967. Bintang cilik Haley Joel Osment mengisi suara Mowgli sementara suara Baloo diisi oleh John Goodman. Film ini awalnya diproduksi sebagai film yang diedarkan langsung sebagai video, tetapi akhirnya diedarkan lebih dulu sebagai film bioskop. Peristiwa serupa terjadi dengan film Return to Never Land yang merupakan sekuel Peter Pan. Film The Jungle Book 2 menjadi sekuel ketiga produksi Disney yang diedarkan langsung di bioskop, dan bukan langsung ke video (dua film lainnya adalah The Rescuers Down Under pada tahun 1990 dan Return to Never Land pada tahun 2002). Film ini tidak diangkat dari novel terbitan tahun 1895 karya Rudyard Kipling, The Second Jungle Book. Walaupun demikian, memiliki beberapa tokoh dalam novel ditampilkan di dalam film. Disney mengedarkan versi VHS dan DVD pada 10 Juni 2003, dan Edisi Spesial pada 17 Juni 2008.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mowgli tinggal di "Man-Village" dengan gadis yang memikatnya, Shanti, saudara angkatnya Ranjan, dan orang tua Ranjan. Namun, karena ingin kembali ke kehidupan hutan yang mengasyikkan, dia hampir membawa anak-anak lain di desa ke hutan, dan ayah angkatnya menghukumnya karena tidak mematuhi apa yang dia katakan kepada Mowgli tentang tidak meninggalkan desa dan membahayakan mereka.

Sementara itu, di hutan, Shere Khan telah kembali ke bagian hutan Baloo dan Bagheera, membalas dendam pada Mowgli karena telah mengalahkannya. Baloo memasuki Man-Village dan membawa Mowgli kembali ke hutan; namun, tanpa sepengetahuan mereka, Shere Khan juga telah memasuki desa, hanya untuk diserang oleh penduduk desa. Dalam pengejaran berikutnya, Shanti dan Ranjan menyelinap ke hutan untuk menyelamatkan Mowgli, percaya bahwa Baloo adalah hewan gila yang telah menculiknya.

Bagheera mengetahui pelarian Mowgli dari desa ketika manusia mencarinya di hutan, dan segera mencurigai Baloo. Mowgli menginstruksikan Baloo untuk menakut-nakuti Shanti jika dia muncul, dan mengeluh tentang kehidupan kecilnya di Man-Village. Baloo dan Mowgli melakukan perjalanan ke kuil tua Raja Louie (Raja Louie disebutkan telah pindah), untuk sebuah pesta. Namun, ketika binatang hutan mengejek Shanti dan aspek lain dari kehidupan Mowgli di Man-Village, Mowgli pergi dengan marah. Dia menemukan Shanti dan Ranjan, tapi Baloo menakuti Shanti. Ketika kebenaran terungkap bahwa Mowgli memerintahkan Baloo untuk menakut-nakutinya, Shanti dan Ranjan melarikan diri, meninggalkan Mowgli.

Baloo menyadari bahwa Mowgli merindukan kehidupan desanya, tetapi ketika Mowgli mencoba menebus kesalahan dengan teman-teman manusianya, mereka terpojok oleh Shere Khan. Harimau mengejar Mowgli dan Shanti ke kuil yang ditinggalkan yang dibangun di atas danau lava. Baloo menginstruksikan Bagheera untuk melindungi Ranjan saat dia pergi untuk menyelamatkan Mowgli dan Shanti. Setelah membingungkan Shere Khan dengan membenturkan beberapa gong yang berbeda, kehadiran Shanti terungkap kepada Shere Khan. Baloo menjegal Shere Khan ke tanah, memungkinkan Mowgli dan Shanti cukup waktu untuk melarikan diri, tapi harimau mengejar mereka ke sebuah patung di seberang lubang lava. Shere Khan terperangkap di dalam mulut patung, dan jatuh ke batu besar di lava di bawah.

Dengan musuh bebuyutannya akhirnya digagalkan, Mowgli kembali ke Man-Village bersama Shanti dan Ranjan. Ayah Ranjan meminta maaf kepada Mowgli karena gagal memahami bahwa hutan adalah bagian dari identitasnya. Anak-anak kembali setiap hari untuk mengunjungi Baloo dan Bagheera di hutan.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh dari film pertama

Tokoh baru[sunting | sunting sumber]

Tokoh dari film pertama yang tidak dimunculkan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]