Hercules (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hercules
Poster promo
SutradaraRon Clements
John Musker
ProduserRon Clements
John Musker
Ditulis olehRon Clements
John Musker
Barry Johnson
PemeranTate Donovan
Danny DeVito
James Woods
Susan Egan
Rip Torn
NaratorCharlton Heston
Penata musikAlan Menken
David Zippel
PenyuntingTom Finan
Robert Hedland
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Pictures
Buena Vista Distribution
Tanggal rilis
27 Juni 1997
Durasi93 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranAS$85 juta
Pendapatan
kotor
AS$252.712.101
SekuelHercules: Zero to Hero

Hercules adalah film animasi Amerika Serikat tahun 1997 yang diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Ini adalah film animasi ketiga puluh lima dalam seri Walt Disney Animated Classics. Film ini distradarai oleh Ron Clements dan John Musker. Film ini didasarkan pada pahlawan Yunani dalam mitologi, Heracles (dalam film ini disebut sebagai Herkules, nama Romawinya).

Film ini menghasilkan $99 juta di Amerika Serikat dan $252.712.101 di seluruh dunia.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Di Yunani Kuno, setelah memenjarakan para Titan di bawah laut, para penguasa dewa-dewa Yunani, Zeus dan istrinya Hera, memiliki seorang putra bernama Hercules di Gunung Olympus. Sementara para dewa lainnya bersukacita, Hades sang saudara laki-laki Zeus yang cemburu merencanakan untuk menggulingkan Zeus dan memerintah Olympus. Beralih ke Fates untuk mendapatkan bantuan, Hades mengetahui bahwa dalam delapan belas tahun, keselarasan planet akan memungkinkannya menemukan dan membebaskan para Titan untuk menaklukkan Olympus, tetapi hanya jika Hercules tidak ikut campur. Hades mengirimkan pelayannya Pain dan Panic untuk membuang Hercules. Keduanya berhasil menculik bayi itu dan memberinya susu formula yang mengubahnya menjadi fana, tetapi gagal menghilangkan kekuatan manusia supernya sebelum Hercules ditemukan dan diadopsi oleh petani Amfitrion dan Alkmene.

Bertahun-tahun kemudian, Hercules remaja menjadi orang buangan karena kekuatannya, dan bertanya-tanya dari mana asalnya. Setelah orang tua asuhnya mengungkapkan kalung yang mereka temukan dengannya, Hercules memutuskan untuk mengunjungi kuil Zeus untuk mendapatkan jawaban. Patung kuil Zeus menjadi hidup dan mengungkapkan semua kepada Hercules, memberitahunya bahwa ia dapat memperoleh kembali keilahiannya dengan menjadi pahlawan sejati. Zeus mengirim Hercules dan teman bayi yang dilupakannya Pegasus untuk menemukan satir dan Filoktetes yang dikenal untuk melatih para pahlawan. Mereka bertemu Filoktetes, yang telah pensiun karena banyak kekecewaan, tetapi Hercules mengilhami dia untuk mengikuti mimpinya untuk melatih pahlawan sejati yang akan dikenali oleh para dewa. Filoktetes melatih Hercules menjadi pahlawan yang kuat, dan kemudian mereka pergi menuju Thebes. Dalam perjalanan, mereka bertemu Megara seorang gadis sarkastik yang diselamatkan Hercules dari Kentaur dan Nessos. Setelah Hercules dan yang lainnya pergi, Megara dinyatakan sebagai pelayannya Hades, yang menjual jiwanya kepadanya untuk menyelamatkan kekasih yang tidak setia.

Sesampainya di Thebes, Hercules ditolak oleh warga yang tertindas sampai Megara muncul, mengatakan bahwa dua anak laki-laki telah terperangkap di jurang. Hercules menyelamatkan mereka, tidak menyadari bahwa mereka adalah Pain dan Panic yang menyamar, dan tanpa disadari melepaskan Hidra. Hercules mengalahkannya dan ia pun menjadi pahlawan yang terkenal, tetapi meskipun Hercules semakin terkenal dan selalu mengalahkan setiap monster, Hades melepaskannya, Zeus mengatakan kepadanya bahwa dia belum menjadi pahlawan "sejati". Sedih dan frustrasi, Hercules menghabiskan waktu seharian dengan Megara, yang jatuh cinta padanya. Hades mengetahui hal ini dan pada malam sebelum pengambilalihannya, ia menyandera Megara dan menawarkannya sebagai imbalan bagi Hercules yang menyerahkan kekuatannya selama sehari. Dengan syarat bahwa Megara tidak akan terluka, dia menerima, dan Hercules patah hati ketika Hades mengungkapkan bahwa Megara bekerja untuknya.

Hades melepaskan Titans, yang mendaki Olympus dan menangkap para dewa, sementara Kiklops pergi menuju Thebes untuk membunuh Hercules. Namun, Hercules yang justru mengalahkan Kiklops, Megara kemudian menyelamatkannya dari pilar yang jatuh dan terluka parah. Hal ini melanggar janji Hades bahwa Megara tidak akan dirugikan, dan memungkinkan Hercules untuk mendapatkan kembali kekuatannya. Hercules dan Pegasus terbang ke Olympus di mana mereka membebaskan para dewa dan menaklukkan para Titan, tetapi Megara meninggal sebelum dia kembali padanya.

Dengan jiwa Megara sekarang milik Hades, Hercules masuk ke Dunia Bawah dan menawarkan untuk membebaskan Megara dari Stiks dengan imbalan nyawanya sendiri. Kesediaannya untuk mengorbankan dirinya memulihkan keilahian dan keabadiannya sebelum sungai yang menguras kehidupan itu dapat membunuhnya, dia pun menyelamatkan Megara dan meninju Hades ke dalam Stiks, di mana jiwa yang marah menariknya ke bawah. Setelah menghidupkan kembali Megara, dirinya dan Hercules dipanggil ke Olympus, tempat Zeus dan Hera menyambut putra mereka. Namun, Hercules memilih untuk tetap di Bumi bersama Megara sebagai pengganti hidup di Olympus. Hercules dan teman-temannya kembali ke Thebes, di mana mereka menyaksikan citra Zeus ayah Hercules ke bintang-bintang untuk memperingati kepahlawanannya.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Peran Pengisi Suara
Hercules Tate Donovan
Hercules muda Josh Keaton
Hercules muda (nyanyian) Roger Bart
Megara Susan Egan
Philoctetes Danny DeVito
Hades James Woods
Seifur Rip Torn
Hera Samantha Eggar
Hermes Paul Shaffer
Skrik Bobcat Goldthwait
Panic Matt Frewer
Klotho Amanda Plummer
Lachesis Carole Shelley
Atropos Paddi Edwards
Amfitryon Hal Holbrook
Alkmene Barbara Barrie
Nessos Jim Cummings
Berättare Charlton Heston
Cyklopen Patrick Pinney
Muse 1 Lillias White
Muse 2 Vanéese Y. Thomas
Muse 3 Cheryl Freeman
Muse 4 LaChanze
Muse 5 Roz Ryan

Daftar musik film[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hercules (1997)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2010-03-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]